Home OTAKU OTAKU FEATURES 6 Spinoff One Piece yang Wajib Diikuti!

6 Spinoff One Piece yang Wajib Diikuti!

One Piece menjadi salah satu manga dan anime paling populer sepanjang masa. Meski sudah berjalan lebih dari 20 tahun, tetapi One Piece masih dinantikan oleh semua orang. Keberhasilan dari One Piece tak lepas dari tangan dingin sang kreator, Eiichiro Oda, yang berhasil membuat ceritanya semakin menarik. Kabarnya cerita One Piece akan tamat dalam beberapa tahun ke depan. Tetapi tidak diketahui kapan pastinya. Menariknya, ada beberapa manga yang ternyata merupakan spinoff dari One Piece. Apa saja? Simak berikut ini!

6 One Piece: Wanted

Nama One Piece: Wanted memang cukup asing ditelinga para pencinta One Piece, tetapi manga ini sebenarnya digarap oleh Eiichiro Oda. Malahan, inilah manga pertama yang dibuat oleh Oda, sebelum dia menggarap cerita utama One Piece yang kita kenal sekarang. Menariknya, manga ini menampilkan cover yang memamerkan para karakter yang sudah sering kita lihat saat ini seperti Luffy, Zoro, dan Nami.

Nah sesuai dengan judulnya, One Piece: Wanted berfokus tentang Bounty Hunter yang sedang memburu kriminal dengan harga buronan yang sangat tinggi. Manga ini memang memiliki beberapa cerita terpisah dan di kisah kelima yaitu Romance Dawn, ceritanya mulai mengarah kepada sosok Luffy, seorang manusia karet yang mendapatkan kekuatan setelah mengkonsumsi Hito Hito no Mi, Model: Nika. Di tengah perjalanan, dia kemudian bertemu dengan bajak laut kejam bernama Shupiel.

Dalam manga inijuga, kita disuguhkan dengan kisah Ryuuma seorang samurai yang sangat legendaris Di sini, Ryuuma bertemu dengan Sirano, yang merupakan seorang pendekar kelas atas. Namun beruntung karena pertarungan keduanya kemudian berhasil dihentikan oleh Freya. Selain itu, kita juga diperceritakan tentang Bran, seorang pencopet yang terkena hukuman dari Dewa.

5 Chopperman

Tony Tony Chopper adalah rusa yang memakan Buah Iblis Hito Hito no Mi, yang memberikannya kemampuan untuk berbicara dan berpikir seperti manusia. Sebelum memakan Buah Iblis Hito Hito no Mi, Chopper adalah manusia yang hidup di pulau Drum. Dia menjadi rusa setelah memakan buah tersebut tanpa mengetahui efeknya. Chopper juga satu-satunya dokter dalam kru Topi Jerami.

Keahliannya mencakup pengobatan manusia dan hewan. Dia mendapatkan gelar “Monster Point” setelah mengembangkan formula Rumble Ball. Nah karena karakternya dianggap menarik, Hirofumi Takei kemudian membuat sebuah manga spinoff One Piece berjudul Chopperman. Manga ini menceritakan Chopper yang menjadi pahlawan super di sebuah pulau, dan dia harus melawan organisasi jahat yang dipimpin oleh Dr. Usodabada alias Usopp.

Dan menariknya, ketika menjadi superhero, Chopper memiliki sebuah jubah yang memungkinkannya untuk terbang dan menyelamatkan banyak nyawa. Chopper juga memiliki kemampuan yang sangat dahsyat yaitu Kyuun Spark. Manga ini memang tidak melibatkan Eiichiro Oda, dan ditampilkan dalam Saikyo Jump Magazine yang diluncurkan antara tahun 2011 dan 2014.

4 One Piece Episode A

Salah satu kematian paling mengharukan yang terjadi di One Piece adalah kematian dari Ace. Yap, kematiannya sangat ikonik karena dia rela mengorbankan nyawanya demi melindungi Luffy. Dan menariknya, cerita kematian tersebut diceritakan secara khusus dalam sebuah manga spinoff berjudul One Piece Episode A. Selain menceritakan kematian Ace, manga ini juga menceritakan berdirinya bajak laut Spade.

Buat Geeks yang belum tahu, Bajak Laut Spade cukup terkenal di dunia One Piece, terutama karena bajak laut ini dipimpin Ace. Dalam cerita utama One Piece, ceria tentang masa hidup Ace tidak diceritakan secara gamblang. Oleh sebab itulah kisahnya diperdalam dalam manga spinoff ini. Yang kita tahu bahwa Ace adalah anak Gol D. Roger dan Portgas D. Rouge. Selain itu, Ace juga pernah bergabung dalam bajak laut Shirohige.

Yang harus dicatat juga, One Piece Episode tidak digarap oleh Eiichiro Oda, melainkan oleh Boichi dan Ryou Ishiyama. Boichi sendiri memang nama yang cukup asing, tetapi dia adalah kreator dari manga Dr. Stone. Sementara Ryou adalah kreator dari manga Ibitsu no Amalgam atau Amalgam of Distortion. Nah buat kalian yang penasaran dengan kisah Ace, One Piece Episode A sangat layak kalian baca.

3 One Piece: Ace’s Story

Manga ini hampir sama dengan One Piece Episode A karena menceritakan kisah penting dari Ace, saudara tiri Luffy. Manganya pun memberikan pandangan yang lebih mendalam tentang latar belakang, perjalanan, dan pengalaman Ace sebelum apa yang kita lihat dalam cerita utama One Piece. Contohnya adalah saat Ace untuk pertama kalinya mengkonsumsi buah iblis Mera Mera no Mi.

Mera Mera no Mi memberi Ace kekuatan untuk mengendalikan dan menciptakan api. Kekuatan ini memungkinkannya menjadi pengguna Api (pyrokinetic) yang sangat kuat. Setelah bertemu dengan teman-temannya, One Piece: Ace’s Story juga memperlihatkan saat Ace membangun kapalnya sendiri, dan bagaimana dia bertransformasi menjadi seorang bajak laut hebat. Ace sendiri lahir pada tanggal 1 Januari dan meninggal pada usia 20 tahun. Kelahirannya terjadi setelah ibunya menyembunyikannya selama 20 bulan untuk melindunginya dari pihak berwenang.

Volume pertama dari One Piece: Ace’s Story rilis di April 2018, sementara volume kedua rilis pada Juni 2018. Tidak hanya Jepang saja yang dapat melihat manga ini, karena versi Baratnya kemudian rilis dan diterjemahkan oleh VIZ Media. Karena itulah manga ini mendapatkan sambutan yang positif dari para penggemar.

2 One Piece Party

Sama seperti Chopperman dan One Piece Episode A, manga One Piece Party juga tidak melibatkan Eiichiro Oda. Manga ini ditulis dan diilustrasikan oleh Ei Andou. Meskipun bukan karya asli Eiichiro Oda, One Piece Party mendapat izin resmi untuk memparodikan karakter dan elemen dari One Piece. One Piece Party mengambil karakter-karakter utama dari One Piece, seperti Monkey D. Luffy, Roronoa Zoro, Nami, dan yang lainnya, dan meletakkan mereka dalam situasi komedi yang unik.

Manganya juga menampilkan versi karakter One Piece yang ukuran tubuhnya lebih pendek, berbeda dengan karakter aslinya. Kita pun disuguhkan cerita tentang eksploitasi unik dari kekuatan Buah Iblis, petualangan setiap karakter, dan interaksi antar karakter. Manga ini pertama kali serial di majalah Saikyo Jump, yang dikenal sebagai majalah untuk manga komedi dan parodi. Sejak itu, One Piece Party telah dikumpulkan dalam beberapa volume.

Meskipun tidak sepopuler One Piece, One Piece Party telah dinikmati oleh pembaca yang mencari hiburan dalam bentuk parodi. Penggemar One Piece mungkin menemukan kegembiraan dalam melihat sisi humor dari karakter dan cerita yang mereka kenal dalam One Piece Party.

1 Monsters

Baru-baru ini, Netflix merilis sebuah trailer dari spinoff One Piece berjudul Monsters 103: Mercies Dragon Damnation. Anime tersebut diadaptasi dari manga Monsters yang juga dibuat oleh Eiichiro Oda. Manga aslinya diterbitkan pada tahun 1994 dalam satu chapter oleh Oda, dan dirilis kembali pada tahun 1998 dalam kompilasi khusus sebelum One Piece dimulai.

Ceritanya berlangsung dalam alam semesta One Piece jauh sebelum Luffy muncul, mengikuti sekelompok petualang, mulai dari Cyrano hingga Ryuma. Manga Monsters menjelajahi makhluk-makhluk dari zaman kuno One Piece, dan kini makhluk-makhluk ini akan hidup dalam animenya yang akan rilis pada tanggal 21 Januari mendatang. Tidak diketahui secara pasti apakah animenya nanti bakal sama persis seperti manganya atau tidak.

Selain itu, tidak diketahui juga siapa saja karakter yang muncul dalam animenya. Yang jelas, anime ini bakal menampilkan karakter-karakter yang kurang familiar ditelinga kita, dan karakter-karakter yang disebutkan sebagai legenda dalam cerita utama One Piece yang saat ini masih bergulir.

Itulah dia Geeks beberapa spinoff One Piece yang wajib kalian ketahui. Manga-manga tersebut menyuguhkan cerita yang menarik, dan tentu saja sangat cocok untuk kalian simak menjelang berakhirnya cerita One Piece. Karena manga-manga ini tidak terhubung langsung ke jalannya cerita utama. Di antara manga tersebut, mana yang pernah kalian simak Geeks?

Exit mobile version