Home OTAKU OTAKU FEATURES 10 Anime Dan Manga Seinen Bergenre Romansa!

10 Anime Dan Manga Seinen Bergenre Romansa!

Terdapat berbagai anime dan manga seinen yang termasuk dalam genre romansa yang mungkin bisa jadi rekomendasi bagi Geeks. Dalam kebanyakan anime atau manga bergenre seinen, biasanya kita akan melihat berbagai tema seperti petualangan kelam, kompleksitas moral, dan sebagainya. Namun, mungkin, tidak banyak Geeks yang tahu jika manga dan anime seinen juga memiliki genre lainnya yaitu romansa. Berikut adalah berbagai judulnya.

10 Flowers of Evil

Anime dan manga seinen bergenre romansa yang pertama adalah Flowers of Evil. Jika Geeks mencari sesuatu yang unik terkait manga dan anime, terutama alur cerita tentang remaja dan romansa, maka Flowers of Evil bisa jadi salah satu pilihan yang menarik. Series ini menghadirkan elemen gelap, art yang menarik, dan alur cerita yang membedakan dengan series anime dan manga yang lain.

Geeks bisa melihat bagaimana series animenya, yang mana art style yang mereka hadirkan dalam series sangat mencolok dan berbeda dari anime lainnya. Selain itu, The Flowers of Evil ini juga bukan hanya sekedar menghadrkan cerita yang khas dari genre slice-of-lifes, namun juga menghadirkan berbagai masalah yang dihadapi oleh para remaja yang sering kali terabaikan.

Ceritanya sendiri berfokus pada sosok Takao, seorang murid SMA yang diperas oleh sosok Sawa. Yang menarik adalah terdapat twist di mana justru mereka pada akhirnya menjalin sebuah hubungan romansa. Namun, seiring berjalannya hubungan percintaan tersebut, justru batasan antara cinta, manipulasi, dan juga obsesi, malah tidak terlihat. Hal ini membuat Flowers of Evil bukanlah series cerita cinta remaja untuk semua kalangan.

9 I Can’t Understand What My Husband Is Saying

Pada awalnya, mungkin banyak dari Geeks yang mungkin penasaran mengapa series anime yang menyenangkan dan alur ceritanya begitu tenang bisa masuk kategori ini. Namun, seiring berjalannya cerita para penonton akan diajak untuk melihat alur cerita yang menarik dan unik. Pernikahan merupakan sesuatu yang tidak selalu indah dan anime ini bisa memperlihatkan hal tersebut dengan cara yang menyenangkan.

I Can’t Understand What My Husband Is Saying bercerita tentang sosok wanita bernama Hajime. Dia merupakan seorang pekerja kantoran biasa yang kemudian menikahi seorang pria bernama Tsumugu setelah hanya berkencan selama kurang lebih tiga bulan. Yang menarik adalah suaminya tersebut ternyata merupakan otaku atau penggemar anime dan manga dan Tsumugu berusaha untuk memahami suaminya

Ketika mereka mencoba menjalani kehidupan awal pernikahan, Hajime masih penasaran dengan hobi suaminya. Sedangkan, Tsumugi sendiri berusaha menyembunyikan ketertarikan dan rasa cintanya serta obsesinya terhadap sang istri. Seringnya terjadi kesalahpahaman antar suami istri ini dihadirkan dengan cara yang unik dan juga dihadirkan dengan cara yang dewasa.

8 A Galaxy Next Door

Contoh lainnya dari anime dan manga seinen romansa menarik yang bisa Geeks saksikan dengan elemen komedi yang kental. A Galaxy Next Door merupakan sebuah series yang unik di mana kita bukan hanya sekedar melihat sebuah anime yang menghadirkan hubungan kekasih. Tetapi, ada elemen komedi dan juga hal lainnya yang muncul dalam alur ceritanya yang membuat A Galaxy Next Door menarik.

A Galaxy Next Door bercerita tentang sosok pria bernama Ichiro, di mana dia harus menjalani kehidupannya dengan sangat berat pasca kematian sang ayah. Ichiro, yang merupakan seorang pembuat manga, juga harus menjaga adik kecilnya. Dia kesulitan untuk bisa mengikuti alur kerjanya sekaligus menjalani kehidupan sehari-hari. Namun, kejutan kemudian muncul.

Suatu hari, dia bertemu dengan seorang gadis yang bernama Shiori. Dia kemudian menjadi asisten dari Ichiro. Meskipun Shiori sangat handal dan bisa diandalkan bagi Ichiro, ternyata dia bukan berasal dari planet ini dalam hal ini dia adalah seorang alien. Hal semakin pelik ketika Ichiro menyatakan bahwa dia suka kepada Shiori, sang gadis justru mengatakan bahwa mereka sebenarnya sudah bertunangan sejak lama.

7 O Maiden In Your Savage Season

Menjadi dewasa merupakan sebuah langkah dalam kehidupan manusia yang bisa membuat seseorang menjadi kikuk, takut, dan cemas. Apalagi, jika kehidupan dewasa tersebut sudah beranjak dalam hal hubungan dengan pihak lain serta hal berbau fisik. O Maiden In Your Savage Season merupakan sebuah series yang memberikan gambaran tersebut dari sudut pandang remaja.

O Maiden In Your Savage Season bercerita tentang sekelompok remaja wanita SMA yang merupakan sahabat dekat. Dalam kehidupan remaja mereka, para gadis SMA tersebut harus merasakan perasaan yang rumit itu. Selain para remaja SMA tersebut menjalani hubungan romansa alias pacaran, mereka juga merasakan sebuah perasaan kompleks tentang keinginan untuk hubungan seks.

Semua hal yang muncul berkaitan dengan beranjak dewasa tersebut kemudian disadari oleh para gadis remaja itu. Mereka menyadari jika hubungan romansa bisa menjadi sebuah hal yang membingungkan, kompleks, dan kacau apalagi jika mereka sudah mulai beranjak dewasa.

6 Sweat And Soap

Sweat and Soap merupakan series manga karya Kintetsu Yamada yang rilis pada 2018 hingga 2021 kemarin. Seriesnya sendiri bercerita tentang seorang wanita bernama Asako Yaeshima. Dia merupakan gadis biasa yang bekerja di sebuah perusahaan kosmetik. Namun, di balik sosoknya yang terlihat seperti gadis biasa ternyata Asako memiliki hal yang membuatnya berbeda dari kebanyakan orang.

Asako diketahui selalu berkeringat, bahkan dia jauh lebih sering berkeringat dari orang-orang biasanya. Untuk menutupi aroma keringat yang dia keluarkan tersebut Asako kemudian menggunakan produk pengharum tubuh dari perusahaanya. Yang unik adalah bukannya menutupi aroma tubuh Asako justru dia menarik perhatian dari banyak orang, termasuk sosok Kotaro Natori.

Natori merupakan seorang pria yang bekerja sebagai pengembang wewangian yang menciptakan berbagai aroma. Dia tertarik dengan aroma yang muncul dari tubuh Natori tersebut. Sweat and Soap menjadi salah satu anime dan manga seinen bergenre romansa yang berbeda di mana ceritanya berfokus pada aroma dan wewangian. Di sisi lain, cerita romansa dan drama yang ringan membuat series ini menarik.

5 Insomniacs After School

Mayoritas cerita romansa dalam series anime merupakan cerita romansa yang berfokus pada kisah cinta remaja SMA. Insomniacs After School memang menghadirkan sesuatu yang serupa dengan mayoritas cerita tersebut, namun anime ini secara rapih dan menarik menghadirkan sisi lain dari kisah cinta remaja tersebut. Dan ini juga yang membuat seriesnya dianggap menghadirkan cerita yang sedikit lebih realistis.

Insomniacs After School merupakan series anime yang bercerita tentang Ganta Nakami, seorang remaja SMA yang memiliki gangguan ketika tidur pada malam hari. Banyak hal yang biasanya dia lakukan untuk menghabiskan waktu malam. Namun, dia menemukan sesuatu yang berbeda dan lain berupakan kenyamanan ketika bertemu dengan Isaki Magari yang merupakan teman sekelasnya.

Isaki merupakan gadis teman sekelas Nakami yang juga sama-sama memiliki gangguan tidur dalam alias insomnia. Selama malam tiba, Isaki dan Nakami berbagi banyak sekali cerita terutama yang berkaitan dengan upaya mereka untuk bisa tidur malam serta gangguan tidur yang mereka alami. Mereka juga sama-sama sering menghabiskan waktu setelah sekolah di sebuah ruangan di sekolahnya untuk tidur. Seiring berjalannya waktu, hubungan mereka berdua pun semakin dekat.

4 Guilty Crown

Guilty Crown merupakan salah satu series anime dan manga seinen bergenre romansa yang cukup populer. Ouma Shu merupakan seorang murid SMA yang secara tidak sengaja bertemu dengan seorang gadis bernama Inori Yuzuriha. Saat itu, Yuzuhira sedang dalam keadaan yang terluka. Dia juga merupakan seorang vokalis dari sebuah kelompok internet populer yang mana dia berusaha bersembunyi di sebuah klub film.

Shu kemudian mencoba untuk mengikuti Yuzuriha dan yang lain ke sebuah tempat di mana dia kemudian menemukan sebuah virus. Namun, virus itu justru memberikannya kekuatan bernama “Power of the King” yang mana kekuatan itu menjadi jawaban untuk menghancurkan virus tersebut. Kekuatan itu membuat Shu untuk bisa menyelamatkan Inori dari virus itu yang sudah menyebar di seluruh dunia sejak 30 tahun lalu.

Selain menyelamatkan Inori dari virusnya, tumbuh benih-benih cinta dari Shu terhadap Inori. Dengan kekuatan itu juga Shu kemudian bergabung dengan sebuah kelompok bernama Funeral Parlor yang memiliki misi untuk menyelamatkan umat manusia dari virus bernama Endlave. Namun, apakah kemudian Shu bisa menyelamatkan umat manusia dengan kekuatannya?

3 Maison Ikkoku

Yusaku Godai merupakan seorang pria yang sudah mengerahkan semua kemampuannya untuk bisa masuk perguruan tinggi setelah sebelumnya dia gagal beberapa kali. Alasan mengapa Godai gagal dalam beberapa ujian perguruan tinggi tersebut adalah waktu belajarnya selalu terganggu oleh tetangganya yang selalu berisik. Selain itu, tetangganya juga selalu mengajak Godai untuk berpesta dan minum.

Godai sebenarnya selalu menolak, namun tetangganya itu selalu mampu untuk bisa membuat dia terlibat dalam pesta itu. Namun, ketika dia mulai jengah dengan hal tersebut dia pun memutuskan untuk pindah. Keputusan tersebut kemudian dia batalkan ketika yusaku Godai bertemu dengan manager barunya, Kyoko Otonashi. Maison Ikokku merupakan manga bergenre komedi romansa.

Ini merupakan salah satu mahakarya lain dari sosok mangaka legendaris Rumiko Takahashi. Namun, Maison Ikokku berbeda dengan karyanya yang lain di mana series yang rilis pada 1980 hingga 1987 ini menghadirkan cerita romansa yang sebenarnya klise – mengingat ini rilis di tahun 1980an – namun dihadirkan dari sudut pandang para karakter yang lebih dewasa dan juga alur ceritanya.

2 A Bride Story

Anime dan manga seinen bergenre romansa yang menarik lainnya adalah A Bride Story. Series ini menghadirkan juga sesuatu yang berbeda dan unik, apalagi dari segi tema dan cerita. Bersetting di abad ke-19 di sepanjang Jalur Sutra yang menghubungkan wilayah Eropa dan Asia, A Bride’s Story menghadirkan cerita berbagai pasangan keluarga atau pengantin di sepanjang Jalur Sutra serta tradisi mereka yang unik dan menarik.

Salah satu pasangan suami istri yang jadi protagonis utama dalam series ini adalah pasangan Amir Halgal dan Karluk Eihon. Amira adalah wanita berusia 20 tahun yang sangat ahli dalam berkuda dan memanah. Sedangkan suaminya, Karluk, adalah anak berusia 12 tahun yang tinggal di sebuah wilayah terpencil di dekat laut Kaspia. Pernikahan antara Karluk dan Amir ini sebenarnya bersifat politik.

Dengan kata lain, Amir dan Karluk dijodohkan demi kepentingan politik. Cerita tentang pasangan muda yang terikat oleh dua keluarga menjadi salah satu elemen menarik di seriesnya. Juga, ada elemen kebudayaan Asia Tenggara yang dimunculkan dalam ceritanya. Detil art yang menawan membuat Geeks tidak akan bosan melihatnya, selain juga cerita yang unik dan menarik.

1 Scum’s Wish

Anime dan manga seinen bergenre romansa yang terakhir adalah Kuzu no Honkai atau Scum’s Wish. Seorang murid SMA bernama Hanabi Yasuraoka sangat jatuh cinta terhadap teman masa kecilnya yang sekarang menjadi wali kelasnya, yaitu Narumi Kanai. Sayangnya, Narumi justru jatuh cinta pada pandangan pertama terhadap guru musik baru di sekolah tersebut yang bernama Akane Minagawa.

Meskipun Hanabi menyadari jika Narumi jatuh cinta terhadap Akane, Hanabi kemudian bertemu dengan murid lainnya bernama Mugi Awaya yang ternyata juga jatuh cinta terhadap sosok guru musiknya yaitu Akane. Ternyata, Akane dan Mugi sudah lama saling mengenal mengingat Akane adalah guru musik Mugi saat di SMP. Mugi dan Hanabi kemudian menjalin hubungan palsu demi memuaskan hasrat mereka, secara emosional dan seksual.

Ketika menjalani hubungan tersebut, Hanabi dan Mugi berjanji bahwa hubungan mereka tidak akan berlanjut dan mereka tidak akan saling jatuh cinta ketika dua orang yang mereka cintai berhasil mereka dapatkan. Meskipun begitu, seiring berjalannya waktu justru benih-benih cinta tersebut mulai tumbuh meskipun di sisi lain mereka masih mengharapkan sosok yang mereka cintai sebelumnya.

Berbagai anime dan manga seinen bergenre romansa di atas bisa jadi contoh jika tidak selamanya seinen berfokus pada hal kelam, politik, kompleksitas moral, serta hal lain yang tidak umum muncul di series shonen. Sesuai dengan jenisnya, berbagai kisah cinta ini dihadirkan dengan lebih rumit, dilihat dari sudut pandang orang dewasa, serta banyak hal yang mungkin jarang dilakukan atau tidak dilakukan dalam cerita romansa remaja.

Exit mobile version