Home OTAKU OTAKU FEATURES Rekomendasi 10 Film Anime Horor Wajib Ditonton!

Rekomendasi 10 Film Anime Horor Wajib Ditonton!

Buat Geeks yang senang dengan film anime bergenre horor terdapat beberapa judul yang menarik dan wajib untuk ditonton selanjutnya. Film anime horor menawarkan sebuah alur cerita yang tidak kalah menarik dan beragam serta berbagai elemen supranatural yang membuat tensi ceritanya meningkat. Hal ini tentunya membuat film anime horor bisa jadi salah satu pilihan bagi Geeks yang bosan dengan film anime bergenre aksi, drama, isekai, dan sebagainya. Berikut adalah rekomendasi film anime horor yang wajib ditonton.

10 Wicked City

Rekomendasi film anime horor yang wajib ditonton yang pertama adalah Wicked City. Film anime horor ini disutradarai oleh Yoshiaki Kawajiri dan rilis pada 1987. Wicked City merupakan salah satu film anime horor klasik yang cukup populer, khususnya untuk genre ini. Ceritanya sendiri bersetting di sebuah dunia di mana sebuah dunia paralel dihuni oleh makhluk supranatural yang dikenal dengan nama the Black World.

Para monster mengerikan tersebut muncul dan berkeliaran di dunia manusia. Taki Ranzaburo dan Makie merupakan dua agen yang menjadi bagian dari sebuah organisasi rahasia yang memiliki tugas untuk melindungi dan menjaga kedamaian dari dua dunia tersebut. Mereka berdua harus bekerja sama demi melindungi perjanjian perdamaian yang sudah berlangsung selama 200 tahun.

Beberapa hal yang membuat Wicked City dianggap sebagai salah satu yang terbaik adalah gabungan dari berbagai elemen cerita di dalamnya. Selain tentunya elemen horor, Wicked City juga menghadirkan elemen noir dan erotis khas anime era 80an. Adegan eksplisit serta desain monster yang mengerikan juga jadi hal yang bisa ditemukan di film anime ini. Semuanya kemudian dikombinasikan dengan gaya visual dari Kawajiri yang unik.

9 Demon City Shinjuku

Masih dari era 1980an, rekomendasi film anime horor wajib ditonton selanjutnya adalah Demon City Shinjuku. Rilis pada 1988, Demon City Shinjuku bersetting di post-apocalyptic Tokyo, di mana salah satu wilayah tersebut, Shinjuku, diperlihatkan sudah berubah menjadi markas bagi para monster mengerikan. Filmnya kemudian memperlihatkan cerita tentang Kyoya Izayoi, seorang pemuda yang memiliki kemampuan bela diri bernama Nempo.

Dengan menggunakan kemampuannya tersebut, Izayoi berusaha untuk menyelamatkan dunia dari para monster tersebut dan juga dari seorang penyihir jahat bernama Rebi Ra, yang bertanggung jawab melepaskan berbagai monster mengerikan itu di Shinjuku. Dalam upayanya tersebut, Izayoi kemudian mendapatkan bantuan dari Sayaka Rama, seorang wanita yang sangat gigih yang berusaha menyelamatkan ayahnya yang dikalahkan oleh Rebi Ra.

Film anime ini juga berhasil menggabungkan berbagai elemen seperti horor, aksi, dan juga elemen supranatural. Hasilnya, Demon City Shinjuku menjadi film anime horor yang menarik dan patut untuk ditonton. Tidak lupa juga ada banyak adegan pertarungan yang intens serta atmosfer cerita yang dinamis. Tidak mengherankan jika ini jadi salah satu film anime horor yang fenomenal.

8 Akira

Akira mungkin lebih dikenal sebagai salah satu film anime yang jadi pelopor genre cyberpunk. Film yang diadaptasi dari manga karya Katsuhiro Otomo ini menjadi ikonik dalam sejarah karena berhasil menggabungkan fiksi ilmiah, cyberpunk, dan juga horor. Bersetting di Neo-Tokyo pada tahun 2019, Akira menghadirkan cerita tentang sosok Kaneda yang merupakan pemimpin sebuah geng motor.

Selain Kaneda, filmnya juga memperkenalkan teman dari Kaneda yaitu Tetsuo. Dia tiba-tiba memiliki sebuah kekuatan telekinesis pasca kecelakaan sepeda motor. Kekuatan telekinesis ini benar-benar sangat mengerikan bahkan mampu untuk menghadirkan sebuah peristiwa yang berakibat fatal. Pihak pemerintah dan kelompok pemberontak pun kemudian berusaha untuk bisa mendapatkan Tetsuo.

Akira dikenal karena plot yang sangat penuh dengan intrik, adegan aksi yang intens, serta teknik animasi yang menghadirkan perubahan besar di industri ini. Tema cerita yang dihadirkan dalam film ini juga dianggap sebagai sesuatu yang masih relevan hingga sekarang. Sedangkan, kualitas animasinya menghadirkan standar baru di industri anime.

7 Bio Hunter

Masuk ke era 1990an, terdapat sebuah film anime horor yang rilis pada 1995 yaitu Bio Hunter. Ini merupakan sebuah film anime horor yang diadaptasi dari manga karya Fujihiko Hosono. Ceritanya sendiri berfokus pada dua orang ahli biologi molekul, Komada dan Koshigaya. Mereka merupakan dua orang ahli dalam bidang mutasi genetik penyakit yang kemudian berhasil menemukan virus baru.

Virus baru yang mereka temukan tersebut bernama Demon Virus, yang mana virus ini bisa membuat manusia berubah menjadi sosok monster mengerikan yang haus darah. Bentuk dari monster ini cukup intens dan menyeramkan. Dalam ceritanya, salah satu dari dua ilmuwan tersebut, Komada, terinfeksi oleh Demon Virus. Yang menarik adalah dia bisa mengendalikan perubahan di tubuhnya.

Akibat dari hal itu, Komada justru mendapatkan kekuatan manusia super. Narasinya sendiri kemudian menjadi sedikit intens ketika keduanya bertemu dengan seorang gadis yang ayahnya tewas akibat diserang monster. Hal inilah yang membuat mereka kemudian berusaha untuk menghancurkan semua monster dan berhadapan dengan sosok politisi kuat yang juga terinfeksi oleh Demon Virus.

6 Blood: The Last Vampire

Blood: The Last Vampire merupakan sebuah film animasi horor yang disutradarai oleh Hiroyuki Kitakubo dan rilis di tahun 2000. Ceritanya sendiri bersetting di sebuah pangkalan udara Amerika yang ada di Jepang saat perang Vietnam terjadi, tepatnya pada tahun 1966. Ceritanya kemudian menghadirkan sosok Saya, seorang wanita yang memiliki penampilan seorang gadis remaja biasa.

Namun, faktanya, Saya merupakan seorang pemburu vampir yang sudah berusia ratusan tahun. Dia bekerja untuk pihak agensi rahasia pemerintah di mana tugas utamanya adalah menghancurkan seluruh vampir yang ada di dunia dengan menyamar sebagai manusia biasa. Kualitas dari animasi yang luar biasa yang kemudian dipadukan dengan teknologi CGI mampu dikombinasikan dengan baik.

Adegan aksi yang dihadirkan juga mampu dieksekusi dengan baik, di mana salah satunya adalah ketika Saya memperlihatkan kemampuan bertarungnya. Blood: The Last Vampire juga dianggap sebagai salah satu film anime yang menghadirkan sesuatu inovatif dari gaya animasi dan karakternya. Selain film anime, Blood: The Last Vampire juga mendapatkan adaptasi live action.

5 Vampire Hunter D: Bloodlust

Rekomendasi film anime horor yang selanjutnya adalah Vampire Hunter D: Bloodlust. Ini merupakan film sekuel dari Vampire Hunter D yang rilis pada 1985, sebuah film anime horor yang bersetting di masa depan di mana manusia dan para makhluk supranatural hidup secara berdampingan. Rilis pada 2001, Vampire Hunter D: Bloodlust menghadirkan cerita tentang sosok D.

D merupakan seorang pembasmi hantu yang sangat terkenal dan juga kuat, terutama ketika berurusan dengan para vampir. Dia kemudian mendapatkan misi untuk menyelamatkan seorang gadis remaja bernama Charlotte Elbourne, yang diculik oleh seorang vampir bernama Meier Link. Elemen gothic yang indah mampu dipadukan dengan baik bersama elemen horor barat dan Jepang.

Visual animasinya juga sangat mencolok, dengan setting yang sangat detil serta atmosfer yang mampu menghadirkan nuansa mengerikan namun tetap menarik. Interaksi para karakternya juga jadi salah satu hal menarik, karena hal tersebut menjadi kunci tentang kedalaman dari plotnya. Salah satu contohnya adalah interaksi antara D dan Leia, seorang manusia yang bekerja sebagai pemburu bayaran di mana dia berusaha membalas dendam terhadap para vampir.

4 Kakurenbo: Hide & Seek

Kakurenbo: Hide & Seek merupakan salah satu rekomendasi film anime horor yang unik dari daftar lainnya. Ini merupakan sebuah film horor pendek yang memiliki durasi hanya 25 menit. Kakurenbo: Hide & Seek menghadirkan cerita tentang sebuah permainan bernama Otokoyo. Pada dasarnya, Otokoyo memiliki kemiripan dengan permainan tradisional petak umpet yang kita ketahui.

Namun, yang kemudan membedakannya dengan petak umpet biasa adalah Otokoyo merupakan permainan yang berbahaya dan mematikan. Anak-anak yang bermain Otokoyo diperlihatkan menggunakan topeng rubah dan mereka bermain di Tokyo dalam versi labirin yang mengerikan. Salah satu hal yang membuat Kakurenbo: Hide & Seek menarik adalah ceritanya mampu memadukan cerita tradisional dengan legenda urban, khususnya monster dan hantu.

Dua karakter utama dalam film Kakurenbo: Hide & Seek adalah Yaimao dan juga Hikora. Mereka sebenarnya bukan dengan sukarela ikut bermain permainan mengerikan ini. Mereka terpaksa melakukannya demi menyelamatkan adik Hikora yang menghilang. Sejak awal ceritanya, para penonton sudah diajak untuk mengikuti ceritanya dan membangun tensi yang kemudian memunculkan twist mengerikan di akhirnya.

3 King Of Thorn

Rilis pada 2009 kemarin, King Of Thorn merupakan sebuah film anime horor yang berfokus pada sekelompok orang yang tertidur panjang demi menghindari sebuah virus yang mematikan bernama Medusa. Virus Medusa bisa merubah korbannya menjadi batu. Setelah tertidur panjang, suatu hari mereka kemudian terbangun dan kemudian terkejut ketika dunia sudah mengalami perubahan drastis.

Dunia yang mereka tinggali tersebut tidak lagi dihuni oleh para manusia, melainkan makhluk monster mengerikan serta berbagai akar yang penuh duri. Hal ini tidak sesuai dengan apa yang mereka bayangkan sebelumnya ketika berusaha menghindari virus Medusa. Kasumi adalah seorang gadis muda yang terpilih untuk program tidur panjang tersebut bersama dengan karakter lainnya.

Kasumi berusaha untuk bertahan hidup di dunia baru yang mengerikan tersebut bersama para penyintas lainnya seperti Marco Owen, seorang petarung dengan tekad yang sangat kuat di mana dia memiliki masa lalu yang misterius. King Of Thorn menghadirkan gabungan elemen horor dengan fiksi limiah yang berhasil dipadukan dengan baik. Selain itu, filmnya juga mengadirkan tema yang kompleks seperti rasa takut akan penyakit, mode bertahan manusia, dan sebagainya.

2 The Empire Of Corpses

The Empire of Corpses merupakan salah satu film dari genre horor yang cukup unik. Film garapan Wit Studio ini diadaptasi dari sebuah novel karya Project Itoh. Ceritanya sendiri bersetting di sebuah dunia lain pada abad ke 19, di mana para mayat yang dibangkitkan kembali dari kematiannya digunakan sebagai pekerja dalam berbagai bidang kehidupan. Sosok protagonis di film ini adalah John Watson.

John Watson merupakan seorang murid sekolah kedokteran sekaligus agen rahasia yang menjalankan sebuah misi untuk mencari catatan dari Victor Frankenstein. Dalam catatan tersebut terdapat tulisan mengenai rahasia bagaimana memasukan jiwa ke dalam tubuh para mayat tersebut. Pencarian Watson ini membuatnya harus berpetualang ke seluruh dunia, mulai dari India hingga Amerika.

Dalam petualangannya tersebut, John Watson banyak bertemu dengan berbagai sosok populer dan berpengaruh, seperti tokoh penting Thomas Edison dan Ulysses S. Grannt. Kualitas animasi yang dihadirkan oleh Wit Studios untuk film ini memang menarik dan jadi salah satu daya tarik dari filmnya, selain juga berbagai hal unik yang disuguhkan dalam alur cerita filmnya.

1 Seoul Station

Rekomendasi film anime horor yang terakhir adalah Seoul Station. Ini termasuk salah satu film anime horor yang baru, di mana filmnya rilis pada 2016. Seoul Station sendiri merupakan film anime horor produksi Korea Selatan, yang merupakan prekuel dari dari film horor populer yaitu Train To Busan. Film ini bersetting dan berfokus di stasiun kereta api di Seoul.

Dalam filmnya, para penonton akan diajak melihat bagaimana kemudian wabah zombie yang muncul di film Train To Busan bisa muncul. Selain itu, kita juga akan diajak untuk melihat cerita tentang Hye-sun, seorang gadis muda yang memiliki masalah dalam hidupnya, serta sang kekasih, Ki-woong, dan ayahnya, Suk-gyu. Sang ayah nampak berusaha untuk mencari putrinya di tengah kekacauan yang terjadi.

Di sisi lain, Hye-Sun dan Ki-woong berusaha untuk menyelamatkan diri dari para zombie dan berusaha untuk tetap bertahan hidup. Yang membuat Seoul Station jadi salah satu rekomendasi film anime horor adalah gaya animasinya serta elemen menarik di cerita yang dimunculkan, seperti penolakan dari masyarakat, kemiskinan, dan sebagainya. Geeks penggemar film Train To Busan tentunya wajib untuk menyaksikan prekuel ini.

Film anime banyak menghadirkan cerita yang menarik dan unik yang dibalut dengan kualitas animasi fantastis. Namun, mayoritas film anime dikuasai oleh genre yang populer. Meskipun begitu, ada juga beberapa rekomendasi bagi Geeks yang memang senang dengan film anime bergenre horor.

Exit mobile version