Home SERIES SERIES FEATURES Penjelasan asal-usul Nama Echo!

Penjelasan asal-usul Nama Echo!

Maya Lopez merupakan sosok karakter Marvel yang diketahui memiliki nama panggilan Echo dan berikut adalah penjelasan asal-usul nama tersebut. Setelah resmi diperkenalkan di series Hawkeye, Marvel Studios kemudian mempersiapkan sebuah series khusus yang menghadirkan sosok Maya Lopez sebagai bintang utamanya yaitu Echo. Setelah sempat diundur, akhirnya pada 10 Januari kemarin seriesnya resmi tayang perdana. Dalam ceritanya, terdapat penjelasan mengenai asal-usul nama dari Echo.

3 Siapa Maya Lopez

Dalam versi MCU, Maya Lopez muncul pertama kali dalam series Hawkeye di tahun 2021 sebagai antagonis lainnya yang mencoba untuk mencari tahu siapa sosok Ronin yang sudah menghabisi ayahnya. Namun, setelah sekian lama menduga jika pembunuh ayahnya adalah Avengers dia baru sadar jika musuh sebenarnya adalah sosok penting dari masa kecilnya yang tidak lain adalah Wilson Fisk alias Kingpin.

Maya Lopez kemudian berusaha untuk membalas dendam terhadap kematian ayahnya dengan menembak Wilson Fisk di akhir series Hawkeye, yang kemudian jadi awal mula series Maya Lopez di MCU, Echo. Dalam seriesnya sendiri kemudian diperlihatkan jika Maya Lopez merupakan keturunan dari suku Choctaw, suku asli yang menghuni wilayah Tamaha, Oklahoma, yang merupakan kampung halaman Maya.

Maya Lopez sudah sedari kecil tungarungu, karena dia mewarisi hal tersebut dari ibunya yang juga merupakan keturunan suku Choctaw. Pasca sebuah kecelakaan yang merenggut nyawa sang ibu serta sebagian kaki dari Maya, dia dan ayahnya kemudian pergi ke New York setelah sang paman, Henry Lopez, memberikan ayahnya pekerjaan. Henry sendiri ternyata merupakan kaki tangan dari Fisk.

Kingpin melihat potensi besar dari dalam sosok Maya, yang mana membuat dia begitu dilindungi dan disayang oleh Fisk. Inilah yang kemudian membuat Fisk menganggapnya sebagai putrinya sendiri. Bahkan, yang lebih dahsyat lagi adalah Fisk ingin Maya Lopez menjadi penerusnya dalam menjalankan kerajaan bisnis yang dia kuasai di kota New York. Namun, Maya Lopez sendiri sudah terlalu marah dan kecewa setelah mengetahui jika Kingpin adalah pembunuh ayahnya.

Inilah yang kemudian jadi sorotan utama di series Echo, bagaimana Maya berusaha balas dendam dan menghancurkan seluruh kerajaan dari Fisk. Meskipun begitu, Maya kemudian menyadari bahwa membalas dendam atas apa yang terjadi bukanlah jalan keluar. Dia pun berusaha untuk “menyadarkan” Kingpin di akhir seriesnya. Dan sekarang, Maya Lopez pun resmi menjadi Choctaw Warrior.

Di Marvel Comics cerita tentang Maya Lopez sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda. Dia memulai petualangannya sebagai seorang vigilante setelah dia menyaksikan sendiri kematian dari sang ayah. Wilson Fisk alias Kingpin kemudian merawat Maya yang masih kecil dan menyalahkan kematian dari sang ayah kepada Daredevil demi menutupi fakta bahwa dialah yang sudah membunuhnya.

Maya kemudian tumbuh menjadi seorang petarung yang sangat handal dan mengerikan, yang mana inilah yang kemudian membuat Fisk begitu mengandalkan sosok Maya. Jika dalam versi MCU sosok Ronin yang menyadarkan Maya jika Kingpin adalah pembunuh ayahnya, maka di komiknya sosok Daredevil yang melakukan hal tersebut. Dia juga kemudian sempat menjadi rekan dari Daredevil.

Penjelasan Nama Echo – Ke Halaman 2

2 Penjelasan Nama Echo

Lalu, dari mana kemudian Maya Lopez mendapatkan panggilan atau julukan ‘Echo’? Dalam versi Marvel Comics, kekurangannya dalam masalah pendengaran membuat dia kemudian memiliki kemampuan dahsyat lain. Maya Lopez mengembangkan sebuah kemampuan yang hampir mendekati manusia super, di mana dia bisa menirukan berbagai kemampuan orang lain hanya dengan melihat mereka.

Contohnya adalah kemampuan bermusik, menarik, atau tentunya bertarung. Kemampuan tersebut yang kemudian membuat Maya memutuskan untuk menggunakan julukan “Echo” dan ketika menggunakan nama tersebut dia banyak berurusan dengan Daredevil. Namun, seperti yang dijelaskan di atas, Daredevil yang kemudian menyadarkan Maya jika Kingpin adalah pelaku sebenarnya.

Daredevil juga yang memotivasi Maya untuk menembak Kingpin, sehingga membuatnya buta sementara. Echo butuh waktu untuk memproses semuanya. Sementara itu, dia kemudian menjadi rekan dari Daredevil dan bergabung dengan New Avengers sebagai Ronin. Setelah Maya berhasil mengembangkan namanya sendiri dan membantu Avengers menghadapi the Hand, seorang Skrull yang menyamar menjadi Elektra kemudian membunuhnya.

Namun, Elektra kemudian menggunakan sihir yang sama yang digunakan oleh the Hand dahulu kepada Elektra untuk membangkitkan Maya. Dan setelah Maya kembali bangkit dari kematian, dia pun melanjutkan petualangan sebagai Echo dan bukan sebagai Ronin. Clint Barton yang kemudian menggunakan identitas tersebut dan Maya mulai sepenuhnya menjadi superhero dengan nama Echo.

Bagaimana kemudian asal-usul nama Echo di MCU? Karena sosok Maya Lopez versi MCU memiliki koneksi yang mendalam dengan suku asalnya, yaitu Choctaw, seperti yang dijelaskan di seriesnya jika sebutan “Echo” nyatanya memiliki makna yang jauh lebih dalam. Nama “Echo” ada kaitannya dengan kekuatan leluhur yang terus mengalir dari generasi lama ke generasi baru.

Kekuatan tersebut terus “menggema” atau “echoing” dari Choctaw pertama, yaitu Chafa, sampai kepada Choctaw generasi selanjutnya seperti Maya. Dan di akhir seriesnya sendiri, kita melihat bagaimana kekuatan leluhur tersebut bisa “echoing” dengan membagikannya kepada sang nenek, Chula, dan keponakannya, Bonnie, ketika mereka menghabisi seluruh anak buah dari Kingpin.

Dan dalam momen terakahir juga diperlihatkan bagaimana Maya Lopez melakukan “echoing” dengan kekuatan leluhurnya, ketika dia mencoba membantu Kingpin untuk melepaskan semua amarah dan kebenciannya kepada sang ayah yang selalu dia pendam sejak masih kecil.

Peran Echo Di MCU – Ke Halaman 3

1 Peran Echo Di MCU

Untuk saat ini, Maya Lopez masih belum menggunakan identitasnya sebagai Echo seperti di komiknya. Maya masih menggunakan namanya setelah berhasil mengalahkan Kingpin. Meskipun begitu, Maya kemungkinan baru akan menggunakan namanya tersebut pada masa yang akan datang. Lebih tepatnya, ketika dia mulai muncul di berbagai series lainnya seperti Daredevil: Born Again.

Echo merupakan series MCU yang tidak menghadirkan elemen cerita kosmik atau Multiverse, seperti halnya Hawkeye yang memperkenalkan Maya Lopez serta menyambungkan dengan series Marvel sebelumnya yang memperkenalkan Kingpin dan Daredevil. Dengan Hawkeye menjadi sosok superhero yang menyelamatkan dunia bersama para Avengers dan Daredevil, Maya Lopez bisa menjadi jembatan antara para pahlawan level jalanan (street-level hero) dengan para Avengers.

Pasca kemunculan Maya Lopez ini juga Marvel Studios bisa mulai menghadirkan berbagai karakter lain seperti the Punisher, Moon Knight, dan bahkan Jessica Jones. Mereka bisa jadi akan bertemu dengan Echo alias Maya Lopez dalam cerita yang jauh lebih sederhana daripada yang biasanya dihadidrkan oleh MCU. Kita nantikan saja ya Geeks momen Maya Lopez muncul sebagai sosok Echo sang Choctaw Warrior di cerita selanjutnya.

Exit mobile version