Home MOVIE MOVIE FEATURES 6 Live Action Adaptasi Game PlayStation yang Digarap!

6 Live Action Adaptasi Game PlayStation yang Digarap!

Berbicara tentang film adaptasi game, tidak banyak dari film adaptasi game yang sukses besar di Hollywood. Mayoritas film adaptasi game memang berujung kegagalan, karena mendapat ulasan negatif dan pendapatan buruk di box office. Tetapi masih ada harapan bagi film adaptasi game untuk sukses. Seperti yang baru-baru ini terjadi dalam film Super Mario Bros, di mana film tersebut menjadi salah satu film tersukses di tahun 2023. Nah sekarang, ada beberapa live action adaptasi game PlayStation yang tengah digarap. Apa saja? Simak berikut ini!

6 Ghost of Tsushima

Live action Ghost of Tsushima dipastikan akan digarap, dengan Chad Stahelski yang didapuk sebagai sutradara. Pada akhir tahun 2023 kemarin, Stahelski mengkonfirmasi bahwa dia sudah memiliki naskah dan bersiap untuk segera memproduksi filmnya. Hanya saja pengembangan film tersebut sempat terganggu akibat adanya mogok kerja yang terjadi di Hollywood beberapa waktu lalu.

Yang harus dicatat bahwa hingga saat ini belum ada jadwal rilis yang diumumkan. Buat Geeks yang belum tahu, Ghost of Tsushima dikembangkan oleh Sucker Punch Productions, sebuah studio pengembangan game yang sebelumnya dikenal melalui seri Infamous. Game ini dirilis pada tanggal 17 Juli 2020, dan eksklusif untuk konsol PlayStation 4, sebelum akhirnya mendapatkan versi PlayStation 5-nya.

Ceritanya berlatar belakang pulau Tsushima pada abad ke-13 selama invasi Mongol ke Jepang. Pemain akan mengendalikan Jin Sakai, seorang samurai yang berubah menjadi pemburu bayangan (ghost) untuk melawan pasukan Mongol. Game ini memenangkan beberapa penghargaan, termasuk beberapa penghargaan di The Game Awards 2020.

5 God of War

Baru-baru ini, Sony mengkonfirmasi bahwa mereka akan menggarap live action God of War. Series tersebut nantinya bakal digarap oleh Amazon, dan bakal rilis di layanan streaming Prime Video. Disebutkan bahwa mereka saat ini tengah menyelesaikan naskah seriesnya. Tetapi tidak diketahui secara pasti siapa sutradara dan pemeran yang terlibat nanti.

Tidak diketahui juga kapan series ini akan rilis. Sesuai dengan judulnya, God of War diadaptasi dari game berjudul sama yang pertama kali dirilis pada tahun 2005 untuk konsol PlayStation 2. Santa Monica Studio, sebuah studio pengembang game yang merupakan bagian dari Sony Interactive Entertainment, bertanggung jawab atas pengembangan franchise ini. Kratos adalah karakter utama dalam God of War. Ia awalnya adalah seorang jenderal Sparta yang ingin balas dendam terhadap dewa-dewa Olimpus atas pengkhianatan mereka.

Seri awal God of War berfokus pada mitologi Yunani, tetapi pada tahun 2018, game ini mengalami reboot dengan judul yang sama dan mengalihkan ceritanya ke mitologi Nordik. Kratos juga mengalami perkembangan yang signifikan sepanjang franchise ini. Dari pembunuh tanpa belas kasihan, ia menjadi seorang ayah yang mencoba melindungi dan mendidik putranya, Atreus.

4 Horizon Zero Dawn

Di saat yang bersamaan dengan diumumkannya pembuatan live action God of War, Sony juga mengumumkan bahwa mereka membuat live action Horizon Zero Dawn dari PlayStation. Sangat sedikit informasi yang bisa digali tentang proyek ini, tetapi dapat dipastikan bahwa proyeknya bakal rilis di layanan streaming Netflix. Horizon Zero Dawn adalah game aksi petualangan yang dikembangkan oleh Guerrilla Games dan diterbitkan oleh Sony Interactive Entertainment.

Game ini pertama kali dirilis secara eksklusif untuk PlayStation 4 pada 28 Februari 2017 di Amerika Utara dan 1 Maret 2017 di wilayah lainnya. Ceritanya berlatar belakang di dunia yang futuristik, di mana manusia hidup bersama dengan makhluk-makhluk mekanik yang mirip hewan. Pemain akan mengendalikan Aloy, seorang pemburu berbakat yang berusaha mengungkap misteri dibalik asal-usul makhluk mekanik tersebut.

Ini adalah game open world yang luas dan indah, memungkinkan pemain untuk menjelajahi berbagai lingkungan, mulai dari hutan dan pegunungan hingga padang pasir yang luas. Setelah kesuksesan game ini, Guerrilla Games merilis ekspansi berjudul The Frozen Wilds pada November 2017, yang menambahkan wilayah baru, cerita tambahan, dan tantangan.

3 Bloodborne

Pada akhir tahun 2023 kemarin, film live action game PlayStation berjudul Bloodborne dikabarkan sedang dikerjakan oleh Sony Pictures dengan menggandeng produser Lorenzo Bonaventura dan penulis Darren Lemke. Hingga saat ini, belum ada nama sutradara yang dipilih untuk menggarap proyek tersebut. Namun sama seperti proyek adaptasi game PlayStation lainnya, live action Bloodborne juga masih sangat minim informasi.

Bloodborne adalah game action yang dikembangkan oleh FromSoftware dan diterbitkan oleh Sony Computer Entertainment. Dirilis pada tahun 2015 eksklusif untuk konsol PlayStation 4, game ini melibatkan Hidetaka Miyazaki, sutradara kreatif yang juga terlibat dalam seri Souls. Dia jugalah sosok di balik desain dan konsep unik Bloodborne. Bloodborne menawarkan setting gothic horror yang gelap dan menyeramkan, terinspirasi oleh karya-karya H.P. Lovecraft dan novel gothic.

Seperti game Souls lainnya, Bloodborne dikenal dengan bos-bos yang menantang dan sulit dikalahkan. Memerlukan strategi dan ketangkasan tinggi untuk dapat menyesaikannya. Dalam game ini, pemain akan mengendalikan Hunter, yang memburu makhluk-makhluk supernatural di kota terkutuk Yharnam.

2 Days Gone

Deadline beberapa tahun lalu mengkonfirmasi bahwa live action Days Gone tengah digarap. Sony PlayStation Productions akan mengadaptasi game Days Gone menjadi sebuah film. Sejauh ini masih belum terungkap siapa sutradara yang akan menggarap filmnya nanti. Yang jelas Sheldon Turner akan bertindak sebagai penulis skenario, di mana dia menggambarkan naskahnya sebagai “balada cinta untuk film pesepeda motor.”

Deadline juga melaporkan bahwa Sony menunjuk aktor yang sama sekali baru untuk memerankan Deacon St. John. Alih-alih melibatkan Sam Witwer yang sebelumnya memainkan karakter Deacon di game, Sony telah menggaet bintang Outlander, Sam Heughan. Days Gone adalah game aksi yang dikembangkan oleh Bend Studio dan diterbitkan oleh Sony Interactive Entertainment. Gamenya dirilis pada 26 April 2019, dan berlatar belakang di dunia terbuka yang luas dan penuh bahaya di Oregon, Amerika Serikat.

Game ini menampilkan kisah penuh emosi tentang Deacon St. John, seorang mantan anggota geng motor yang berusaha bertahan hidup di dunia yang dilanda pandemi zombie. Pada 2019, Bend Studio mengumumkan bahwa mereka sedang mengerjakan sekuel Days Gone. Tetapi pada April 2021, Sony mengonfirmasi bahwa proyek tersebut dibatalkan.

1 Metal Gear Solid

Tahun 2022, Oscar Isaac memberikan kabar terbaru tentang film live action Metal Gear Solid, di mana dia akan berperan sebagai Solid Snake dalam film tersebut. Menurut Isaac, dia dan timnya sedang mencari cerita yang tepat untuk film tersebut. Sebenarnya pembuatan film ini sudah diumumkan pada tahun 2020 lalu, tetapi sejak diumumkan, pembuatan film ini terkatung-katung.

Jadi, sudah jelas meski live action Metal Gear Solid tanpa kabar yang jelas, tetapi Isaac mengkonfirmasi bahwa film itu masih terus dibuat. Buat Geeks yang belum tahu, Metal Gear Solid pertama kali dirilis untuk konsol PlayStation pada 1998. Hideo Kojima menjadi otak di balik game Metal Gear Solid. Solid Snake adalah karakter utama dalam sebagian besar game Metal Gear Solid. Ia adalah seorang prajurit khusus dengan misi menghentikan ancaman nuklir atau biologis.

Game ini dikenal dengan cerita yang kompleks dan penuh dengan plot twist. Gamenya berfokus pada mode stealth, di mana pemain diharapkan untuk menghindari konflik langsung dan berfokus pada penyamaran dan taktik. Awalnya game ini memang hanya eksklusif untuk PlayStation, tetapi game-game terbarunya kemudian juga rilis untuk platform lainnya seperti PC dan Xbox.

Itulah dia Geeks beberapa live action adaptasi game PlayStation yang tengah digarap saat ini. Seluruh proyek tersebut memang belum memiliki tanggal rilis pasti, sehingga kita masih harus menanti tentang kapan proyek-proyek tersebut akan rilis. Kita tunggu aja ya Geeks informasi selanjutnya nanti.

Exit mobile version