Home MOVIE MOVIE FEATURES 7 Film yang Bocor Sebelum Rilis!

7 Film yang Bocor Sebelum Rilis!

Pembuatan sebuah film memang melibatkan banyak orang. Biasanya untuk menyelesaikan film, dibutuhkan ribuan orang untuk menyelesaikannya. Dan ketika dibuat, mereka yang terlibat akan menjaga kerahasiaan filmnya dengan sangat ketat, untuk mencegah bocornya informasi tentang filmnya. Contohnya saat naskah Scream 2 bocor ke publik, yang menyebabkan perombakan besar pada naskahnya. Dan yang lebih buruk lagi jika sebuah film dibajak atau bocor sebelum filmnya dirilis. Nah itu juga yang terjadi terhadap beberapa film dalam daftar ini. Berikut adalah film yang bocor sebelum filmnya dirilis.

7 Zombieland

Zombieland juga sempat lebih dulu bocor, sebelum dirilis. Dilansir Digital Spy, film tersebut telah diunduh ribuan kali sehingga penulis Rhett Reese mengeluarkan pernyataan, “Zombieland saat ini (ketika itu) merpakan film yang paling banyak dibajak di torrent. Lebih dari satu juta unduhan dan terus bertambah. Sangat menyedihkan. Ini sangat mempengaruhi kemungkinan Zombieland 2.”

Meski mengalami kebocoran data, dan versi bajakannya banyak diunduh, tetapi pada akhirnya film Zombieland 2 dibuat satu dekade kemudian. Dan jika filmnya tidak bocor ke publik, mungkin ada lebih banyak orang yang menonton film Zombieland di bioskop. Zombieland menceritakan tentang perjalanan empat orang yang mencoba bertahan hidup di dunia yang dipenuhi zombie setelah wabah virus mengubah sebagian besar manusia menjadi zombie ganas.

Para karakter utama menggunakan nama-nama tempat sebagai nama panggilan untuk menghindari keterikatan emosional satu sama lain. Columbus, seorang pria muda yang cemas, bertemu dengan Tallahassee, seorang pria kasar dan gesit yang mahir dalam membunuh zombie. Bersama-sama, mereka bertemu dengan dua wanita, Wichita dan Little Rock, yang memiliki trik licik mereka sendiri untuk bertahan hidup.

6 The Expendables 3

Ada cukup banyak orang yang bisa melihat film The Expendables 3 yang bocor di internet, jauh sebelum film ini dirilis. Pelaku pembocoran film The Expendables 3 ternyata adalah seorang pria berusia pertengahan 20 tahunan yang akhirnya diburu dan ditangkap. Namun meski penangkapan itu terjadi, film tersebut masih diunduh lebih dari 2 juta kali. Stallone pun menyatakan kepada publik (via CinemaBlend), Saya ingin berterima kasih kepada polisi yang telah bekerja sama untuk menangkap tersangka kasus ini. Ini penting untuk melindungi hak-hak kreatif di seluruh dunia dari pencurian.”

The Expendables 3 disutradarai oleh Patrick Hughes sementara naskahnya ditulis oleh Creighton Rothenberger, Katrin Benedikt, dan Sylvester Stallone. Film ini menampilkan deretan aktor papan atas seperti Sylvester Stallone, Jason Statham, Antonio Banderas, Jet Li, Wesley Snipes, Mel Gibson, Harrison Ford, Arnold Schwarzenegger, dan masih banyak lagi.

The Expendables 3 mengikuti petualangan kelompok prajurit bayaran elit yang dikenal sebagai “The Expendables.” Ketika pemimpin kelompok, Barney Ross (Sylvester Stallone), mengetahui bahwa mantan anggota kelompok, Conrad Stonebanks (Mel Gibson), yang dulunya adalah mitra bisnisnya, kini menjadi musuh dan mengejar niat jahat, Barney merasa terpanggil untuk menghentikannya. Barney memutuskan untuk membubarkan tim lama dan merekrut anggota-anggota baru yang lebih muda dan teknologis untuk membantunya menangkap Stonebanks.

5 Star Wars: Episode III – Revenge of the Sith

Revenge of the Sith adalah salah satu film yang paling dinantikan pada tahun 2005. Tetapi film ini bocor satu jam sebelum penayangan filmnya dilayar lebar. Dilansir Campaign Live pada tahun 2005, ada sebanyak 16.000 orang yang mengunduh film tersebut yang bocor di internet, dan jika dibiarkan terus menerus, pihak studio diprediksi bakal mengalami kerugian sebesar $627 juta. Tetapi tentu saja pada akhirnya studio tidak mengalami kerugian sebesar itu.

Star Wars: Episode III – Revenge of the Sith disutradarai oleh George Lucas, yang juga bertindak sebagai penulis naskah. Film ini dimulai dengan peristiwa Clone War yang sedang berlangsung di seluruh galaksi. Anakin Skywalker, yang telah menjadi Jedi yang kuat, mulai tergoda oleh janji kekuatan gelap untuk menyelamatkan orang yang dicintainya dari kematian.

Dengan hati berat, Anakin bergabung dengan Sith, dan Palpatine mengubahnya menjadi Darth Vader. Pada saat yang sama, perang antara Jedi dan Sith mencapai puncaknya, dan kejadian tragis yang dikenal sebagai “Order 66” terjadi, mengubah clone troopers menjadi pemburu Jedi. Film ini merupakan bagian dari trilogi prekuel “Star Wars” dan berfungsi sebagai penutup dari trilogi tersebut.

4 American Gangster

American Gangster mengisahkan tentang kehidupan Frank Lucas, seorang sopir taksi Harlem yang menjadi salah satu pedagang narkoba paling kuat dan sukses di New York. Dia mengimpor heroin langsung dari Vietnam Selatan ke Amerika Serikat dengan memanfaatkan pasukan AS yang kembali dari sana, dan Lucas berhasil menciptakan rantai distribusi yang inovatif dan menguntungkan.

Di sisi lain, Richie Roberts, seorang detektif polisi yang tulus dan tidak korup, sedang memimpin penyelidikan besar terhadap perdagangan narkoba yang merajalela di New York. Ketika mengejar jejak narkotika, Roberts menyadari bahwa dia menghadapi musuh yang sangat cerdas dan terorganisir. Film ini memperlihatkan “adu pintar” antara Lucas dan Roberts, di mana keduanya berusaha melakukan berbagai cara agar bisa menyelesaikan misinya masing-masing.

Dilansir Vulture, salinan dari film American Gangster berkualitas DVD mulai beredar di internet seminggu sebelum filmnya didistribusikan di bioskop. Untungnya, film ini meraih kesuksesan besar di box office, sehingga banyak orang yang ingin melihat karakter Frank Lucas yang diperankan Denzel Washington di layar lebar. Film ini disutradarai oleh Ridley Scott dan dirilis pada tahun 2007.

3 X-Men: Origins – Wolverine

Meskipun ini bukan film terbaik yang ada dalam franchise X-Men, dan dibenci oleh orang-orang karena menampilkan Deadpool yang sama sekali berbeda dari komik, tetapi sangat disayangkan bagaimana film ini bisa bocor di internet sebulan sebelum filmnya rilis. Versi yang bocor tersebut adalah versi film yang sebenarnya masih belum selesai, di mana efek khususnya masih cukup berantakan.

Terungkap bahwa pelaku dari pembocoran film X-Men: Origins – Wolverine adalah Gilberto Sachez, yang ditangkap dan dipenjara selama satu tahun. X-Men: Origins – Wolverine menceritakan tentang masa lalu dan masa sekarang Logan, mulai dari saat pertempuran di Perang Dunia II hingga masa kini dan mengungkapkan bagaimana dia mendapatkan kemampuan healing factor dan cakar adamantiumnya.

Logan dan saudaranya, Victor Creed (dikenal sebagai Sabretooth), bertempur bersama-sama di berbagai perang besar, tetapi perlahan-lahan Logan mulai menyadari bahwa Victor menjadi semakin tidak terkendali dan kejam. Ketika Wolverine terlibat dalam program rahasia yang menggabungkan mutan dengan adamantium, persahabatan dengan Victor pecah, dan Logan mencari kehidupan baru. Namun, ketika ancaman muncul dan mengancam orang yang dicintainya, Logan harus menghadapi masa lalunya dan musuh-musuh barunya.

2 Fury

Fury adalah film perang yang dirilis pada tahun 2014, di mana filmnya disutradarai dan ditulis oleh David Ayer. Film ini menampilkan deretan bintang papan atas Hollywood, seperti Brad Pitt, Shia LaBeouf, Logan Lerman, Michael Peña, dan Jon Bernthal, di mana mereka berperan sebagai awak tank Sherman M4A3E8 bernama “Fury.” Film Fury mengambil latar belakang pada akhir Perang Dunia II dan mengikuti kisah mereka.

Ketika pasukan Sekutu bergerak lebih dalam ke Jerman, awak “Fury” menghadapi tugas yang semakin berat. Mereka harus menghadapi pasukan Jerman yang gigih, sementara juga berjuang melawan ketegangan internal dalam kelompok mereka sendiri. Kita akan dikenalkan dengan Norman Ellison, seorang tentara baru yang bergabung dengan unit tersebut. Di sini, karakter Wardaddy bertanggung jawab untuk melatih dan melindungi Norman dalam situasi yang semakin genting. Sayangnya perilisan film ini tidak berjalan mulus.

Bertahun-tahun lalu, Sony pernah mengalami kebocoran data yang akhirnya mengungkap banyak informasi penting tentang perusahaan. Dan salah satu film Sony yang juga bocor di internet adalah Fury. Film ini menjadi yang paling banyak diunduh. Padahal ketika itu, film ini sudah hampir rilis di seluruh dunia (beberapa negara berkesempatan menonton Fury yang lebih awal di bioskop). Tentu saja ini membuat David Ayer dan pihak studio kehilangan banyak uang, karena versi bajakan Fury sudah beredar lebih dulu di internet.

1 Annie

Annie bernasib sama seperti Fury, di mana film ini bocor di internet karena ketika itu Sony mengalami kebocoran data akibat ulah hacker. Namun film Annie bernasib lebih parah karena film ini sama sekali belum dirilis di bioskop, berbeda dengan Fury yang sudah dirilis di beberapa negara lebih dulu (dan beberapa negara lainnya menyusul). Karena bocornya film ini, tentu saja Sony mengalami kerugian yang besar.

Annie adalah film musikal yang dirilis pada tahun 2014, disutradarai oleh Will Gluck. Sementara naskah film ini ditulis oleh Aline Brosh McKenna dan Emma Thompson. Annie mengisahkan tentang seorang gadis yatim piatu yang optimis dan ceria bernama Annie. Meskipun hidup dalam kondisi yang sulit di panti asuhan yang dipimpin oleh Miss Hannigan, semangat dan kegembiraan Annie tidak pernah pudar.

Suatu hari, Will Stacks, seorang milyuner dan kandidat walikota New York yang sukses, menyelamatkan Annie dari suatu kecelakaan dan mengambilnya di bawah perlindungannya. Stacks melihat kesempatan politis dalam merawat Annie dan mencoba menggunakan hubungan mereka untuk mendapatkan dukungan publik. Sementara Annie beradaptasi dengan kehidupan baru yang penuh kemewahan, pertanyaan tentang keberadaan.

Itulah dia Geeks beberapa film yang bocor di internet sebelum filmnya rilis di bioskop. Karena kasus inilah, pihak pembuat film mengalami kerugian yang cukup besar, sehingga mereka pun menggunakan jalur hukum untuk membuat efek jera terhadap para pelaku. Di antara film-film tersebut, mana yang pernah kalian tonton?

Exit mobile version