Home SERIES SERIES FEATURES Ini Hubungan Uatu The Watcher Dengan God Loki!

Ini Hubungan Uatu The Watcher Dengan God Loki!

Sosok Uatu the Watcher kemungkinan memiliki hubungan dengan sosok penjaga Multiverse MCU yang baru pengganti He Who Remains yaitu God Loki. Marvel Cinematic Universe saat ini memiliki dua sosok karakter kuat yang sama-sama memiliki kekuasaan, yaitu God Loki dan juga Uatu the Watcher. Yang menarik adalah terdapat kemungkinan adanya hubungan antara Uatu the Watcher dan God Loki di Marvel Cinematic Universe dan Multiverse Marvel.

4 God Loki Sang Penjaga Multiverse

Geeks mungkin awalnya mengenal sosok Loki sebagai villain dari mayoritas cerita di MCU. Namun, kini dia sudah mengalami perubahan besar menjadi sosok penjaga Multiverse MCU. Perkembangan arc karakter Loki banyak diakui sebagai perkembangan arc terbaik yang pernah muncul di MCU seperti halnya Tony Stark atau Steve Rogers. Hampir semua fans dan semua pihak mengakui hal ini.

Momen ini terjadi di Loki season 2 di mana dalam season terbaru itu kita melihat Loki berusaha untuk mencegah efek domino yang muncul pasca kematian He Who Remains. Dia rela melakukan apapun yang bahkan membahayakan nyawanya sendiri untuk menyelamatkan TVA dari kehancuran. Loki rela menyelamatkan Victor Timely demi bisa memperbaiki Temporal Loom yang tidak stabil, meskipun Sylvie pada awalnya tidak setuju dengan keputusan Loki.

Puncak dari perubahan sikap ini bisa kita lihat di episode 5 kemarin, di mana Loki rela pergi ke berbagai timeline dan meminta bantuan dari teman-temannya yaitu Mobius, Casey, X-15, Ouroboros, dan Sylvie. Dan yang menarik adalah Loki kini menyadari bahwa semua yang terjadi adalah tentang ‘siapa’ yaitu siapa yang bisa mengendalikan semuanya. Loki pun memutuskan untuk menjadi sosok tersebut.

Dalam episode 6 series Loki season 2, Loki memutuskan untuk mengorbankan dirinya demi menyelamatkan timeline yang akan hancur dengan menjadi sosok “He Who Remains” yang baru. Dia memutuskan untuk menjadi sosok penjaga timeline yang baru dan menciptakan kesempatan untuk menulis dan mengatur ceritanya sendiri. Seperti yang Sylvie katakan, Loki memberikan kesempatan bagi mereka untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Inilah yang kemudian membuat Loki menjadi God of Stories versi MCU atau yang kemudian Marvel Studios sebut sebagai God Loki. Saat ini, Loki berada dalam Multiverse Tree di mana dia menjaga semua cabang timeline yang ada dan mengatur semuanya dengan kekuatan yang dia miliki. Namun, masih belum diketahui apakah kemudian Marvel Studios akan menghadirkan cerita God Loki untuk waktu yang lama atau akan ada hal lain yang terjadi.

Uatu The Watcher Sang Narator – Ke Halaman 2

3 Uatu The Watcher Sang Narator

Di MCU sendiri nama Uatu the Watcher cenderung merupakan karakter yang baru. Dia baru saja muncul ketika Marve Studios memperkenalkan series terbaru yaitu What If. Dalam ceritanya, Uatu, sesuai dengan julukannya sebagai The Watcher, hanya bisa mengawasi semua jalannya berbagai hal yang ada atau berlangsung di Multiverse Marvel. Seperti yang dia sebutkan dalam narasi What If, dia sudah bersumpah untuk tidak ikut campur dalam berbagai hal yang terjadi.

Namun, seperti yang diperlihatkan di dua musim What If sekarang justru Uatu sudah melanggar janjinya. Selain menjadi pengawas, Uatu juga merupakan narator dari alur ceritanya. Di komiknya sendiri Uatu merupakan bagian dari sebuah kelompok bernama The Watcher. Para Watcher adalah entitas kosmik yang memiliki pengetahuan tidak terbatas tentang berbagai peristiwa yang terjadi di Multiverse Marvel.

Tugas utama para Watcher adalah untuk mengamati dan mencatat peristiwa yang ada di Multiverse Marvel, tetapi mereka dilarang ikut campur dalam urusan manusia atau peristiwa yang terjadi. Meskipun begitu, dalam beberapa kesempatan mereka melanggar sumpah mereka untuk tujuan yang dianggap sangat penting. Hal ini terjadi ketika memang situasinya sudah benar-benar genting atau bahaya.

Karena hal inilah, baik dalam cerita komik atau dalam series What If pada akhirnya Uatu memang jarang muncul dan terlibat dalam sebuah cerita. Tetapi, memang tidak jarang juga Marvel Comics menghadirkan alur cerita yang memperlihatkan Uatu terlibat dalam sebuah peristiwa. Dari apa yang muncul di series What If season 2 ini, terdapat hubungan menarik antara God Loki dan Uatu the Watcher.

Hubungan God Loki Dan Uatu The Watcher – Ke Halaman 3

2 Hubungan God Loki Dan Uatu The Watcher

Banyak Geeks yang mungkin penasaran dengan hal ini dan sebagian mungkin penasaran apakah God Loki dan Uatu saling mengenal. Jawabannya adalah ya, keduanya saling kenal satu sama lain. Hal ini terbukti dalam cerita akhir episode 9 dari series What If season 2 di mana Uatu The Watcher memperlihatkan Yggdrasil Tree atau Multiverse Tree yang jadi tempat “bersemayam” dari Loki kepada Captain Carter.

Meskipun sejauh ini sama sekali tidak ada petunjuk jelas, namun rasanya tentu masuk akal jika mereka saling mengetahui satu sama lain yang kemudian dibuktikan dengan Multiverse Tree tersebut. Dengan Loki yang saat ini menjadi penjaga timeline dan Uatu jadi pengawas dari semua timeline, pertanyaanya apakah mereka saling terhubung? Apakah mereka rival atau sekutu?

Jawaban untuk pertanyaan pertama jelas adalah ya, mereka saling terhubung. Hubungan dari kedua karakter ada pada tugas dan peranan mereka. Loki adalah penjaga timeline, sedangkan Uatu adalah pengawas timeline. Kedua karakter ini tentunya saling mengawasi dan menjaga satu sama lain agar tidak ada kehancuran timeline yang muncul seperti yang terjadi di akhir episode 9 kemarin.

Mengapa kemudian Uatu tidak ikut campur ketika TVA hampir hancur pasca kematian He Who Remains? Jawaban yang paling logis adalah Loki itu sendiri. Loki adalah sosok yang memang berjuang dan jadi sosok yang akan mampu menyelamatkan seluruh timeline MCU dan Uatu sepertinya tahu akan hal itu. Karena itulah, Uatu memutuskan untuk tidak ikut campur ketika Loki dan yang lain menyelamatkan timeline MCU sampai Loki pun bertransformasi menjadi God Loki.

Hal ini berbeda dengan apa yang terjadi pada realita lain, di mana tidak ada sosok lain yang bisa menghentikan Strange Supreme. Karena itulah, Uatu memutuskan untuk melanggar aturan yang dia buat untuk menyelamatkan Multiverse. Mereka berdua kini adalah penjaga Multiverse MCU, namun peran tersebut kini lebih condong kepada God Loki. Meskipun begitu, keduanya saling terhubung satu sama lain untuk hal ini.

Dengan Loki yang kini menjadi sosok penjaga timeline, artinya hanya Uatu yang bisa mencegah atau menyelamatkan timeline MCU atau Multiverse Marvel dari kehancuran. Skenario yang paling masuk akal adalah Uatu mungkin akan melakukan hal yang sama seperti Captain Carter, menyelamatkan atau mencari sosok karakter dari universe lain untuk menyelamatkan Multiverse jikalau kemudian timeline atau Multiverse MCU berada dalam bahaya.

Jadi, kesimpulannya, Uatu the Watcher dan God Loki saling terhubung satu sama lain. Mereka sama-sama menjadi penjaga Multiverse MCU, yang mana Uatu akan menolong Loki dengan melanggar aturannya demi menyelematkan Multiverse. Apakah artinya mereka merupakan rival atau sekutu? Jawabannya adalah mereka merupakan sekutu yang sama-sama saling menjaga Multiverse MCU.

Pengaruh Kedua Karakter – Ke Halaman 4

1 Pengaruh Kedua Karakter

Uatu the Watcher dan God Loki sama-sama memiliki pengaruh besar terhadap keseluruhan cerita. Tetapi, yang menjadi catatan adalah untuk sekarang baru Uatu yang memberikan pengaruh tersebut bagi seluruh Multiverse MCU. Dan hal ini diperlihatkan di episode 9 What If season 2 ketika dia mencegah kehancuran Multivere dengan menyelamatkan Kahhori dan Captain Carter untuk berhadapan dengan Strange Supreme.

Dengan asumsi jika God Loki mengetahui apa yang Uatu lakukan, dia sepertinya memberikan lampu hijau untuk upaya menyelamatkan Multiverse ketika Strange Supreme jadi ancaman besar. Seperti yang pernah diucapkan oleh He Who Remains jika dialah yang membangun jalan bagi Sylvie dan Loki untuk bisa bertemu dengannya, apa yang Uatu lakukan untuk menghentikan Strange Supreme kemungkinan adalah jalan yang dibangun oleh God Loki.

Dengan kata lain, meskipun kemudian mereka berdua tidak bisa secara langsung melakukan intervensi tetapi mereka berdua bisa dan mampu untuk melakukannya. Kedua karakter ini juga kemungkinan memiliki pengaruh besar dalam alur cerita MCU kedepannya, seperti dua film Avengers yang akan datang yaitu Avengers 5 dan juga Avengers: Secret Wars.

Sampai saat ini, kita masih belum tahu apa yang kemudian menyebebkan alur cerita Secret Wars dimulai. Di komiknya sendiri, cerita Secret Wars diakibatkan oleh The Beyonder yang memang mengambil para karakter untuk bertarung di Battleworld. Di MCU sendiri The Beyonder, masih belum diperkenalkan dalam ceritanya. Namun, God Loki dan Uatu The Watcher mungkin bisa jadi sosok yang bertanggung jawab atas cerita Secret Wars di MCU. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan dari peranan Uatu the Watcher dan God Loki di MCU

Exit mobile version