Home OTAKU OTAKU FEATURES 10 Mangaka Paling Kaya Sepanjang Sejarah!

10 Mangaka Paling Kaya Sepanjang Sejarah!

Dengan jumlah penjualan manga mereka yang sangat luar biasa, tentunya para mangaka tersebut berubah menjadi sosok yang paling kaya. Ketika karya manga hasil ciptaan mangaka sukses besar, jelas pemasukan dari penjualan tersebut akan memiliki jumlah yang sangat banyak. Belum lagi mereka mendapatkan penghasilan dari berbagai pernak-pernik dan lainnya. Berikut adalah mangaka paling kaya berdasarkan dugaan jumlah kekayaan mereka (estimated net worth).

10 Takehiko Inoue

Mangaka paling kaya yang pertama adalah Takehiko Inoue. Dia dianggap sebagai salah satu mangaka terbaik sepanjang masa dan terkenal karena dua karyanya yang luar biasa; Slam Dunk dan juga Vagabond. Inoue merupakan sosok yang sangat menggemari olahraga basket dan bahkan sempat juga menulis secara eksklusif tentang olahraga basket. Dalam acara Asia Cosmopolitan Awards, Inoue berhasil mendapatkan penghargaan Cultural Prize pada 2012.

Karir Takehiko Inoue sebagai seorang mangaka dimulai pada 1988 untuk Weekly Shonen Jump, di mana dia mengerjakan proyek manganya yang berjudul Purple Kaede. Namun, namanya kemudian mulai banyak dikenal oleh para fans setelah dia menghadirkan manga Slam Dunk, yang bercerita tentang sebuah tim bola basket SMA dan berbagai drama remaja di dalamnya.

Manga Slam Dunk sendiri rilis sejak 1990 hingga 1990 di Weekly Shonen Jump dan berhasil terjual dengan total 170 juta kopi. Di tahun 1999, dia kemudian menggambar manga basket lainnya, Real, yang mana ceritanya berpindah tentang remaja difabel yang gemar dengan olahraga basket, sambil juga menggambar Vagabond. Jumlah kemungkinan total kekayaan dari Takehiko Inoue adalah 30 juta Dollar Amerika.

9 Tite Kubo

Noriaku Kubo, atau yang juga lebih dikenal sebagai Tite Kubo, merupakan seorang seniman manga dan desainer karakter. Karyanya yang populer tidak lain adalah Bleach. Di tahun 1999, Tite Kubo merilis manga pertamanya yang berjudul Zombiepowder di Weekly Shonen Jump. Namun, baru di tahun 2001 sang mangaka kemudian merilis Bleach di majalah mingguan yang sama.

Dengan meledaknya Bleach di pasaran, hal ini juga mengangkat nama Tite Kubo sebagai seorang mangaka. Series Bleach sendiri pada awalnya ditargetkan selesai dalam lima tahun. Namun, yang terjadi justru series manganya berjalan selama 15 tahun dan menghasilkan 698 chapter. Kepopuleran ini pun membuat Bleach kemudian mendapatkan adaptasi animenya sejak 2008 hingga 2012, sebelum dilanjut pada 2023 dan 2024 mendatang.

Dengan popularitas dari Bleach, yang menurut informasinya berhasil terjual dengan total 130 juta kopi dari 70 volume, Tite Kubo pun jadi salah satu mangaka terkaya di dunia. Total kekayaan yang Tite Kubo miliki saat ini kemungkinan berada di angka 35-40 juta Dollar Amerika dan mungkin masih akan bertambah dengan arc terakhir seriesnya akan tayang kembali.

8 Yoshihiro Togashi

 

Nama yang sangat populer diantara para fans dan jadi sosok yang banyak diperbincangkan. Sosok Yoshihiro Togashi merupakan mangaka yang menciptakan Hunter X Hunter pada 1998. Saat masih menjadi mahasiswa, talenta dari Togashi berhasil terdeteksi oleh pihak Shueisha yang langsung menawarinya kesempatan untuk menghadirkan karyanya di majalah mereka.

Togashi pun melahirkan beberapa series manga yang memiliki genre berbeda. Namun, beberapa diantaranya berhasil meraiih perhatian para fans dan jadi series populer dan legendaris. Dua diantaranya adalah Yu Yu Hakusho dan tentunya Hunter X Hunter. Untuk Yu Yu Hakusho sendiri manganya diketahui berhasil terjual sebanyak 50 juta kopi di seluruh dunia dengan jumlah 175 chapter.

Sedangkan, untuk series manga Hunter X Hunter dalam 20 volume pertamanya Togashi berhasil menjual 65 juta kopi di Jepang saja berdasarkan data pada Agustus 2020. Sayangnya, banyak fans yang khawatir dengan kondisi kesehatan dari Togashi Sensei mengingat dia sering melakukan hiatus dan tidak menyelesaikan seriesnya yaitu Hunter X Hunter. Yang paling baru, dia bahkan sempat memberikan petunjuk mengenai cerita akhir seriesnya untuk berjaga-jaga dia meninggal dunia. Togashi Sensei diketahui memiliki nilai total kekayaan sebesar 40 juta Dollar Amerika.

7 Koyoharu Gotouge

Geeks tentunya tidak asing lagi dengan series manga populer Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba. Series tersebut diketahui merupakan hasil karya dari seorang mangaka bernama Koyoharu Gotouge. Namun, banyak yang mungkin tidak tahu jika Gotouge sebenarnya bukan penulis asli melainkan nama pena (pen name) dan sosok aslinya dan nama aslinya tidak pernah diketahui.

Gotouge pertama kali memunculkan manganya yang berjudul Kagarigaru dalam 70th Jump Treasure Newcomer Manga Awards pada tahu 2013. Dan series yang kemudian membuatnya populer, Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba, sebenarnya tercipta berdasarkan series Kagarigari. Demon Slayer sendiri terbit sejak Februari 2016 hingga Mei 2020 di Weekly Shonen Jump.

Per februari 2021 kemarin, diketahui manga Demon Slayer berhasil terjual sebanyak 150 juta kopi. Setelah menghadirkan adaptasi animenya, Demon Slayer jadi salah satu franchise paling sukses di dunia. Total sudah 8.75 milliar Dollar Amerika dihasilkan dari franchise ini. Sedangkan, total kekayaandari Gotouge sendiri kemungkinan ada di angkaa 45-60 juta Dollar Amerika.

6 Hajime Isayama

Mangaka paling kaya selanjutnya adalah Hajime Isayama. Mangaka ini juga termasuk salah satu yang populer serta penuh dengan kontroversi. Karya dari Isayama yang sangat populer tidak lain adalah series Attack on Titan. Series Attack on Titan atau Shingeki no Kyojin berhasil memenangkan penghargaan “Fine Work” pada 2006 di Magazine Grand Prix yang disponsori oleh Kodansha.

Yang menarik adalah pada awalnya Hajime Isayama pertama kali memasukan karyanya, Attack on Titan, ke pihak Weekly Shonen Jump. Namun, pada saat itu, pihak Shueisha memberikan saran kepada Isayama untuk mengubah cerita dan gaya gambarnya. Dia pun kemudian memutuskan untuk membawa karyanya tersebut kepada pihak Kodansha dan akhirnya diterima seperti yang kita ketahui sekarang.

Attack On titan sendiri awalnya rilis pada 2009 di Bessatsu Shonen Magazine dan berhasil memenangkan penghargaan pada 2011. Seriesnya berhasil melahirkan spinoff, light novel, anime, dan bahkan live-action. Kesuksesan seriesnya membuat Attack on Titan didapuk jadi salah satu manga paling laris di dunia dengan total 100 juta kopi per Desember 2019. Jumlah total kekayaan dari Hajime Isayama sendiri kemungkinan ada di angka 45 juta Dollar Amerika.

5 Masashi Kishimoto

Masashi Kishimoto tentunya sudah bukan nama yang asing bagi mayoritas Geeks, mengingat seriesnya, Naruto, masih jadi salah satu series manga yang populer di dunia. Manganya sendiri mulai rilis sejak 1999 dan selesai pada 2014. Sejak periisannya di tahun 1999, Naruto sudah dianggap sebagai salah satu dari tiga manga terbesar dan terpopuler di dunia selain Bleach dan One Piece.

Selain menghadirkan manga Naruto, Kishimoto juga secara langsung menjadi sosok yang mengawasi berbagai proyek animasi dan juga filmnya. Pasca menyelesaikan Naruto, Kishimoto sempat menulis manga lainnya yaitu Samurai 8: The Tale of Hachimaru pada 2019. Sayangnya, proyek manga ini sama sekali tidak berhasil memenuhi ekspektasi. Dan akhirnya, dia pun melakukan pengawasan terhadap proyek sekuel Naruto, yaitu Boruto.

Kishimoto sempat mempercayakan cerita Boruto kepada Ukyo Kodachi, sampai pada 2020 dia kemudian memutuskan untuk kembali menjadi penulis ceritanya. Per Mei 2019 kemarin, diperkirakan sebanyaj 250 juta kopi dari manga Naruto sudah terjual di 46 negara, termasuk Indonesia. Dan berkat kesuksesan Naruto, kemungkinan nilai kekayaan dari Kishimoto sendiri ada di angka 50 juta Dollar Amerika.

4 Aoyama Gosho

Aoyama Gosho merupakan sosok mangaka di balik series populer Case Closed atau yang lebih dikenal dengan nama Detective Conan. Manganya sendiri bercerita tentang sosok Shinichi Kudo yang mengalami momen mengerikan yang membuat tubuhnya mengecil sehingga terlihat seperti anak kecil. Akibatnya, dia pun harus menjalani kehidupannya sebagai seorang anak SD sambil memecahkan berbagai kasus pembunuhan.

Manganya sendiri diketahui sudah terjual sebanyak lebih dari 230 juta kopi dan karena ceritanya masih terus berjalan, angka penjualan tersebut kemungkinan masih akan terus bertambah. Ini juga yang kemudian membuat Detective Conan jadi salah satu manga terpanjang dan terlama di dunia. Bukti kesuksesan dari manganya sendiri adalah bagaimana Conan Edogawa jadi salah satu karakter anime paling populer selain Goku.

Selain menghadirkan manga Detective Conan, Aoyama Gosho juga menghadirkan manga lainnya yaitu Magic Kaito yang berfokus pada sosok karakter bernama Kaito Kuroba. Karakternya sendiri sudah pernah muncul dalam cerita Conan. Dan Aoyama Gosho sekarang lebih fokus untuk mengerjakan ceritaa Detective Conan. Jumlah kekayaan dari sang mangaka diduga ada di angka 50-55 juta Dollar Amerika.

3 Akira Toriyama

Mangaka yang banyak menginspirasi para mangaka lainnya. Mahakaryanya juga menjadi contoh untuk berbagai manga lainnya. Selain terkenal sebagai mangaka, Toriyama Sensei juga terkenal sebagai seorang desainer karakter. Dragon Ball adalah mahakaryanya yang sangat populer bahkan hingga sekarang. Dia juga mendesain karakter bagi berbagai games seperti Dragon Quest, Chrono Trigger, dan Blue Dragon.

Sebelum mendapatkan popularitas dari manga Dragon Ball, Akira Toriyama sempat merilis series Dr. Slump yang bisa dibilang cukup berhasil mendongkrak namanya. Namun, harus diakui jika Dragon Ball yang membuat nama Toriyama terkenal seperti sekarang. Dan series selanjutnya yang dia hadirkan adalah Dragon Quest. Series Dragon Ball sendiri diketahui sudah terjual lebih dari 300 juta eksemplar.

Namun, fakta yang mungkin sedikit ironis adalah meskipun Dragon Ball merupakan series yang sangat legendaris dan populer nyatanya hal itu tidak serta merta membuat Toriyama kaya raya, meskipun dia tetap jadi salah satu mangaka terkaya. Total kekayaan Toriyama diduga ada di angka 60-65 juta Dollar Amerika. Banyak yang beranggapan jika Toriyama seharusnya bisa mendapatkan lebih, namun di Jepang sendiri terkadang para mangaka hanya dibayar sedikit dari kesuksesan karyanya.

2 Rumiko Takahashi

Banyak yang menduga jika Akira Toriyama atau Masashi Kishimoto adalah mangaka paling kaya nomor dua. Namun, faktanya, tidakla demikian. Rumiko Takahashi adalah manga paling kaya di dunia nomor dua. Nama Rumiko Takahashi merupakan salah satu mangaka yang populer di Jepang. Karirnya sebagai mangaka sudah dimulai sejak 1978 melalui series manga Urusei Yatsura.

Namun, popularitas dari Rumiko Takashi kembali naik setelah dia menghadirkan dua series populer dan legendaris lainnya yaitu Ranma 1/2 dan Inuyasha. Sang mangaka sudah sering mendapatkan penghargaan dari berbagai pihak dan hampir semua karyanya berhasil mendaatkan penghargaan. Semua hal tersebut menjadikan Rumiko Takahashi sebagai salah satu mangaka wanita paling sukses.

Dengan total jumlah penjualan dari semua manganya yang diduga mencapai 200 juta eksemplar, kemungkinan nilai kekayaan dari sang mangaka bisa mencapai angkaa 60-70 juta Dollar Amerika sebuah angka yang tentunya sangat fantastis.

1 Eiichiro Oda

Mangaka paling kaya yang terakhir tidak lain adalah kreator dari series paling laris dalam sejarah, yaitu One Piece. Diketahui, manga One Piece sudah terjual lebih dari 500 juta eksemplar yang mana angka ini 150 juta eksemplar lebih banyak dari Dragon Ball. Bahkan, One Piece mampu menandingi angka penjualan komik populer di Amerika seperti Superman dan Batman.

One Piece sendiri merupakan salah satu series shonen terbaik saat ini dan para fans pun masih terus melihat kelanjutan ceritanya yang sudah berjalan selama 25 tahun dan masih belum akan berhenti. Kepopuleran dari One Piece bahkan sudah merambah ke berbagai lini bisnis, mulai dari pakaian, sepatu, dan sebagainya. Belum lagi, franchise One Piece jadi salah satu franchise yang populer dan paling menguntungkan.

Sudah ada puluhan film, anime, game, dan berbagai pernak-pernik lainnya yang berkaitan dengan One Piece. Bahkan, live-action di Netflix yang tayang beberapa waktu lalu berhasil memecahkan rekor di mana adaptasi live-action tidak pernah sukses sebelumnya. Dengan semua kesuksesan tersebut, kemungkinan total dari kekayaan Eiichiro Oda bisa mencapai 250 juta Dollar Amerika.

Industri manga memang berhasil membuat para mangakanya hidup dalam kemewahan dari hasil kerja keras dan jerih payah mereka. Beberapa nama di atas berhasil menjadi mangaka paling kaya setelah berhasil menjual berbagai series manga mereka. Meskipun mungkin seharusnya angka tersebut bisa jauh lebih besar lagi, namun ini membuktikan jika mereka sudah berhasil meraih kesuksesan tersebut.

Exit mobile version