Home OTAKU OTAKU FEATURES 10 Rekomendasi Anime Bertema Noir!

10 Rekomendasi Anime Bertema Noir!

Anime bertema Noir mungkin bisa jadi salah satu alternatif tontonan bagi Geeks yang penasaran dengan ceritanya dan berikut beberapa rekomendasi anime bertema Noir. Anime bertema Noir sering direferensikan kepada anime yang yang memiliki tema dan visual yang gelap dan mengerikan. Biasanya, setting waktunya ada di masa depan atau sebuah universe yang berbeda. Para karakternya juga memiliki ambiguitas moral yang bisa memberikan sudut pandang lebih dewasa dalam ceritanya. Berikut adalah beberapa rekomendasi anime bertema Noir.

10 Death Note

Rekomendasi anime bertema Noir yang pertama adalah Death Note. Banyak dari Geeks yang mungkin sudah tidak asing dengan series anime ini. Namun, dengan alur cerita dan visual yang mendukung memang Death Note rasanya cocok untuk jadi salah satu rekomendasi anime bertema Noir. Apalagi, dalam ceritanya juga kita akan melihat elemen yang cukup kelam.

Sesuai dengan namanya, Death Note bercerita tentang sebuah buku catatan yang memiliki kekuatan dahsyat. Siapapun nama yang tertulis dalam buku tersebut, maka mereka akan tewas dalam 40 detik akibat serangan jantung. Pemiliknya juga bisa menentukan skenario kematian seperti apa bagi korbannya. Light Yagami, salah satu protagonis utama seriesnya, adalah salah satu pemilik dari Death Note.

Dalam ceritanya, Light menggunakan buku tersebut untuk menghabisi nyawa orang-orang yang menurutnya adalah sosok jahat. Namun, hal ini justru membuat Light Yagami bertindak sebagai “dewa” dengan menggunakan nama samaran Kira. Dialah yang menentukan apakah seseorang akan hidup atau mati. Kompleksitas moral inilah yang membuat Death Note menjadi menarik.

9 Psycho-Pass

Psycho-Pass merupakan sebuah series anime thriller psikologis yang sangat populer di kalangan para pecina anime. Dengan setting di sebuah masa pada masa depan, pihak kepolisian Jepang menerapkan sebuah teknologi canggih bernama Sibyl System. Sistem ini mampu mengawasi setiap niatan orang dengan cara memeriksa gelombang otak mereka. Sehingga, sebuah kejahatan bisa dicegah sedini mungkin.

Yang luar biasanya juga adalah sistem ini bisa memutuskan apakah polisi bisa menggunakan peluru tajam atau menggunakan peralatan lainnya dalam membasmi kejahatan. Tapi, fakta kemudian terungkap bahwa Sibyl System sebenarnya bukanlah kecerdasan buatan melainkan kecerdasan yang dibangun dari 200 otak kriminal berbahaya di Jepang.

Joshu Kashei sendiri berusaha untuk melindungi fakta ini di mana mereka rela untuk melakukan apapun, termasuk menghabisi nyawa orang lain. Series ini dianggap sebagai gambaran yang bisa menghadirkan sebuah realita yang terjadi pada masa yang akan datang. Eksplorasi mengenai keadilan, kejahatan, dan kelemahan dari sistem masyarakan jadi beberapa elemen khas genre Noir yang muncul di series ini.

8 Gangsta

Anime yang menghadirkan tema cerita tentang gangster atau kriminal memang cukup banyak. Namun, yang menghadirkan tema cerita tentang kekerasan dari sebuah kelompok gangster mungkin tidak banyak. Salah satu yang memang fokus terhadap hal tersebut adalah Gangsta. Seriesnya sendiri bersetting di sebuah kota yang memang sangat kumuh dan penuh dengan hal negatif.

Kota tersebut dikendalikan oleh berbagai faksi dari kelompok kriminal. Gangsa sendiri berkisah tentang seorang tentara bayaran tunarungu bernama Nic dan rekannya sesama tentara bayaran bernama Worick. Mereka merupakan tentara bayaran yang rela melakukan berbagai pekerjaan aneh, berbahaya, dan sulit dikerjakan oleh orang lain sambil juga bertahan dari lingkungan mereka yang kacau.

Ketika kedua karakter ini menerima pekerjaan sebagai pengawal pribadi bagi sosok pemimpin kelompok kriminal baru, Alex, semakin banyak faksi atau kelompok kriminal lainnya berusaha untuk menghabisi mereka bertiga. Gangsta secara terbuka menghadirkan berbagai aksi brutal, karakter dengan sifat yang kompleks, serta berbagai hal mengenai politik di dunia kriminal yang biasa terjadi di dunia nyata.

7 Baccano!

Baccano! mungkin tidak terlalu banyak menghadirkan elemen kelam khas Noir seperti halnya berbagai judul lain dalam daftar ini. Meskipun begitu, seriesnya tetap menghadirkan berbagai elemen penting dari genre Noir seperti ambiguitas moral dari para karakternya dan berbagai hal kelam serta mengerikan. Baccano! bisa dibilang merupakan series yang juga unik dari segi plot atau cerita.

Baccano! menghadirkan tiga alur cerita yang berbeda satu sama lain, yang kemudian pada akhirnya menjadi satu. Ceritanya berfokus pada berbagai keluarga kriminal, pencuri, ilmuwan gila, kehidupan abadi, dan hal lainnya. Semuanya saling terhubung satu sama lain di mana pada akhrirnya berujung pada pencarian tentang formula yang sangat misterius yang bisa memberikan keabadian.

Bila dibandingkan dengan rekomendasi anime bertema Noir lainnya, mungkin bisa dibilang Baccano! jauh lebih menyenangkan. Bahkan, seriesnya juga menghadirkan sedikit unsur komedi dan suspense yang menarik. Meskipun begitu, memang harus diakui sempat ada beberapa hal kontroversial yang memunculkan perdebatan di kalangan fans. Terlepas dari hal itu, Baccano! bisa jadi tontonan yang menarik.

6 Darker Than Black

Darker Than Black merupakan sebuah series anime fiksi ilmiah dan aksi di mana ceritanya menghadirkan semua elemen penting dari anime genre Noir. Bahkan, banyak ulasan dan respon positif yang berkaitan dengan seriesnya. Ceritanya sendiri bersetting di sebuah dunia fiksi di mana Amerika Serikat diceritakan berhasil takluk oleh sebuah organisasi rahasia bernama the Syndicate.

Di dunia ini juga diperlihatkan bagaimana beberapa manusia terpilih yang disebut sebagai Contractors, akan mendapatkan peningkatan kekuatan yang dahsyat. Namun, bayaran untuk kekuatan yang dahsyat tersebut adalah mereka harus kehilangan emosi dan juga moral dalam diri mereka. Sang protagonis utama dalam seriesnya, Hei, merupakan salah satu dari Contractors.

Dia mampu memanipulasi listrik ketika melakukan aksinya sebagai mata-mata dan juga seorang pembunuh. Dengan plotlines yang menarik dan membuat para penonton penasaran, adegan aksi yang apik, serta karakter antihero layaknya Hei, series Darker Than Black bisa jadi salah satu rekomendasi anime Noir yang wajib Geeks tonton.

5 Gungrave

Selain Baccano! series anime yang juga penuh dengan drama tentang kelompok kriminal, pengkhianatan, gangster, dan berbagai hal aksi lainnya adalah Gungrave. Menghadirkan alur cerita yang bersinggungan dengan elemen Noir, Gungrave bercerita tentang Brandon Heat dan Harry MacDowel, dua orang sahabat yang mencoba untuk meraih posisi yang layak di kelompok mafia mereka.

Mereka berdua terkenal sebagai dua orang yang kompak dan sangat berdedikasi akan mimpinya, sampai kemudian keserakahan dan juga tragedi menimpa mereka. Akhirnya, kedua karakter itu berpisah. Gungrave menghadirkan alur cerita maju-mundur, yang artinya mereka tidak hanya berfokus pada masa sekarang namun juga menghadirkan cerita di masa lalu.

Kita akan diajak melihat bagaimana Brandon dan Harry rela melakukan apapun demi mengejar kekuasaan dan juga posisi impian. Di masa sekarang, sosok misterius bernama Beyond the Grave berusaha untuk menghancurkan sindikat kriminal milik Harry. Namun, dia bukan sosok yang sembarangan karena Grave memiliki kemampuan supranatural yang luar biasa.

4 Phantom: Requiem For The Phantom

Cerita tragis tentang dua pembunuh dalam cerita Phantom: Requiem for the Phantom memberikan gambaran dari hal kelam dalam anime noir. Series animenya sendiri bercerita tentang ssok karakter bernama Zwei, seorang pria muda yang terindoktrinasi atau terpengaruh untuk menjadi seorang pembunuh bagi sebuah organisasi kriminal bernama The Inferno.

Ketika Zwei sedang menjalankan misinya, dia kemudian bertemu dengan sesama sosok pembunuh lainnya bernama Ein. Karakter Ein dan Zwei kemudian berhasil mengembangkan sebuah kisah romansa yang menarik dan intens. Namun, cerita romansa dari kedua karakter ini berubah menjadi sebuah petaka ketika kelompok The Inferno justru mengetahui hubungan mereka.

Bahkan, yang parah dan mengerikannya adalah The Inferno memanfaat hubungan Zwei dengan Ein sebagai cara untuk menghabisi lawannya tersebut. Dengan tema cerita yang dewasa, penuh intrik kekerasan, dan permainan pikiran, Phantom: Requiem For The Phantom menjadi perwujudan salah satu anime noir. Seriesnya bisa menghadirkan pengalaman menonton yang menarik dan unik bagi Geeks semua.

3 Black Lagoon

Rekomendasi anime noir selanjutnya adalah Black Lagoon. Ini merupakan salah satu anime yang unik karena, seriesnya sendiri terinspirasi dari berbagai film yang diproduksi oleh sutradara Quentin Tarantino dan juga John Woo. Quentin Tarantino menginspirasi berbagai hal-hal berbau kekerasan yang muncul dalam ceritanya. Sementara, John Woo menginspirasi banyaknya adegan aksi dan senjata yang muncul dalam ceritanya.

Black Lagoon sendiri berkisah tentang seorang pekerja kantoran biasa bernama Rukurou Okajima, yang selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik bagi perusahaanya. Okajima juga sering berusaha untuk membuat orang lain senang, yang mana efek dari hal ini dia pun menjadi tawanan dari sebuah kelompok penjahat bernama Lagoon Company ketika sebuah tragedi terjadi dalam hidupnya.

Manager dari perusahaan tempat Okajima bekerja menolak untuk menolongnya, yang mana pada akhirnya dia pun memutuskan untuk bergabung dengan kelompok Lagoon Company yang anggotanya terdiri dari pembajak, pembunuh bayaran, dan penyelundup. Okajima juga justru mengalami perubahan di mana dia tidak ragu untuk melakukan berbagai hal brutal dan aksi kekerasan lain.

2 Cowboy Bebop

Nama Cowboy Bebop adalah salah satu contoh paling populer dari anime dengan genre noir. Dan yang menarik adalah anime yang juga terinspirasi dari Star Wars ini nyatanya kurang begitu populer di Jepang, namun sangat populer di luar negeri khususnya Amerika. Cowboy Bebop bercerita tentang seorang pemburu bayaran bernama Spike Spiegel dan juga krunya di kapal Bebop.

Spike dan para kru pemburu bayaran miliknya berusaha untuk menghindari para sindikat sambil juga bertarung menghadapi para kriminal yang tersebar di seluruh sistem tata surya. Bersetting di tahun 2071, dalam ceritanya di tahun tersebut manusia bukan hanya bisa melakukan perjalanan antar galaksi. Namun, diceritakan jika ada bentuk kejahatan baru dan juga sosok berkuasa baru yang kemudian muncul.

Cowboy Bebop merupakan salah satu series anime noir klasik yang rilis pada tahun 1998 dan bisa dibilang jadi salah satu series yang paling berpengaruh, bahkan hingga sekarang. Alur cerita yang berhasil menghadirkan perkembangan karakter secara detil serta animasi yang memukau, diselingi oleh musik Jazz yang sangat memanjakan telinga, menjadi beberapa hal yang membuat seriesnya populer.

1 Akira

Rekomendasi anime noir yang terakhir adalah Akira. Selain Cowboy Bebop, ini merupakan series anime noir klasik yang juga sangat populer. Banyak Geeks yang mungkin berpendapat jika Akira lebih cocok masuk kategori cyberpunk, dengan cerita yang bersetting di Neo-Tokyo ini. Namun, Akira juga menghadirkan elemen cerita yang sangat kompleks dan juga karakter yang memiliki moral ambigu.

Akira adalah salah satu anime klasik yang memperkenalkan industri anime ke para penggemar di luar Jepang, terutama wilayah Amerika. Akira sendiri merupakan film yang rilis pada 1988 dan diadaptasi dari manga karya Katsuhiro Otomo. Filmnya sendiri berfokus di sebuah dunia masa depan, di mana Tetsuo Shima dianggap sebagai ancaman besar berkat kemampuan telekinesis yang dia miliki.

Kemampuan telekinesis Tetsuo Shima dianggap sangat mirip dengan Akira, seorang ahli telekinesis atau esper yang pernah menghancurkan Tokyo. Tetsuo pun kemudian diincar nyawanya oleh pihak pemerintah untuk mencegah kehancuran yang sama terjadi. Meskipun sudah lebih dari dua dekade, cerita Akira dianggap masih bisa sesuai dengan keadaan sekarang.

Anime noir merupakan genre yang menarik dan unik yang menggabungkan kompleksitas moral dari para karakter, cerita yang juga kompleks dan penuh ketegangan serta misteri, dan berbagai elemen dewasa yang mana tentunya bisa menjadi tontonan yang pas bagi para penggemar anime yang sudah dewasa. Dan di atas adalah beberapa rekomendasi anime bertema noir yang bisa jadi pilihan Geeks semua.

Exit mobile version