Home OTAKU OTAKU FEATURES 10 Perang Paling Mematikan di Dunia Anime!

10 Perang Paling Mematikan di Dunia Anime!

Perang atau pertempuran besar merupakan salah satu hal yang cukup sering terjadi di dunia anime dan ada beberapa perang yang dianggap paling mematikan. Dalam beberapa anime, perang merupakan sesuatu yang memang harus terjadi karena sebuah konflik yang berkepanjangan. Namun, ada juga perang yang muncul karena satu dan lain hal. Berikut adalah deretan perang besar yang dianggap paling mematikan di dunia anime.

10 Ishval Civil War

Dalam cerita Fullmetal Alchemist, kekuatan sihir merupakan hal yang lumrah digunakan dalam berbagai hal termasuk peperangan. Dan dalam cerita Fullmetal Alchemist: Brotherhood, kita melihat bagaimana kekuatan sihir digunakan dalam salah satu perang palingmematikan dalam dunia anime, yaitu Ishval Civil War atau Perang Saudara Ishval. Perang ini terjadi akibat kesalahpahaman.

Setelah sebuah protes besar-besaran yang salah sasaran membuat seorang penduduk anak-anak di Ishval tewas, perang saudara pun akhirnya pecah di negara tersebut. Perang tersebut benar-benar sangat mematikan, yang mana ada banyak sekali korban jiwa yang melayang dalam perang ini. Ironisnya, ada satu sosok yang kemudian dianggap dalang dari perang mematikan tersebut.

Konspirator atau dalang dari Ishval Civil War ini tidak lain adalah villain utama di seriesnya, Father. Dia memiliki rencana jahat yang besar, di mana salah satu tahapannya adalah menciptakan sebuah konflik yang besar. Konflik tersebut kemudian menjadi awal mula terbentuknya kelompok transmutasi. Dan yang mengerikan, dari awalnya perang saudara berubah jadi pembantaian massal.

9 The Rebellion

Code Geass merupakan salah satu series anime yang populer di mana alur ceritanya tidak hanya sekedar menghadirkan elemen mecha. Code Geass mencoba untuk menghadirkan elemen yang sama dengan series Gundam, mulai dari kemunculan robot atau mecha sampai pada cerita tentang intrik politik yang terjadi diantara para karakternya. Tidak lupa juga elemen militer serta karakter yang sangat kompleks.

Karena bertema militer dan penuh dengan intrik politik, tidak heran jika Code Geass bisa menghadirkan perang paling mematikan di dunia anime. Demi bisa membawa kedamaian bagi seluruh dunia, serta membalas dendam atas apa yang terjadi kepada keluarganya, Lelouch Lamperouge menggunakan kekuatan yang dia miliki, yang bernama Geass, untuk menghadirkan sebuah pemberontakan.

Kemampuan tersebut membuat Lelouch bisa memerintahkan siapapun untuk mau mengerjakan apa yang dia bilang. Efek dari pemberontakan yang Lelouch hadirkan jelas adalah korban jiwa dalam jumlah yang sangat masif, termasuk dari pihaknya sendiri. Namun, ironisnya, rencana dari Lelouch tersebut justru menjadi cara lainnya untuk menghabisi banyak korban yang tidak bersalah.

8 Thousand-years Blood War

Geeks tentunya sudah sangat mengenal perang paling mematikan dan paling bersejarah dalam series Bleach ini. Dalam ceritanya, bangsa Quincies kembali setelah 1.000 tahun lamanya. Mereka berencana untuk membalas dendam atas kekalahan mereka serta pembantaian yang dilakukan oleh Soul Society pada 1.000 tahun yang lalu. Sesuai namanya, perang setiap 1.000 tahun ini benar-benar sangat mematikan dan penuh darah.

Dalam penyerangan pertama bangsa Quincies kepada Soul Society, banyak nyawa yang hilang apalagi bagi para Soul Reapers. Captain Yamamoto, yang merupakan pemimpin dari Gotei 13, menjadi salah satu korban penyerangan bangsa Quincies. Bahkan, sang protagonis utama, Ichigo Kurosaki, benar-benar terluka parah dan hampir tewas dalam perang epik tersebut.

Tidak berhenti sampai disitu, pada serangan kedua kedahsyatan dari perang tersebut jauh lebih epik lagi. Ichigo pun sudah semakin kuat setelah berlatih dengan sangat keras, yang mana hal itu membuatnya kemudian bisa berhadapan dengan sang pemimpin dari kelompok Quincy yaitu Yhwach. Saat ini, animenya sendiri sudah menyelesaikan bagian kedua dan di tahun 2024 mendatang kita akan melihat bagian ketiganya.

7 Paranormal Liberation War

Paranormal Liberation Front merupakan organisasi villain paling besar dan paling penting di dunia My Hero Academia. Organisasi ini terbentuk berkat kerja sama antara League of Villains dan Meta Liberation Army. Semenjak terbentuknya organisasi ini, mereka kemudian menjadi salah satu fokus cerita di series My Hero Academia. Contoh nyata dari hal ini adalah bagamana mereka jadi fokus utama dalam perang Paranormal Liberation War.

Paranormal Liberation War merupakan all-out war atau perang dengan kekuatan penuh antara para hero dan villain. Hal ini terjadi ketika para hero mendapatkan informasi dari Hawks, hero nomor 2 sekaligus mata-mata bagi pihak pahlawan, di mana mereka kemudian langsung melancarkan kekuatan penuh untuk menyerang Liberation Army yang ingin menghancurkan Jepang.

Mereka berpacu dengan waktu, karena para villain tersebut berusaha untuk membangkitkan kembali Shigaraki. Pada awalnya, mereka menduga jika penyerangan tersebut sukes dengan jumlah korban yang sangat sedikit. Namun, ketika Shigaraki kemudian terbangun dan sadar akhirnya semua berubah menjadi kacau. Banyak hero yang harus tewas akibat Quirk milik Shigaraki. Setelah bertarung menghadapi para hero kuat, Shigaraki pun kabur.

6 Chimera Ant War

Skala dari Chimera Ant War mungkin tidak semasif Paranormal Liberartion War atau Thousand-Year Blood War. Namun, dalam peperangan ini semua Hunter terbaik di series Hunter x Hunter berkumpul dan berusaha untuk menghentikan invasi dari kelompok Chimera Ant. Mereka adalah kelompok villain yang berisi para karakter kuat, di mana kelompok ini berasal dari Dark Continent.

Dalam perang paling mematikan di dunia anime ini, diperlihatkan bagaimana pemimpin dari Hunter Association pada saat itu, Isaac Netero, ikut terjun langsung untuk bertempur. Bahkan, keluarga Zoldyck yang legendaris dan jadi keluarga terkuat pun ikut serta bertempur menghadapi kelompok Chimera Ant. Dalam perang ini, ada banyak hal menarik yang kemudian muncul.

Misalnya, perkembangan karakter dari Gon di mana dia mengorbankan seluruh Nen miliknya untuk bisa menghabisi Neferpitou yang sudah menghabisi rekannya. Namun, yang paling epik dari perang ini adalah bagaimana Netero mengorbankan nyawanya untuk bisa menyelamatkan umat manusia. Dia meledakan dirinya dengan bom yang dia persiapkan untuk mengalahkan sang pemimpin Chimera Ant, Meruem.

5 Coallition Invation War

Kingdom merupakan salah satu series yang bisa dibilang underrated. Padahal, alur ceritanya sendiri tidak kalah menarik. Coallition Invation War adalah bukti nyata dari alur cerita Kingdom yang menarik. Bahkan, Coallition Invation War dianggap sebagai arc atau alur cerita yang terbaik di seriesnya yang terjadi pada chapter 257 – 356. Alur cerita ini menghadirkan perang menghadapi Qin.

Hampir semua pasukan dari berbagai wilayah, terkecuali Qi, berkumpul dan bersatu menyatukan kekuatan mereka untuk menghadapi Qin. Koalisi pasukan inilah yang membuat perang ini menjadi sangat masif. Total pasukan yang berkumpul dalam koalisi ini bisa mencapai 504.000 pasukan. Perangnya sendiri terbagi dalam dua cerita; Battle of Kanyou Pass dan juga Battle of Sai.

Banyak yang menganggap jika Coallition Invation War bukan hanya menjadi alur cerita perang paling mematikan di dunia anime, tetapi jadi salah satu alur cerita terbaik juga. Beberapa hal yang membuat perang ini menarik adalah adegan pertempuran yang terjadi, taktik yang digunakan di balik layar, serta kemunculan berbagai karakter hebat dan sangat cerdas. Geeks bisa mengikuti alur ceritanya jika penasaran.

4 Perang Dunia Shinobi Ketiga

Perang dunia shinobi merupakan perang mematikan yang terjadi dalam cerita Naruto. Dalam sejarahnya, sudah ada empat kali perang dunia shinobi yang terjadi. Salah satu perang dunia shinobi yang mengerikan dan brutal adalah perang dunia shinobi ketiga. Pasalnya, selain juga mereka menerjunkan para shinobi terlatih, banyak desa yang menerjunkan shinobi anak-anak minim pengalaman ke medan pertempuran.

Hal tersebut jadi salah satu kejahatan besar yang pernah dilakukan oleh desa Konoha serta desa-desa shinobi lainnya. Perang dunia shinobi ketiga terjadi karena kekuasaan dari kelima negara besar mulai menghilang, yang mana efeknya banyak negara kecil yang tidak terafiliasi dengan mereka justru memulai invasi dan penyerangan. Seperti perang sebelumnya, peristiwa ini diawali dengan penyerangan dan pertempuran kecil sebelum kemudian meluas dan jadi melibatkan banyak pihak.

Beberapa nama epik muncul seperti Minato Namikaze, yang berhasil membunuh 1.000 musuh, serta sosok Kakashi, Rin, dan bahkan Obito Uchiha. Momen ini jadi awal mula balas dendam besar yang dilakukan Obito terhadap Konoha dan juga dunia. Dengan jumlah korban jiwa yang mencapai ribuan, rasanya pantas untuk memasukan perang dunia shinobi ketiga di daftar ini.

3 Perang Dunia Shinobi Keempat

Ini momen perang dunia shinobi yang paling populer, paling ikonik, dan juga paling masif dalam cerita Naruto. Namun, berbeda dengan perang sebelumnya, dalam peristiwa ini seluruh negara shinobi justru bersatu dan membentuk sebuah aliansi ninja. Mereka bersatu untuk menghadapi musuh yang sama yaitu Madara Uchiha. Inilah alasan mengapa perang dunia shinobi keempat jadi yang paling masif di seriesnya.

Ada beberapa pertempuran yang terjadi dalam momen ini. Pertempuran pertama berlangsung selama dua hari, ketika para aliansi shinobi harus berhadapan dengan Madara Uchiha. Kemudian, pertempuran kembali terjadi untuk kedua kalinya di mana Obito bekerja sama dengan Madara berusaha menghancurkan seluruh dunia shinobi. Di momen ini, kita melihat Madara yang ditipu oleh Black Zetsu dan Obito jadi Jinchuriki bagi monster ekor sepuluh.

Dalam momen ini pula, para fans kemudian diperkenalkan dengan sosok Kaguya Otsutsuki yang dibangkitkan oleh Black Zetsu. Salah satu momen epik lainnya dalam pertempuran ini adalah bagaimana Sakura, Sasuke, dan Naruto bersatu untuk menyelamatkan dunia. Hal ini terjadi setelah Sasuke sebelumnya memutuskan untuk keluar dari Konoha dan berubah menjadi jahat.

2 Paramount War

Paramount War/Summit War atau yang biasa juga disebut sebagai perang puncak, merupakan perang besar yang berlokasi di markas pusat angkatan laut yaitu Marineford. Dalam peperangan ini, kelompok bajak laut Whitebeard mencoba untuk membebaskan Portgas D Ace dari eksekusi mati. Seluruh armadanya berkumpul di sana dan seluruh pasukan angkatan laut mencoba untuk bertahan dan mempertahankan markas angkatan laut dari serangan Whitebeard.

Perang puncak ini jadi salah satu perang dengan skala paling besar saat ini di cerita One Piece, selain juga perang di Onigashima. Banyak angkatan laut yang harus tewas dan terluka parah akibat serangan dari kelompok Whitebeard. Di satu sisi, kelompok Whitebeard sendiri harus menghadapi banyak sekali korban jiwa akibat serangan dari para angkatan laut yang kuat.

Meskipun sempat berhasil diselamatkan oleh Luffy, sayangnya di akhir cerita kita melihat bagaimna Ace harus tewas akibat serangan Akainu ketika melindungi Luffy. Bukan hanya itu, dalam pertempuran ini Whitebeard pun ikut tewas. Pertempuran di Marineford menghadirkan para pengguna buah iblis paling banyak sejauh ini dalam cerita One Piece. Juga ini menjadi salah satu momen fenomenal karena kematian Ace yang menyedihkan.

1 Battle For Paradis

Battle For Paradis adalah perang paling mematikan dalam dunia anime yang terakhir. Bagaimana tidak, Eren Yeager benar-benar menghabisi sekitar 80% populasi umat manusia dalam peristiwa Rumbling. Peristiwa “Rumbling” sendiri adalah ketika Founding Titan memerintahkan semua Titan yang ada di pulau Paradis yang jumlahnya mencapai puluhan ribu untuk kemudian menginjak-injak manusia atau bangsa manapun tanpa ampun.

Inilah yang kemudian membuat bangsa Marley mencoba mencari tahu siapa pemilik Founding Titan dan merebut kekuatannya. Hal itu dilakukan semata-mata menurut mereka demi menyelamatkan dunia. Ini juga alasan mengapa kemudian mereka memilih beberapa orang untuk menjadi pemilik kekuatan Titan – Reiner, Annie, Marcel, dan Bertholt – untuk kemudian menyusup ke pulau Paradis.

Eren Yeager sendiri berusaha untuk membalas dendam atas apa yang bangsa Marley lakukan terhadap penduduk Paradis, terutama para bangsa Eldian di pulau tersebut. Dia berusaha untuk menghabisi seluruh umat manusia yang berada di luar pulau tersebut agar semua penduduk Eldian bisa hidup dengan damai. Rencana Eren sendiri sebenarnya hampir saja berhasil sebelum Mikasa akhirnya berhasil menghentikannya.

Dalam peperangan, korban jiwa memang selalu akan muncul dan mereka adalah bukti bagaimana perang adalah peristiwa yang sangat mengerikan dan harus dihindari. Perang paling mematikan di dunia anime yang ada dalam daftar ini bisa jadi salah satu cara untuk mengingatkan bahwa perang bukanlah sesuatu yang baik. Di sisi lain, ini juga merupakan hal yang menarik dalam sebuah narasi cerita fiksi.

Exit mobile version