Home MOVIE MOVIE FEATURES 8 Film Tahun 2023 Yang Berhasil Pecahkan Rekor!

8 Film Tahun 2023 Yang Berhasil Pecahkan Rekor!

Film blockbuster Hollywood di tahun 2023 berhasil pecahkan beberapa rekor yang cukup mengejutkan, meskipun ada juga yang sudah terprediksi. Tahun 2023 hanya tersisa beberapa pekan lagi dan berbagai film baru dan menarik akan segera rilis di tahun 2024. Namun, sebelum beranjak ke tahun 2024 terdapat beberapa film blockbuster Hollywood yang berhasil pecahkan rekor baik rekor yang baik ataupun rekor buruk. Apa saja filmnya?

8 Wish

Film tahun 2023 yang berhasil pecahkan rekor yang pertama adalah Wish. Ini merupakan film animasi produksi Disney kedua yang rilis pada 2023, di mana filmnya sengaja dirilis pada momen perayaan Thanksgiving. Film Wish ditargetkan akan melanjutkan tren positif dari Disney selama enam tahun berturut-turut di mana film animasi yang mereka rilis pada momen Thanksgiving akan sukses besar.

Disney sendiri memproyeksikan film ini mendapatkan total pemasukan sebesar 45-65 juta Dollar Amerika saat minggu pembukaannya. Namun, pada kenyataanya, hal ini tidak pernah terjadi. Dirilis satu minggu pasca perilisan film animasi lainnya, Trolls Band Together, film Wish justru mengalami nasib yang berbeda. Fillm yang dibintangi oleh Chris Pine ini justru gagal di pasaran.

Berdasarkan informasi yang ada, Wish hanya mendapatkan 31.7 juta Dollar Amerika di minggu pertama perilisan filmnya. Dan pada November kemarin total filmnya berhasil meraih tambahan 19.5 juta Dollar Amerika. Sementara untuk pemasukan dari seluruh dunia Wish hanya mendapatkan 49.6 juta Dollar Amerika. Angka tersebut membuat Wish jadi film Disney yang berhenti melanjutkan tren positif film Thanksgiving mereka.

7 Five Night At Freddy’s

Film Five Night at Freddy’s rilis perdana pada Oktober kemarin, namun tren positif dari film ini terus berlanjut hingga november kemarin. Filmnya sendiri berkisah tentang seorang pria yang harus mengalami masalah keuangan dalam hidupnya. Untuk memenuhi kehidupan sehari-harinya, dia pun akhirnya mau menerima pekerjaan sebagai petugas keamanan di sebuah restoran pizza yang terbengkalai.

Nama restoran tersebut adalah Freddy Fazzbear’s Pizzeria. Di hari pertama pria tersebut bekerja sebagai petugas keamanan, dia bekerja pada shift malam. Namun, saat menjalankan tugasnya sebagai petugas keamanan pria tersebut sadar jika ada yang aneh dengan tempat tersebut. Mainan animatronik di toko tersebut ternyata hidup pada malam hari dan mengincar nyawanya.

Five Night at Freddy’s sudah dikembangkan sejak 2015 dan film horor ini berhasil melampaui ekspektasi banyak pihak, termasuk pihak studio sendiri yaitu Blumhouse. Film ini berhasil memecahkan rekor box office yang mana tren tersebut terus berlanjut. Mereka berhasil mengantongi 50 juta Dollar Amerika untuk pendapatan domestik. Angka itu menjadikan Five Night at Freddy’s sebagai film produksi Blumhouse yang berhasil mendapatkan pemasukan paling besar dari seluruh dunia dengan total 283 juta Dollar Amerika.

6 Taylor Swift: The Eras Tour

Pesona dari penyanyi pop dunia, Taylor Swift, benar-benar sangat luar biasa. Kepopuleran dari sang penyanyi ternyata bukan hanya di atas panggung, melainkan juga di industri film. Dan hal ini dibuktikan dari raihan yang didapatkan dari film dokumenternya yaitu Taylor Swift: The Eras Tour. Rilis pada 13 Oktober 2023 kemarin, film ini masih terus menunjukan berbagai tren positif hingga November kemarin.

Menurut informasi yang ada, Taylor Swift: The Eras Tour berhasil mengantongi total 250 juta Dollar Amerika dengan 178.2 juta Dollar diraih dari pemasukan domestik. Sementara, 71.8 juta Dollar sisanya didapatkan dari pemasukan seluruh dunia. Angka ini membuat The Eras Tour memecahkan beberapa rekor. Yang pertama adalah film dengan pemasukan kotor ke 10 paling tinggi di 2023.

Angka ini bahkan mengalahkan film blockbuster lainnya seperti Indiana Jones and the Dial of Destiny. Yang kedua adalah The Eras Tour berhasil menjadi film penampilan atau konser yang paling laris dan sukses sepanjang masa. Bahkan, dengan pendapatan yang masih akan terus bertambah tersebut membuat Taylor Swift: The Eras Tour mencatatkan namanya di buku rekor dunia Guiness.

5 Fast X

Franchise Fast & Furious akan segera menutup cerita utama mereka setelah berjalan selama lebih dari dua dekade. Dan untuk menutup ceritanya, Vin Diesel kemudian menghadirkan film penutup yang terbagi menjadi dua bagian yaitu Fast X dan Fast 11. Fast X sendiri rilis pada Mei 2023 kemarin dan menghadirkn cerita di mana Dominic Toretto harus berhadapan dengan villain baru.

Villain baru yang harus Dom hadapi adalah Dante Reyes, yang diperankan oleh Jason Momoa. Dante Reyes sendiri merupakan putra dari Hernan Reyes, villain di film Fast Five. Dante berusaha membalas dendam kepada Dom atas apa yang terjadi kepada ayahnya. Dan sejauh ini, Dante benar-benar menjadi villain yang paling sulit yang pernah Dom hadapi dalam hidupnya.

Meskipun menjadi salah satu cerita akhir dari franchisenya, Fast X mencatatkan rekor paling buruk dari franchise Fast & Furious di mana pemasukan dalam minggu pembuka filmnya ada di angkat 67 juta Dollar. Sedangkan, untuk pendapatan dari seluruh dunia film ini mendapat 714 juta Dollar Amerika. Para penonton banyak yang memberikan tanggapan negatif terkait filmnya. Namun, Vin Diesel sendiri masih percaya diri untuk menyelesaikan cerita filmnya.

4 The Super Mario Bros. Movie

Studio animasi Illumination dan Universal melakukan adaptasi dari game populer produksi Nintendo yaitu The Super Mario Bros. Movie. Meskipun sempat menuai kontroversi, namun film ini nyatanya berhasil memecahkan rekor sebagai film animasi paling laris sepanjang masa. Diketahui filmnya berhasil membukukan 55 juta Dollar di hari pembukaan filmnya dan mengantongi 195 juta Dollar amerika di minggu perdana pemutarannya.

Angka tersebut benar-benar melampaui ekspektasi dari banyak pihak. The Super Mario Bros. Movie berhasil mengantongi 137 juta Dollar Amerika dalam tiga hari penayangannya, yang mana angka tersebut bahkan mampu melampaui jumlah pemasukan tiga hari perdana dari film Finding Dory yaitu 135.1 juta Dollar Amerika. Dan secara global, film ini berhasil mengantongi angka yang fantastis.

Mereka menargetkan pemasukan secara global di angka 173 juta Dollar Amerika, namun kemudian pada faktanya mereka mendapatkan jumlah hingga 368 juta Dollar Amerika. Hal ini membuat The Super Mario Bros. Movie mampu melampaui angka pemasukan Frozen 2 yang ada di angka 358 juta Dollar Amerika dan menjadi film animasi paling laris di dunia nomor 2 setelah The Incredibles 2.

3 The Marvels

The Marvels menjadi film yang paling mengecewakan yang pernah Marvel Studios hadirkan. Film ini benar-benar tidak berhasil memenuhi ekspektasi, meskipun di sisi lain filmnya berhasil memenuhi ekspektasi orang-orang jika The Marvels akan gagal di pasaran. The Marvels merupakan sekuel dari film Captain Marvel yang rilis pada 2018 kemarin di mana film tersebut berhasil membukukan 1.1 milliar Dollar Amerika.

Namun, film sekuel ini menjadi rekor terburuk bagi sejarah Marvel Studios. The Marvels rilis pada 10 November kemarin dan hanya membukukan 46.1 juta Dollar Amerika dalam waktu tiga hari penayangannya. Angka tersebut memang tetap dianggap sebagai film dengan pemasukan terbesar kedua di bulan November kemarin, tetapi total pemasukan yang diraih filmnya hanya 188 juta Dollar Amerika dari seluruh dunia.

Menurut laporan sebelumnya, The Marvels menggelontorkan dana sebesar 270 juta Dollar Amerika untuk ongkos produksi filmnya. Marvel Studios sendiri sempat berharap jika film The Marvels akan meraih kesuksesan yang sama seperti film sebelumnya. Namun, hal itu nyatanya tidak terjadi. The Marvels dianggap sebagai film produksi Marvel Studios yang paling buruk sepanjang sejarah.

2 Oppenheimer

Oppenheimer berhasil mencatatkan rekor luar biasa di box office meskipun muncul dengan genre biopik. Ini merupakan film garapan sutradara Christopher Nolan yang menceritakan tentang sosok fisikawan terkenal yang menjadi pencipta bom nuklir, yaitu J. Robert Oppenheimer. Para penonton diperlihatkan cerita tentang awal mula bagaimana Oppenheimer bisa menciptakan rumus yang berujung pada terciptanya bom atom.

Meskipun bergenre biopik, nyatanya film ini benar-benar bertabur bintang Hollywood ternama mulai dari Cillian Murphy, Emily Blunt, Florence Pugh, Matt Damon, bahkan hingga Robert Downey, Jr. menjadi cast di film ini. Film Oppenheimer berhasil membukukan pemasukan di angka 946 juta Dollar Amerika di minggu pertamanya, sebelum kemudian berhasil mendapatkan 1 milliar Dollar Amerika.

Angka tersebut menjadikan Oppenheimer sebagai film biopik paling laris di dunia dan paling laris sepanjang masa. Angka tersebut berhasil melampaui dua film biopik sukses lainnya yaitu The American Sniper yang mendapatkan pemasukan sebesar 547.7 juta Dollar Amerika dan The Greatest Showman di angka 435.7 juta Dollar Amerika.

1 Barbie

Film 2023 yang berhasil pecahkan rekor yang terakhir tidak lain adalah Barbie. Film garapan Greta Gerwig dan diproduksi oleh Warner Bros. Discovery ini benar-benar menjadi sebuah fenomena baru di tahun 2023 dan juga di dunia industri film Hollywood. Pasalnya, Barbie menjadi film pertama yang berhasil menyentuh angka 1 milliar Dollar Amerika di tahun 2023 sebelum kemudian disusul oleh Oppenheimer.

Selain itu, Barbie juga menjadi film adaptasi mainan paling sukses sepanjang masa di mana pencapaian ini kemungkinan akan sulit diraih oleh film-film adaptasi mainan lainnya dalam beberapa tahun kedepan. Greta Gerwig menghadirkan alur cerita yang menarik di mana Barbie berusaha untuk mencari jati dirinya. Dia pun pergi ke dunia manusia di mana Barbie akhirnya menemukan tujuan hidupnya.

Proses pengembangan filmnya sendiri diketahui sudah dllakukan selama bertahun-tahun dan dikerjakan oleh berbagai rumah produksi yang berbeda sebelum WBD jadi studio yang mengerjakan filmnya. Film Barbie sendiri dibintangi oleh Margot Robbie dan Ryan Gosling yang berperan sebagai Barbie dan Ken. Kesuksesan Barbie ini juga yang kemudian membuat Mattel berusaha untuk melanjutkan tren positif mereka dengan mengadaptasi berbagai mainan lainnya.

Beberapa film yang rilis di tahun 2023 ternyata berhasil pecahkan rekor, baik rekor yang baik ataupun rekor buruk. Sebagian film berhasil meraih pencapaian terbesar dengan menjadi yang paling sukses sepanjang sejarah atau pun menjadi yang paling buruk di sejarah franchise tersebut. Menarik tentunya untuk melihat berbagai rekor lainnya yang dihadirkan oleh berbagai film di tahun 2024 mendatang.

Exit mobile version