Home MOVIE MOVIE FEATURES 6 Proyek MCU yang Berganti Judul!

6 Proyek MCU yang Berganti Judul!

Judul dalam sebuah film tentunya menjadi sangat penting. Pasalnya, judul adalah hal yang pertama dilihat oleh orang-orang, sebelum akhirnya mereka tertarik dan penasaran tentang filmnya. Dan biasanya, sebuah judul akan menggambarkan seperti apa cerita dalam filmnya nanti. Nah menariknya nih Geeks, Marvel Studios terkenal karena mereka sering mengganti-ganti judul dari proyek yang tengah mereka garap. Judul dari proyek-proyek tersebut diganti karena berbagai macam alasan. Lantas apa saja proyek MCU yang berganti judul? Simak berikut ini!

6 Agatha: Darkhold Diaries

Agatha: Darkhold Diaries adalah series terbaru yang menjadi spinoff dari WandaVision. Series ini bakal menceritakan Agatha Harkness yang menjadi karakter utama. Nantinya, Agatha Harkness akan terlepas dari sihir Scarlet Witch yang sempat mengurungnya selama beberapa waktu. Namun, kekuatannya masih hilang dan satu-satunya cara untuk mengembalikan kekuatannya adalah dengan bantuan teman-temannya.

Jika tidak ada halangan, series ini bakal rilis pada tahun 2024 mendatang dan memiliki total 9 episode. Karakter utamanya sendiri masih diperankan oleh Kathryn Hahn. Selain Hahn, seriesnya juga bakal membintangi beberapa nama lain seperti Patti LuPone, Aubrey Plaza, dan Emma Caulfield Ford. Setiap episodenya sendiri bakal digarap oleh beberapa sutradara berbeda seperti Rachel Goldberg, Gandja Monteiro, dan Jac Schaeffer.

Menariknya nih Geeks, series ini terhitung sudah 3 kali melakukan pergantian judul di MCU. Judul pertama seriesnya adalah Agatha: House of Harkness, yang diungkap pada publik tahun 2021. Disney kemudian mengganti judulnya menjadi Agatha: Coven of Chaos pada Juli 2022, sebelum akhirnya Agatha: Darkhold Diaries menjadi judul terakhir yang digunakan pada September 2023.

5 Captain America: Brave New World

Pada bulan Juni 2023, Marvel Studios mengumumkan bahwa mereka telah mengganti judul resmi dari film Captain America 4. Jika tadinya film tersebut memiliki judul resmi Captain: America New World Order di MCU, tetapi kemudian Marvel Studios memberikan judul baru yaitu Captain America: Brave New World. Tidak diketahui secara pasti apa yang membuat Marvel mengganti judul tersebut, tetapi kemungkinan agar judulnya mudah diingat.

Film Captain America: Brave New World memang menjadi film yang menarik untuk kita simak. Bagaimana tidak? Film ini bakal menampilkan Anthony Mackie yang mengambil alih peran sebagai Captain America, setelah Chris Evans memutuskan pensiun dari MCU pasca Avengers: Endgame. Mackie sendiri sebelumnya memerankan Falcon, yang menjadi sidekick bagi Captain America dalam film-film sebelumnya.

Sebenarnya transformasi karakter Sam Wilson sebagai Captain America baru sudah diperlihatkan dalam series The Falcon and the Winter Soldier, hanya saja baru di film Brave New World-lah kita akan disuguhkan dengan petualangan Captain America baru ini. Tidak diketahui siapa villain utama yang dihadirkan dalam film ini, tetapi ada beberapa villain yang dikonfirmasi muncul seperti Samuel Sterns dan Thaddeus Thunderbolt Ross.

4 Avengers: Endgame

Ketika Marvel Studios mengumumkan rencana ambisius mereka untuk film-film MCU phase 3, mereka menyertakan judul Avengers: Infinity War Part 1 dan Part 2, di mana film tersebut menjadi konklusi dari film-film MCU yang telah dibangun. Namun sesaat sebelum produksi dimulai, mereka mengubah arah dan mengungkapkan bahwa Part 2 akan memiliki judul baru yang terpisah. Dan pada akhirnya, mereka mengumumkan bahwa judul baru film tersebut adalah Avengers: Endgame.

Trinh Tran yang pernah menjadi eksekutif Marvel Studios mengungkap alasan mereka mengganti nama dari Avengers: Infinity War Part 2 menjadi Avengers: Endgame. Ternyata, Marvel Studios memberikan kebebasan kepada Joe dan Anthony Russo untuk mengubah judul film MCU ini. Marvel benar-benar mengizinkan sutradara untuk melaksanakan visi mereka. Pada akhirnya, Avengers: Endgame adalah judul yang diberikan langsung oleh sutradara.

Seperti yang kita ketahui bahwa Avengers: Endgame adalah film yang menceritakan akhir perjalanan Avengers saat mereka menghadapi Thanos. Dalam film tersebut, Avengers mampu mengendalikan keadaan, dan mengalahkan balik Thanos. Mereka juga mampu membawa kembali orang-orang yang sebelumnya menghilang dan menjadi debu.

3 Avengers 5

Sebenarnya Avengers 5 hanya menjadi judul sementara yang akan digunakan oleh Marvel Studios. Tadinya film ini memiliki judul resmi Avengers: The Kang Dynasty, tetapi karena Marvel Studios memecat Jonathan Majors sehingga karakter Kang the Conqueror kemungkinan tidak akan muncul lagi, oleh sebab itulah Marvel Studios mengubah judul filmnya. Dengan tidak adanya Kang the Conqueror, kemungkinan Avengers 5 bakal menceritakan cerita yang sama sekali baru.

Nah menariknya sebelum pemecatan Majors, Avengers: The Kang Dynasty telah mengalami perubahan kreatif, dengan pencipta series Loki, Michael Waldron, ditugaskan untuk menulis naskah baru untuk film tersebut. Marvel Studios sepertinya sudah memprediksi lebih dulu bahwa mereka akan mengubah arah dari film tersebut pasca ditangkapnya Jonathan Majors sejak Maret lalu, sehingga wajar saja jika perubahan itu dilakukan, bahkan sebelum filmnya berganti judul.

Tidak diketahui Geeks apa-apa saja yang akan terjadi dalam filmnya nanti. Mengingat masih dalam tahap pengembangan awal. Filmnya sendiri masih direncanakan untuk rilis pada tahun 2026 mendatang, yang berarti Marvel Studios dan timnya masih memiliki waktu hampir 2 tahun untuk menyelesaikan filmnya. Tetapi kemungkinan besar, perilisan film ini akan kembali mengalami penundaan.

2 The Avengers

Nah buat Geeks yang belum tahu, judul film The Avengers sebenarnya tidak digunakan di Inggris dan beberapa negara lain. Marvel Studios lebih memilih mengganti judul filmnya menjadi Avengers Assemble di Inggris. Pasalnya, judul The Avengers pernah digunakan pada sebuah series televisi di Inggris yang ditayangkan dari tahun 1961 hingga 1969. Di beberapa negara lain, series ini tayang dalam jangka waktu yang lebih singkat lagi yaitu di tahun 1965 hingga 1969.

Series tersebut memang sangat populer di Inggris, tetapi kesulitan untuk mendapatkan pasar di negara lain seperti Amerika Serikat. Dan karena judul film The Avengers dianggap terlalu mirip dengan series The Avengers yang rilis di Inggris, oleh sebab itulah Marvel Studios mengganti judul film The Avengers MCU di Inggris dan Irlandia menjadi Avengers Assemble.

The Avengers adalah film MCU yang rilis di tahun 2012. Film yang disutradarai oleh Joss Whedon ini sukses besar di box office. Film ini mempertemukan banyak pahlawan super di MCU, seperti Captain America, Iron Man, Black Widow, Hulk, Thor, dan Hawkeye. Di sini, mereka berhadapan dengan Loki, saudara tiri Loki yang menggunakan Tesseract untuk membuat onar. Beruntung karena pada akhirnya, Loki berhasil dikalahkan, dan Bumi bebas dari ancaman selama beberapa waktu.

1 The Marvels

Sama seperti The Avengers, film The Marvels juga mengalami pergantian judul di wilayah tertentu. Pada awal tahun 2023, Marvel Studios memutuskan untuk mengubah judul film tersebut di negara Tiongkok. Berdasarkan poster promosi untuk film The Marvels di Tiongkok, film tersebut berganti judul menjadi “惊奇队长2” atau yang bisa diterjemahkan menjadi “Captain Marvel 2”. Meski memiliki judul berbeda, tetapi versi di Tiongkok ini tidak mengalami pemotongan adegan yang signifikan.

The Marvels adalah sekuel dari film Captain Marvel yang rilis tahun 2019 lalu. Film yang disutradarai oleh Nia DaCosta ini sayangnya gagal total di box office, karena film ini hanya mampu meraup pendapatan $200 juta saja, sementara pembuatan filmnya menghabiskan anggaran sebesar $274 juta. The Marvels masih kembali menghadirkan Brie Larson yang berperan sebagai Carol Danvers.

Namun kali ini Carol Danverse tidak sendirian. Carol Danvers akan ditemani oleh dua karakter baru yang diperkenalkan di MCU, yaitu Kamala Khan dan Monica Rambeau. Menariknya, kekuatan antara Captain Marvel, Ms. Marvel, dan Monica Rambeau saling terhubung, yang membuat mereka harus mencari cara untuk menghentikan apa yang terjadi. Film ini sebenarnya tidak terlalu buruk, namun sepertinya penonton sudah merasakan superhero fatigue, sehingga filmnya tidak laku.

Itulah dia Geeks beberapa film dan series MCU yang mengalami pergantian judul karena berbagai alasan. Pergantian judul tersebut rasanya tidak terlalu berdampak signifikan terhadap filmnya. Mungkin di masa depan, Marvel akan mengubah lebih banyak lagi judul dari film-film mereka.

Exit mobile version