Home MOVIE MOVIE FEATURES 8 Novel Yang Paling Banyak Diadaptasi Jadi Film!

8 Novel Yang Paling Banyak Diadaptasi Jadi Film!

Sudah bukan hal asing lagi jika industri film Hollywood melakukan adaptasi dari cerita novel, namun beberapa judul novel ini banyak diadaptasi jadi film. Melakukan adaptasi, terutama dari buku novel, merupakan sebuah praktik yang sudah Hollywood lakukan sejak puluhan tahun yang lalu. Mereka biasanya mengadaptasi cerita dari novel populer atau dari novel yang bahkan sebelumnya sudah pernah diadaptasi. Berikut adalah novel yang paling banyak diadaptasi jadi film.

8 Alice’s Adventure In Wonderland

Novel yang paling banyak diadaptasi jadi film yang pertama adalah Alice’s Adventure in Wonderland karya dari penulis Lewis Caroll. Geeks tentunya sudah tidak asing dengan cerita dari Alice in Wonderland. Kisahnya sendiri berfokus pada seorang gadis bernama Alice. Dalam ceritanya, Alice tertarik dengan seekor kelinci yang masuk ke sebuah lubang di mana di dalam lubang tersebut ternyata ada sebuah dunia fantasi yang luar biasa.

Kisah tentang petualangan Alice yang masuk ke lubang kelinci dan berpetualang di dunia fantasi penuh sihir tersebut sudah banyak sekali diadaptasi, baik untuk cerita film ataupun cerita series TV. Melihat bagaimana novel karya Lewis Caroll ini dianggap sebagai salah satu novel anak-anak paling sukses, rasanya memang tidak mengherankan jika semua orang suka dengan ceritanya sehingga banyak diadaptasi.

Memiliki judul asli Alice’s Adventure in Wonderland, banyak orang yang lebih mengenal ceritanya dengan nama Alice in Wonderland. Masing-masing versi adaptasi dari ceritanya memiliki keunikan dan twist tersendiri, meskipun tidak jarang ada juga cerita yang hampir sepenuhnya mirip dengan alur cerita versi novelnya. Sejauh ini, kurang lebih cerita Alice’s Adventure in Wonderland sudah diadaptasi sebanyak lebih dari 20 kali.

7 The Three Musketeers

“One For All, All For One!” atau “Satu Untuk Semua, Semua Untuk Satu!” adalah kata-lata yang populer dari alur cerita The Three Musketeers. Novel The Three Musketeers merupakan salah satu novel yang paling banyak diadaptasi dalam cerita film atau TV dari penulis asal Perancis yaitu Alexandre Dumas, selain juga The Count of Monte Cristo. Cerita dari filmnya sendiri cukup populer.

Ceritanya sendiri berfokus pada sosok pemuda bernama d’Artagnan, di mana dia sengaja meninggalkan rumahnya untuk pergi menuju Paris. Dia ingin bergabung dengan Musketeers of the Guard, yang mana sayangnya d’Artagnan gagal untuk bisa bergabung dengan kelompok tersebut. Meskipun begitu, dia berteman dengan tiga ksatria paling hebat di kelompok tersebut; Athos, Aramis, dan Porthos.

Salah satu adaptasi film The Three Musketeers yang paling populer adalah yang rilis pada tahun 1993, di mana Tim Curry jadi salah satu bintang di film tersebut. Dengan ceritanya yang menghadirkan intrik kerajaan, politik, percintaan, dan bahkan kriminal, tidak mengherankan jika novel asal penulis Perancis yang kompleks ini diadaptasi oleh banyak sekali judul film dan series. Totalnya sendiri mencapai 29 adaptasi.

6 Hamlet

Salah satu cerita novel – atau karya sastra – yang sangat populer di dunia, selain The Three Musketeers. Geeks mungkin pernah mendengar karya sastra atau novel karya sastrawan terkenal Inggris, William Shakespeare. Hamlet sendiri memiliki cerita yang jauh lebih kompleks dari The Three Musketeers, di mana hantu dari raja Denmark memerintahkan anaknya yang bernama Hamlet untuk membalas kematiannya.

Hantu dari sang ayah tersebut memerintahkan Hamlet untuk menghabisi nyawa pamanannya sendiri, yang jadi pelaku pembunuhan sang ayah. Mengetahui hal tersebut, sang paman pun hidup dalam ketakutan dan berusaha untuk menghabisi nyawa keponakannya. Cerita Hamlet sendiri sudah banyak diadaptasi, dimodernisasi, bahkan diadaptasi dalam versi animasi – yaitu The Lion King.

Tidak sedikit series atau film mengadaptasi formula cerita Hamlet dengan versi mereka masing-masing. Hal inilah yang membuat Hamles jadi novel yang paling banyak diadaptasi dalam proyek film atau series, di mana informasinya total sudah ada 31 adaptasi dari cerita Hamlet. Yang menarik adalah untuk versi film sendiri berperan dalam cerita adaptasi Hamlet menjadi sebuah impian bagi para aktor.

5 Frankenstein

Bergeser ke genre horor, novel yang paling banyak diadaptasi jadi film atau series dari genre tersebut adalah Frankenstein. Ini merupakan sebuah cerita novel horor karya Mary Shelley yang rilis pada 1818. Geeks tentunya sudah tidak asing dengan ceritanya, di mana Victor Frankenstein merupakan seorang ilmuwan jenius namun gila yang coba untuk menciptakan makhluk hidup dengan berbagai cara, termasuk cara yang mengerikan.

Setelah melakukan berbagai macam cara yang mengerikan, pada akhirnya Frankenstein berhasil mewujudkan apa yang jadi impiannya. Meskipun pada akhirnya dia berhasil melakukannya, namun yang lahir justru bukan makhluk seperti yang dia harapkan melainkan monster. Novel klasik berusia 200 tahun ini bukan hanya banyak diadaptasi dengan jumlah mencapai lebih dari 37 adaptasi.

Novel Frankenstein karya Shelley ini diadaptasi pertama kali jadi film pada 1931 oleh James Whale dan dibintangi oleh Lon Chaney, Jr. yang berperan sebagai monster karya Frankenstein. Selain menjadi cerita yang banyak diadaptasi, Frankenstein juga kemudian jadi film yang mengawali atau menjadi pionir dari terciptanya film dengan tema monster yang mampu memiliki keputusannya sendiri. Di era modern ini, contoh dari film bertema monster seperti Frankenstein adalah M3gan.

4 Sherlock Holmes

Novel yang paling banyak diadapasi jadi film dan series selanjutnya juga sangat populer di seluruh dunia, yaitu Sherlock Holmes. Karakter Sherlock Holmes merupakan seorang detektif fiksional ciptaan Sir Arthur Conan Doyle. Dalam novelnya, sosok Sherlock Holmes terkenal sebagai detektif yang sangat cerdas yang selalu berhasil memecahkan berbagai kasus yang kompleks dan pelik lebih dari satu abad.

Dari kasus-kasus yang melibatkan kejahatan serius yang tampaknya mustahil untuk terpecahkan, hingga kasus misteri yang membingungkan, Holmes selalu menemukan solusi yang logis dan ilmiah untuk bisa memecahkan kasus tersebut. Tema tentang detektif, misteri, kriminal, merupakan beberapa tema cerita yang sangat laku di pasaran. Karena itulah, tidak heran cerita novel Sherlock Holmes sudah diadaptasi sebanyak lebih dari 40 kali.

Total ada lebih dari 10 versi Sherlock Holmes yang muncul baik dalam versi film ataupun series. Contohnya adalah kita mengenal film Sherlock Holmes yang diperankan oleh Robert Downey, Jr. di cerita layar lebar. Di seriesnya sendiri Benedict Cumberbatch merupakan pemeran dari karakter Sherlock Holmes. Netflix juga merilis versinya sendiri di mana mereka menghadirkan series Enola Holmes.

3 A Christmas Carol

Novel A Christmas Carol merupakan hasil karya dari penulis Charles Dickens yang pertama kali diterbitkan oleh Chapman & Hall pada tahun 1843. Novelnya sendiri mengisahkan seorang pria bernama Ebenezeer Scroge, pria kaya raya dan terkenal dengan sifatnya yang sangat kikir Suatu hari, Scroge mendapatkan kejutan di mana didatangi oleh arwah rekan bisnisnya yaitu Jacob Marley bersama tiga arwah lainnya.

Kemunculan para arwah tersebut sebenarnya memiliki niatan yang sangat baik, di mana mereka mencoba untuk memberikan peringatan kepada Scroger agar dia tidak bernasib sama dengan mereka yang mati karena kesombongan dan kekikiran selama hidupnya. Cerita dari novel A Christmas Carol ini sudah banyak diadaptasi mulai dari film animasi sampai live-action berjudul Scrooged yang di perankan oleh Tom Hanks pada tahun 1988.

Seperti halnya Alice’s Adventure in Wonderland, A Christmas Carol jadi cerita tentang natal atau bertema natal yang sangat populer di seluruh dunia. Banyak yang beranggapan jika rasanya tidak lengkap jika melewati momen natal tanpa melihat atau menyaksikan cerita Ebenezer Scrooger dan tiga arwah hantu tersebut. Dari catatan yang ada, total ada lebih dari 49 adaptasi cerita A Christmas Carol sejauh ini.

2 Les Miserables

Les Miserables merupakan novel karya Victor Hugo, yang mana novel ini bukan hanya bercerita tentang sebuah karya fiksional. Pada kenyataanya, pengaruh dari Les Miserables di dunia nyata juga cukup besar yang mana hal ini menjadi masuk akal mengingat ada banyak sekali versi adaptasi dari novelnya. Les Miserables sendiri menghadirkan elemen romansa, revolusi, dan sebagainya serta sudah diadaptasi lebih dari 50 kali sejak awal 1900an.

Les Miserables sendiri bersetting di Perancis pada abad ke 18 di mana kita akan melihat sosok karakter bernama Jean Valjean. Dia merupakan mantan pencuri yang bebas setelah dipenjara selama 19 tahun, meskipun alasan dia dipenjara adalah karena mencuri roti untuk keluarganya yang kelaparan. Sayangnya, kehidupan pasca penjara membuat Valjean justru semakin menderita karena stigma yang harus dia terima.

Meskipun begitu, setelah dia bertemu dengan seorang pastor bernama Myriel, kehidupan Valjean pun perlahan berubah. Dia mulai berpikir untuk menjadi lebih baik yang mana dia lakukan hingga akhir hayatnya. Banyak drama yang muncul dalam ceritanya, yang mana inilah alasannya mengapa Les Miserables banyak diadaptasi untuk alur cerita film, series, bahkan pertujukan panggung seperti musikal. Salah satu adaptasi dari cerita novel ini adalah film animasi Disney The Hunchback of Notre Dame.

1 Dracula

Novel yang paling banyak diadaptasi jadi cerita film dan series yang terakhir adalah Dracula. Ini merupakan karya sastra yang paling banyak diadaptasi dalam sejarah, di mana novel karya Bram Stoker ini sudah diadaptasi lebih dari 60 kali hingga sekarang. Ini juga jadi novel bergenre horor yang paling banyak diadaptasi selain Frankenstein, serta berhasil menciptakan sejarah di industri film.

Dracula sendiri mengisahkan tentang seorang pebisnis asal Inggris yang melakukan perjalanan ke Transylvania, Rumania, bernama Jonathan Harker. Dalam ceritanya, Harker menginap di sebuah hotel milik bangsawan di wilayah tersebut bernama Count Dracula. Namun, Harker kemudian berusaha untuk kabur dari sana ketika mengetahui jika Dracula adalah vampir mengerikan. Teror dari Dracula sendiri terus menyebar hingga ke wilayah Inggris.

Di Inggris sendiri seorang pemburu vampir bernama Abraham Van Helsing bersama timnya berusaha menghabisi Dracula. Seperti halnya Frankenstein yang memperkenalkan genre monster dan zombie, Dracule juga banyak memperkenalkan hal-hal menarik mulai dari elemen gothic, pemburu vampir, dan bahkan vampir itu sendiri. Film Dracula di tahun 1992 yang dibintangi Gary Oldman adalah salah satu adaptasi paling populer dari novelnya. Sedangkan, elemen vampir ini juga muncul di berbagai film seperti Blade di komik dan film Marvel.

Melakukan adaptasi merupakan hal yang sangat lumrah terjadi di industri film Hollywood. Ada banyak sumber adaptasi yang sering mereka hadirkan mulai dari video games, komik, mainan, dan yang paling banyak dan sering adalah novel. Dan contoh di atas adalah deretan novel yang paling banyak diadaptasi jadi cerita film atau series dalam sejarah.

Exit mobile version