Home OTAKU OTAKU FEATURES 10 Manga Yang Berjalan Lebih Lama Dari One Piece!

10 Manga Yang Berjalan Lebih Lama Dari One Piece!

Series manga One Piece karya Eiichiro Oda merupakan salah satu series terlama hingga saat ini, namun ada juga yang jauh lebih lama dari One Piece. Di tahun 2024 mendatang, One Piece akan merayakan kemunculan mereka yang sudah mencapai 25 tahun. Hal ini membuat One Piece jadi salah satu series paling lama dalam sejarah. Namun, mungkin banyak yang tidak tahu jika ada manga lain yang jauh lebih lama dari series One Piece. Apa saja?

10 Golgo 13

Rilis pertama kali pada tahun 1968, Golgo 13 adalah series manga thriller karya Takao Saito yang bercerita tentang seorang pembunuh bayaran bernama Togo. Dalam setiap aksinya, sang karakter yang identitasnya sangat misterius ini sering menggunakan senjata laras panjang M16. Selain bekerja sebagai pembunuh bayaran, karakter yang memiliki nama samaran Golgo 13, juga memiliki pekerjaan lainnya.

Banyak para fans yang penasaran dengan asal-usul Golgo 13 pada saat itu. Series manganya sendiri diketahui terbit di majalah Big Comic sejak 1968 dengan jumlah volume yang mereka rilis mencapai 210 volume. Sebelum meninggal pada tahun 2021, Saito sempat berharap bahwa manganya masih bisa terus berlanjut. Sampai saat ini tim produksi dari Saito Production masih melanjutkan kisah Togo.

Badan rekor dunia, Guinneess World Book of Records, memberikan penghargaan kepada series manga Golgo 13 sebagai series manga yang memiliki jumlah volume terbanyak. Saat itu, Guinneess World Book of Records memberikan penghargaan kepada Golgo 13 setelah merilis 205 volume manga sejak 1968.

Hal inilah yang akhirnya membuat Guinness World Records mencantumkan Golgo 13 sebagai manga dengan jumlah volume terbanyak, yaitu 205 volume sejak 1968. Melihat bagaimana cerita seriesnya masih terus berlanjut hingga sekarang, yang diketahui manganya sudah mencapai 210 volume, angka tersebut sepertinya masih belum akan berhenti dalam waktu dekat.

9 Dokaben

Series manga paling lama dari One Piece lainnya di daftar ini adalah Dokaben. Ini adalah sebuah manga olahraga yang bercerita tentang petualangan dari sosok karakter Taro Yamada. Taro Yamda merupakan seorang pemain baseball di sekolah SMA, yang mana kita juga akan melihat petualangan Taro beserta tim baseball SMAnya tersebut. Dokaben termasuk salah satu series manga olahraga yang palin awal muncul.

Series manganya pertama kali rilis di majalah Weekly Shonen Champion mulai dari 1972 sampai 1981. Kurang lebih Dokaben sudah merilis total hingga 48 volume. Kreator seriesnya, Shinji Mizushima, kemudian merilis kelanjutan cerita dari Yamada Taro dalam cerita sekuel Dai Koshien. Seriesnya masih mengikuti cerita Yamada dan tim baseball SMA miliknya tersebut.

Series Dokaben sendiri total sudah menghadirkan manga sebanyak 205 volume, di mana 48 volume berasal dari Dokaben, Dai Koshien menghasilkan 26 volume, selanjutnya adalah Dokaben Professional Baseball yang melahirkan 52 volume, Dokaben Superstars berjumlah 45 volume, dan terakhir adalah Dokaben Dream Tournament yang berjumlah 34 volume.

8 Kinnikuman

Series manga yang paling lama dari One Piece yang lainnya adalah Kinnikuman. Ini merupakan sebuah series klasik dan sangat populer di Jepang. Bahkan, series manga ini sudah bukan lagi sekedar hiburan melainkan sudah menjadi sebuah ikon terutama bagi generasi sebelum Gen Z. Series manga bergenre komedi ini mengambil tema tentang gulat di mana karakter utamanya bernama Kinnikuman.

Seriesnya pertama kali muncul di Weekly Shonen Jump pada 1979 hingga 1987, dengan total volume manganya kurang lebih 36. Kreator seriesnya kemudian menghadirkan cerita lain yaitu Kinnikuman II atau yang lebih dikenal sebagai Ultimate Muscle. Manga ini kemudian dirilis pada majalan Weekly Playboy pada 1998 hingga 2004 bersama dengan arc sekuel yang rilis pada 2011.

Total kedua ceritanya sudah menghadirkan 57 volume manga. Setelah itu, kreator seriesnya kemudian kembali ke cerita Kinnikuman dan mulai merilis di Shi Play News dengan total 46 volume manga. Secara keseluruhan, total volume manga dari Kinnikuman dari 1972 hingga sekarang mencapai 138 volume. Hal inilah yang membuat Kinnikuman jadi manga yang paling lama dan juga paling banyak mengahdirkan cerita.

7 Haguregumo

Series manga komedi lainnya, Haguregumo, merupakan series komedi sejarah yang mengikuti cerita tentang kehidupan sosok Kumo, istrinya yaitu Kame, dan dua anak mereka. Keluarga ini terkenal sebagai keluarga yang pemalas, selain itu sosok Kumo sendiri terkenal sebagai pria yang sering menggoda wanita lain. Bersetting di era Edo, Haguregumo menghadirkan cerita epik dan konyol dari keluarga tersebut.

Sayangnya, series Haguregumo kurang begitu populer di era modern sekarang. Bahkan, hampir semua penggemar manga kurang begitu mengenal series ini. Haguregumo pertama kali rilis pada 1973 di majalah Big Comic Original. Seriesnya kemudian berhenti untuk terbit pada 2017 dengan total manganya mencapai 112 volume. Haguregumo sempat mendapatkan adaptasi manga dan bahkan film di awal kemunculannya.

6 Kochikame

Series manga Kochikame merupakan sebuah series manga komedi yang telah sukses memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Di Jepangnya sendiri, Kochikame merupakan salah satu judul yang sangat populer bahkan sudah jadi ikon seperti halnya Kinnikuman. Salah satu bukti kesuksesan seriesnya adalah Kochikame bahkan telah terjual sebanyak 156,5 juta kopi sejak tahun 1976.

Akimoto Osamu selaku penulis dari series manga ini telah menerbitkan sekitar 200 volume selama 40 tahun terakhir dan membuat 3 film animasi serta memiliki series anime yang cukup terkenal pada masanya – bahkan hingga sekarang. Salah satu daya tarik dari manga ini adalah seni berkomedinya yang lucu dan membuat para penggemar tertarik untuk selalu membacanya bahkan hingga sekarang.

Kochikame sempat terbit di Weekly Shonen jump sejak 1976 hingga 2016 dan jadi salah satu series paling lama di majalan tersebut. Secara teori, One Piece bisa saja menyalip pencapaian dari Kochikame. Namun, perlu upaya yang sangat besar terutama dari perilisan manganya jika kemudian Oda Sensei ingin menyalip raihan manga komedi ini. Apakah One Piece mampu melakukan hal tersebut?

5 Oishinbo

Oishinbo merupakan sebuah series manga yang mengisahkan tentang seorang jurnalis bernama Yamaoka Shiro dan Yuko Kurita. Mereka berdua kemudian mulai melakukan petualangan untuk mencari dan melakukan penelitian tentang resep yang akan menjadi “ultimate menu” atau “menu luar biasa.” Seriesnya sendiri pertama kali rilis pada majalah big Comic Spirits pada 1983.

Series manga bertema makanan pertama ini kemudian selesai terbit pada 2014, di mana seriesnya harus mengalami hiatus karena beberapa kontroversi terkait seriesnya. Sejak 1983 hingga 2014, Oishinbo sudah menghadirkan series manga yang berjumlah 111 volume. Dengan angka tersebut, series One Piece rasanya masih bisa menyalip peraihan dari total perilisan manganya.

Sejauh ini, manga One Piece sudah merilis 107 volume. Artinya, One Piece hanya membutuhkan 5 volume manga lagi untuk bisa menyamai rekor perilisan seriesnya. Dan One Piece mungkin bisa menyamai angka tersebut dalam beberapa tahun kedepan. Namun, bukan juga tidak mungkin jika angka ini kembali meningkat jika kemudian Oshinbo memutuskn untuk kembali rilis.

4 Silver Fang/Weed

Series Silver Fang bercerita tentang Gin, seekor anjing berjenis Akita Inu, yang sengaja meninggalkan sang tuan untuk kemudian bergabung dengan sebuah kelompok anjing liar. Gin juga ikut bertarung menghadapi seekor beruang besar yang sangat dahsyat bernama Akakabuto. Series manga Silver Fang sendiri pertama kali rilis pada 1983 dan berakhir di tahun 1987.

Silver Fang terbit dalam majalah Weekly Shonen Jump dan sudah merilis 18 volume manga. Series manganya sendiri sempat mengalami kendala di mana tidak ada perkembangan sama sekali dari 1987 sampai 1999. Pada tahun tersebut, series sekuel dari Silver Fang akhirnya mendapatkan series sekuel yang berjudul Weed dan mulai terbit di majalah Weekly Manga Goraku.

Weed sendiri menghadirkan cerita tentang anak dari Gin yang bernama dari Weed serta petualangannya. Series manga ini berjalan sebanyak kurang lebih 60 volume. Pasca perilisan series Weed, ada banyak series sekuel lainnya yang kemudian rilis menjadi bagian dari cerita Silver Fang. Total volume dari seluruh manga dari Silver Fang hingga 2023 ini adalah 147 volume.

3 Kobo, Li’l Rascal

Kobo-Chan atau Kobo, Li’l Rascal adalah series manga paling lama selain One Piece yang selanjutnya dalam daftar ini. Seriesnya sendiri sebenarnya cukup populer di Indonesia, di mana seriesnya lebih terkenal dengan nama Kobo-Chan. Kobo, Li’l Rascal merupakan sebuah 4-koma manga atau manga dengan hanya empat panel yang muncul di surat kabar mirip seperti comic strip.

Series Kobo, Li’l Rascal sendiri mengisahkan tentang petualangan sehari-hari dari seorang anak kecil bernama Kobo Tabata bersama keluarganya dan juga teman-temannya. Premis ceritanya sendiri sangat sederhana, mirip seperti alur cerita Chibi Maruko-Chan, yang mana ini juga yang jadi alasan mengapa kemudian seriesnya bisa bertahan lebih dari empat puluh tahun dari 1982 hingga sekarang.

Seperti yang disebutkan di atas, series ini berawal dari comic strip di mana Kobo, Li’l Rascal muncul di koran Yomiuri Shimbun dari 1982 sampai 2003. Ketika kemudian dikompilasi dalam bentuk manga kurang lebih ada 60 volume yang berhasil mereka hadirkan. Semenjak saat itu, Kobo, Li’l Rascal kemudian dirilis oleh Houbunsha yang mulai menghadirkan ceritanya dalam bentuk manga bervolime. Hingga 2023 ini diketahui manganya sudah menghadirkan 112 volume.

2 JoJo’s Bizzare Adventure

Mungkin, banyak Geeks yang mengenal jika series JoJo’s Bizzare Adventure adalah series anime yang sedang naik daun di kalangan penggemar anime dalam beberapa tahun belakangan. Apalagi, series ini menghadirkan sesuatu yang unik dan menarik, mulai dari konsep cerita, karakter, bahkan sampai hal detail lainnya. Beberapa hal yang menarik dari series ini adalah konsep Stand yang jadi salah satu kekuatan di seriesnya.

Namun, mungkin, banyak yang tidak tahu jika JoJo’s Bizzare Adventure merupakan adaptasi dari sebuah series manga populer yang berasal dari era 1980an. Seperti yang kita ketahui JoJo’s Bizzare Adventure berkisah tentang petualangan dari keluarga Joestar dan juga berbagai elemen supranatural dan unik. Seriesnya sendiri mulai rilis pada 1987 di majalah Weekly Shonen Jump, di man bagian pertama dari seriesnya berjudul Phantom Blood.

Setelah kesuksesan Phantom Blood, JoJo’s Bizzare Adventure kemudian merilis berbagai cerita sekuel lainnya yang juga tidak kalah sukses besar. Contohnya adalah Stardust Crusaders yang memperkenalkan para fans tentang konsep Stand. Stell Ball Run jadi cerita terakhir JoJo’s Bizzare Adventure di Weekly Shonen Jump sebelum pindah ke majalan yang terbit bulanan yaitu Ultra Jump. Total volume manganya yang sudah mereka rilis adalah 132 volume dan angka ini masih akan bertambah setelah seriesnya merilis series baru The JoJoLands.

1 Hajime No Ippo

Hajime no Ippo dianggap sebagai salah satu anime olahraga paling berpengaruh sepanjang masa sekaligus juga jadi salah satu series manga yang lebih lama dari One Piece. Anime bertema tinju ini menghadirkan kisah protagonis Makunouchi Ippo, seorang murid SMA pemalu dan jarang bergaul. Dia kemudian direkrut untuk bergabung dengan klub tinju. Sejak saat itu sosok Ippo kemudian berkembang.

Ippo benar-benar mengalami perkembangan baik sebagai sebuah karakter atau pun sebagai petinju. Dia kemudian menyadari jika dirinya memang berbakat untuk olahraga tersebutn dan mulai menumbuhkan keberanian untuk bisa menjalin komunikasi dengan yang berlatih bersamanya atau yang pernah bertarung menghadapinya. Hajime no Ippo memberikan pengaruh besar terutama terhadap para remaja laki-laki.

Berkat series ini, mereka berusaha untuk bisa terus berkembang dan mencari apa arti dari hidupnya. Hajime no Ippo sendiri pertama kali rilis di majalah Weekly Shonen Magazine pada 1989 dan terus rilis tanpa tergantikan dan tanpa terhentikan. Sampai 2023 diketahui jika total manga yang sudah mereka rilis mencapai 138 volume dan masih belum akan berhenti dalam waktu dekat ini.

One Piece memang menjadi salah satu series yang paling lama dan paling banyak manganya saat ini. Namun, dalam sejarah manga ada banyak series manga yang jauh lebih lama dari series One Piece dan di atas adalah contoh nyata dari hal tersebut.

Exit mobile version