Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Hantu Paling Seram di Film Horor!

10 Hantu Paling Seram di Film Horor!

Untuk membuat sebuah film horor yang mencekam, sang pembuat film harus bisa memasukan elemen-elemen menakutkan, yang sekiranya bisa membuat penonton ketakutan. Selain membutuhkan latar, visual, dan musik yang tepat, sebuah film horor akan terasa maksimal jika filmnya menghadirkan hantu-hantu yang mengerikan juga. Ada banyak hantu-hantu dalam film horor yang dibuat berbeda. Tetapi dalam artikel kali ini, kita akan membahas para hantu yang paling menakutkan yang pernah dihadirkan dalam sebuah film horor. Apa saja hantu-hantu tersebut? Simak berikut ini Geeks!

10 The Grady Twins

Film The Shining diadaptasi dari novel horor klasik karya Stephen King dengan judul sama. Meskipun King tidak sepenuhnya puas dengan film ini, tetapi The Shining dikenal sebagai salah satu film horor terbaik sepanjang masa. The Shining mengikuti kisah keluarga Torrance yang menerima pekerjaan sebagai penjaga di Overlook Hotel yang terpencil. Jack Torrance berharap bisa mendapatkan inspirasi menulisnya di hotel tersebut.

Namun, hal-hal mistis yang terjadi mulai mempengaruhi keluarga Torrance. Film ini menampilkan hantu kembar yang meski terlihat “lucu” tetapi mereka sangat menyeramkan dan memiliki sejarah kelam. Penjaga The Overlook Hotel, Delbert Grady, ternyata secara brutal membunuh putri kembarnya, dan itulah sosok yang kita lihat dalam The Shining. Hantu kembar tersebut terlihat beberapa kali dalam filmnya.

Tetapi adegan paling merinding yang memperlihatkan hantu tersebut adalah saat mereka muncul di ujung lorong yang panjang, sementara Danny Torrance mengendarai sepeda roda tiga mainannya. Sebenarnya hantu tersebut memiliki julukan yaitu The Grady Twins. Mereka mungkin yang paling tidak berbahaya, tetapi sangat menyeramkan. Yang ingin mereka lakukan hanyalah bermain, tetapi “selamanya”.

9 Cadyman

Candyman adalah film horor supernatural yang dirilis pada tahun 1992 dan disutradarai oleh Bernard Rose. Film ini diadaptasi dari cerita pendek Clive Barker yang berjudul The Forbidden. Candyman mengikuti kisah Helen Lyle, seorang mahasiswa pascasarjana yang melakukan penelitian tentang legenda urban Candyman. Dalam pencariannya, ia menemukan bahwa legenda tersebut memiliki akar yang sangat nyata ketika orang-orang di lingkungannya mulai menghilang atau mati secara misterius.

Helen menjadi semakin terobsesi dengan Candyman dan bahkan mencoba memanggilnya. Namun, ketika tragedi dan kematian semakin melibatkan dirinya, Helen mulai mempertanyakan realitas dan keberadaan Candyman. Apakah Candyman hanyalah mitos, ataukah ia memiliki kekuatan yang lebih kuat dan nyata?

Candyman memiliki tangan kail, dan selain itu ditubuhnya terdapat segerombolan lebah, yang membuatnya menakutkan. Meski begitu, dia pada dasarnya tidak berbahaya. Candyman hanya muncul ketika seseorang menyebut namanya lima kali, dan itulah satu-satunya cara dia membunuh seseorang. Candyman sudah membantai banyak orang dengan tangan kailnya.

8 Samara

The Ring (2002) adalah film horor yang berasal dari Amerika dan disutradarai oleh Gore Verbinski. Film ini merupakan adaptasi dari film Jepang tahun 1998 berjudul “Ringu,” yang diadaptasi dari novel Koji Suzuki. Filmnya menceritakan Rachel Keller, seorang jurnalis, yang mengetahui kematian sahabatnya setelah menonton video yang dikabarkan membawa kutukan yang fatal.

Tertarik oleh cerita ini, Rachel menelusuri jejak video tersebut dan menemukan bahwa setiap orang yang menontonnya akan menerima telepon misterius yang mengumumkan bahwa mereka hanya memiliki tujuh hari untuk hidup. Rachel memutuskan untuk menonton video tersebut dan segera menyadari bahwa kutukan tersebut benar adanya. Dalam tujuh hari yang menegangkan, Rachel mencoba mencari tahu lebih banyak tentang asal muasal video tersebut dan mengungkap rahasia gelap yang melibatkan anak kecil misterius bernama Samara.

Samara memang memiliki wajah mengerikan. Rambutnya yang panjang dan basah melengkapi penampilan mengerikannya. Samara akan membunuh orang-orang yang menonton video terkutuk tersebut. Meskipun tidak jelas bagaimana tepatnya dia membunuh, tetapi dia akan meninggalkan korbannya dalam keadaan cacat total. Samara memiliki latar belakang yang menyedihkan. Semasa hidupnya, keluarga Samara menganiayanya dan membiarkannya membusuk di sumur.

7 Kayako

Hantu satu ini muncul dalam film The Grudge. The Grudge adalah film remake Amerika dari film Jepang berjudul Ju-On: The Grudge yang dirilis pada tahun 2002. Sutradara Takashi Shimizu juga menyutradarai versi Amerikanya. Filmnya menceritakan tentang Karen Davis, seorang mahasiswa asing di Tokyo, yang menjadi sukarelawan untuk merawat seorang wanita tua, Emma.

Emma yang tampaknya terinfeksi oleh kutukan disebuah rumah yang mengerikan. Seiring berjalannya waktu, Karen menyadari bahwa rumah tersebut adalah tempat terjadinya tragedi mengerikan dan kutukan yang menyebar ke setiap orang yang masuk. Kayako adalah salah satu hantu yang muncul di film ini. Selain Kayako, sebenarnya adalagi seorang anak kecil bernama Toshio. Kayako memang sangat menakutkan. Perilakunya yang kejam dan kecenderungannya membunuh membuatnya sangat ditakuti.

Kayako awalnya adalah seorang ibu rumah tangga biasa. Namun suatu ketika, suaminya membunuh dia dan putranya secara brutal. Karena mereka meninggal secara tragis, sebuah kutukan pun muncul yang disebut The Grudge. Itulah yang akhirnya membuat mereka akan kembali sebagai roh yang kejam. Kayako akan mendatangkan malapetaka kepada umat manusia, dan menyebarkan kutukan dengan membunuh siapapun yang dia bisa.

6 The Bride in Black

Insidious: Chapter 2 melanjutkan kisah dari film Insidious pertama. Film ini mengeksplorasi lebih dalam latar belakang keluarga Lambert dan misteri yang melibatkan dunia roh dan dimensi lain. Setelah kejadian misterius di film pertama, keluarga ini mencoba untuk memahami asal-usul hubungan mereka dengan dunia paranormal. Namun, ketika terjadi serangkaian kejadian supranatural yang semakin menakutkan, mereka menyadari bahwa misteri yang menimpa mereka lebih kompleks daripada yang mereka bayangkan.

Investigasi yang dilakukan oleh Josh dan Renai membawa mereka lebih dalam ke masa lalu yang kelam dan terungkapnya rahasia yang mengejutkan. Mereka mengetahui bahwa kutukan yang menghantui keluarga Lambert terkait erat dengan masa lalu Josh dan pengaruh yang tidak terduga dari dunia roh. Film Insidious pertama menghadirkan banyak entitas jahat. Sementara The Bride in Black adalah salah satu hantu jahat yang paling menakutkan, dan dia ditampilkan sebagai antagonis utama dalam film Insidious: Chapter 2.

Sebenarnya The Bride in Black sudah melekat pada Josh Lambert dan sudah ada sejak masa kanak-kanak-nya. Meskipun The Bride in Black tidak terlalu berbahaya selama masa remaja Josh, jelas bahwa entitas tersebut bisa menargetkan anak-anak. The Bride in Black sebenarnya adalah alter ego dari seorang pria bernama Parker Crane. Parker tumbuh dalam keluarga yang penuh kekerasan, yang mengakibatkannya trauma dan tubuhlah alterego perempuannya. Selama dewasa, Parker adalah seorang serial killer yang mengenakan pakaianThe Bride in Black untuk membunuh wanita.

5 Batsyeba

Conjuring disutradarai oleh James Wan dan naskahnya ditulis oleh Chad Hayes dan Carey W. Hayes. Film ini dianggap sebagai salah satu film horor paling sukses dan menakutkan pada tahun perilisannya di 2013. The Conjuring mengisahkan tentang kasus mencekam yang dihadapi oleh Ed dan Lorraine Warren, sepasang paranormal terkenal, ketika mereka dipanggil untuk menyelidiki kejadian-kejadian paranormal di rumah keluarga Perron.

Keluarga ini baru saja pindah ke rumah baru mereka di Harrisville, dan segera mereka mulai mengalami kejadian-kejadian aneh dan menakutkan. Ed dan Lorraine menemukan bahwa rumah tersebut dihantui oleh kekuatan jahat yang kuat, dan mereka harus berjuang untuk melindungi keluarga Perron dari ancaman yang tak terlihat. Kondisi semakin memburuk, memaksa mereka untuk berhadapan dengan kekuatan supernatural yang sangat berbahaya.

Nah salah satu sosok yang bertanggung jawab atas berbagai kejadian mengerikan tersebut adalah Batsyeba. Sosok tersebut menempel pada Carolyn Perron dan merasukinya. Batsyeba bermaksud untuk memanipulasi Carolyn untuk membunuh anak-anaknya. Setiap hantu yang terkihat di The Conjuring mati di tangan hantu jahat Batsyeba. Semasa hidupnya, Batsyeba adalah penyihir jahat yang membunuh anaknya sendiri. Batsyeba akhirnya mati dengan cara digantung dan mengutuk semua orang-orang.

4 A Nightmare on Elm Street

Film ini berkisah tentang sekelompok remaja yang mulai mengalami mimpi buruk yang mengerikan yang melibatkan pria dengan wajah yang terbakar dan sarung tangan berpisau. Mereka menyadari bahwa mereka semua bermimpi tentang karakter yang sama, Freddy Krueger, yang sebenarnya merupakan seorang pembunuh anak-anak. Siapapun korban yang dibunuh dalam mimpi, maka orang tersebut akan mati di dunia nyata.

Para remaja-remaja ini, yang dipimpin oleh Nancy Thompson, harus mencari cara untuk melawan Freddy dan menghentikan mimpi buruk yang semakin mencekam dan nyata. Freddy Krueger memang sosok yang tidak asing ditelinga kita. Dia dikenal memiliki kuku yang tajam, dan mengenakan sweater bergaris-garis. Dia tak segan untuk menganiaya sang korban sebelum menghabisinya dalam kesempatan yang sama.

Semasa hidupnya, Freddy Krueger juga terkenal monster. Dia adalah seorang serial killer dan dia akan memangsa anak-anak dengan cara terburuk yang bisa diybayangkan. Saat Freddy meninggal, dia mendapatkan kekuatan ala iblis dari Dream Demons. Karena itulah Freddy Kruegger adalah sosok yang menakutkan saat hidup maupu mati.

3 Thirteen Ghosts

Thirteen Ghosts (2001) disutradarai oleh Steve Beck. Film ini adalah remake dari film horor klasik tahun 1960 yang berjudul sama. Versi baru ini dirilis pada tahun 2001. Setelah kematian mendadak istrinya, Arthur Kriticos dan kedua anaknya, Kathy dan Bobby, mewarisi sebuah rumah mewah dari sepupu jauh mereka. Ternyata, rumah tersebut dirancang sebagai penjara untuk tiga belas hantu yang diperoleh oleh pemilik sebelumnya, Cyrus Kriticos, yang berusaha mendapatkan kekuatan supernatural.

Arthur dan keluarganya segera menyadari bahwa rumah tersebut bukanlah tempat tinggal biasa, dan mereka harus berjuang untuk bertahan hidup ketika hantu-hantu yang berbahaya dilepaskan. Dalam film ini, kita dikenalkan dengan hantu yang dijuluki The Jackal. Dialah hantu yang paling mengerikan dari 13 hantu lainnya. The Jackal juga disebut sebagai Hantu Charles Manson. Selain penampilannya yang menakutkan, The Jackal juga sangat kejam.

Dalam film, dia menyerang Kathy Kriticos segera setelah dia dibebaskan dari Mesin Basileus. Semasa hidupnya, Jackal yang bernama asli Ryan Kuhn adalah pembunuh berantai dan predator yang mencari anak-anak untuk dijadikan korban. Diapun sudah kehilangan rasa kemanusian dan kehidupannya. Sebagai hantu, dia jauh lebih menakutkan daripada saat masih hidup.

2 Phears

Mostly Ghostly: Who Let the Ghosts Out adalah film horor yang dirilis pada tahun 2008. Film ini disutradarai oleh Rich Correll dan diadaptasi dari seri buku anak-anak yang dibuat oleh R.L. Stine. Filmnya menceritakan tentang Max Doyle, seorang remaja yang dapat berkomunikasi dengan hantu, menemukan buku tua yang dapat membebaskan roh jahat yang disebut Phears. Akibatnya, Max terjebak dalam konflik antara roh baik dan jahat.

Dia dibantu oleh dua hantu sahabatnya, Nicky dan Tara, dalam upaya mereka untuk menghentikan Phears sebelum dia menyebabkan kerusakan yang tak terkendali. Sementara Max berusaha menyelamatkan dunia manusia, dia juga harus menjaga agar teman-temannya tidak mengetahui bahwa dia dapat berkomunikasi dengan hantu. Dengan campuran humor, petualangan, dan beberapa momen mencekam,”Mostly Ghostly: Who Let the Ghosts Out” adalah film yang menghibur untuk penonton muda yang mencari kisah horor yang ramah.

Meski film ini perpaduan antara horor dan komedi, meski begitu, hantu dalam film tersebut, Phears, cukup mengerikan. Selain penampilannya yang mengerikan dan giginya yang sangat tajam, dia juga mengamcam Max dan eman hantunya, Nicky dan Tara.
Phears sering mengancam anak-anak dengan kekerasan fisik dan tujuannya adalah menimbulkan kerugian bagi sebagian besar umat manusia.

1 Valak

Seperti film pertamanya, The Conjuring 2 juga mengambil inspirasi dari kasus-kasus nyata yang dihadapi oleh Ed dan Lorraine Warren. Fokus utama film ini adalah kejadian di rumah Hodgson di Enfield, Inggris, yang terkenal dengan aktivitas supernatural. Di sini, seorang anak perempuan bernama Janet Hodgson, tampaknya menjadi sasaran utama kekuatan jahat yang menghantui rumah mereka.

Dalam penyelidikan mereka, Ed dan Lorraine menemui berbagai kejadian supranatural yang menakutkan dan bahkan melibatkan sosok setan yang menyeramkan. Salah satu sosok yang dianggap paling menyeramkan yang muncul dalam film ini adalah Valak. Dikisahkan bahwa Valak sebenarnya sosok yang mengerikan. Kekuatan utamanya memang tidak begitu jelas, tetapi kemunculannya selalu memunculkan energi negatif. Selain itu, dia juga mampu mengendalikan roh manusia.

Tetapi menariknya, ada kelemahan besar yang dimiliki Valak, yaitu ketika namanya diketahui, Valak bisa dikembalikan ke neraka. Sebenarnya sutradara James Wan yang memiliki ide tentang wujud Valak. Wan mengembangkan sosok Valak menjadi biarawati jahat yang terinspirasi dari makhluk halus nyata yang sering mengganggu Lorraine.

Itulah dia Geeks beberapa hantu paling mengerikan yang pernah diperlihatkan dalam film horor. Para hantu tersebut memiliki wujud mengerikan, dan sebagian dari mereka tidak segan untuk menghabisi sang korban. Mereka juga menjadi hantu yang meleganda, dan sepertinya akan terus diingat oleh orang-orang.

Exit mobile version