Home MOVIE MOVIE FEATURES Tidak Disangka, 6 Film ini Ternyata Terhubung!

Tidak Disangka, 6 Film ini Ternyata Terhubung!

Untuk membuat sebuah film saling terhubung satu dengan yang lain, biasanya sang pembuat film akan membuat sekuel atau membangun cinematic universe. Dengan begitu, film-film yang dibuat itu akan terhubung, baik dari segi cerita, karakter, dan sebagainya. Mereka pun akan mengumumkan kepada publik bahwa film-film itu akan saling terhubung sehingga membentuk rangkaian cerita. Menariknya nih Geeks, ada beberapa film yang tidak disangka-sangka saling terhubung, karena sang pembuat film tidak mengumumkannya secara resmi. Lantas apa saja film yang ternyata saling terhubung satu sama lain? Simak berikut ini Geeks!

6 Unbreakable dan Split

M. Night Shyamalan adalah sutradara kondang yang sudah banyak membuat film besar. Dia memang terkenal karena tidak menyukai film sekuel. Tetapi semua itu berubah ketika Shyamalan secara mengejutkan menghubungkan film Unbreakable dan Split. Kedua film tersebut ternyata saling terhubung. Dalam Unbreakable, film tersebut menampilkan Bruce Willis yang berperan sebagai seorang karakter bernama David Dunn.

David Dunn adalah seorang petugas keamanan yang menyadari bahwa dia sebenarnya memiliki kemampuan super. Salah satu kekuatan super yang dia miliki adalah daya tahannya yang luar biasa, dibandingkan dengan manusia pada umumnya. Sementara dalam film Split, kita disuguhkan cerita tentang karakter bernama Kevin Wendell Crumb yang ternyata memiliki lebih dari 20 kepribadian dalam tubuhnya, dan terdapat kepribadian paling berbahaya bernama The Beasts.

Tak disangka sebelumnya, David Dunn muncul dalam adegan terakhir film Split, di mana dia bersiap menghadapi satulagi villain bernama Mr. Glass yang diperankan oleh Samuel L. Jackson. Kevin, David Dunn, dan Mr. Glass pada akhirnya ditampilkan secara bersamaan dalam film Glass, yang dirilis pada tahun 2019. Orang-orang mengira bahwa film Unbreakble akan menutup kisah David Dunn, tetapi faktanya filmnya terus berlanjut hingga ke Glass ini.

5 From Dusk Till Dawn dan Kill Bill

Michael Parks pernah memerankan karakter Earl McGraw yang muncul dalam film From Dusk Till Dawn. Film tersebut disutradarai oleh Robert Rodriguez. Menariknya nih Geeks, tidak terduga, bahwa Dusk Till Dawn terhubung dengan film Kill Bill Vol. 1 yang disutradarai oleh Quentin Tarantino. Meskipun Earl McGarw diceritakan tertembak mati di film From Dusk Till Dawn, tetapi itu tidak menghalangiya untuk muncul di Kill Bill Vol. 1.

Tubuh McGraw tampak tergeletak tak bernyawa, di mana tubuhnya berada di sebuah tempat pernikahan yang tadinya akan digelar pernikahan The Bride di Kill Bill Vol. 1 Sebenarnya “kerjasama” antara sutradara Quentin Tarantino dan Robert Rodriguez. Pasalnya karakter McGraw juga muncul di Planet Terror besutan Rodriguez, serta Death Proof karya Tarantino. Karena itulah Earl McGraw mungkin menjadi Sheriff paling sibuk sepanjang masa.

Sayangnya, aktor Michael Parks meninggal beberapa tahun lalu, yang membuatnya tak bisa kembali muncul dalam film-film lainnya yang disutradarai oleh Quentin Tarantino dan Robert Rordriguez.

4 Cloverfield dan 10 Cloverfield Lane

Tidak ada yang menyangka bahwa The Cloverfield Lane terhubung dengan film Cloverfield yang rilis tahun 2008. Cloverfield dikenal karena penggunaan konsep found footage, di mana visual didalam filmnya disajikan seperti rekaman amatir yang diambil oleh salah satu karakter dengan kamera videonya. Filmnya menceritakan kota yang diserang oleh makhluk raksasa misterius.

Seorang pemuda bernama Hud merekam kejadian tersebut dengan kamera videonya, dan film ini menyajikan peristiwa-peristiwa tersebut sebagai rekaman amatir. Di akhir film, para makhluk raksasa itu memang masih berkeliaran. Ternyata nih Geeks cerita di film tersebut dilanjutkan dalam 10 Cloverfield Lane yang rilis tahun 2016. Tidak ada yang menyangka sebelumnya bahwa ini adalah sekuel Cloverfield, meski memiliki embel-embel “Cloverfield” dalam judulnya.

Dari awal film The Cloverfield Lane pun tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan bahwa ini sekuel Cloverfield. Tetapi semuanya semakin jelas menjelang akhir film, di mana sang karakter utama, Michelle, mengetahui bahwa di luar sana ada banyak monster sama yang ditemui dalam film Cloverfield, dan dunia sedang diserang oleh para monster tersebut.

3 Clerks dan Jay and Silent Bob Strike Back

Tidak kalah dengan Marvel dan DC yang memiliki sinematik universenya sendiri, sutradara Kevin Smith juga memiliki sinematik universe yang telah dia bangun sejak tahun 1994. Sinematik universenya diberi nama Askewniverse. Film yang menjadi puncak karyanya adalah Jay and Silent Bob Strike Back.

Menariknya, karakter utama dalam film tersebut telah melakukan cameo di semua film produksi View Askew seperti Dogma dan Chasing Amy. Tetapi semuanya dimulai dalam film Clerks. Clerks memang terkait dengan plot Jay dan Silent Bob, dan semuanya dimulai dari seorang pegawai, Randal Graves, yang muak dengan dua orang yang terus menerus berkeliaran di mal.

Dia pun mendapat perintah penahanan terhadap keduanya, yang menyebabkan mereka berdua diusir dari area tersebut oleh petugas polisi. Hal ini membuat mereka menemukan tempat baru untuk nongkrong yaitu di sebuah toko buku komik. Plotnya berkembang menjadi petualangan gila yang berlanjut hingga ke Hollywood. Tidak ada yang menyangka sebelumnya jika semua film tersebut saling terhubung satu sama lain.

2 Reservoir Dogs dan Pulp Fiction

Film lainnya yang disutradarai oleh Quentin Tarantino yang terhubung satu sama lain adalah Reservoir Dogs dan Pulp Fiction. Cara mengetahuinya adalah ketika filmnya menampilkan sebuah merek palsu bernama “Red Apel Cigarettes” yang muncul di sebagian besar film Quentin Tarantino, yang membuktikan bahwa dia sering membuat sinematik universe versinya sendiri.

Contoh lainnya yang paling awal adalah terkait karakter Vic Vega yang diperankan oleh Michael Madsen dalam film Reservoir Dogs. Vic Vega adalah karakter sadis yang lebih dikenal sebagai pencuri berlian, Mr. Blonde. Menariknya, saudara laki-laki Vic, muncul di film Tarantino lainnya yaitu Pulp Fiction, di mana dia menjadi pembunuh bayaran yang bernama Vincent Vega.

Karakter Vincent Vega sendiri diperankan oleh aktor John Travolta. Tentunya itu menjadi hal yang tidak pernah diduga penggemar sebelumnya, bahwa kedua film Reservoir Dogs dan Pulp Fiction ternyata saling terhubung. Menariknya nih Geeks, ada rencana untuk membuat kakak beradik itu muncul lagi dalam sebuah prekuel yang berjudul Double V Vega. Tetapi sayangnya film tersebut batal dibuat.

1 Transformers dan G.I. Joe

Tidak ada yang menyangka bahwa pada akhirnya Transformers dan G.I. Joe akan terkoneksi. Menjelang akhir film Transformers: Rise of the Beasts, sang karakter utama, Noah mendapat kesempatan wawancara kerja di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang keamanan. Namun ketika wawancara berlanjut, Noah menyadari bahwa itubukanlah wawancara biasa.

Pasalnya pewawancara itu mengetahui bahwa Noah menyelamatkan dunia dan berjanji akan melunasi semua tagihan Noah. Selain itu, pewawancara itu juga berjanji akan membayar biaya pengobatan adik Noah. Setelah mengajak Noah untuk bergabung, terungkap bahwa pewawancara itu adalah seorang agen rahasia yang bekerja di organisasi yang bertugas untuk melindungi Bumi dari ancaman besar yaitu G.I. Joe.

Kita pun diperlihatkan secara singkat seperti apa markas dari G.I. Joe, yang tampaknya memiliki peralatan canggih. Secara tidak langsung, ending ini mengkonfirmasi bahwa akan ada crossover antara G.I. Joe dan Transformers di masa depan atau film selanjutnya dari Transformers, sesuatu yang sebelumnya tidak kita bayangkan. Baik Transformers dan G.I. Joe memang berada di bawah naungan Hasbro dan Paramount, sehingga mereka bebas membuat keduanya saling terhubung.

Itulah dia Geeks beberapa film yang saling terhubung dengan cara yang tidak terduga. Film-film tersebut menawarkan cara yang unik dalam menghubungkan cerita atau karakter di dalamnya, yang membuatnya semakin menarik. Di antara film-film tersebut, mana yang sudah kalian ketahui Geeks?

Exit mobile version