Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Film Sci-Fi yang Rilis 2024!

10 Film Sci-Fi yang Rilis 2024!

Sci-fi menjadi genre yang cukup banyak digemari dalam film. Film sci-fi biasanya mengeksplorasi konsep-konsep ilmiah atau teknologis yang belum terjadi atau mungkin terjadi di masa depan. Genre ini sering kali mencampur unsur-unsur ilmiah, teknologi, atau dimensi alternatif dengan cerita fiksi. Karena cukup digemari, sangat wajar jika banyak studio-studio besar yang berlomba-lomba membuat film sci-fi. Dan di tahun depan pun, kita akan disuguhkan dengan berbagai macam film sci-fi yang siap dirilis tahun 2024. Apa saja film sci-fi yang akan rilis tahun 2024? Simak berikut ini Geeks!

10 Kingdom of the Planet of the Apes

Setelah keberhasilan trilogi Planet of the Apes pada tahun 2017, 20th Century Studios mencoba melanjutkan franchise tersebut dengan film sekuelnya yang diberi judul Kingdom of the Planet of the Apes. Filmnya bakal digarap oleh Wes Ball, dengan naskah yang ditulis oleh Josh Friedman, Rick Jaffa, Amanda Silver, dan Patrick Aison. Filmnya pun bakal menghadirkan deretan nama baru seperti Owen Teague, Freya Allan, Peter Macon, Eka Darville, dan Kevin Durand.

Kingdom of the Planet of the Apes bakal melanjutkan warisan dan nilai-nilai yang ditinggalkan oleh Caesar. Seperti yang kita ketahui di film sebelumnya, Caesar melakukan pengorbanan heroik. Dan nantinya, Kingdom of the Planet of the Apes bakal mengambil latar waktu bertahun-tahun setelah War of the Planet of the Apes. Di masa itu, kera adalah spesies dominan dan hidup harmonis, sementara manusia terpaksa hidup dalam bayang-bayang.

Tetapi ada sesosok pemimpin kera kejam yang tengah membangun kerajaannya. Namun ada seekor kera muda yang menentukan masa depan para kera dan manusia. Film sci-fi ini rencananya akan tayang pada tahun 2024, tepatnya di tanggal 24 Mei. Dan saat ini, Wes Ball dan timnya masih menyelesaikan proses pascar produksi film ini.

9 Furiosa: A Mad Max Saga

Salah satu film yang juga ditunggu di tahun 2024 adalah Furiosa: A Mad Max Saga. Sesuai dengan judulnya, ini adalah film yang menjadi bagian dari dunia Mad Max. Di sini, kita akan berfokus pada karakter Imperator Furiosa yang diperankan oleh Anya Taylor-Joy. Film sci-fi ini rencananya akan rilis pada tanggal 24 Mei 2024, dan menceritakan masa lalu Furiosa yang kelam.

Selain membintangi Anya Taylor-Joy, film ini juga bakal membintangi beberapa nama lain seperti Daniel Webber, Tom Burke, dan Chris Hemsworth. Dalam filmnya nanti, Chris Hemsworth bakal memerankan seorang villain. Filmnya pun bakal mengambil latar waktu 45 tahun setelah peradaban manusia runtuh, dan Furiosa muda kemudian diculik dari rumahnya.

Tentunya Furiosa akan berusaha sekuat tenaga untuk dapat kembali ke rumahnya, namun tentu saja itu bukan perkara mudah. Furiosa: A Mad Max Saga juga menjadi prekuel dari Mad: Max Fury Road yang rilis di tahun 2015. Dan karena menjadi prekuel, tentu saja karakter Tom Hardy tidak akan muncul dalam film ini. Furiosa: A Mad Max masih akan disutradarai oleh George Miller dengan naskah yang dia juga tulis sendiri.

8 Godzilla x Kong: The New Empire

Film sci-fi berikutnya adalah Godzilla x Kong: The New Empire. Godzilla x Kong: The New Empire menjadi film kelima dari Monsterverse. Di film ini, Godzilla dan Kong bakal kembali. Tetapi mereka tidak akan saling bertarung seperti di film sebelumnya, karena kali ini keduanya akan menghadapi ancaman yang lebih besar lagi. Muncul sosok kaiju baru yang berasal dari spesies yang sama dengan Kong, di mana sosok tersebut dijuluki Scar King

Dalam filmnya nanti, bakal ada pertarungan besar yang terjadi antara Scar King dan Kong. Filmnya pun dipastikan akan lebih banyak berfokus pada pertarungan antara para Kaiju. Beberapa waktu lalu, Adam Wingard yang menyutradarai film ini sudah mengkonfirmasi bahwa ketika para kaiju akan bertarung, tidak akan ada manusia yang akan menganggu pertarungan para monster tersebut, seperti yang terjadi di film-film sebelumnya.

Dengan begitu, sekarang kita mengetahui bahwa film Godzilla x Kong: The New Empire bakal menghadirkan pertarungan yang benar-benar murni terjadi antara para kaiju. Film sci-fi yang akan rilis pada tanggal 12 April 2024 ini bakal membintangi beberapa nama seperti Rebecca Hall, Dan Stevens, Brian Tyree Henry dan masih banyak lagi.

7 Alien: Romulus

Franchise Alien sepertinya tidak akan berakhir dalam waktu dekat karena sebuah film terbaru akan dirilis dalam waktu dekat. Film tersebut berjudul Alien: Romulus. Filmnya bakal mengambil latar di antara film pertama dan kedua Alien. Selain itu, filmnya juga akan turut melibatkan orang-orang sebelumnya pernah menggarap film Alien, sehingga diharapkan mereka sudah mengetahui seluk beluk franchise ini.

Film ini tak lagi disutradarai oleh James Cameron atau Ridley Scott. Peran sutradara digantikan dengan Fede Alvarez. Alvarez tak hanya muncul sebagai sutradara karena dia juga menjadi penulis naskah bersama dengan Rodo Sayaguez. Filmnya juga bakal membintangi para pemeran baru seperti Cailee Spaeny, Isabela Merced, David Johnsson, dan Archie Renaux. Sayangnya peran mereka masih belum diketahui secara pasti.

Sejauh ini belum diketahui plot pasti dari filmnya. Franchise ini sendiri terakhir kali merilis film berjudul Alien: Covenant, dan sejak itu kita tidak lagi melihat film barunya. Alien: Romulus sendiri rencananya akan rilis pada pertengahan tahun 2024 mendatang, tepatnya di tanggal 16 Agustus 2024.

6 Mickey 17

Sutradara kondang asal Korea Selatan, Bong Joon Ho dipastikan bakal kembali menyutradarai sebuah film besar Hollywood. Joon Ho sebelumnya berhasil membuat beberapa film beken seperti Parasite, Snowpercer, dan Okja. Hampir semua filmnya sukses besar, seperti yang dialami film Parasite yang disutradarai olehnya.

Film terbarunya nanti berjudul Mickey 17. Filmnya diadaptasi dari sebuah novel buatan novel Edward Ashton, yang dideskripsikan sebagai novel thriller. Filmnya bakal membintangi Robert Pattinson, di mana dia berperan sebagai seorang karyawan dalam ekspekdisi manusia yang dikirim untuk menjajah dunia es Nifheim. Dia menolak tiruan penggantinya untuk menggantikan tempatnya.

Selain membintangi Pattinson, filmnya juga menghadirkan nama lain seperti Mark Ruffalo, Steven Yeun, Naomi Ackie, dan Toni Collette. Selain menyutradarai, Bong Joon Ho juga menjadi penulis naskah dengan filmnya yang diproduksi oleh Offscreen, sebuah perusahaan yang juga dimiliki oleh Joon Ho. Rencananya Mickey 17 akan dirilis pada 29 Maret 2024.

5 A Quiet Place: Day One

Film sci-fi berikutnya adalah A Quiet Place: Day One. A Quiet Place: Day One menjadi prekuel dari film A Quiet Place. Film sci-fi ini dijadwalkan akan rilis pada tanggal 28 Juni 2024, dan sebenarnya jadwal rilis film ini sempat mengalami beberapa kali penundaan. Tentu saja penundaan itu dilakukan demi memastikan tim produksi memiliki waktu lebih banyak untuk memastikan filmnya berakhir dengan baik dan tanpa masalah.

Sesuai dengan judul, A Quiet Place: Day One bakal menceritakan tentang awal mula invasi alien terjadi. Dalam film ini, kita akan melihat beberapa bintang baru seperti Lupita Nyong’o, Denis O’Hare, dan Alex Wolff. Sayangnya, detail karakter yang mereka perankan masih belum diketahui secara pasti. Yang jelas, mereka akan memerankan karakter yang sama sekali baru.

A Quiet Place: Day One sendiri akan digarap oleh sutradara Michael Sarnoski, yang sebelumnya sukses dengan film Pig (2021). Sementara itu untuk John Kransinski, dia masih akan terlibat sebagai produser. Dan sepertinya, keluarga Abbott tidak akan muncul dalam film ini, dan justru akan berfokus pada karakter lainnya yang lebih baru.

4 Rebel Moon — Part Two: The Scargiver

Rebel Moon — Part Two: The Scargiver adalah sekuel dari film Rebel Moon – Part One: A Child of Fire, yang filmnya juga akan rilis dalam waktu dekat. Jika film pertamanya akan rilis di Netflix pada Desember ini, film kedua justru akan rilis pada April 2024. Sayangnya karena film pertamanya masih belum rilis, jadi kita masih belum mengetahui apa-apa saja yang terjadi di film keduanya.

Yang jelas, film kedua akan berfokus pada karakter Kora yang dijuluki sebagai Scargiver. Zack Snyder memberikan gambaran bahwa film kedua benar-benar film perang. Film Rebel Moon mengambil latar di sebuah semesta fiktif yang dikendalikan oleh pemerintah korup bernama Mother World. Dan sebuah planet bernama Veldt harus menghadapi ancaman Imperium, pasukan utama Mother World yang dipimpin langsung oleh Regent Balisarius.

Hal inilah yang pada akhirnya mendorong seorang mantan prajurit Imperium bernama Kora untuk merekrut para pejuang terhebat di seluruh galaksi untuk melawan tirani Mother World. Ada beberapa pejuang yang juga turut terlibat seperti Titus, Kai, Gunnar, Tarak, Nemesis, Darrian, dan masih banyak lagi.

3 Dune Part: Two

Film sci-fi berikutnya adalah Dune: Part Two. Film Dune: Part Two rencananya akan rilis pada tanggal 1 Maret 2024. Di bulan yang sama perilisannya, Dune: Part TWo memang harus menghadapi beberapa film besar lainnya seperti Kung-Fu Panda 4, Ghostbusters: Frozen Empire, hingga Arthur the King. Film Dune: Part Two dipastikan tidak akan rilis di layanan streaming HBO Max, seperti yang dialami oleh film pertamanya, Dune, di tahun 2021.

Denis Villeneuve kembali menyutradarai film ini yang mengadaptasi paruh kedua dari novel epik Frank Herbert. Nantinya bakal diceritakan saat Paul Atreides bangkit untuk membalas dendam pada House Harkonnen dan membebaskan Arrakis untuk kaum Fremen. House Harkonnen digambarkan sebagai keluarga kejam dan jahat, memiliki karakteristik sadis dan ambisius. Mereka sering kali berlawanan dengan keluarga Atreides, yang merupakan keluarga protagonis dalam cerita.

Timothée Chalamet juga kembali memimpin pemeran utama Dune: Part Two bersama Rebecca Ferguson, Josh Brolin, Javier Bardem, Florence Pugh, Austin Butler, dan Christopher Walken. Selain banyak menghadirkan pemeran lama, filmnya juga turut menghadirkan para pemeran baru.

2 Ghostbusters: Frozen Empire

Ghostbusters: Frozen Empire menjadi sekuel dari Ghostbusters: Afterlife. Dalam film ini, para karakter lama seperti Gary Grooberson (Paul Rudd), Callie Spengler (Carrie Coon), Trevor Spengler (Finn Wolfhard), dan Phoebe Spengler (McKenna Grace) kembali menjadi Ghostbusters muda dan mereka akan menggunakan kostum ikoniknya.

Para Ghostbusters generasi muda ini tidak akan beraksi sendiri karena mereka juga akan diawasi oleh para Ghostbusters senior yaitu Ray Stantz (Dan Aykroyd) dan Winston Zeddemore (Ernie Hudson). Ghostbusters: Frozen Empire akan mengambil latar markas besar Ghostbusters yang dulunya adalah tempat pemadam kebakaran di kota New York.

Keluarga Spengler akan bergabung dengan Ghostbusters asli, yang telah mengembangkan laboratorium penelitian rahasia untuk meningkatkan kemampuan memburu hantu mereka. Tetapi ketika penemuan artefak kuno membebaskan kekuatan jahat, Ghostbusters baru dan lama harus bersatu untuk melindungi rumah mereka dan menyelamatkan dunia dari Zaman Es kedua. Film sci-fi ini rencananya akan rilis pada tanggal 29 Maret 2024.

1 Borderlands

Setelah penantian panjang, live action Borderlands akhirnya akan dapat kita saksikan di tahun 2024. Pengembangan film ini memang sangat lama, dan baru bisa kita saksikan di tanggal 9 Agustus 2024. Buat kalian yang belum tahu, film diadaptasi dari game berjudul sama yang dibuat oleh 2K. Gamenya mengambil setting ruang angkasa ala Western sci-fi.

Borderlands memang menjadi salah satu game paling sukses yang pernah dibuat dengan lebih dari 68 juta copy terjual di seluruh dunia dan pendapatan bersih dari penjualan tersebut mencapai lebih dari $1 miliar. Sementara itu Borderlands 2, yang dirilis pada tahun 2012 berhasil terjual sebanyak 24 juta copy. Filmnya nanti akan dibintangi oleh Cat Blanchett sebagai Lilith, Jamie Lee Curtis sebagai Tannis, dan Gina Gershon sebagai Moxxi.

Filmnya akan menceritakan Lilith saat dia melakukan perjalanan ke planet asalnya, Pandora dan bekerja sama dengan sekelompok orang aneh untuk menemukan putri Atlas. Tidak diketahui apakah filmnya akan sama persis dengan gamenya atau akan ada perubahan-perubahan yang ditambahkan di dalam cerita.

Itulah dia Geeks beberapa film sci-fi yang akan dirilis pada tahun 2024 mendatang. Film-film tersebut menawarkan cerita yang menarik, dan mudah-mudahan saja akan berakhir dengan sangat baik. Di antara film-film tersebut, mana yang paling kalian ingin tonton Geeks?

Exit mobile version