Home OTAKU OTAKU FEATURES One Piece: Masa Lalu Kuma Mirip Masa Lalu Joy Boy!

One Piece: Masa Lalu Kuma Mirip Masa Lalu Joy Boy!

Terdapat sebuah teori menarik yang menyebutkan jika gambaran dari masa lalu Kuma kemungkinan adalah gambaran dari masa lalu Joy Boy. Dalam beberapa chapter terakhir di arc Egghead, Oda Sensei sedang menghadirkan kilas balik dari masa lalu Bartholomew Kuma. Dalam ceritanya terungkap jika Kuma memiliki masa lalu yang tragis dan mengerikan. Yang menarik kemudian adalah ada salah satu hal dari masa lalu Kuma yang dianggap menjadi gambaran masa lalu Joy Boy.

2 Masa Lalu Kuma

Cerita tentang asal-usul Kuma sendiri dimulai pada chapter 1095. Chapter itu akhirnya menghadirkan jawaban dari teka-teki tentang ras Kuma. Sekitar 47 tahun yang lalu, Kuma lahir di Kerajaan Sorbet. Dalam momen tersebut terungkap jika Kuma dan ayahnya, Clapp, merupakan bagian dari sebuah ras atau bangsa yang disebut sebagai Buccaneer. Bangsa ini disebut sebagai kelompok orang yang pernah melakukan dosa atau kesalahan besar berupa kejahatan di masa lalunya.

Hal ini juga yang kemudian membuat kehidupan Kuma berubah drastis ketika identitasnya sebagai bangsa Buccaneer diketahui oleh World Government. Keluarga tersebut akhirnya menjadi budak bagi kaum naga langit. Kehidupan Kuma kemudian mulai berubah lagi ketika dia menjaga dan merawat Bonney yang merupakan anak dari Ginny dan seorang naga langit misterius.

Namun, Bonney ternyata tertular penyakit langka ibunya yaitu Sapphire Scale yang membuatnya tidak bisa keluar dan terkena cahaya matahari. Hal ini membuat Kuma kemudian rela melakukan apapun demi Bonney, seperti menerima persyaratan dari Gorosei Saturn yang sebelumnya mencuri dengar percakapan dan perjanjian antara Kuma dan Vegapunk tentang penyembuhan Bonney dan rencana pembuatan tentara super.

Salah satu persyaratan agar Bonney bisa selamat adalah Kuma harus menjauh dari Bonney untuk selamanya. Dan inilah yang kemudian Kuma lakukan pasca operasi Bonney serta, pasca operasi yang Vegapunk lakukan terhadapnya demi menjadikan Kuma sebagai cyborg tanpa perasaan dan pikiran. Sebelum berpisah, Kuma berjanji untuk terus mengirim surat kepada Bonney tentang semua hal.

Sayangnya, yang tidak Kuma ketahui adalah semua surat yang dia kirim untuk Bonney ternyata dihancurkan oleh Alpha, agen World Government yang diperintahkan untuk menyamar sebagai perawat Bonney seperti yang diperlihatkan di chapter 1101. Sudah tidak terhitung berapa banyak surat dari Kuma yang Alpha hancurkan. Bonney sendiri sempat merasakan sedih yang sangat mendalam karena tidak pernah menerima surat tersebut.

Namun, kemungkinan dia akhirnya tahu fakta yang sebenarnya ketika melihat balon ingatan milik Kuma. Bahkan, selain mengetahui tentang surat yang Kuma kirimkan, Bonney juga mengetahui tentang asal-usul ayahnya dan juga sang ibu Ginny. Yang menarik kemudian adalah apa yang dihadirkan di chapter 1101 dari masa lalu Kuma ini dianggap sebagai gambaran dari masa lalu Joy Boy.

Gambaran Masa Lalu Joy Boy – Ke Halaman 2

1 Gambaran Masa Lalu Joy Boy

Joy Boy adalah nama yang sangat misterius di cerita One PieceMenurut informasi yang diketahui sejauh ini, Joy Boy merupakan seseorang paling berjasa di era Void Century. Diketahui Joy Boy sempat berjanji kepada para penduduk di pulau manusia ikan untuk membawa mereka ke permukaan, namun gagal. Banyak orang yang menganggap Joy Boy orang baik dan kuat.

Im Sama sengaja menghapus semua bukti atau apa pun yang mengarah para sosok Joy Boy. Hal ini semata-mata demi membuat orang melupakan atau tidak lagi mengungkit sosok tersebut. Namun, faktanya, sosok Joy Boy adalah sosok yang legendaris yang mana banyak orang masih tetap menantikan kemunculannya sejak 800 tahun yang lalu. Siapa dan seperti apa sosok Joy Boy memang masih jadi misteri.

Meskipun begitu, terdapat teori menarik yang menyebutkan jika apa yang terjadi pada Bartholomew Kuma pada masa lalu kemungkinan adalah gambaran dari masa lalu Joy Boy. Secara spesifik, teorinya menjelaskan bahwa bagaimana surat-surat yang Kuma kirimkan untuk Bonney yang kemudian dihancurkan oleh Alpha semakin memperkuat dan memperdalam implikasi yang Oda hadirkan.

Implikasinya sendiri adalah bagaimana pengalaman hidup Bartholomew Kuma, dalam banyak hal, merefleksikan perjalanan hidup dan pengalaman dari Joy Boy. Menulis pesan bisa jadi contoh nyata dari hal tersebut. Jika Kuma menulis pesan untuk Bonney, maka Joy Boy menulis pesan untuk para bangsa manusia ikan. Kemudian, jika Kuma menulis suratnya di atas kertas maka Joy Boy menulisnya di sebuah poneglyph.

Selain itu, disadari atau tidak ada implikasi lain yang lebih besar ketika kita berbicara tentang Poneglyph dan “surat” dari Joy Boy. Dalam hal ini, Poneglyph kemungkinan adalah surat yang Joy Boy buat 800 tahun lalu yang ditujukan kepada seluruh generasi selanjutnya. Teori ini diperkuat dengan dua hal yang sudah muncul di ceritanya. Yang pertama adalah pernyataan dari Dr. Clover.

Menurut ilmuwan Ohara tersebut orang-orang zaman dahulu atau orang-orang di Kerajaan Kuno sengaja menulis pesan dan juga berbagai fakta sejarah yang terjadi dan ada pada masa itu di Poneglyph. Hal tersebut karena mereka khawatir jika tulisan atau pesan tentang fakta sejarah yang mereka tulis akan hilang dan hancur jika kemudian ditulis di atas kertas atau buku. Kekhawatiran dari Dr. Clover nyatanya terbukti dalam chapter 1101, ketika Alpha menghancurkan surat yang dikirim oleh Kuma untuk Bonney.

Kedua, dalam chapter sebelumnya diperlihatkan bagaimana Im Sama marah besar dengan sosok Nefertari Lili. Dia marah karena seluruh Poneglyph yang menceritakan tentang fakta sejarah masa lalu akhirnya tersebar ke seluruh dunia. Menurut Im, hal tersebut adalah sebuah kegagalan dan kesalahan yang besar. Di sisi lain, Lili sendiri meminta generasi selanjutnya untuk menjaga Poneglyph tersebut.

Kesimpulan

Momen masa lalu Kuma dianggap jadi gambaran dari apa yang terjadi kepada Joy Boy pada masa lalu. Momen surat yang Kuma kirim untuk Bonney dihancurkan oleh Alpha dianggap sebagai petunjuk yang Oda Sensei hadirkan terkait hal ini. Jika surat yang Kuma kirim dihancurkan oleh Alpha, maka surat yang Joy Boy buat dihancurkan oleh Im dan World Government.

Tetapi, untungnya, surat dari masa lalu tersebut tidak dibuat di atas kertas melainkan Poneglyph. Sehingga, pesan tersebut tidak akan hancur dan generasi selanjutnya akan bisa membaca dan melanjutkan perjuangan yang sebelumnya gagal untuk dilakukan. Surat-surat yang tertulis di atas Poneglyph ini juga sudah tersebar ke seluruh dunia. Hanya tinggal masalah waktu sebelum isi dari pesan tersebut terungkap ke seluruh dunia.

Exit mobile version