Home MOVIE MOVIE FEATURES 7 Film Aksi yang Diadaptasi dari Kisah Nyata!

7 Film Aksi yang Diadaptasi dari Kisah Nyata!

Film aksi memang sangat seru untuk kita simak. Dalam sebuah film aksi, kita akan disuguhkan dengan banyak adegan menebarkan yang memacu adrenalin penontonnya. Selain itu, kita juga disuguhkan dengan cerita yang menarik, yang tentunya menjadi nilai jual utama dari sebuah film aksi. Ada banyak sekali film aksi yang bertebaran saat ini, tetapi hanya beberapa saja film aksi yang diadaptasi dari kisah nyata. Apa saja film aksi adaptasi kisah nyata? Simak pembahasannya berikut ini Geeks

7 Pain & Gain

Pain & Gain adalah yang dirilis pada tahun 2013, dan disutradarai oleh Michael Bay. Film ini diadaptasi dari kisah nyata tentang pembunuhan dan penculikan yang dilakukan oleh sekelompok binaraga di Miami pada tahun 1990-an. Filmnya mengisahkan tentang Daniel Lugo (Mark Wahlberg), seorang pelatih kebugaran yang ambisius namun frustasi dengan kehidupannya saat itu.

Daniel Lugo membentuk tim dengan Adrian Doorbal (Anthony Mackie) dan Paul Doyle (Dwayne Johnson), untuk merencanakan penculikan terhadap seorang pengusaha kaya, Victor Kershaw (Tony Shalhoub). Tetapi rencana mereka berubah menjadi bencana dengan cepat. Kekejaman dan kesalahan pun terjadi, membuat misi yang awalnya mudah menjadi petaka. Pain & Gain diadaptasi dari artikel New Times yang ditulis oleh Pete Collins, yang menceritakan kisah nyata pembunuhan dan penculikan yang terjadi di Miami pada tahun 1990.

Meskipun menampilkan pemeran bintang, tetapi film Pain & Gain mendapat kritik keras. Sebagian penonton menganggap bahwa dengan cerita yang dihadirkan, tidak terlalu cocok jika filmnya dibuat komedi. Filmnya pun dinilai tidak terlalu akurat dengan kisah nyata yang terjadi.

6 Black Hawk Down

Disutradarai oleh Ridley Scott, Black Hawk Down menjadi salah satu film perang terbaik. Film ini didasarkan pada kejadian nyata yang terjadi di Somalia. Ceritanya berfokus pada peristiwa nyata Pertempuran Mogadishu pada tahun 1993, di mana pasukan Amerika Serikat berusaha menangkap seorang panglima perang di Somalia.

Pada tanggal 3 Oktober 1993, pasukan khusus Amerika Serikat dilibatkan dalam misi untuk menangkap Mohamed Farrah Aidid, seorang panglima perang Somalia. Namun, misi tersebut berubah menjadi bencana ketika dua helikopter tempur Black Hawk ditembak jatuh oleh pemberontak Somalia. Para prajurit Amerika Serikat yang selamat harus berjuang untuk bertahan hidup dan menyelamatkan rekan-rekan mereka di tengah lingkungan kota yang musuh.

Black Hawk Down mendapatkan pujian kritis dan memenangkan dua Academy Awards, kategori Best Film Editing dan Best Sound. Film ini juga dinominasikan untuk dua kategori lainnya. Film ini menampilkan ensemble cast yang mencakup banyak aktor terkenal seperti Josh Hartnett, Ewan McGregor, Tom Sizemore, Eric Bana, dan banyak lagi.

5 American Made

American Made adalah film yang dirilis pada tahun 2017, dan disutradarai oleh Doug Liman. Film ini dibintangi oleh Tom Cruise dan berdasarkan kisah nyata dari seorang pilot pesawat bernama Barry Seal. Barry Seal adalah seorang pilot TWA yang, pada tahun 1978, direkrut oleh CIA untuk melakukan operasi mata-mata di Amerika Tengah.

Seiring berjalannya waktu, Seal terlibat dalam berbagai aktivitas, termasuk penyelundupan obat-obatan terlarang untuk kartel Medellin di Kolombia. Sebagai bagian dari kesepakatan dengan pihak berwenang, Seal membantu melawan kelompok-kelompok komunis di Amerika Tengah. Sebagai informan untuk CIA, Seal menemukan dirinya terperangkap dalam kehidupan berbahaya dan semakin rumit ketika DEA (Drug Enforcement Administration) mulai menyelidikinya.

Film ini menyoroti kerja sama Seal dengan CIA selama periode Perang Dingin dan dampaknya terhadap dunia obat-obatan terlarang di Amerika. Meskipun mengangkat tema serius, film ini juga memasukkan elemen komedi untuk menghadirkan cerita yang lebih menghibur.

4 Public Enemy

Film ini memberikan gambaran yang autentik tentang Amerika Serikat selama era The Great Depression, termasuk menampilkan mobil, busana, dan arsitektur yang sesuai dengan era tersebut. Disutradarai oleh Michael Mann, film yang rilis tahun 2009 ini berkisah tentang kehidupan kriminal terkenal John Dillinger di Amerika Serikat.

John Dillinger (Johnny Depp) adalah seorang perampok bank terkenal yang menjadi musuh utama FBI selama tahun 1930-an. Film ini juga menyoroti hubungannya dengan Evelyn “Billie” Frechette (Marion Cotillard), pacarnya yang setia. FBI, yang saat itu dipimpin oleh J. Edgar Hoover (Billy Crudup), berusaha untuk membasmi kejahatan terorganisir dan memerangi figur-figur kriminal terkenal seperti Dillinger.

Melalui serangkaian perampokan bank dan kejahatan, Dillinger menjadi “musuh publik nomor satu” dan menjadi incaran utama pihak berwenang. Johnny Depp memberikan penampilan yang kuat sebagai John Dillinger, sementara Christian Bale memerankan Melvin Purvis, agen FBI yang bertanggung jawab untuk menangkap Dillinger.

3 Lone Survivor

Lone Survivor diadaptasi dari kisah nyata Operation Red Wings, sebuah misi khusus yang dilakukan oleh Pasukan Khusus Angkatan Laut Amerika Serikat (SEAL) di Afghanistan pada tahun 2005. Empat anggota tim SEAL dikirim untuk menangkap atau membunuh pemimpin Taliban yang sangat berbahaya. Namun, misi tersebut menjadi bencana ketika tim tersebut terlibat dalam pertempuran sengit dengan pasukan Taliban.

Mark Wahlberg memerankan karakter Marcus Luttrell, satu-satunya anggota tim yang selamat dari misi tersebut. Seiring waktu, dia menjadi “Lone Survivor” setelah rekan-rekannya tewas dalam pertempuran. Marcus Luttrell kemudian ditolong oleh penduduk setempat, yang menghadapi risiko besar untuk melindungi dan menyelamatkannya dari pasukan musuh.

Film ini juga diadaptasi dari buku berjudul sama yang ditulis oleh Marcus Luttrell bersama Patrick Robinson. Buku ini menceritakan pengalaman sebenarnya Luttrell selama operasi tersebut. Dan menariknya, Love Survivor juga masuk beberapa nominasi Oscar dalam kategori Best Sound Mixing dan Sound Editing.

2 Unstoppable

Unstoppable dirilis pada tahun 2010, dan disutradarai oleh Tony Scott. Ceritanya diadaptasi dari kejadian nyata mengenai sebuah kereta yang melaju tanpa pengemudi dan menjadi ancaman serius. Pemain utama dalam film ini adalah Denzel Washington dan Chris Pine.

Ketika seorang pekerja kereta api tidak sengaja melepaskan kereta pengangkut bahan kimia berbahaya yang melaju tanpa kendali, seorang insinyur kereta veteran, Frank Barnes (Denzel Washington), bersama dengan rekannya yang baru, Will Colson (Chris Pine), harus mencoba menghentikan kereta tersebut sebelum mencapai kota dan menyebabkan bencana besar.

Mereka menghadapi berbagai rintangan dan kesulitan teknis dalam upaya mereka untuk menghentikan kereta yang berkecepatan tinggi itu. Keselamatan warga dan kru kereta api menjadi taruhan tinggi. ide dasar filmnya terinspirasi oleh peristiwa nyata yang terjadi di Ohio pada tahun 2001. Pada waktu itu, sebuah kereta angkutan bahan kimia melaju tanpa kendali selama beberapa jam sebelum berhasil dihentikan.

1 Ip Man

Ip Man menceritakan kisah nyata tentang kehidupan Ip Man (Donnie Yen) selama era Perang Tiongkok-Jepang (1937-1945) di Foshan, provinsi Guangdong. Ip Man adalah seorang ahli bela diri yang memiliki kehidupan yang mapan. Namun hidupnya berubah drastis saat Jepang terjadi Foshan dan mengubah banyak aspek kehidupan sehari-hari.

Ip Man, awalnya tidak ingin terlibat dalam pertarungan atau melibatkan dirinya dalam konflik, tetapi akhirnya dia terlibat dalam pertempuran untuk melindungi keluarganya dan komunitasnya. Dia secara tidak sengaja terlibat dalam serangkaian pertarungan dengan pejabat Jepang yang memaksa orang Tiongkok untuk bertarung sebagai bentuk hiburan bagi tentara Jepang.

Kisah ini mencapai puncaknya ketika Ip Man memutuskan untuk melibatkan dirinya dalam turnamen bela diri yang diselenggarakan oleh tentara Jepang, tidak hanya untuk membuktikan keunggulan seni bela diri Tiongkok, tetapi juga untuk melawan penindasan dan kesewenang-wenangan penguasa Jepang. Ip Man sendiri adalah seorang grandmaster Wing Chun yang dikenal sebagai guru dari Bruce Lee.

Itulah dia Geeks beberapa film aksi yang diadaptasi dari kisah nyata. Film-film tersebut menawarkan cerita yang menarik dengan adegan aksi yang sangat epik. Di antara film-film tersebut, mana yang jadi favorit kalian?

Exit mobile version