Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Sekuel Film Besar yang Batal Dibuat!

10 Sekuel Film Besar yang Batal Dibuat!

Sekuel adalah film yang menjadi lanjutan atau penerus dari film sebelumnya. Biasanya sebuah sekuel akan melanjutkan cerita, karakter, atau dunia yang telah diperkenalkan dalam film sebelumnya. Sekuel bisa menjadi bagian dari trilogi dan franchise yang besar. Dan biasanya, jika film pertama sukses, maka pihak studio tak ragu untuk membuat film sekuelnya. Tetapi ada juga film yang tidak begitu sukses, namun tetap dibuatkan sekuel. Nah menariknya nih Geeks, ada beberapa film sekuel yang batal dibuat karena berbagai alasan. Apa saja film sekuel yang batal dibuat? Simak berikut ini Geeks!

10 E.T. II: Nocturnal Fears

Film sekuel pertama yang batal dibuat adalah E.T. II. Universal Pictures sukses membuat sebuah film ikonik berjudul E.T. the Extra Terresrial. Film yang disutradarai oleh Steven Spielberg tersebut menceritakan tentang alien kecil yang tertinggal di Bumi dan berusaha untuk pulang ke rumahnya. Ketika sekelompok anak-anak menemukan alien ini, mereka membentuk ikatan khusus dengannya dan berusaha menyembunyikannya dari pihak-pihak yang berusaha menangkapnya.

Film tersebut sangat sukses, sehingga wajar jika Universal Pictures mengincar kembali Steven Spielberg untuk membuat sekuelnya. Padahal Spielberg terkenal tidak pernah membuat sekuel untuk sebuah film. Spielberg menyutujui rencana tersebut, dan sudah mengembangkan naskahnya sepanjang sembilan halaman. Filmnya sendiri berjudul E.T. II: Nocturnal Fears. Film ini tadinya akan menghadirkan para pemeran dari film sebelumnya.

Para karakter pun harus berjuang untuk menghadapi spesies asing yang dikatakan berperang dengan spesies E.T. Di akhir filmnya, E.T. berhasil mengalahkan spesies asing tersebut dan menyelamatkan teman-temannya di Bumi. Filmnya memang menghadirkan cerita yang lebih dewasa, tetapi kemudian Spielberg membatalkan proyek ini dan memilih tidak melanjutkannya.

9 Ghostbusters 3: Hellbent

Tak lama setelah film Ghostbusters II dirilis pada tahun 1989, ada rencana untuk membuat film ketiga. Film tersebut tadinya akan mengambil latar di Manhellton, sebuah tempat yang mirip dengan Manhattan. Di sinilah Ghostbusters harus menghadapi ancaman yang lebih besar lagi yaitu iblis. Melihat konsep cerita yang disuguhkan, tadinya film ini bakal menjadi film Ghostbusters dengan skala termegah.

Meskipun memiliki cerita yang menjanjikan, tetapi pengembangan Ghostbusters 3: Hellbent mengalami ketidakpastian selama bertahun-tahun. Pasalnya Bill Murray tidak terlalu berminat untuk mengulangi perannya sebagai Peter Vekman. Selain itu, Columbia Pictures sepertinya agak khawatir dengan film Ghostbusters 3: Hellbent karena film Ghostbusters II berakhir tidak begitu mulus, baik secara ulasan maupun jumlah penontong.

Draf naskah filmnya juga dianggap gagal mengesankan Murray dan produser film Ghostbusters 3. Karena itulah filmnya dibatalkan. Dan bertahun-tahun setelah itu, kita bisa melihat versi lain dari sekuel Ghostbusters yang berjudul resmi Ghostbusters: Afterlife. Di film tersebut, kita melihat generasi muda Ghostbusters yang beraksi.

8 Spider-Man 4

Film sekuel berikutnya yang batal dibuat adalah Spider-Man 4. Spider-Man 3 yang digarap oleh Sam Raimi memang mendapat sambutan yang buruk ketika rilis di tahun 2008. Sam Raimi pun menyalahkan Sony Pictures yang dianggap terlalu banyak turun tangan terhadap pembuatan filmnya, termasuk memasukan paksa Venom, yang sebenarnya sangat tidak diinginkan oleh Raimi untuk muncul. Sebenarnya film Spider-Man 3, sukses besar di box office. Tetapi berbagai pihak tidak mempercayakan kepada film keempat Spider-Man.

Raimi sebenarnya masih semangat untuk membuat film Spider-Man 4, dan bahkan dia telah membuat naskahnya. Jeffrey Henderson pun sudah membuat concept art dari Spider-Man 4, yang juga sudah bisa kita lihat di Internet. Berdasarkan naskah yang diperlihatkan, film keempat akan menampilkan Vulture, dan Raimi ingin memperkenalkan musuh paling kejam dari Spider-Man.

Selain itu, akan ada penampilan dari Mysterio yang kemungkinan akan diperankan oleh Bruce Campbell, yang telah menjadi cameo di ketiga film Spider-Man sejauh ini. Sayangnya meski Sam Raimi bekerja keras untuk film ini, Sony tidak melihat adanya harapan terhadap Spider-Man. Dan pada tahun 2010, mereka secara resmi menghentikan proyek tersebut.

7 Green Lantern 2

Green Lantern (2011) adalah film superhero yang dibintangi oleh Ryan Reynolds. Dalam film tersebut, Ryan Reynolds memerankan Hal Jordan alias Green Lantern. Dengan deretan aksi dan anggaran yang tidak sedikit, sayangnya film ini tidak berhasil di bioskop dan tidak disukai oleh penggemar. Film tersebut dianggap buruk dalam berbagai aspek, salah satunya adalah karena visualnya yang terlihat mentah.

Ryan Reynolds yang membintangi film itupun mengakui bahwa filmnya buruk. Sampai-sampai, Reynolds sering memperlihatkan meme tentang dirinya di film Green Lantern. Karena film pertama gagal total, wajar jika akhirnya Warner Bros tidak jadi membuat sekuelnya. Malahan nih Geeks, sebenarnya ada rencana awal untuk membuat trilogi Green Lantern.

Setelah Green Lantern 2 tidak jadi dibuat, Ryan Reynolds pun berpindah kubu ke Marvel. Dia memilih untuk melanjutkan peran sebagai superhero dalam film Deadpool yang rilis tahun 2016. Dan setelah kepemimpinan James Gunn di DC Studios, dia berencana untuk melakukan reboot dan membuat proyek Green Lantern baru yang sama sekali tidak terhubung dengan film Green Lantern versi Ryan Reynolds.

6 Kill Bill: Vol. 3

Film sekuel berikutnya yang batal dibuat adalah Kill Bill 3. Rasanya hampir semua orang tahu dengan franchise Kill Bill. Franchise ini dibangun oleh Quentin Tarantino. Secara garis besar, franchisenya menceritakan tentang Beatrix Kiddo (diperankan oleh Uma Thurman), yang juga dikenal sebagai The Bride, dalam misinya untuk membalas dendam pada kelompok pembunuh bayaran yang mencoba membunuhnya dan meninggalkannya untuk mati di hari pernikahannya.

Film pertama dan kedua sukses besar, dan wajar saja jika Quentin Tarantino berencana membuat film ketiga. Sebenarnya ide untuk membuat Kill Bill 3 sudah ada jauh sebelum Kill Bill 2 dirilis. Dalam film ketiga, pengacara Sofia Fatale akan membesarkan putri Nikki untuk membalas dendam pada The Bride. Filmnya pun mengambil latar waktu 10 tahun setelah film sebelumnya.

Pemeran pun sudah ditunjuk, di mana Zendaya dipilih sebagai pemeran anak Nikki dan Maya Hawke (anak Uma Thurman), akan memerankan B.B. Sayangnya pembuatan film tersebut tidak pernah menjadi kenyataan. Tarantino sendiri memutuskan untuk pensiun dari dunia film dalam waktu dekat, yang membuat harapan untuk menyaksikan Kill Bill 3 pupus.

5 Ei8ht

Geeks masih ingat dengan film Se7en yang ikonik? Film ini disutradarai oleh David Fincher. Ceritanya berkisah tentang dua detektif, David Mills (diperankan oleh Brad Pitt) dan William Somerset (diperankan oleh Morgan Freeman), yang menyelidiki serangkaian pembunuhan mengerikan yang terkait dengan tujuh dosa mematikan. Ketika membunuh, pembunuhnya yang dikenal sebagai John Doe (diperankan oleh Kevin Spacey) terinspirasi salah satu dari tujuh dosa mengerikan dalam ajaran agama Kristen.

Filmnya sangat sukses, baik dari segi finansial maupun kualitas. Karena itulah para eksekutif yakin bahwa film ini masih bisa menghasilkan pundi-pundi uang dengan membuat sekuelnya yang berjudul Ei8ht. Dalam sekuelnya, Somerset akan memiliki kemampuan psikis, sehingga mereka bisa menemukan pembunuh berantai yang beraksi. Idenya memang sangat menyimpang dari film aslinya.

Karena itulah David Ficher, Brad Pitt, dan Freeman, semuanya memilih untuk tidak melanjutkan film ini, dan memilih untuk membuat film lain yang membawa nama yang sama sekali baru. Jika ada film yang berakhir luas biasa dan tidak memerlukan sekuel, maka itu adalah film Se7en.

4 Forrest Gump 2

Forrest Gump adalah film yang sukses besar ketika rilis di tahun 1994. Disutradarai oleh Robert Zemeckis dan diadaptasi dari novel berjudul sama karya Winston Groom. Film ini menceritakan kisah hidup Forrest Gump, seorang pria dengan kecerdasan di bawah rata-rata tetapi memiliki semangat dan kebaikan hati yang luar biasa.

Filmnya menceritakan kembali sejarah hidupnya yang penuh petualangan, termasuk masa kecilnya yang sulit, prestasinya sebagai atlet lari, keterlibatannya dalam perang Vietnam, dan karir bisnisnya yang sukses. Meskipun kecerdasannya terbatas, Forrest tanpa sengaja terlibat dalam sejumlah peristiwa bersejarah yang ikonik. Selain sukses secara finansial, filmnya pun mendapatkan banyak penghargaan. Dan melihat adanya celah untuk sebuah sekuel, muncul rencana untuk membuat Forrest Gump 2.

Naskah filmnya sebenarnya sudah mulai ditulis. Namun tak lama setelah itu, peristiwa 11 September terjadi. Tom Hanks dan Bob Zemeckis kemudian menyadari bahwa cerita yang bakal dihadirkan di Forrest Gump 2 tidak relevan lagi karena dunia telah berubah. Dan sejak itulah Forrest Gump 2 tidak pernah terdengar lagi.

3 John Carter 2

John Carter adalah film yang dirilis pada tahun 2012. Film ini disutradarai oleh Andrew Stanton dan diproduksi oleh Walt Disney Pictures. Sebagai catatan, film ini diadaptasi dari novel A Princess of Mars karya Edgar Rice Burroughs yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1912. Filmnya mengisahkan tentang seorang mantan tentara Confederate bernama John Carter yang secara misterius dipindahkan ke planet Mars.

Di Mars, yang dikenal sebagai Barsoom, Carter menemukan dirinya terlibat dalam konflik antar ras yang melibatkan humanoid dan makhluk alien. John Carter menjadi salah satu film dengan anggaran produksi terbesar dalam sejarah. Meski dibuat dengan anggaran yang fantastis, filmnya gagal bersinar di box office yang membuat kerugian besar bagi Disney. Padahal film ini dimaksudkan untuk menjadi film pertama dari trilogi yang disiapkan.

Kegagalan itulah yang membuat dua lagi sekuel John Carter resmi dibatalkan. Disney pun mengumumkan kerugian sebesar $200 juta pada proyek tersebut, dan mereka kehilangan hak atas properti John Carter pada tahun 2014, sehingga visi dari Andrew Stanton untuk membuat lanjutan filmnya tidak akan pernah terwujud.

2 Dredd 2

Setelah film Judge Dredd yang dibintangi oleh Sylvester Stallone di tahun 1995 gagal total, Pete Travis dan Alex Garland membuat versi remakenya di tahun 2012. Kali ini, filmnya menghadirkan Karl Urban sebagai pemeran utama, dan dia mampu memerankan karakter Dredd dengan sangat sempurna, seorang polisi yang tanpa ampun ketika dia berjuang untuk menegakkan keadilan.

Dredd 2 memang mendapatkan sambutan yang hanta dari para kritikus dan penonton umum. Banyak yang memuji film ini, dibandingkan dengan film Dredd versi Stallone. Tetapi tetap saja itu tidak membuat Dredd remake sukses di box office. Filmnya gagal bersinar, yang akhirnya membuat sekuel Dredd 2 tidak jadi untuk dibuat. Padahal rencana untuk membuat Dredd 2 sudah ada, dan idenya pun sudah sangat matang.

Dredd 2 menceritakan tentang Judge Dredd, seorang hakim yang keras dan tegas, bersama dengan seorang rekrutan wanita bernama Cassandra Anderson, dikirim untuk menyelidiki pembunuhan brutal di Peach Trees, sebuah blok perumahan raksasa yang dikuasai oleh gembong narkoba bernama Ma-Ma. Ketika mereka berdua tiba di Peach Trees, Ma-Ma menguncikan gedung tersebut dan memerintahkan para penghuni untuk membunuh Dredd dan Anderson. Dalam kondisi terkunci di dalam gedung, Dredd dan Anderson harus melawan para penjahat.

1 The Amazing Spider-Man 3

Film sekuel terakhir yang batal dibuat adalah The Amazing Spider-Man 3. Sony memang memiliki ambisi besar untuk mereboot semesta Spider-Man, setelah Spider-Man 4 batal dibuat. Karena itulah mereka membuat reboot Spider-Man yang berjudul The Amazing Spider-Man, dan dipimpin oleh aktor Andrew Garfield. Sony pun telah berencana untuk membuat trilogi The Amazing Spider-Man, serta beberapa spinoff yang disiapkan untuk Sinister Six, Venom, dan karakter wanita yang masih dirahasiakan.

Namun setelah The Amazing Spider-Man 2 dirilis dan mendapatkan kesuksesan yang mengesankan, meskipun hanya menghasilkan $709 juta di box office, film ketiga The Amazing Spider-Man tiba-tiba dibatalkan, termasuk beberapa spinoff lainnya yang direncanakan. Pasalnya ketika itu, Sony Pictures melakukan kerja sama dengan Marvel Studios dan memiliki rencana lain terhadap karakter Spider-Man.

Setelah itulah mereka menunjuk Tom Holland sebagai pemeran baru Spider-Man, dan karakternya melebur ke MCU bersama dengan karakter Marvel lainnya. Menariknya beberapa waktu lalu, Garfield juga muncul di MCU bersama dengan Holland dan Tobey Maguire untuk memerankan Spider-Man dalam film Spider-Man: No Way Home.

Itulah dia Geeks beberapa film sekuel yang batal dibuat. Meskipun memiliki potensi cerita yang menarik untuk kita simak, tetapi film-film tersebut harus dibatalkan karena berbagai macam faktor. Di antara film-film tersebut, mana yang kalian harapkan untuk dibuat?

Exit mobile version