Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Film Aksi Bollywood yang Wajib Ditonton!

10 Film Aksi Bollywood yang Wajib Ditonton!

Bollywood merupakan salah satu industri perfiman terbesar kedua setelah Hollwood yang mana selalu banyak film baru, termasuk film aksi. Bollywood merupakan industri perfilman yang berbasis di Indian atau Bharat, di mana jumlah film yang mereka produksi setiap tahunnya hampir mirip dengan industri film Hollywood. Salah satu genre film yang cukup banyak mereka produksi adalah aksi. Berikut adalah film aksi Bollywood yang wajib ditonton.

10 Jawan

Jawan merupakan film aksi Bollywood yang wajib ditonton yang pertama dalam daftar ini. Film aksi ini termasuk dalam film “blockbuster” versi Bollywood, karena berhasil mendapatkan perhatian dunia internasional dengan film mereka yang sangat masif. Jawan merupakan film yang rilis pada 2023 ini dan dibintangi oleh aktor legendaris, Shah Rukh Khan, dan disutradarai oleh Atlee.

Film Jawan sendiri mengisahkan tentang seorang pria dan pasukannya yang terdiri dari enam orang wanita yang melakukan berbagai aksi kejahatan seperti mencuri, menculik, membajak, dan hal lainnya. Mereka menginginkan uang tebusan dari setiap aksi tersebut. Kita kemudian melihat bagaimana aksi balas dendam terhadap pedagang senjata besar dan juga sistem yang membiarkan semua itu berjalan dengan baik.

Hal yang membuat Jawan jadi “blockbuster” di Bollywood adalah bagaimana banyak adegan aksi yang luar biasa yang mereka hadirkan. Selain itu, filmnya juga banyak mengadirkan tempat menarik. Ulasan dari berbagai pihak pun sangat positif, meskipun sempat ada kontroversi yang kemudian muncul saat periisan filmnya. Namun, hal itu nampaknya tidak menggangu popularitas filmnya.

9 Leo

Leo adalah film aksi Hollywood wajib ditonton selanjutnya dalam daftar ini. Seperti halnya Jawan, Leo merupakan film aksi Hollywood yang rilis pada 2023. Film aksi thriller ini disuguhkan dalam bahasa Tamil India. Film Leo sendiri cukup banyak dibintangi oleh sederet nama populer dan legendaris, contohnya adalah Vijay yang jadi aktor pemeran utama di filmnya.

Leo juga menghadirkan nama Sanjay Dutt, Trisha, George Maryan, dan nama-nama lainnya yang membuat film ini menarik. Leo atau Leo: Bloody Sweet merupakan film ketiga yang termasuk dari Lokesh Cinematic Universe dan terinspirasi oleh film A History of Violence yang rilis pada 2005. Filmnya sendiri mengisahkan tentang sosok Parthi, seorang pemilik kedai dan juga penyelamat hewan.

Dia menjadi target buruan dari para gangster bernama Antony dan Harold Das, yang mana mereka menduga jika Parthi merupakan anak yang ditinggalkan oleh Antony, Leo. Mereka berdua kemudian mencoba untuk mencari kebernaran mengenai hal tersebut dengan mendatangi kota atau tempat Leo alias Parthiban berada. Ulasan dari banyak pihak mengenai film ini banyak memberikan tanggapan yang positif. Situs IMDb sendiri memberi nilai 7,4/10.

8 Race

Geeks tentunya sudah sangat mengenal franchise Fast & Furious yang sangat populer di Hollywood dan seluruh dunia. Namun, Bollywood coba untuk membuat franchise Fast & Furious versi mereka sendiri dengan berbagai keunikannya. Dan inilah yang coba dihadirkan oleh dua sutradara, Abbas dan Mastan, pada 2008 di mana mereka menghadirkan film berjudul Race.

Race sendiri bercerita tentang Ranvir, seorang pengusaha yang sangat sukses serta pemilik pertanian dan peternakan yang selalu berhasil menang dalam setiap taruhan yang dia ikuti. Dia memiliki seorang adik bernama Rajiv dan seorang kekasih bernama Sonia. Ranvir sangat mencintai sang adik sampai kemudian dia menemukan fakta jika adiknya juga jatuh cinta terhadap kekasihnya.

Demi sang adik, Ranvir pun memutuskan untuk mundur dan membiarkan Rajiv dan Sonia saling jatuh cinta. Namun, mereka kemudian harus menerima fakta jika sesuatu yang buruk terjadi. Ketiganya kemudian saling bekerja sama dan berpacu dengan waktu untuk mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi dalam upaya pembunuhan terhadap keluarga mereka. Banyak mayat dan hal-hal mengerikan yang mereka temukan di dalam rumah sebagai bentuk teror terhadap keluarga tersebut.

7 Ghajini

Ghajini merupakan film aksi Bollywood lainnya yang wajib ditonton yang berkisah tentang seorang pria yang mengalami situasi yang buruk. Dia harus kehilangan ingatan jarak pendeknya. Pria tersebut tidak mampu untuk mengingat apapun yang terjadi dalam 15 menit sebelumnya. Pria tersebut juga harus menghadapi situasi buruk di mana sang kekasih tewas akibat dibunuh.

Demi mencari siapa pelaku pembunuh sang kekasih, pria tersebut coba untuk mencari cara mengatasi masalah ingatannya. Dan cara yang dia pilih adalah dengan mentato seluruh tubuhnya dengan berbagai informasi atau petunjuk yang dia ketahui. Dia juga menulis buku catatan untuk menyimpan berbagai petunjuk penting yang sudah dia temukan dan pelajari, serta menyimpan berbagai petunjuk lain mulai dari foto lokasi dan juga kemungkinan pelakunya.

Jika Geeks merasa familiar dengan premis atau plot dari film Ghajini, memang film ini memiliki cerita yang mirip dengan film Memento karya Christopher Nolan yang rilis pada tahun 2000. Sutradara A.R. Murugadoss mencoba untuk menghadirkan alur cerita yang mirip dengan film tersebut, tetapi dengan berbagai elemen Bollywood di dalamnya serta berbagai perubahan. Contohnya adalah bagaimana cerita utamanya berfokus pada rasa kehilangan dari sang protagonis pria atas kehilangan sang kekasih. Dibandingkan dengan Memento, Ghajini lebih banyak menghadirkan adegan aksi dan juga dianggap jauh lebih brutal.

6 War

Sama seperti Hollywood, Bollywood juga menyadari jika membangun sebuah jagat sinematik merupakan sebuah kesempatan untuk bisa lebih banyak menghadirkan alur cerita menarik. Selain itu, popularitas sebuah jagat sinematik juga bisa menghadirkan sumber pendapatan yang sangat besar. Di industri Bollywood sendiri salah satu jagat sinematik yang ada adalah Spyverse, yang dibangun oleh Yash Raj Studios.

Film-film dari Spyverse ini memiliki tone yang berbeda, mulai dari film dengan nuansa James Bond hingga Fast & Furious. War adalah salah satu film pertama yang muncul di Spyverse dan jadi salah satu film aksi Bollywood yang wajib ditonton. Film ini menghadirkan dua bintang besar sebagai protagonis utamanya, yaitu Tiger Shroff dan Hrithik Roshan, yang berperan sebagai Kabir dan Khalid.

Kedua karakter itu diceritakan sebagai dua tentara terbaik dari pasukan militer yang diberi tugas untuk menghentikan rencana besar dari teoris internasional yang hendak menghadirkan ancaman dan kekacauan di seluruh India. Namun, plot twist dari film ini kemudian muncul menjelang akhir filmnya di mana ternyata salah satu dari mereka jadi pengkhianat. Dan sosok karakter lainnya pun berusaha untuk menghentikan hal tersebut.

5 Pathaan

Pathaan merupakan film aksi yang rilis pada 2022 dan terbukti menjadi salah satu film yang paling diinantikan serta jadi salah satu film yang paling sukses di Hollywood. Film ini benar-benar menghadirkan banyak sekali adegan aksi yang memacu adrenalin seperti adegan pertarungan atau adegan berbahaya lainnya. Salah satu hal yang menarik dari film ini adalah banyak yang menganggap Pathaan berhasil membangkitkan kembali gairah Bollywood di era modern.

Di sisi lain, kembalinya Shah Rukh Khan ke industri perfilman Bollywood dianggap sebagai salah satu kunci kesuksesan film ini. Sebelumnya, Khan memutuskan untuk hiatus dari indistri Bollywood dan setelah lima tahun dia akhirnya memutuskan untuk kembali dan Pathaan jadi film debutnya pasca hiatus. Film keempat dari Spyverse ini mengisahkan tentang Pathaan, seorang mantan agen khusus yang memutuskan untuk kembali bertugas.

Dia memutuskan untuk kembali beraksi setelah mendengar rencana besar dari sebuah kelompok teroris pribadi bernama Outfit X. Mereka berencana untuk menyebarkan teror dengan cara menyebarkan penyakit berbahaya dari serangan virus. Untuk memuluskan rencananya, Pathaan pun tidak sendirian. Dia membentuk timnya sendiri demi membantunya dalam menjalankan misi ini.

4 Dhoom

Mungkin sebagian Geeks pernah mendengar atau menonton film aksi Bollywood klasik ini. Dhoom merupakan film aksi penuh adegan menegangkan dari Bollywood dan dianggap seagai salah satu film populer dan klasik dari sejarah perfilman India. Filmnya sendiri berfokus pada sosok karakter bernama Abishek Bachchan, seorang polisi yang memiliki misi besar untuk menghentikan rencana dari sekelompok pencuri berteknologi tinggi.

Beberapa hal yang banyak dikenang dari film Dhoom, yang sekaligus dianggap sebagai daya tarik dari filmnya, adalah adegan bertarung dan adegan kejar. Berbagai adegan aksi yang muncul di film Dhoom dilakukan dengan sangat baik dan tertata dengan rapih. Karena itulah, wajar jika kemudian Dhoom masuk dalam daftar film aksi Bollywood yang wajib ditonton.

Salah satu adegan yang paling banyak dikenang oleh para penonton dari film Dhoom, sekaligus jadi adegan ikonik di iflmnya, adalah ketika Bachchan dan Uday Chopra melakukan aksi kejar-kejaran motor. Dhoom sendiri diketahui sudah melahirkan beberapa film sekuel lainnya, seperti Dhoom 2 dan Dhoom 3, yang jadi bukti jika film aksi ini berhasil dan sukses besar.

3 Vikram Vedha

Dalam industri film Bollywood, perbedaan bahasa yang digunakan dalam sebuah film sudah bukan hal aneh. Sebuah film biasanya akan menggunakan bahasa tertentu, tergantung dari banyak faktor. Misalnya, ada film yang menggunakan bahasa Tamil dan ada juga yang menggunakan bahasa Telugu. Dan tidak jarang sebuah film dengan menggunakan bahasa lain akan dibuat ulang dalam bahasa lainnya.

Contoh nyata dari hal ini adalah Vikram Vedha, yang merupakan film remade dari judul yang sama dengan bahasa Tamil yang rilis pada 2017. Versi terbaru dari film ini rilis pada 2022 dan disutradarai oleh Pushkar dan Gayathri. Filmnya sendiri berfokus pada seorang polisi yang sangat populer, Vikram, yang mendapatkan tugas untuk mengalahkan kriminal paling ditakuti di kota tersebut bersama dengan timnya.

Seorang gangster populer dari kota Kanpur membuat kejutan dengan memutuskan untuk menyerahkan diri kepada pihak kepolisian. Sebagai bentuk aksinya tersebut, Vedha hanya meminta Vikram untuk mendengarkan tiga cerita dari masa lalunya dan memberikan penilaian jujur terkait hal tersebut. Yang menarik adalah bagaimana kemudian Vikram mengalami perubahan nilai tentang mana yang benar dan salah. Hal itu terjadi setelah dia mendengar tiga cerita dari Vedha.

2 Don

Selain Dhoom, Don juga merupakan salah satu film aksi klasik yang ada di industri Bollywood. Rilis pada 2006, Don merupakan film aksi yang dibintangi oleh Shah Rukh Khan. Memiliki judul Don: The Chase Begin Again atau Don, film ini menghadirkan cerita yang cukup menarik tentang dua orang yang memiliki kepribadian dan karakter yang berbeda meskipun wajah mereka sama.

Sebuah tim khusus coba untuk menangkap salah satu petinggi dari bos gembong narkoba yang dikenal bernama Boris. Salah satu petinggi tersebut bernama Don, karakter yang diperankan oleh Khan. Dalam setiap upaya penangkapannya, Don selalu berhasil untuk kabur dan bahkan menghabisi banyak nyawa. Namun, suatu hari, dia kemudian menghilang dalam keadaan terluka.

Seorang pemuda biasa bernama Vijay memiliki penampilan yang sangat mirip dengan Don. Dia pun diajak untuk ikut bergabung dengan misi menangkap Don, di mana dia berpura-pura sebagai Don dan mengirimkan berbagai informasi mengenai gembong narkoba dan kelompoknya kepada tim khusus tersebut. Selain Khan, film ini juga dibanjiri oleh sederet bintang Bollywood populer seperti Kareena Kapoor, Priyanka Chopra, Arjun Rampal, dan sebagainya.

1 Roudram Ranam Rudhiram

Film aksi Bollwood yang wajib ditonton yang terakhir tidak lain adalah Roudram Ranam Rudhiram atau yang bisa disebut juga sebagai RRR. Berbeda dengan berbagai film aksi Bollywood di atas, RRR tidak bersetting di era modern. Film ini justru bersetting di era 1920an yang menjadikan RRR sebagai film aksi epik periode di daftar ini. S. S. Rajamouli adalah sutradara dari film ini.

Filmnya sendiri diadaptasi dari dua sosok nyata pahlawan di India dengan masing-masing latar belakang yang berbeda, yaitu Sitaram Raju dan Komaram Bheem. Rajamouli disebutkan ingin menghadirkan cerita di mana seandainya kedua karakter legendaris ini bertemu dalam satu peristiwa dan berteman. Inilah yang kemudian jadi setting cerita dari film RRR.

Film RRR memiliki banyak sekali catatan positif. Yang pertama, film ini berhasil mencatatkan sejarah sebagai salah satu film India yang paling mahal yang pernah dibuat dengan total ongkos produksi sebesar 69 juta Dollar Amerika. Kedua, film ini menjadi film India dengan total pemasukan yang juga paling besar dengan total pemasukan sebesar 170 juta Dollar Amerika. Ketiga, RRR berhasil mendapatkan penghargaan dari ajang Oscar untuk kategori Best Original Song yang membuat film ini jadi satu-satunya film India yang berhasil mendapatkan penghargaan itu.

Film Bollywood mungkin tidak sebesar dan seheboh serta seepik film aksi di Hollywood. Meskipun begitu, bukan berarti film-film mereka tidak menarik untuk ditonton. Ada juga beberapa film aksi dari Bollywood yang wajib ditonton seperti berbagai poin di atas.

Exit mobile version