Home GAME GAME FEATURES 8 Fakta Menarik GTA 6 Pasca Trailer, Game Termahal!

8 Fakta Menarik GTA 6 Pasca Trailer, Game Termahal!

Rockstar Games akhirnya resmi memperkenalkan game terbaru dari franchise terbesar mereka yaitu GTA 6 dan berikut berbagai fakta menarik tentang gamenya. Grand Theft Auto merupakan salah satu franchise game terbesar dan paling populer. Beberapa game mereka, seperti GTA San Andreas dan GTA V, menjadi mahakarya di dunia game dan juga bagi perusahaan pengembang. Dengan Rockstar resmi merilis GTA 6, berikut berbagai fakta menarik dari gamenya.

8 Masa Pengembangan Yang Lama

Fakta menarik dari game GTA 6 yang pertama adalah masa pengembangan gamenya yang lama. Rockstar Games biasanya menghadirkan jeda antar game antara 1 hingga 4 tahun. Hal ini bisa kita lihat dari jadwal perilisan game GTA San Andreas pada 2004 dan GTA Liberty City Stories pada 2005 yang hanya berjarak satu tahun. Dan jarak GTA San Andreas dengan game GTA IV hanya berjarak empat tahun.

Namun, untuk jarak perbedaan waktu antara GTA V menuju GTA 6 bisa dibilang memakan waktu hingga 12 tahun. GTA V rilis pada 2013 kemarin dan jadi game yang paling sukses penjualannya dalam sejarah, di mana gamenya ludes dalam waktu yang sangat singkat. Sedangkan, GTA 6 rilis pada 2025 mendatang. Yang menarik adalah para fans sendiri sebenarnya sudah sejak beberapa tahun lalu sering menghadirkan teori tentang perilisan gamenya.

Tidak sedikit teori dan spekulasi muncul mengenai kapan Rockstar akan menghadirkan GTA 6 dan seperti apa gamenya nanti. Sejauh ini, memang belum ada informasi mengapa Rockstar Games butuh waktu hingga 12 tahun untuk menghadirkan GTA 6. Namun, besar kemungkinan mereka ingin menghadirkan peningkatan kualitas gamenya setelah GTA V jadi mahakarya besar Rockstar Games pasca Red Dead Redemption 2. Dan hal ini juga didukung oleh cuitan mereka di tahun 2022 kemarin.

7 Sempat Mengalami Peretasan

Antusiasme yang tinggi dari para fans untuk segera memainkan game sekuel dari GTA V membuat sebagian pihak rela melakukan apapun untuk mencari informasi terkait hal tersebut. Dan hal inilah yang kemudian terjadi kepada Rockstar Games pada 2022 kemarin, tepatnya pada September 2022. Pada bulan tersebut seorang hacker atau peretas berhasil membobol sistem pertahan dari Rockstar Games.

Peretas tersebut kemudian mencuri berbagai data terkait dengan proyek GTA 6, termasuk mencuri kurang lebih 100 video yang belum selesai dikerjakan, sedang dalam masa pengembangan, untuk gamenya. Mereka kemudian mengunggah video bocoran tersebut ke internet. Rockstar Games kemudian membenarkan keaslian dari video tersebut dan berusaha untuk menghapusnya dari dunia maya.

Serangan peretas ini ternyata kembali muncul hanya dalam beberapa waktu sebelum Rockstar Games resmi merilis teaser trailer perdana game GTA 6. Seperti yang Geeks ketahui, Rockstar berencana merilis trailer game GTA 6 pada 5 Desember 2023 pukul 9 pagi waktu Amerika. Namun, peretas berhasil mengunggah trailer tersebut ke internet sebelum jadwalnya. Alhasil, Rockstar memutuskan untuk mempercepat jadwal perilisan trailernya.

6 Hadirkan Sosok Protagonis Wanita

Fakta menarik GTA 6 selanjutnya adalah akan menghadirkan protagonis wanita. Masing-masing game Grand Theft Auto memiliki karakter protagonisnya sendiri. Contohnya adalah GTA San Andreas yang memiliki karakter protagonis Carl Johnson alias CJ. Kemudian, untuk GTA V kita mengenal tiga karakter protagonis sekaligus yaitu Trevor Phillips, Michael De Santa, dan Franklin Clinton. GTA 6 juga memiliki karakter protagonis yang berbeda dan juga baru.

Sejauh ini, memang masih belum ada banyak informasi mengenai siapa sebenarnya karakter protagonis di game GTA 6. Namun, jika kita mleihat berdasarkan teaser trailer yang sudah dirilis game GTA 6 akan memiliki sosok protagonis wanita bernama Lucia. Dan jika melihat trailernya juga, kemungkinan GTA 6 akan menghadirkan lebih dari satu karakter protagonis.

Bisa jadi, GTA 6 akan menghadirkan 2 karakter protagonis yaitu Lucia dan satu karakter protagonis pria yang merupakan rekan sekaligus kekasih dari Lucia. Dalam trailernya sendiri, Lucia sempat menyinggung kekasihnya tersebut yang mana artinya di gamenya nanti kita bisa jadi akan memainkan juga karakter dari kekasih Lucia ini. Rockstar Games juga belum mengumumkan siapa yang akan mengisi suaranya dan Lucia akan jadi karakter keturunan Latin-Amerika pertama yang jadi protagonis di franchise ini.

5 Bersetting Di Vice City

Buat Geeks yang sudah mengikuti cerita dari franchise Grand Theft Auto, tentunya sudah tidak asing dengan kota Vice City. Ini merupakan kota fiksional yang mana Rockstar Games terinspirasi dari wilayah Miami. Vice City merupakan setting tempat dari game Grand Theft Auto: Vice City di mana dalam game tersebut Geeks akan memerankan karakter bernama Tommy Vercetti dan gamenya sendiri bersetting di era 1980an.

Dari informasi yang kemudian diketahui mengenai GTA 6, game ini ternyata akan kembali bersetting di Vice City, tepatnya di salah satu wilayah di Vice City yaitu Leonida. Informasi ini didukung oleh tayangan di trailer gamenya yang menghadirkan tulisan ‘Vice City’ serta berbagai elemen lainnya. Contohnya adalah dalam tayangan di trailernya terdapat salah satu mobil yang sempat muncul di game Vice City yaitu Cheetah.

Namun, berbeda dengan GTA: Vice City, untuk GTA 6 sendiri setting waktunya berbeda di mana kita akan diajak menuju era yang lebih modern. Hal ini bisa dilihat dari environment atau lingkungan di gamenya, para karakter, kendaraan, dan juga alur ceritanya. Dalam trailernya juga kita melihat sisi gila dari para penduduk Vice City dengan berbagai konten media sosial yang mereka hadirkan.

4 Banyak Easter Eggs Dan Lelucon

Dari apa yang muncul di trailer GTA 6, Rockstar Games benar-benar menghadirkan nuansa Vice City senyata mungkin. Hal ini bisa dilihat dari kecerdasan dari para NPC di gamenya serta berbagai easter egg dan juga lelucon yang muncul dalam gamenya. Biasanya, game Grand Theft Auto selalu menghadirkan lelucon mengenai nama perusahaan atau sebuah bisnis yang memang ada di dunia nyata.

Beberapa lelucon dan easter eggs tersebut memang sangat lucu, sedangkan sebagian lainnya akan membawa kembali nostalgia terhadap game-game terdahulu. Contoh nyata dari hal ini adalah produk Patriot Beer, yang merupakan merk bir di game GTA IV dan GTA V. Namun, desain Patriot Beer untuk GTA 6 sedikit mengalami perubahan. Juga ada tulisan “Sol Sisters” yang kemungkinan besar diambil dari ungkapan “Soul Sisters.”

Untuk easter eggs di game ini bisa kita lihat dari kendaraan Cheetah yang muncul di trailernya. Cheetah merupakan jenis mobil yang sangat populer dan sudah muncul di beberapa game GTA seperti GTA 3, Vice City, dan juga bahkan San Andreas. Desain mobil ini sempat mengalami perubahan, namun untuk GTA 6 sendiri mobilnya akan kembali menghadirkan desain lama.

3 Gameplay GTA 6

Kabar mengenai gameplay untuk GTA 6 pertama kali dilaporkan oleh Bloomberg pada Juli 2022 kemarin. Dalam laporannya, Bloomberg menyebutkan jika GTA 6 akan menghadirkan versi modern dari Vice City. Kemudian, mereka juga mengabarkan jika protagonis utamanya adalah seorang wanita Latin yang bernama Lucia. Dan yang paling penting, Bloomberg sempat menyebutkan alur cerita untuk gamenya.

Menurut laporan tersebut, cerita GTA 6 akan mengadaptasi kisah populer sepasang kriminal perampok bank, Bonnie Elizabeth Parker dan Clyde Chestnut, atau yang biasa disebut Bonnie and Clyde. Semua laporan yang disebutkan oleh Bloomberg terkait gameplay dan cerita untuk GTA 6 sudah terkonfirmasi melalui tayangan trailernya, di mana game ini akan bersetting di Vice City.

Di awal tayangan juga kita melihat bagaimana sosok wanita Latin bernama Lucia sedang diwawancara di dalam penjara Vice City. Dia juga memiliki seorang kekasih yang rumornya akan bernama Jason. Dan dari tayangan trailer tersebut juga mungkin kita akan melihat kilas balik bagaimana Jason dan Lucia bisa dipenjara dan mungkin kita juga akan melihat petualangan Lucia kabur dari penjara.

2 Jadwal Perilisan Gamenya

Menurut informasi di trailernya, GTA 6 dijadwalkan akan rilis pada 2025 mendatang. Sayangnya, kapan pastinya Rockstar Games akan merilis gamenya di tahun 2025 masih jadi misteri. Meskipun begitu, ada beberapa petunjuk penting yang bisa jadi acuan mengenai kapan gamenya dirilis. Pertama, informasi dari Take-Two Interactive yang merupakan publisher dari game GTA 6.

Pada Mei 2023 kemarin, mereka mengungkapkan jika mereka memiliki target mendapatkan pemasukan sebesar 8 milliar Dollar Amerika untuk tahun finansial (Financial Year) 2023-2024. Take-Two Interactive baru-baru ini mengantongi 5 milliar Dollar Amerika yang mereka dapatkan dari GTA Online. Ini artinya mereka mengincar 3 miliar Dollar Amerika sisanya dari penjualan game GTA 6 mendatang.

Rockstar sendiri memulai Financial Year mereka pada Oktober dan berakhir pada September. Jika memang kemudian Take-Two berencana untuk merilis GTA 6 dalam Financial Year 2023-2024, maka artinya mereka perlu merilis game ini antara Agustus atau September yang mana biasanya musim panas adalah puncak musim liburan dan puncak perilisan berbagai game baru.

1 Game Termahal Sepanjang Sejarah

Fakta menarik GTA 6 yang terakhir adalah game ini akan jadi game yang paling mahal dalam sejarah dan game yang paling mahal yang pernah dikembangkan. Sampai sekarang, memang belum ada laporan resmi mengenai berapa biaya produksi yang harus Rockstar Games keluarkan untuk mengembangkan game GTA 6. Meskipun begitu, berbagai laporan dan bocoran di internet sempat memberikan gambaran angkanya.

Secara kasar, biaya produksi yang Rockstar Games keluarkan untuk game GTA 6 berkisar antara 1 milliar Dollar Amerika sampai 2 milliar Dollar Amerika. Hal ini berdasarkan laporan keuangan yang berhasil dicuri oleh peretas yang sempat beredar di internet. Namun, angka 1 milliar Dollar Amerika dirasa memang masuk akal. Ada beberapa alasan terkait hal ini, yang pertama adalah tahun pembuatan dan lamanya pengembangan.

GTA V menghabiskan dana 265 juta Dollar Amerika di pertengahan tahun 2010. Dengan jarak waktu lebih dari 10 tahun, peningkatan angka tersebut rasanya wajar. Belum lagi, mereka perlu mengembangkan berbagai teknologi agar bisa menghadirkan peningkatan kenyamanan dan pengalaman bermain. Hal ini bahkan disebutkan oleh Rockstar jika mereka bertekad meningkatkan kualitas game GTA di game selanjutnya. Alasan selanjutnya adalah Rockstar Games perlu membeli lisensi berbagai musik, radio, membayar aktor, dan tentunya membangun map atau peta untuk game tersebut yang mana angkanya tidak sedikit. Bahkan, kabarnya mereka menyewa jasa rapper populer seperti Timbaland untuk menghadirkan musik di game GTA 6.

Berdasarkan berbagai fakta menarik di atas Grand Theft Auto 6 alias GTA 6 akan jadi sebuah fenomena baru di dunia game, seperti halnya GTA V saat perilisannya pada 2013 kemarin. Rockstar Games benar-benar mewujudkan janji mereka untuk menghadirkan sebuah game baru yang luar biasa, yang benar-benar menghadirkan peningkatan kualiats yang bisa dirasakan oleh para penggemar semuanya.

Exit mobile version