Home OTAKU OTAKU FEATURES One Piece: 8 Buah Iblis yang Bisa Tandingi Zoro!

One Piece: 8 Buah Iblis yang Bisa Tandingi Zoro!

Kekuatan Roronoa Zoro memang sulit ditandingi apalagi pasca timeskip, namun ada beberapa buah iblis yang bisa tandingi kekuatan sang karakter. Roronoa Zoro saat ini bisa dianggap sebagai salah satu karakter terkuat di cerita One Piece. Peningkatan kekuatannya benar-benar sangat dahsyat, yang mana membuatnya jadi karakter yang sulit untuk dihentikan. Meskipun begitu, ada beberapa buah iblis yang dianggap bisa tandingi kekuatan Zoro. Apa saja?

8 Nikyu Nikyu No Mi

Buah iblis yang bisa tandingi kekuatan Zoro yang pertama adalah Nikyu Nikyu no Mi. Buah iblis Paramecia milik Bartholomew Kuma ini sebenarnya sudah sejak lama diperkenalkan dalam cerita One Piece. Kekuatan buah iblis Kuma ini pertama kali diperlihatkan di arc Thriller Bark ketika Kuma mengeluarkan rasa sakit milik Luffy dan memindahkannya ke tubuh Zoro.

Namun, di arc Egghead kita akhirnya mendapatkan penjelasan lebih detil lagi mengenai kekuatan buah iblis ini. Dalam ceritanya diejlaskan jika buah iblis ini bisa merubah rasa sakit atau berbagai hal tidak berwujud lainnya menjadi nyata, contohnya adalah ingatan atau rasa sakit. Yang kemudian membuat buah iblis ini bisa jadi sangat luar biasa dan mematikan adalah bagaimana Kuma mungkin bisa mewujudkan apa yang ada dalam diri manusia.

Dalam beberapa momen, kita sempat melihat kelebihan lain dari Nikyu Nikyu no Mi di mana Kuma bisa memantulkan serangan apapun yang mengarah kepadanya. Caranya dia akan memanfaatkan telapan tangan yang memiliki bentuk telapak tangan kucing dan memantulkannya ke sebuah arah. Bahkan, sebelum Kuma menerbangkannya ke Kuraigana saat arc Sabaody dia sempat menahan serangan pedang Zoro dengan mudah.

7 Horo Horo No Mi

Horo Horo no Mi merupakan buah iblis yang memiliki kekuatan unik. Buah iblis berjenis Paramecia ini memberikan kekuatan kepada penggunanya untuk merubah kondisi mental seseorang dari positif menjadi negatif. Buah iblis ini dikonsumsi oleh Perona, bawahan dari Gecko Moria. Ketika seseorang terkena kekuatan serangan buah iblis ini, yang biasanya muncul dalam wujud karakter transparan, moral dan stamina yang ada dalam diri orang tersebut akan terkuras habis.

Selain itu, yang juga membuat buah iblis ini sebenarnya berbahaya adalah bagaimana efek dari kekuatannya tidak terpengaruh oleh Haki. Luffy, Zoro, Franky, dan yang lain adalah bukti nyata bagaimana buah iblis ini kebal terhadap Haki, di mana mereka berubah menjadi sosok negatif dan pesimis setelah terkena serangan ini. Hal ini muncul dalam arc Thriller Bark yang mana momen ini jadi salah satu momen yang ikonik.

Satu-satunya yang mampu menandingi kekuatan Perona adalah Usopp. Hal tersebut karena Usopp memang sedari awal sudah memiliki pemikiran atau pikiran yang negatif dan pesimis. Zoro selalu memiliki optimistis yang sangat tinggi, karena tekad dan mimpinya untuk jadi ahli pedang terbaik di dunia. Inilah yang kemudian bisa dimanfaatkan oleh pemilik buah iblis Horo Horo untuk menyerang mental Zoro.

6 Suke Suke No Mi

Suke Suke no Mi atau Clear-Clear Fruit adalah buah iblis yang masuk jenis Paramecia. Buah iblis ini memberikan penggunanya kemampuan untuk bisa “menghilang” alias tidak terlihat. Sebelumnya, ini merupakan buah iblis milik Absalom yang yang merupakan salah satu bawahan dari Gecko Moria. Tapi, setelah Absalom tewas oleh Catarina Devon buah iblis tersebut jatuh ke tangan Shiryu.

Sejauh ini, Oda Sensei masih belum terlalu banyak memperlihatkan aksi Shiryu dengan kekuatan buah iblisnya. Alasan mengapa buah iblis ini dianggap bisa tandingi kekuatan Zoro adalah karena Shiryu bisa memanfaatkan serangan dadakan kepada Zoro setelah “menghilang.” Apalagi, dia merupakan salah satu karakter dengan kemampuan berpedang yang cukup mimpuni.

Zoro memang bisa memanfaatkan Observation Haki, namun kemampuannya jauh di bawah Sanji atau Luffy. Zoro mungkin akan mampu merasakan atau mengetahui keberadaan Shiryu, tetapi hal itu akan terlambat karena Shiryu sudah dekat dan siap untuk menyerang. Yang menarik adalah terdapat teori yang juga menyebutkan bagaimana Zoro akan berhadapan dengan Shiryu dan melihat kemampuan untuk menandingi buah iblis ini.

5 Mori Mori No Mi

Salah satu buah iblis baru yang muncul di cerita One Piece yang muncul dalam arc Wano. Buah iblis yang Aramaki konsumsi tersebut bernama Mori Mori no Mi. Mori sendiri dalam bahasa Jepang berarti hutan. Dan hal ini memang sesuai dengan kekuatan yang dia perlihatkan dalam chapter 1053 kemarin. Dalam chapter tersebut, kita melihat bagaimana setiap ke mana pun Aramaki pergi pasti akan ada tanaman atau tumbuhan yang muncul di sekitarnya.

Banyak fans yang sempat menduga bahwa buah iblis Aramaki berjenis Paramecia. Namun, ternyata buah iblis ini berjenis Logia. Kemampuan dari buah iblis ini adalah penggunanya mampu untuk menumbuhkan tanaman di mana pun dia berada, merubah wilayah sekitarnya menjadi hutan, dan bahkan menyerap cairan atau nutrisi milik orang lain. Aramaki juga dispekulasikan sudah membangkitkan kekuatan buah iblisnya.

Ada beberapa yang membuat buah iblis ini bisa tandingi kekuatan Zoro. Pertama, serangan dahsyat Zoro kepada Aramaki, meskipun menggunakan Haki, tidak akan bisa menghabisi nyawa sang admiral. Karena, dia akan “regenerasi” seperti saat Aramaki kembali tumbuh pasca serangan Bolo Breath dari Momonosuke. Kedua, Zoro juga akan benar-benar terkuras seluruh cairan tubuhnya ketika akar dari buah iblis ini mengenai tubuhnya.

4 Ope Ope No Mi

Buah iblis yang memang sudah terbukti dahsyat dalam cerita One Piece. Buah Ope Ope Ope no Mi milik Trafalgar Law dianggap sebagai salah satu buah iblis yang overpower berkat berbagai kekuatan dan kemampuannya. Sejak pertama kali diperkenalkan dalam cerita One Piece, Ope Ope sudah jadi perhatian para fans dengan kekuatannya. Dengan menggunakan kekuatan buah iblis itu, Law mampu untuk “memanipulasi” tubuh manusia.

Salah satu kekuatan unik lainnya dari buah iblis ini adalah dia mampu menyembuhkan segala macam penyakit. Belum lagi kedahsyatan lainnya, seperti bagaimana Law bisa melakukan “teleportasi” dengan salah satu tekniknya, Shambles, dan sebagainya. Bukti kedahsyatan Ope Ope juga bisa kita ketahui dari bagaimana World Government rela untuk memberikan uang 5 miliar Belly kepada siapa pun yang menemukan buahnya dan menyerahkannya kepada mereka.

Law memang bukan ahli pedang dengan kemampuan yang dahsyat, namun dia berhasil memanfaatkan Ope Ope no Mi sebagai kelebihannya. Ketika digunakan menghadapi Zoro, dia bisa saja mengirim Zoro kemanapun dia mau seperti yang terjadi dalam pertempuran di Onigashima. Kemudian, jika Zoro berada dalam area Room maka dia akan kesulitan menghadapi Law karena anggota tubuhnya berantakan.

3 Bari Bari No Mi

Salah satu buah iblis underrated lain yang bisa tandingi kekuatan Zoro. Bari Bari no Mi merupakan buah iblis yang cukup unik dan terbukti kekuatannya bahkan mampu melebihi kekuatan Haki. Berjenis Paramecia, kemampuan utama buah iblis ini adalah penggunanya bisa membuat atau menciptakan sebuah pelindung yang sangat kuat. Bahkan, hampir tidak ada yang mampu menembus pertahanan tersebut.

Bartolomeo adalah karakter yang pertama kali memperkenalkan buah iblis ini. Dia memperlihatkan kekuatan buah iblisnya dalam arc Dressrosa ketika Bartlomeo ikut dalam turnamen Corrida Colloseum. Namun, yang menarik kemudian dalam kilas balik Kozuki Oden terungkap jika buah iblis ini sempat dimiliki juga oleh Kurozumi Semimaru. Pada saat itu, Semimaru mampu melindungi Orochi dari serangan pedang Oden.

Padahal, serangan dua pedang milik Oden terkenal karena kedahsyatannya berkat aliran Haki. Oden sendiri tidak percaya dengan apa yang dia lihat, karena sebelumnya hal tersebut tidak pernah terjadi. Zoro memiliki pedang Enma yang merupakan salah satu pedang yang Oden gunakan untuk menyerang Orochi. Artinya, hal yang sama atau efek yang sama juga akan dirasakan oleh Zoro ketika Bartolomeo menggunakan kekuatan buah iblisnya ini.

2 Kira Kira No Mi

Jozu merupakan mantan kapten divisi 3 bajak laut Whitebeard dan terkenal sebagai salah satu anak buah Whitebeard yang memiliki postur tubuh cukup besar. Dia memakan buah iblis tipe Paramecia bernama Kira kira no MiBuah iblis ini memiliki kemampuan mengubah tubuh penggunanya menjadi berlian. Ketika kemudian Jozu merubah tubuhnya atau atau salah satu anggota tubuhnya menjadi berlian, tidak ada yang bisa menembus kekuatan buah iblis ini.

Hal ini terbukti dalam perang puncak di Marineford, di mana kekuatan buah iblis ini terbukti sangat hebat bahkan Mihawk yang terkenal sebagai pengguna pedang terbaik di dunia tidak bisa menebas tubuh Jozu ketika berubah menjadi berlian. Jozu juga sempat menyerang admiral Aokiji dengan kekuatan buah iblis ini dan berhasil melukainya. Logikanya, jika Mihawk saja tidak mampu menembus kekuatan Jozu maka hal yang sama juga terjadi kepada Zoro.

Zoro mungkin akan berada di level yang sama dengan Mihawk, bahkan melampauinya. Namun, dia tidak akan mampu menandingi atau menembus kekuatan dahsyat buah iblis Kira Kira. Seperti halnya di dunia nyata, permata atau berlian adalah salah satu material paling keras di dunia. Artinya memang akan sangat sulit bagi Zoro untuk bisa menembus kekuatan buah iblis ini.

1 Gura Gura No Mi

Buah iblis yang bisa tandingi kekuatan Zoro yang terakhir adalah Gura Gura no Mi. Rasanya, selain Zoro, hampir tidak ada yang mampu menandingi kekuatan mengerikan dari buah iblis ini mengingat efeknya yang bisa hancurkan dunia. Blackbeard adalah pemilik baru dari buah iblis ini. Setelah mencuri Yami Yami, Blackbeard kemudian berhasil mencuri buah iblis Gura Gura milik Whitebeard, mantan kaptennya.

Gura Gura no Mi membuat penggunannya bisa menghasilkan getaran atau menciptakan gempa. Dalam pertempuran di Marineford kita melihat bagaimana kemampuan Gura Gura no Mi mampu hasilkan tsunami besar di sekitarnya. Ketika Blackbeard tidak mampu mengendalikan kekuatan buah iblis tersebut, efek mengerikan pun muncul di mana lautan menjadi miring dan menciptakan situasi yang mengerikan.

Seperti halnya buah iblis Kira Kira, dengan kekuatan dahsyat yang bisa hancurkan seluruh dunia rasanya kecil kemungkinan Zoro bisa hadapi kekuatan buah iblis ini. Pasalnya, efek dari buah iblis ini bukan hanya akan dirasakan oleh Zoro saja melainkan semua orang di Grand Line. Jika Blackbeard mau, bukan mustahil dia akan menghancurkan tempat mereka bertarung dan menenggelamkannya.

Roronoa Zoro adalah calon ahli pedang terbaik di seluruh dunia menggantikan posisi sang mentor, Dracule Mihawk. Namun, meskipun Zoro adalah calon ahli pedang terbaik ada hal yang bisa menandingi atau menahan kedahsyatan dari wakil kapten Topi Jerami ini yaitu kekuatan buah iblis. Beberapa buah iblis dianggap mampu menandingi kekuatan dahsyat milik Zoro, seperti buah iblis di atas.

Exit mobile version