Home OTAKU OTAKU FEATURES One Piece: 7 Karakter yang Tahu Rahasia Nika!

One Piece: 7 Karakter yang Tahu Rahasia Nika!

Sosok Sun God Nika merupakan sosok legendaris dalam cerita One Piece yang mana hanya ada sebagian karakter yang tahu tentang sosok tersebut. Dalam arc Wano kemarin para fans diperkenalkan dengan satu karakter legendaris di dunia One Piece yang jadi harapan bagi banyak orang, yaitu Sun God Nika. Dari apa yang diketahui sejauh ini, sosok Nika sudah menghilang selama ratusan tahun. Meskipun begitu, yang menarik adalah hanya ada beberapa karakter yang tahu tentng sosok Sun God Nika. Siapa saja?

7 Who’s Who

Karakter yang tahu tentang Sun God Nika yang pertama adalah Who’s Who. Bahkan, dia adalah karakter dalam cerita One Piece yang memperkenalkan karakter legendaris ini. Who’s Who pertama kali menyebutkan nama Sun God Nika dalam arc Wano, tepatnya di chapter 1018. Menurut penuturan dari Who’s Who, dia sempat dipuja sebagai dewa pada masa lalu.

Sosok Nika terkenal memiliki peran penting terutama bagi para budak atau tawanan. Dia selalu membawa kebahagiaan dan tawa bagi mereka. Banyak orang-orang di masa lalu, khususnya budak dan tawanan, yang yakin bahwa Nika akan membebaskan mereka. Dia juga akan membebaskan semua budak dan tawanan, serta melindung mereka semua. Inilah yang kemudian mereka percaya yang mana menjadi awal mula Nika kemudian dipuja sebagai dewa.

Kepercayaan tersebut ternyata masih berlaku sampai sekarang, di mana Who’s Who sendiri sempat berdoa atau meyakini jika Nika akan muncul dan membebaskannya pasca apa yang terjadi. Who’s Who sendiri mendengar cerita tentang sosok Nika dari penjaga yang ada di penjara. Tetapi, pada akhirnya, sosok Nika yang dia harapkan tidak muncul dan dia harus kabur dari penjara sebelum berhabung dengan kelompok bajak laut Beast.

6 Bartholomew Kuma

Bartholomew Kuma adalah salah satu contoh karakter yang mengenal Sun God Nika. Bahkan, Kuma juga sangat mengidolakan serta memuja sosok Nika dalam cerita One Piece. Hal tersebut memang ada kaitannya dengan masa lalu dari Kuma. Dalam cerita masa lalu Kuma, terungkap jika dia dahulunya adalah seorang budak bagi naga langit. Sedari lahir, kehidupan Kuma memang sudah menderita.

Ayahnya merupakan bagian dari ras Buccaneer dan ibunya adalah manusia biasa. Sebagai keturunan Buccaneer, sang ayah sering menceritakan sosok Nika dan meyakini jika suatu saat nanti Nika akan muncul dan menyelamatkan serta membebaskan mereka semua. Hal ini juga yang kemudian membuat Kuma meyakini dan begitu memuja sosok Nika, seperti yang muncul dalam ceritanya.

Bukti bagaimana Kuma begitu memuja sosok Nika adalah dia berusaha untuk menirukan apa yang Nika lakukan, yaitu menolong sebanyak mungkin orang. Dia senang menolong orang tanpa pamrih. Bahkan, ketika Gorosei Saturn berusaha untuk menyerang Kuma dia justru mengatakan bahwa dia ingin seperti Nika yang menyelamatkan dan membebaskan orang-orang. Kuma sendiri masih meyakini jika dia akan datang dan menyelamatkan dunia.

5 Clapp

Clapp merupakan salah satu karakter baru yang muncul di arc Egghead, di mana dia adalah ayah dari Kuma. Dalam cerita kilas balik Kuma, terungkap jika Clapp tinggal di Kerajaan Sorbet di mana dia adalah pemimpin di sebuah gereja yang jadi tempat tingga bagi Kuma. Meskipun tidak ada penjelasannya, namun Clapp sengaja tinggal di sana dengan maksud menyembunyikan identitasnya.

Clapp diketahui adalah bagian dari bangsa Buccaneer. Ketika sang dokter tidak sengaja membocorkan identitas Clapp dan juga Kuma tentang hal ini, mereka pun kemudian ditangkap. Clapp dan keluarganya kemudian menjadi budak bagi kaum naga langit. Saat menjadi budak naga langit, Clapp sering kali bercerita kepada anaknya tentang sosok Sun God Nika dan bagaimana dia adalah pembawa harapan bagi para budak.

Meskipun belum ada informasi lengkap mengenai Nika, namun teori yang cukup populer menyebutkan jika Nika kemungkinan berasal dari bangsa Buccaneer. Inilah yang kemungkinaan jadi alasan mengapa Nika begitu populer di bangsa tersebut, bahkan mereka sangat menantikaan dan memuja sosok Nika. Sayangnya, Clapp kemudian tewas oleh naga langit yang membuat Kuma jadi satu-satunya yang tersisa dari ras Buccaneer.

4 Jewery Bonney

Jewelry Bonney adalah salah satu karakter penting di arc Egghead yang sedang berjalan kali ini. Para fans akhirnya tahu tentang asal-usul dari Bonney melalui cerita kilas balik Kuma. Jewelry Bonney ternyata adalah putri dari Ginny, mantan salah satu komandan Pasukan Revolusi. Ginny mendapatkan Bonney saat dia dipaksa untuk menikahi salah satu kaum naga langit setelah sebelumnya dia diculik selama dua tahun.

Ginny pada akhirnya harus tewas akibat penyakit langka Sapphire Scale, yang kemudian menular pada putrinya. Pasca kematian Ginny, Kuma yang kemudian merawat Bonney. Dan ketika Kuma merawat Bonney sedari kecil dia sudah menceritakan banyak hal tentang sosok Nika. Bonney sendiri nampak sangat senang mendengar cerita tentang sosok Nika, yang mana bahkan dia mungkin tahu tentang seluruh sejarahnya.

Bagi Bonney, mungkin hal itu hanya sekedar dongeng atau cerita legenda saja karena sejauh ini sikap yang dia tunjukan nampak berbeda dengan Kuma. Bonney justru bertindak sesuai dengan apa yang dia inginkan dan sepertinya dia lebih menganggap ayahnya, Kuma, sebagai panutan daripada Nika. Meskipun begitu, Bonney tetap bisa dianggap jadi salah satu karakter yang tahu tentang Sun God Nika.

3 Kru Bajak Laut Roger

Geeks mungkin bingung dengan poin ini dan bertanya bagaimana kemudian Roger bisa tahu tentang sosok Nika. Seperti yang Geeks ketahui, Gol D Roger membentuk kelompok bajak laut demi menaklukan seluruh Grand Line. Dia awalnya tidak bisa mewujudkan mimpinya tersebut, sehingga Roger meminta bantuan dari Oden. Pasca bergabungnya Oden, akhirnya Roger dan para krunya berhasil untuk mewujudkan mimpi besar mereka yaitu tiba di pulau Laugh Tale.

Di sana, Roger dan para kru juga menemukan harta karun terbesar yaitu One Piece. Yang menarik adalah dalam arc Sabaody, Rayleigh sempat mengatakan jika dia dan kru lainnya berhasil mengetahui fakta sebenarnya tentang Abad yang Hilang. Roger juga menyebut nama Joy Boy yang mana artinya dia juga kemungkinan tahu tentang sosok Sun God Nika. Tidak heran jika mereka kemudian jadi incaran World Government pasca dibubarkan.

Sayangnya, kita tidak tahu seberapa banyak informasi yang mereka ketahui tentang sosok Nika. Karena, sejauh ini Oda Sensei tidak pernah menghadirkan petunjuk mengenai hal tersebut dalam ceritanya. Tetapi, logikanya, dengan mereka yang berhasil mencapai Laugh Tale dan menemukan One Piece serta tahu rahasia dunia jelas mereka tahu lebih banyak mengenai Sun God Nika.

2 Gorosei

Salah satu karakter lain yang jelas mengenal Sun God Nika, Gorosei. Pemegang kekuasaan nomor dua di World Government ini adalah pihak yang sangat dipercaya oleh Im. Gorosei merupakan tangan kanan dari Im, di mana masing-masing mereka memiliki keahlian dan juga tugas. Dalam banyak hal, Oda Sensei masih belum memberikan informasi terkait Gorosei meskipun hal itu perlahan mungkin akan berubah.

Contohnya, kini Oda sudah mulai memperkenalkan dan di bidang mana mereka bertanggung jawab. Kita sudah juga melihat sekilas kekuatan dahsyat mereka. Dan sebagai tangan kanan dari Im, sekaligus juga sosok yang sudah berkuasa sejak ratusan tahun lalu, Gorosei jelas tahu tentang semua sejarah termasuk Nika. Bahkan, dalam arc Wano kemarin pun Gorosei adalah salah satu karakter yang juga menjelaskan tentang Nika.

Dalam penjelasan mereka, Nika adalah sosok yang berbahaya dan kuat. Dan kekuatan dahsyat Nika sendiri ada dalam buah iblis Hito Hito no Mi, Model: Nika yang sekarang ada di tangan Luffy. Mereka bahkan menyembunyikan nama asli buah iblisnya menjadi Gomu Gomu, karena kekuatan buah iblis tersebut merupakan kekuatan yang paling dahsyat di dunia One Piece.

1 Im

Karakter terakhir yang tahu tentang Sun God Nika tidak lain adalah Im. Sang pemimpin World Government ini adalah kunci bagi semua sejarah yang ada di dunia One Piece. Untuk saat ini, tidak banyak informasi yang bisa kita kita ketahui tentang sosok Im. Namun, menurut Ivankov sosok Im kemungkinan berasal dari 800 tahun lalu karena nama tersebut muncul pada era tersebut.

Di sisi lain, Im juga berasal dari salah satu keluarga kerajaan yang mendirikan World Government yaitu Keluarga Nerona. Ivankov juga sempat menjelaskan bagaimana kemudian Im bisa bertahan selama ratusan tahun, di mana menurutnya Im sudah melakukan Youth Operation atau Immortal Surgery yang membuat dia selamanya muda alias hidup abadi.

Sebagai sosok yang sudah hidup selama 800 tahun, jelas Im tahu tentang sosok Sun God Nika. Bahkan, yang paling masuk akal adalah Im yang kemudian memerintahkan Gorosei dan semuanya untuk menghapus catatan sejarah tentang Nika dan hal lain. Im juga mungkin sadar jika kekuatan Nika saat ini ada di tangan Luffy, yang mana Im kemudian memiliki poster buruannya.

World Government sepertinya berhasil untuk menyembunyikan informasi tentang sosok Nika selama ratusan tahun. Inilah alasannya tidak banyak orang yang tahu tentang sosok Sun God Nika dalam cerita One Piece. Meskipun begitu, ternyata ada beberapa karakter yang mengetahui tentang sosok legendaris tersebut.

Exit mobile version