Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Super Soldier yang Absen dari MCU!

10 Super Soldier yang Absen dari MCU!

Di MCU, super soldier menjadi sosok yang menakutkan. Mereka adalah orang-orang dengan kekuatan super, yang tentu saja jauh lebih kuat daripada manusia pada umumnya. Awalnya, mereka juga manusia biasa. Tetapi setelah mengikuti sebuah program rahasia, dan disuntik dengan serum super soldier, pada akhirnya mereka bertransformasi menjadi sosok yang lebih kuat. Ada banyak super soldier yang dikenalkan di MCU, mulai dari Steve Rogers, Bucky Barnes, Isaiah Bradley, dan masih banyak lagi. Meski sudah banyak super soldier yang muncul di MCU, tetapi ternyata ada juga super soldier yang belum diperkenalkan, meski mereka muncul di komiknya. Siapa saja super soldier yang tidak muncul di MCU? Simak berikut ini!

10 Luke Cage

Luke Cage diperkenalkan pertama kali dalam komik Luke Cage: Hero for Hire #1 pada tahun 1972. Dia memulai debutnya sebagai seorang pria yang dipenjara karena kejahatan yang tidak pernah dilakukankannya. Selain itu, Luke Cage juga menjadi objek eksperimental, sehingga memberinya peningkatan kekuatan dan kulit yang tidak bisa ditembus. Dan setelah mendapat kekuatan itulah, Luke Cage melarikan diri dan menjadi seperti yang sekarang.

Sepanjang hidupnya, Luke Cage melakukan banyak hal, seperti menjalin aliansi dengan Iron Fist, dan menikah dengan Jessica Jones. Selain itu, Luke Cage juga pernah bergabung dengan Avengers dan memimpin Thunderbolt. Yang tak kalah epik, Luke Cage juga pernah menjadi walikota dari kota New York, meskipun dia tidak terlalu lama mengemban tugas tersebut.

Menariknya nih Geeks, Archie Goodwin dan John Romita menciptakan karakter Luke karena terinspirasi dari film Blaxploitation. Mereka memanfaatkan popularitas film tersebut untuk mengenalkan Luke Cage. Dan karena memiliki daya tahan tubuh yang luar biasa, pada akhirnya Luke Cage juga dijuluki dengan Power Man. Kabarnya nih Geeks, super soldier Luke Cage bakal muncul di MCU, dan muncul dalam series Daredevil.

9 Nuke

Nuke bernama asli Frank Simpson yang melakukan debut dalam komik Daredevil #232 di tahun 1986. Dia terpilih untuk menjadi subjek uji coba sebuah program bernama Weapons Plus, proyek yang sebelumnya juga menciptakan Captain America dan kemudian menempa Wolverine menjadi senjata. Ada sekitar 18 orang korban yang tewas akibat program ini, namun Simpson menjadi yang selamat.

Setelah selamat dari program tersebut, dia menjadi super soldier yang dikenal sebagai Nuke. Sosoknya pun dikenal gila, dan dia kecanduan pil plasebo untuk mengendalikan sifat agresifnya. Tulang Nuke memang telah diganti dengan komponen cybernetic yang canggih, yang memberinya kekuatan manusia super dengan tanpa batas.

Tubuh Simpson jauh lebih tahan terhadap cedera fisik dibandikang manusia biasa. Kulitnya pun telah diganti dengan jenis plastik buatan yang bentuknya seperti kulit manusia biasa, tetapi jauh lebih kaut dan tahan lama. Tubuh sibenetik Simpson dapat tetap berfungsi bahkan setelah mengalami kerusakan parah seperti ditusuk atau dipotong seklipun.

8 Warhawk

Setelah terluka para dalam perang Vietnam, Mitchell Tanner diberi serum super soldier oleh Dr. Noah Burstein, sosok pria yang kemudian melakukan eksperimen juga kepada Luke Cage.Serum tersebut memberi Tanner kulit seperti baja dan kekuatan super. Tetapi dibalik itu, serum itu juga membuat mental Tanner terganggu. Setelah itulah Tanner dijuluki Warhawk.

Tanner kemudian menjadi pembunuh yang bekerja di CIA dan kemudian menyusup dan menyerang X-Men saat dia bekerja dengan Hellfire Club. Menariknya, Warhawk alias Tanner juga pernah bekerja untuk SHIELD dengan imbalan untuk mengurangi hukuman penjaranya. Saat bekerja dengan SHIELD, Warhawk diperintah untuk menghancurkan fasilitas AIM.

Selain tubuhnya yang super kuat, Warhawk juga seorang expert dalam bidang senjata. Dia mampu menggunakan segala bentuk senjata dan bahan peledak. Selain itu dia juga seorang ahli bela diri, yang membuatnya mampu bersaing dengan Iron Fist. Karena itulah Warhawk menjadi sosok mengerikan yang serba bisa.

7 Sentry

Setelah Perang Dunia II, sebuah program dibuat untuk membuat ulang serum super soldier. Tetapi dalam program yang disebut Project: Sentry, efeknya diperkuat hingga seratus ribu persen. Namun, program ini hanya berjalan selama empat puluh tahun tanpa memberikan hasil yang berarti. Namun suatu ketika program ini dianggap berhasil ketika seorang karakter bernama Robert Reynolds, seorang pecandu masuk ke laboratorium dan menelan Golden Sentry Serum.

Ketika itu terjadi, Reynolds mendapatkan kekuatan yang setara sejuta ledakan matahari dan menjadikan sosok yang sangat kuat sehingga disebut Sentry. Sentry sebenarnya adalah seorang pahlawan yang sering membantu superhero lain. Tetapi harus dicatat bahwa dibalik sosok Sentry ada kepribadian gelap dari Reynolds. Dan ketika kepribadian itu muncul, Sentry bertransformasi menjadi Void yang justru menimbulkan ancaman besar bagi Marvel Universe.

Dengan dua sisi yang saling bersebrangan, maka Sentry memang menjadi sosok yang sulit diprediksi. Dia bisa menjadi baik, tetapi dia juga bisa menjadi jahat. Selain kekuatan super, Sentry memiliki sederet kekuatan lainnya, termasuk energi yang berasal dari kekuatannya sendiri. Keunikan kekuatannya membuat Sentry bisa mengatur molekul di tubuhnya secara mandiri, seperti yang diperlihatkan dalam komik Dark Avengers #12. Tentu saja kehadiran super soldier Sentry sangat dinantikan di MCU.

6 Jack Monroe

Jack Monroe dijuluki Bucky. Tetapi Bucky satu ini berbeda dengan Bucky Barnes yang menjadi sidekick atau sahabat karib Captain America. Jack Monroe diceritakan menggunakan nama Bucky setelah Bucky Barnes diceritakan menghilang dan dianggap meninggal dunia. Karena sangat mengidolakan Captain America dan Bucky Barnes, Jack Moroe pun akhirnya ikut menggunakan nama Bucky.

Jack Monroe adalah seorang siswa biasa, sebelum akhirnya menyuntikkan dirinya sendiri dengan serum super soldier. Setelah serangan yang dilakukan oleh Red Skull, Monroe cedera parah. Pada akhirnya, Monroe disembuhkan oleh SHIELD dan berubah menjadi pahlawan super Nomad. Sayangnya, Jack mengalami masalah pada sistem kekebalan tubuhnya yang rusak akibat serum super soldier.

Karena itulah Jack menghabiskan tahun terakhir hidupnya dengan mengunjungi bar dan mentalnya tidak stabil. Dia sering menyerang orang-orang yang tidak bersalah, dan berkhayal bahwa dia sedang melawan pengedar obat-obatan terlarang. Pada akhirnya, Jack bertemu dengan Bucky yang asli yang saat itu menjadi Winter Soldier. Winter Soldier pun akhirnya menembak Jack Monroe hingga tewas dan menggunakannya sebagai kambin hitam.

5 Brian Falsworth

Brian Falsworth memulai debutnya di komik The Invaders #18 pada tahun 1977. Dia awalnya dikenal sebagai tawanan perang selama Perang Dunia II. Ketika dipenjara, Falsworth ditemani dengan rekannya yaitu Profesor Eric Schimitt. Menariknya, Falsworth sempat diberi Schmitt serum super soldier, sehingga membuatnya memiliki kemampuan yang mirip Captain America.

Awalnya, Falsworth menjuluki dirinya dengan nama Destroyer, namun akhirnya dia menggunakan nama Union Jack, sebuah julukan yang sebelumnya digunakan oleh ayahnya, James Montgomery Falsworth. Menariknya nih Geeks, di komik Falsworth pernah memiliki kekuatan untuk melepaskan aliran listrik dari tangannya. Batas kekuatan ini tidak diketahui. Dia memperoleh kekuatan ini setelah tersambar petir, yang dihasilkan oleh palu Mjolnir Thor.

Tentu saja sebagai seorang super soldier, Brian Falsworth sangat kuat. Dia mampu mengangkat beban sekitar 1.000 pounds. Kecepatan larinya pun bertambah, di mana dia bisa berlari dengan kecepatan hingga 30 mil per jam. Dengan latar belakang karakternya yang menarik, diharapkan super soldier ini juga muncul di MCU.

4 Arkady Rossovich

Rossovich adalah seorang pembunuh berantai dari Soviet. Padahal dia telah direkrut menjadi angkatan daratan dari Soviet. Setelah selamat dari eksekusinya, Rossovich dijadikan sasaran untuk menguji coba serum super soldier, karena soviet ingin membuat Captain America versi mereka sendiri. Dan setelah menerima suntikkan serum super soldier, Rossovich menjadi sosok yang kuat bernama Omega Red.

Sebagai seorang mutan, Rossovich pernah berurusan dengan beberapa mutan terkenal lainnya seperti Wolverine, Sabretooth, dan X-Men. Rossovich memang sosok mengerikan. Semasa hidupnya, dia sering menghabisi anak-anak, terutama gadis-gadis muda yang ia culik dan bunuh. Kejahatannya memang tidak terendus untuk jangka waktu yang panjang, sebelum akhirnya diketahui dan dipindahkan ke pos luar Soviet.

Beruntung karena pada akhirnya, Rossovich alias Omega Red berhasil dihentikan oleh Wolverine. Omega Red menghadapi Wolverine di Soviet dalam pertarungan satu lawan satu. Di akhir pertempuran, Wolverine berhasil menghabisi Omega Red, sehingga terornya di Marvel Universe telah berakhir.

3 Keene Marlow

Sebelum Brian falsworth diperkenalkan di Marvel Comics, Kevin Marlow adalah sosok yang juga diberi serum super soldier oleh Profesor Eric Schmitt. Marlow adalah seorang jurnalis Amerika yang diperkenalkan dalam komik Mystic Comics #6 pada tahun 1941, yang dijebloskan ke penjara Jerman selama Perang Dunia II, di mana dia diberi formula Schmitt, sehingga mengubahnya menjadi tentara super soldier yang bernama Destroyer.

Tidak seperti Falsworth, Marlow terus menjadi Destroyer setelah perang berakhir, dan dia mengalahkan penjahat seperti Scar, Bruiser, Crocodile, dan Krakoom, yang memimpin organisasi teroris bernama Horde. Setelah mendapatkan serum super soldier, kekuatan Keene Marlow mirip seperti Captain America. Dia pun mengenakan kostum yang terbuat dari seragam tahanan bergaris yang pernah digunakan saat ditahan di kamp konsentrasi.

Proses penuaan Marlow memang cukup lambat. Karena itulah dia bisa menjadi petarung yang handal meski sudah berusia hingga 80 tahunan. Selain kuat dalam urusan bertarung, Marlow juga ahli dalam penyamaran. Dia juga mampu menjadi detektif terampil, berkat pengalamannya sebagai jurnalis. Dia mampu bertarung menggunakan senjata atau tangan kosong, dan pengalaman bertarungnya sudah sangat lama.

2 William Burnside

William Burnside memang sangat mengidolakan Steve Rogers. Karena itulah Burnside sangat terkejut ketika mendengar kabar kematian Steve Rogers di tahun 1945. Setelah menemukan formula serum super soldier, Burnside dengan bantuan pemerintah berusaha untuk menyuntikkan dirinya dengan serum super soldier. Dia pun sudah mempersiapkan diri dengan identitas barunya sebagai Captain America berikutnya.

Saking inginnya menjadi Captain America, Burnside juga berencana mengubah namanya menjadi Steve Rogers, dan menjalani operasi plastik agar terlihat dan terdengar seperti Captain America asli. Namun, impian Burnside kandas ketika Perang Korea berakhir dan Amerika Serikat kehilangan minat untuk memiliki simbol patriotik seperti Captain America, dan akhirnya mengakhiri proyek tersebut.

Beruntung karena suatu ketika, dia bertemu dengan Bucky (versi Jack Monroe), dan keduanya sepakat untuk menyuntikkan serum super soldier kepada diri mereka sendiri, hingga akhirnya benar-benar beraksi sebagai Captain America untuk pertama kalinya. Debut heroik Burnside terjadi saat dia mengalahkan Red Skull dengan bantuan Bucky. Namun sebenarnya serum super soldier yang Burnside suntikkan memiliki dampak buruk, karena tidak disuntikkan dengan cara yang tepat.

1 Roger Aubrey

Super soldier terakhir yang absen di MCU adalah Roger Aubrey. Roger Aubrey tampil perdana di komik Invaders #14 di tahun 1976, di mana dia diperkenalkan sebagai Dyna-Mite, prajurit super Inggris dengan kemampuan unik untuk mengecilkan ukuran tubuhnya hingga hanya setinggi dua belas inci saja, sambil tetap mempertahankan kekuatan fisiknya yang dahsyat. Karena itulah Roger menjadi aset besar di lapangan, karena dia akan mampu masuk ke markas musuh mana pun secara diam-diam.

Namun Roger tidak menyukai posisinya sebagai Dyna-Mite, sehingga akhirnya dia meninggalkan peran tersebut. Setelah kematian Brian Falsworth, Roger menggantikan posisinya sebagai Destroyer. Pada tahun-tahun berikutnya, Roger mengambil bagian dalam berbagai alur cerita dan bertarung bersama tokoh-tokoh penting seperti Captain America dan Spirit of 76. Namun baru beberapa dekade kemudian kariernya benar-benar bersinar dan mencapai puncaknya.

Ketika muncul ancaman yang datang dari luar Bumi. Roger menggunakan kostum Destroyer sekali lagi untuk musuh-musuhnya. Sama seperti pahlawan yang lain, Roger melakukan pengorbanan ketika waktunya telah dia anggap tiba, tanpa rasa takut untuk menghadapi kematiannya sendiri.

Itulah dia Geeks beberapa super soldier di Marvel Comics yang tidak muncul di MCU. Mereka memiliki latar belakang yang menarik untuk diceritakan, dan mudah-mudahan saja mereka berkesempatan untuk mendapatkan panggung di MCU. Kita tunggu aja ya Geeks nanti.

Exit mobile version