Home OTAKU OTAKU FEATURES One Piece: Ini Tujuan Vegapunk Simpan Ingatan Kuma!

One Piece: Ini Tujuan Vegapunk Simpan Ingatan Kuma!

Ternyata Vegapunk memiliki tujuan tertentu mengapa kemudian dia simpan ingatan Kuma di pulau Egghead dan menyembunyikannya dari orang lain. Dalam alur cerita Egghead, kita meliht bagaimana Vegapunk menyimpan seluruh ingatan dari Bartholomew Kuma di sebuah tempat yang tersembunyi. Vegapunk juga tidak mengizinkan siapapun melihat isi kenangan tersebut, termasuk Bonney. Namun, ternyata memang ada tujuan dari Vegapunk mengapa kemudian dia melakukan hal tersebut.

3 Kuma Menjadi Pacifista

Di chapter 1100 kita akhirnya tahu apa yang kemudian jadi alasan besar mengapa Bartholomew Kuma setuju untuk menjadi Pacifista. Seperti yang Geeks ketahui, dalam cerita One Piece sosok Kuma adalah sumber kekuatan dari para Pacifista. Dia merupakan senjata manusia, yang kemudian jadi sumber dari kloning senjata milik World Government. Menjadi Pacifista, Kuma sudah kehilangan kesadaran akan dirinya.

Dia sudah bukan lagi manusia, melainkan robot yang mendapatkan perintah. Kuma pada awalnya adalah manusia biasa. Dalam alur cerita kilas baliknya kemarin, kita menemukan fakta jika Kuma terlahir dari keluarga normal. Namun, sang ayah ternyata merupakan keturunan bangsa Buccaneer yang memiliki DNA suku raksasa. Hal tersebut kemudian diwarisi kepada Kuma.

Selain kehilangan sisi manusianya, Kuma juga diketahui harus kehilangan seluruh ingatannya setelah berubah menjadi Pacifista. Banyak para fans yang kemudian penasaran apa yang menjadi alasan Kuma mau menerima tawaran Vegapunk menjadi Pacifista. Banyak teori yang kemudian muncul terkait hal ini, namun akhirnya pertanyaan tersebut terjawab di chapter 1099 dan 1100.

Ternyata, pada awalnya, Vegapunk hanya akan mengubah Kuma menjadi sumber kloning dari tentara super yang kemudian kita kenal dengan Pacifista. Kuma sepakat melakukan hal tersebut, karena Vegapunk berjanji akan menyembuhkan penyakit Sapphire Scale milik Bonney. Namun, Gorosei Saturn berhasil mencuri dengar kesepakatan tersebut yang mana ternyata dia memiliki rencana jahat terhadap Kuma.

Ada tiga hal yang harus Kuma penuhi agar dia bisa selamat dan juga Bonney pun bisa selamat. Yang pertama adalah Kuma harus mau menjadi Shichibukai. Kedua, dia harus menjadi senjata manusia yang hebat dengan mengubahnya menjadi cyborg. Dan yang ketiga adalah Kuma harus dihapus ingatannya tentang semua hal yang terjadi. Vegapunk sendiri sebenarnya tidak setuju dengan hal tersebut, namun Gorosei Saturn memiliki kuasa akan hal itu. Dan akhirnya, Kuma pun menjadi seperti yang kita kenal sekarang.

Vegapunk Selamatkan Kuma – Ke Halaman 2

2 Vegapunk Selamatkan Kuma

Dalam chapter 1100, Vegapunk menolak rencana Gorosei Saturn untuk menghapus ingatan Kuma setelah dia menjadi cyborg. Menurutnya, hal itu sama saja dengan menghabisi nyawanya. Tetapi, Gorosei Saturn menganggap jika Vegapunk tidak memiliki kekuatan untuk berdebat dengannya. Apalagi, sebelumnya, dia sudah melakukan perjanjian dengan bajak laut tanpa sepengetahuan mereka.

Namun, yang menarik kemudian adalah seperti yang Geeks ketahui sebelumnya jika Vegapunk ternyata menyimpan kenangan Kuma di sebuah tempat rahasia. Tempat tersebut kemudian berhasil Bonney temukan dan dia sempat melihat isi kenangan dari Kuma. Padahal, Vegapunk sendiri sudah sepakat untuk menjaga rahasia tersebut dari Bonney agar dia tidak mengetahui fakta sebenarnya.

Yang menarik adalah alasan mengapa Vegapunk menyimpan ingatan tersebut. Seperti dijelaskan di atas, Gorosei Saturn justru ingin Kuma dihapus ingatannya dan bukan disimpan. Apa yang kemudian Vegapunk lakukan ini memunculkan spekulasi jika sebenarnya dia hendak menolong Kuma. Caranya? Dengan menyimpan kenangan dari Kuma dan tidak benar-benar menghapusnya.

Dalam chapter sebelumnya kita melihat bagaimana Vegapunk penasaran dengan kekuatan Kuma, yang mampu membuat berbagai rasa atau sesuatu hal yang tidak berwujud menjadi nyata. Contohnya adalah ingatan atau rasa sakit. Vegapunk sendiri mengaku sangat penasaran dengan kekuatan tersebut dan ingin menelitinya. Meskipun pada awalnya Kuma menolak, namun akhirnya dia mau menyimpan kenangannya.

Kemungkinan besar Gorosei Saturn tidak tahu jika Vegapunk menyimpan ingatan dari Kuma dan tidak benar-benar menghapusnya. Vegapunk kemugkinan sengaja menyimpannya karena dia yakin suatu hari nanti dia bisa mengembalikan Kuma. Namun, yang kemudian menjadi pertanyaan besarnya kemudian adalah apakah ingatan Kuma bisa dikembalikan seperti semula?

Ingatan Kuma Bisa Dikembalikan – Ke Halaman 3

1 Ingatan Kuma Bisa Dikembalikan

Secara teknis, Bartholomew Kuma saat ini memang sudah bukan lagi manusia. Dia adalah cyborg yang menerima perintah. Tubuhnya tidak lagi murni tubuh manusia, namun otak atau kepalanya kemungkinan masih merupakan otak manusia. Hal ini terbukti dari tindakan aneh yang Kuma lakukan sekarang, di mana dia bergerak secara misterius menuju sebuah tujuan yang belum diketahui.

Kuma bahkan rela melintasi Red Line dan menerima serangan Akainu, yang mana sang Fleet Admiral sendiri heran dan bertanya-tanya bagaimana kemudian Kuma bisa bergerak sendiri. Artinya, kemungkinan besar jika masih ada sedikit sisa kenangan dalam otak atau ingatan Kuma yang membuatnya mengambil keputusan untuk bergerak. Ke mana kemudian dia pergi masih harus kita tunggu.

Hal tersebut membuka kemungkinan lain jika ingatan dari kuma bisa dikembalikan, meskipun tubuhnya tidak bisa lagi kembali jadi manusia biasa. Hal ini bahkan diakui oleh Vegapunk sendiri kepada Bonney. Saat Bonney memaksa Vegapunk untuk mengembalikan ayahnya kembali seperti semula, Vegapunk bersikukuh bahwa dia tidak bisa melakukannya. Dan juga hal tersebut akan sulit terwujud.

Ini juga yang membuat Vegapunk memutuskan untuk menyimpan ingatan Kuma. Dia sadar bahwa Kuma tidak bisa lagi jadi manusia, namun dia bisa mendapatkan ingatannya kembali dalam wujud cyborg suatu hari nanti. Vegapunk bisa jadi sebenarnya sedang mencari jalan untuk melakukan hal tersebut sebelum kemudian pihak World Government memutuskan untuk menghabisi nyawanya.

Jadi, kesimpulannya, Vegapunk sebenarnya memiliki rencana untuk menyelamatkan Kuma dengan caranya sendiri yaitu menyimpan ingatannya. Dia tidak mau mengikuti perintah Gorosei untuk benar-benar menghapus seluruh ingatan Kuma, karena hal itu sama saja seperti membunuh Kuma. Vegapunk sengaja menyimpan ingatan Kuma dan menyembunyikannya di suatu tempat, karena kemungkinan dia suatu hari nanti akan mengembalikan ingatannya kepada Kuma meskipun dia sudah berubah menjadi cyborg. Atau bisa juga dia menciptakan kloning baru seperti halnya Stussy.

Exit mobile version