Home OTAKU OTAKU FEATURES One Piece: 8 Pedang yang Diduga Supreme Grade!

One Piece: 8 Pedang yang Diduga Supreme Grade!

Dalam cerita One Piece terdapat beberapa pedang yang digunakan oleh sejumlah karakter yang diduga adalah supreme grade atau Meito. Pedang dengan supreme grade atau juga yang biasa disebut Saijo O Wazamono termasuk dalam kategori pedang terkuat. Berbagai pedang tersebut menjadi sebuah “harta karun” yang luar biasa, karena status pedang yang sangat langka dan tentunya level kekuatannya juga sangat tinggi. Sebagian pedang sudah diketahui namanya, namun ada juga pedang yang diduga adalah Supreme Grade. Apa saja?

8 Gryphon

Gryphon adalah pedang yang dimiliki oleh salah satu Yonko, yaitu Shanks si Rambut Merah. Sedari awal kemunculannya dalam cerita One Piece, Shanks sudah diperlihatkan menggunakan pedang ini. Namun, status dari pedang ini sendiri masih belum diketahui. Meskipun begitu, dengan statusnya sebagai salah satu penguasa samudera alias Yonko rasanya tidak mengherankan jika pedang miliknya, yaitu Gryphon, adalah salah satu dari pedang dengan level tertinggi.

Sampai sejauh ini, Shanks memang jarang diperlihatkan menggunakan pedangnya. Terdapat beberapa momen ketika Shanks menggunakan pedang miliknya. Yang pertama adalah ketika dia menahan serangan Akainu demi melindungi Koby. Kemudian, ketika dia menggunakan pedangnya untuk menahan serangan Whitebeard. Tetapi, yang paling epik adalah ketika dia menyerang Eustass Kid menggunakan teknik Kamusari.

Para fans sendiri penasaran dengan kemampuan berpedang dari Shanks. Seperti yang Geeks ketahui, Shanks terkenal sebagai rival abadi dari Dracule Mihawk. Namun, melihat bagaimana Shanks bisa memiliki Gryphon dan mampu menghancurkan musuhnya dengan satu kali serangan rasanya tidak mengherankan jika pedang ini memang masuk dalam kategori Supreme Grade.

7 Pedang Rayleigh

Silvers Rayleigh adalah tangan kanan dari sang raja bajak laut, Gol D Roger. Rayleigh juga adalah salah satu sosok legendaris dalam cerita One Piece yang masih hidup sampai sekarang. Rayleigh sendiri terbukti sebagai salah satu ahli pedang di dunia One Piece. Bukti kemampuannya sempat diperlihatkan di arc Sabaody, saat dia bertarung melawan Kizaru untuk melindungi Luffy.

Dalam momen tersebut, Rayleigh mengaku bahwa dia sudah lama tidak menggunakan pedang. Meskipun dalam ceritanya Rayleigh saat ini sudah tidak lagi terlalu sering menggunakan pedangnya, namun dalam kilas balik Oden yang diperlihatkan dalam versi animenya memperlihatkan bahwa saat masih muda Rayleigh memang memiliki kemampuan yang luar biasa dalam menggunakan pedang.

Meskipun usianya sudah tidak lagi muda, Rayleigh sepertinya masih memiliki sisa-sisa kemampuannya saat masih muda. Sayangnya, pedang milik Rayleigh yang digunakan untuk menghadapi Kizaru tidak diketahui. Kita tidak tahu apa nama pedang tersebut. Namun, diyakini jika pedang dahsyat tersebut masuk kategori Supreme Grade mengingat reputasi dan kemampuan dari Rayleigh.

6 Raiu

Ame no Shiryu atau Shiryu si hujan dulunya merupakan salah satu sipir di penjara Impel Down. Tapi, dia memiliki kebiasaan yang mengerikan dan kejam untuk menyiksa dan membunuh para tahanan. Sudah tidak bisa lagi dikendalikan, akhirnya Magellan memutuskan untuk memecat Shiryu dan menjadikannya tahanan di level 6. Namun, dia kemudian berhasil kabur saat Blackbeard muncul dan bergabung dengan krunya.

Shiryu diketahui memiliki pedang legendaris bernama Raiu, yang sudah membunuh banyak sekali nyawa para tahanan Impel Down. Sebenarnya, masih belum banyak informasi yang diketahui tentang pedang ini. Namun, mengingat kekuatan dan kemampuan Shiryu bukan hal mustahil jika pedang ini masuk dalam kategori Supreme Grade. Pedang ini juga kemungkinan sudah memakan banyak korban jiwa.

Bisa jadi, pedang ini yang Shiryu gunakan untuk menghabisi para tahanan level 6. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana pedang tersebut digunakan juga dalam beberapa kesempatan oleh Shiryu. Meskipun dugaan saat ini pedangnya kemungkinan adalah Supreme Grade, namun bisa jadi pedang tersebut sudah menjadi bagian dari Supreme Grade. Para fans sendiri menantikan pertarungan antara Shiryu dan Zoro.

5 Ace

Gol D Roger sang raja bajak laut juga ternyata merupakan karakter yang menggunakan pedang untuk pertempuran yang dia lakukan. Memang, Roger jarang diperlihatkan menggunakan pedang dalam setiap pertempurannya meskipun terlihat dia selalu membawa sebuah pedang. Tetapi, sama seperti Gryphon milik Shanks, tidak diketahui apa tingkatan atau jenis pedang dari Roger.

Saat bertarung melawan Shiki dan armadanya yang sangat banyak di Edd War, diperlihatkan bahwa Roger menggunakan sebuah pedang di salah satu tangannya dan sebuah pistol di tangan lainnya. Roger juga pernah diperlihatkan menggunakan pedang saat melawan kelompok bajak laut Rocks, ketika peristiwa God Valley berlangsung. Dan dia juga menggunakan pedang saat berhadapan dengan Whitebeard.

Dan setelah sekian lama menjadi misteri, kita akhirnya mendapatkan jawaban pasti dari Oda Sensei terkait dengan pedang milik Roger ini. Informasinya berasal dari salah satu Vivre Card. Pedang Roger tersebut berjenis Cutlass atau pedang dengan ukuran mata pisau yang pendek. Dan yang menarik juga adalah nama dari pedang Roger ini, yaitu Ace, nama yang juga digunakan untuk putranya.

4 Napoleon

Napoleon adalah salah satu pedang andalan dari salah satu Yonko, yaitu Charlotte Linlin alias Big Mom. Pedang ini sebenarnya sangat unik dibandingkan dengan pedang-pedang lainnya. Pedang tersebut bisa bicara dan hidup. Kekuatan Napoelon juga tidak main-main di mana pedang ini bahkan bisa membelah sebuah pulau. Yang lebih mengerikan lagi adalah Napoleon terbukti bisa menahan serangan Kanbo milik Kaido.

Meskipun memiliki kekuatan yang sangat dahsyat dan juga jadi salah satu pedang yang unik di cerita One Piece, masih belum ada informasi ada di level mana pedang Napoelon. Tapi, layaknya Gryphon dan beberapa pedang lainnya, dengan Napoleon di tangan Yonko serta keunikan dari pedang ini bukanlah pedang sembarangan. Levelnya tentu berada di atas yang lain.

Karena itulah, rasanya masuk akal jika kemudian Napleon dianggap masuk jadi salah satu pedang yang memiliki tingkatan Supreme Grade. Big Mom sendiri terakhir kali menggunakan pedang Napoleon ini dalam pertarungan di Onigashima, saat dia menghadapi Kid dan Law sekaligus. Dengan nasib Big Mom yang masih tanda tanya, nasib pedang Napoleon pun jadi pertanyaan.

3 Pedang Saint Ethanbaron V. Nusjuro

Gorosei atau lima tetua bintang adalah pemimpin dari World Government. Mereka yang memberikan perintah dan membuat perintah tersebut berlaku di seluruh dunia. Salah satu Gorosei, Saint Enthanbaron V. Nusjuro memiliki sebuah pedang yang selalu ada disampingnya. Pedang tersebut selalu dia bersihkan agar terlihat mengkilap. Dari segi penampilannya sendiri, pedang tersebut mirip dengan pedang Kitetsu.

Ada tiga pedang Kitetsu yang diketahui dalam cerita One Piece dan pedang kedua serta ketiga (Nidai dan Sandai) sudah pernah Oda Sensei hadirkan dalam cerita. Sedangkan, untuk pedang Kitetsu yang pertama (Shodai Kitetsu) masih menjadi misteri dan diduga kuat adalah salah satu dari Saijo O Wazamono atau pedang Supreme Grade. Salah satu Gorosei ini diduga adalah pemilik dari Shodai Kitetsu.

Sekuat apa Shodai Kitetsu juga masih jadi pertanyaan besar para fans. Kita juga masih belum tahu apakah Gorosei tersebut merupakan karakter yang kuat atau mampu bertarung. Tetapi, setelah melihat kehebatan dari Gorosei Saturn dan juga sebelumnya banyak fans meyakini bahwa mereka adalah karakter yang kuat, rasanya Gorosei Nusjuro bukan sosok ahli pedang sembarangan. Belum lagi, dia menggunakan pakaian tradisional seperti halnya para samurai, sehingga memunculkan spekulasi lainnya bahwa sosok Gorosei tersebut berasal dari Wano.

2 Enma

Enma sudah dikonfirmasi merupakan salah satu dari 21 O Wazamono, satu level di bawah Saijo O Wazamono. Meskipun sebagian besar fans pedang ini bukanlah pedang dengan level tertinggi, bukan berarti levelnya tidak bisa naik. Menurut Tenguyama, sebuah pedang bisa berubah menjadi ‘hitam’ seiring perjalanan waktu. Selain itu, koneksi antara pedang dan penggunanya juga sangat dibutuhkan.

Selain koneksi dengan penggunanya, pedang tersebut juga harus dikendalikan dengan Armament Haki yang sangat tinggi sehingga pedang tersebut bisa berubah menjadi hitam dan menjadi pedang terkuat. Tenguyama sendiri meyakini kalau Zoro bisa mengubah pedang Enma menjadi Black Sword atau pedang hitam dan meningkatkan levelnya. Enma merupakan salah satu pedang milik Zoro, yang merupakan pemberian dari Kozuki Hiyori.

Pada awalnya, Enma merupakan salah satu pedang milik Kozuki Oden sebelum kemudian pedang itu dia wariskan kepada kedua anaknya. Hiyori sendiri memberikan pedang Enma kepada Zoro sebagai bentuk pertukaran pedang Shusui. Dan dalam pertempuran di Onigashima, kita melihat bagaimana dahsyatnya Zoro menggunakan pedang tersebut seperti ketika dia mengalahkan King.

1 Pedang Milik Saint Figarland Garling

Pedang yang kemungkinan masuk kategori supreme grade yang terakhir adalah pedang milik Saint Figarland Garling. Sosok Figarland Garling sendiri pertama kali muncul di chapter 1086 manga One Piece. Di akhir chapter, nampak bagaimana Saint Figarland Garling bersiap untuk mengeksekusi mati salah satu naga langit yaitu Saint Mjosgard yang berasal dari keluarga Donquixote.

Dalam panel informasinya kemudian terungkap siapa nama dari sosok tersebut dan siapa dia sebenarnya, yang tidak lain merupakan Saint Figarland Garling sang pemimpin Holy Knight. Untuk sekarang, memang kita masih belum melihat seperti apa kekuatannya dan sedahsyat apa kekuatannya. Namun, dari berbagai referensi yang ada bisa kita tarik kesimpulan jika Garling memang memiliki kekuatan yang dahsyat.

Contoh nyatanya adalah bagaimana dia bisa menjadi pemimpin dari kelompok Holy Knight/ Dan Figarland Garling menggunakan sebuah pedang misterius yang kemungkinan besar masuk kategori supreme grade. Pedang ini muncul dalam kilas balik Bartholomew Kuma ketika para naga langit ikut dalam turnamen berburu di God Valley. Para fans menantikan kedahsyatan dari pedang milik Figarland Garling ini.

Pedang dengan kategori supreme grade jelas memiliki keunggulan dalam hal kekuatan dan serangan. Apalagi, ketika pengguna pedang tersebut adalah seorang ahli pedang yang memiliki kekuatan dahsyat. Maka, bisa dipastikan jika pedang-pedang tersebut akan jadi sebuah mesin penghancur dan juga mesin pembunuh yang sangat mengerikan.

Exit mobile version