Home MOVIE MOVIE FEATURES Cara Captain America Kembali ke MCU!

Cara Captain America Kembali ke MCU!

Baru-baru ini, muncul kabar mengejutkan yang menyebut bahwa Chris Evans akan kembali memerankan Steve Rogers alias (mantan) Captain America di MCU. Chris Evans memang menyangkal kabar tersebut, dan menyebutkan bahwa tidak ada pihak mana pun yang mengajaknya kembali. Meski begitu, Chris Evans tidak akan menolak jika suatu saat nanti dia akan kembali diajak ke MCU. Tetapi menurutnya, kembalinya Steve Rogers di MCU harus dilakukan dengan hati-hati karena karakter tersebut sangatlah spesial. Lantas jika benar Steve Rogers alias Captain America kembali ke MCU, bagaimana caranya? Simak pembahasannya berikut ini Geeks!

4 Nasib Steve Rogers yang Gantung

Film Avengers: Endgame menjadi film perpisahan bagi karakter Steve Rogers alias Captain America. Dalam ending filmnya, terungkap bahwa Steve Rogers menggunakan Pym Particle untuk menjelajahi dunia Quantum dan melakukan perjalanan melintasi waktu untuk mengembalikan Infinity Stones ke tempat asalnya di timeline masing-masing. Lalu, alih-alih kembali ke masa sekarang, Steve Rogers memilih tetap berada di masa lalu dan menghabiskan hidupnya bersama Peggy Carter.

Dan adegan terakhir Avengers: Endgame memperlihatkan saat Steve Rogers yang masih muda bertemu kembali dengan pujaan hati. Keduanya tampak bergembira dan berdansa bersama. Adegan tersebut menunjukkan akhir kisah Steve Rogers yang sudah lama mengabdi sebagai Captain America. Berbeda dengan sebelumnya, di mana Steve akan memilih untuk menyelamatkan banyak orang ketimbang “menyelamatkan” hidupnya sendiri, di ending Avengers: Endgame kita justru melihat bagaimana Steve menuruti kata hatinya, yaitu bersama orang yang dicintai.

Film Endgame sebenarnya masih menyisakan misteri yang hingga saat ini masih belum terpecahkan yaitu kembalinya Steve Rogers ke timeline utama MCU. Tetapi bukan Steve Rogers muda yang kembali, melainkan Steve Rogers tua yang terlihat tengah duduk di sebuah bangku. Tidak pernah diungkapkan bagaimana Steve Rogers bisa kembali ke timeline utama MCU. Pasalnya dia tidak kembali dengan menggunakan alat time travel yang sama yang dia gunakan kembali ke masa lalu. Padahal hanya itulah satu-satunya alat yang tersisa setelah Thanos menghancurkan markas Avengers.

Ketika Steve Rogers tua bertemu dengan Sam Wilson, Steve Rogers sama sekali tidak menyingung tentang bagaimana dia kembali. Steve hanya berfokus untuk menyerahkan gelar Captain America kepada penerusnya, Sam Wilson. Kemudian percakapan pun dengan cepat beralih ke Steve Rogers yang menyerahkan perisai Captain America, yang menjadi simbol kedigdayaan Captain America di MCU.

Penjelasan yang Berbeda – Ke Halaman 2

3 Penjelasan yang Berbeda

Sebenarnya sutradara Joe dan Anthony Russo pernah mengatakan bahwa ketika Steve Rogers kembali ke masa lalu, dia menciptakan cabang timeline. Jika Steve menciptakan cabang timeline, maka tentu saja dia akan berurusan dengan TVA, yang mungkin akan muncul untuk menahan Steve Rogers karena telah mengacak-ngacak waktu. Sebenarnya nih Geeks, pandangan dari Russo Brothers dan penulis Avengers: Endgame, Christopher Markus dan Stephen McFeely saling bertolak belakang.

Markus dan McFeely mengatakan bahwa Steve masih tetap berada di timeline utama MCU, dan sempat berada di masa lalu tidak membuat timeline menjadi bercabang, karena Steve Rogers selalu dimaksudkan untuk berada di sana. Penjelasan itu memang bertolak belakang dengan cabang timeline yang kita kenal dalam series Loki, yang pada akhirnya membuat Steve Rogers tua muncul di akhir Avengers: Endgame.

Agak disayangkan memang karena para pembuat film Avengers: Endgame memiliki perbedaan cara pandang, yang membuat penonton kebingungan. Mungkin itu sengaja dilakukan untuk membuat penonton menebak-nebak apa yang sesungguhnya terjadi. Dan setelah melihat perjalanan waktu yang dilakukan Steve Rogers sama sekali tidak menarik perhatian TVA, dan merusak timeline, maka aman untuk mempercayai apa yang dikatakan oleh Markus dan McFeely.

Steve Rogers, Hidup atau Mati? – Ke Halaman 3

2 Steve Rogers, Hidup atau Mati?

Penggemar terbagi menjadi dua kubu, ada yang percaya Steve Rogers tua sudah meninggal, sementara kubu satunya percaya bahwa Steve Rogers masih hidup. Dalam series The Falcon and the Winter Soldier, tidak ada yang mengetahui keberadaan Steve Rogers selain Sam dan Bucky. Hal ini menyiratkan bahwa Rogers benar-benar telah meninggal. Dalam series tersebut juga, Sam menyumbangkan perisai Captain America kepada Smithsonian, yang menguatkan teori kematian Steve Rogers. Namun meski dunia mengira Rogers sudah meinggal, dia mungkin masih hidup, hanya saja tidak diceritakan kembali.

Sangat masuk akal jika Rogers bersembunyi dan hidup tenang setelah dia menyerahkan perisainya. Ini bukan yang pertama kali Steve Rogers bersembunyi, karena sebelumnya dia juga pernah menjadi buronan bersama Natahasa Romanoff dan Sam Wilson saat Civil War berlangsung di MCU. Kemungkinan besar, Rogers menjalani hari-harinya yang damai di MCU hingga saat ini, dan dia hanya mengawasi dari kejauhan generasi pahlawan muda yang sekarang bertugas untuk menyelamatkan dunia.

Karena Steve Rogers dipercayai masih hidup, mungkin itulah cara Chris Evans kembali memerankan karakter lamanya itu. Evans mungkin akan kembali memerankan Steve Rogers yang sudah tua. Jika Evans kembali memerankan Steve Rogers tua, maka kembalinya Evans ke MCU tidak akan merusak cerita yang telah dibangun tentang Steve Rogers selama ini. Dengan begitu, Steve Rogers bisa kembali muncul dalam kapasitas kecil, seperti memberikan nasihat kepada pada superhero muda, atau sekedar memberikan semangat baru.

Kemungkinan Lain – Ke Halaman 4

1 Kemungkinan Lain

Dan jika kalian percaya bahwa Steve Rogers di MCU sebenarnya sudah meninggal, jangan khawatir karena sebenarnya Steve Rogers alias Captain America masih bisa muncul kembali di MCU, hanya saja dalam bentuk varian. Seperti yang kita ketahui bahwa Multiverse Saga menjadi cerita utama di MCU saat ini. Karena itulah MCU sedang getol-getolnya mengeksplorasi tentang multiverse dan realitas alternatif, yang mana hal ini memungkinkan Marvel Studios untuk menampilkan kembali Steve Rogers alias Captain America yang berasal dari universe lain.

Contohnya yang baru-baru ini terjadi dengan Doctor Strange, di mana dia bertemu dengan varian jahat dari dirinya sendiri. Kejadian itu diperlihatkan dalam film Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Dalam series Loki pun, kita bisa melihat saat Loki bertemu dengan variannya, Sylvie, yang merupakan varian Loki yang berjenis kelamin wanita. Dengan “gerbang” multiverse yang telah terbuka, tinggal menunggu waktu bagi varian-varian dari karakter MCU untuk muncul dan melebur menjadi satu.

Dengan begitu, kita mungkin akan melihat varian-varian dari karakter yang di MCU sudah diceritakan mati, seperti varian Iron Man, Black Widow, dan tentu saja Steve Rogers. Dengan multiverse, semua hal yang tidak mungkin menjadi sangat mungkin, termasuk memunculkan kembali Chris Evans sebagai pemeran varian Steve Rogers alias Captain America di MCU. Kita tunggu aja ya Geeks cerita apa yang akan dihadirkan nanti.

Exit mobile version