Home OTAKU OTAKU FEATURES One Piece: Kuma Tahu Luffy Reinkarnasi Joy Boy!

One Piece: Kuma Tahu Luffy Reinkarnasi Joy Boy!

Bartholomew Kuma kemungkinan tahu jika Luffy adalah reinkarnasi dari Joy Boy dalam alur cerita One Piece dan inilah alasan kuma datang ke desa Foosha. Alur cerita Egghead saat ini sedang berfokus pada kisah masa lalu dari Bartholomew Kuma. Dan chapter baru manganya menghadirkan fakta mengenai apa yang terjadi kepada Kuma sebelum berubah menjadi Pacifista. Namun, yang juga menarik kemudian adalah bagaimana Kuma kemudian tiba di desa Foosha.

3 Kuma di Desa Foosha

Informasi mengenai kemunculan Kuma di desa Foosha sendiri muncul dalam spoiler untuk manga One Piece chapter 1100. Dalam informasi bocoran tersebut dijelaskan jika Kuma dan Gorosei Saturn akhirnya mau tidak mau harus menjalin kesepakatan. Kuma harus mau menjadi cyborg yang tidak memiliki pikiran dan perasaan sesuai keinginan Gorosei Saturn. Sebagai gantinya, Gorosei Saturn akan menjaga keamanan dan keselamatan dari Bonney.

Ada hal menarik yang kemudian terjadi pasca Kuma berubah menjadi cyborg. Seperti yang disebutkan dalam spoiler chapter 1100 bahwa di akhir chapternya diperlihatkan bagaimana Kuma tiba di desa Foosha. Seperti yang Geeks ketahui, desa Foosha adalah merupakan desa atau tempat kelahiran dari Luffy. Kemunculan Kuma di desa tempat tinggal Luffy ini pun memunculkan banyak pertanyaan di kalangan fans.

Apa yang Kuma lakukan di desa Foosha? Mengapa kemudian Kuma memutuskan untuk pergi ke desa Foosha? Untuk saat ini, memang kita masih belum mengetahui fakta sebenarnya dari hal tersebut. Tetapi, ada sebuah spekulasi menarik yang menyebutkan jika kemunculan Kuma di desa Foosha ada kaitannya dengan Nika dan juga Joy Boy. Dalam hal ini, Kuma kemungkinan mencari keberadaan Luffy.

Seperti yang dijelaskan di chapter sebelumnya, Kuma merupakan sosok yang sangat memuja sosok Nika. Mengingat dia adalah bagian dari bangsa Buccaneer, sedari kecil sang ayah sudah memperkenalkan sosok Nika kepada kuma. Bagi bangsa Buccaneer dan juga beberapa bangsa lainnya, Nika merupakan sosok juru selamat yang akan menyelamatkan mereka dari berbagai penderitaan dan membawa kebebasan.

Nika benar-benar sudah sangat memengaruhi cara hidup dari Kuma. Dia benar-benar ingin menjadi sosok yang baik dan bisa menjadi pribadi yang menyelamatkan banyak orang, seperti Nika yang sudah menyelamatkan banyak nyawa orang. Hal ini bahkan Kuma ungkapkan langsung dihadapan Gorosei Saturn, yang menganggap bangsa Buccaneer tidak lebih dari bangsa para budak.

Dan berkaitan dengan Kuma mencari sosok Nika, terdapat juga sebuah spekulasi yang cukup menarik lainnya yang ada di kalangan fans. Spekulasi tersebut menjelaskan jika Kuma sengaja berpetualang ke berbagai tempat di Grand Line dengan tujuan untuk mencari keberadaan Nika. Dia ingin meminta bantuan Nika untuk menyelamatkannya dari penderitaan yang dia alami.

Luffy Reinkarnasi Joy Boy – Ke Halaman 2

2 Luffy Reinkarnasi Joy Boy

Geeks juga mungkin penasaran dengan maksud penjelasan di atas. Mengapa kemudian Kuma dengan sengaja mencari sosok Luffy? Dalam teori ini, Kuma kemungkinan tahu jika Luffy adalah reinkarnasi dari Joy Boy. Secara spesifik, teori ini menjelaskan jika Luffy kemungkinan memang ditakdirkan menjadi reinkarnasi dari Joy Boy dan Kuma tahu akan hal itu sehingga dia memutuskan untuk mencari Luffy.

Berdasarkan dari apa yang dihadirkan dalam ceritanya, sosok Joy Boy diramalkan akan kembali muncul. Setelah 800 tahun lalu berselang, sosok baru yang dianggap sebagai Joy Boy akan muncul. Namun, tidak diketahui siapa sosok Joy Boy yang dimaksud. Sejak pertama kali sosok Joy Boy diperkenalkan dalam cerita One Piece, banyak fans yang berasumsi jika Luffy adalah reinkarnasi atau penerus dari sosok Joy Boy.
Oda Sensei memang masih belum mengonfirmasi secara gamblang mengenai hal tersebut. Namun, dari berdasarkan berbagai petunjuk yang sudah muncul di berbagai ceritanya Oda Sensei seolah mengonfirmasi bahwa Luffy memang adalah sosok Joy Boy yang sudah sejak lama dinantikan. Dalam chapter 972, Kozuki Oden mengatakan bahwa dia ingin membuka perbatasan Wano yang sudah ratusan tahun tertutup.

Oden ingin kembali membuka perbatasan Wano karena ingin “membuka jalan” bagi sosok yang sudah sejak 800 tahun lalu diramalkan akan muncul sebaga
i reinkarnasi atau penerus dari Joy Boy. Selanjutnya, menurut ramalan yang ada menyebutkan bahwa salah satu senjata kuno, Poseidon, akan bertemu dengan reinkarnasi dari Joy Boy di masa depan. Dan hal ini sudah terjadi di mana Luffy bertemu dengan Shirahoshi di arc Pulau Manusia Ikan.

Dan petunjuk terbesar dari hal ini muncul dalam arc Wano kemarin, di mana Zunesha muncul dalam pertempuran puncak di Onigashima. Gajah berumur ribuan tahun tersebut kemudian mengatakan bahwa sudah 800 tahun dia tidak mendengar suara drum kebebasan (drum of liberation). Dengan pertanda terdengarnya suara drum tersebut, artinya sosok Joy Boy ada di sekitarnya.

Selanjutnya, kita melihat bagaimana dalam salah satu panel dari Zunesha saat mengatakan Joy Boy, kemudian kita diperlihatkan sosok Luffy yang tidak sadarkan diri. Dari berbagai petunjuk yang sudah dijelaskan di atas, terutama “konfirmasi” dari Zunesha, rasanya Oda Sensei secara terang-terangan memang ingin memberi tahu para fans jika Monkey D Luffy adalah reinkarnasi Joy Boy yang baru.

Kuma Tahu Luffy Reinkarnasi Joy Boy – Ke Halaman 3

1 Kuma Tahu Luffy Reinkarnasi Joy Boy

Bartholomew Kuma kemungkinan tahu jika Luffy adalah reinkarnasi dari Joy Boy. Dan dengan Luffy adalah reinkarnasi dari Joy Boy, maka Kuma juga tahu Luffy adalah sosok Sun God Nika yang akan membebaskan orang-orang dari berbagai penderitaan. Dia juga kemungkinan yakin jika Luffy akan membawa perubahan besar bagi seluruh dunia dengan cara menghancurkan World Government.

Bagaimana kemudian Kuma bisa tahu tentang kemunculan Joy Boy baru dan juga Nika serta Luffy adalah reinkarnasi barunya? Dalam chapter 1100 dijelaskan jika Kuma dipaksa menjadi Shichibukai, yang artinya dia merupakan bagian dari World Government. Kuma mungkin sudah melakukan penelitian atau melakukan riset secara diam-diam seperti yang Vegapunk lakukan tentang teknologi abad yang hilang dan Kerajaan Kuno.

Dalam riset tersebut, Kuma kemungkinan menemukan informasi mengenai ramalan tentang kemunculan kembali atau reinkarnasi dari sosok Joy Boy dan kedatangan Nika setelah 800 tahun berlalu. Inilah yang kemudian membuat Kuma kemudian mencari keberadaan sosok tersebut ke seluruh Grand Line, sampai kemudian dia menemukan informasi tentang Luffy.

Luffy kemungkinan besar memang sudah ditakdirkan untuk menjadi sosok Nika dan menjadi reinkarnasi Joy Boy yang baru. Hal ini menjawab mengapa kemudian dia bisa secara tidak sengaja memakan buah iblis Nika, yang pada saat itu dibawa oleh Shanks ke desa Foosha. Dan seperti yang pernah Gorosei ungkapkan tetang buah iblis tersebut, jika buah iblis berjenis Zoan seolah memiliki pikirannya sendiri.

Itulah alasan mengapa selama 800 tahun buah iblis Nika selalu bisa lolos dari kejaran World Government, hingga mereka berhasil mendapatkannya. Tetapi, seolah menjadi takdir, buah iblis tersebut kemudian dicuri oleh Shanks dan kelompoknya dan mereka kemudian tiba di desa Foosha di mana Luffy tinggal dan kemudian secara tidak sengaja memakan buah iblisnya.

Kesimpulan

Jadi, pada intinya, Batholomew Kuma sudah tahu jika Luffy adalah reinkarnasi dari Joy Boy yang sudah dinantikan selama 800 tahun terakhir. Dia juga tahu jika Luffy adalah sosok Nika yang akan membawa kebebasan dan perubahan bagi banyak orang, yang mana inilah alasan mengapa kemudian Kuma datang ke desa Foosha yang jadi tempat tinggal dari Luffy. Kuma sengaja mencari sosok Luffy.

Di sisi lain, ini juga menjawab mengapa kemudian Kuma melakukan banyak hal “aneh” di awal cerita One Piece. Contohnya adalah bagaiman dia membantu kru Topi Jerami dengan caranya sendiri, seperti menerbangkan kru Topi Jerami ke berbagai tempat dan membuat mereka menjadi kuat seperti sekarang. Kuma sudah tidak lagi memiliki banyak waktu, karena dia akan benar-benar berubah menjadi cyborg yang tidak memiliki perasaan dan pikiran. Dia melakukan hal sebisanya untuk membantu sosok Joy Boy dan juga Nika, yang tidak lain adalah Luffy, demi membawa perubahan besar terhadap dunia dengan menghancurkan World Government.

Exit mobile version