Home MOVIE MOVIE FEATURES 7 Adegan Penting yang Dihapus dari DCEU!

7 Adegan Penting yang Dihapus dari DCEU!

Ketika DCEU pertama kali diumumkan, para penggemar DC bersemangat karena mereka akan melihat sebuah jagat sinematik yang akan bersaing langsung dengan MCU. Sayangnya semua ekspektasi penggemar pupus setelah melihat beberapa film DCEU. Puncaknya, penggemar kecewa dengan film Justice League, yang sebenarnya dibuat untuk menjegal film Avengers. Tetapi film tersebut gagal total, baik dari segi kualitas maupun pendapatan box office. Berbicara tentang DCEU, sebenarnya nih Geeks ada beberapa adegan penting yang dihapus dari beberapa film dan series yang berada di DCEU. Lantas apa saja adegan yang dihapus dari DCEU, dan apa penyebabnya? Simak berikut ini Geeks!

7 Superman dan Wonder Woman di The Flash

Adegan DCEU pertama yang dihapus terjadi dalam film The Flash. Ketika Warner Bros akan merilis film The Flash di pertengahan tahun 2023 lalu, banyak penggemar yang skeptis bahwa film tersebut akan sukses. Terbukti, perilisan film The Flash memang sangat menyedihkan. Filmnya gagal total di box office. Saat pembuatan filmnya berlangsung, banyak masalah yang dihadapi, yang membuat DC Studios harus melakukan syuting ulang selama beberapa kali, untuk membuat ending yang dirasa pas.

The Flash awalnya memiliki ending yang berbeda dari yang kita lihat di bioskop. Ending film tersebut awalnya akan memperlihatkan Superman yang diperankan oleh Henry Cavill. Selain itu, endingnya juga akan memperlihatkan Wonder Woman versi Gal Gadot, Batman versi Michael Keaton, dan Supergirl versi Sasha Calle. Semuanya bertemu dengan Barry Allen versi Ezra Miller setelah dia mengikuti persidangan ayahnya.

Namun sayanngya adegan itu dihapus setelah James Gunn dan Peter Safran terpilih sebagai pemimpin DC Studios. Gunn meminta merombak penampilan Cavill dan Gadot, dan menyusun ulang ending film The Flash. Dengan memotong adegan tersebut, DC mencegah penonton kecewa, karena setelah film The Flash, karakter Henry Cavill tidak akan pernah kembali memerankan Superman. Padahal nih Geeks, akan sangat menarik untuk melihat Superman dan Wonder Woman muncul di satu film yang sama, setelah Justice League.

6 Joker Putus dengan Harley Quinn

Berjudul lengkap Birds of Prey and the Fantabulous Emancipation of One Harley Quinn, film ini menceritakan tentang Harley Quinn yang bersekutu dengan Black Canary, Huntress, dan Renee Montoya untuk melawan ancaman yang lebih besar. Mereka kemudian membentuk aliansi yang dikenal sebagai “Birds of Prey” untuk melindungi seorang gadis muda bernama Cassandra Cain, yang memiliki informasi yang berharga yang dicari oleh penjahat terkenal, Roman Sionis atau Black Mask. Selain menampilkan para wanita seperti Quinn, Canary, Huntress, dan Montoya, filmnya juga menampilkan karakter penting lain.

Film Birds of Prey menampilkan adegan pembuka yang menunjukkan sebuah animasi Joker saat mengusir Harley Quinn dari rumah mereka, yang kemudian adegan beralih ke live action dengan salah satu anak buah Joker yang melempar Harley Quinn ke jalan dan membiarkannya menangis di luar. Nah menariknya nih Geeks, setelah filmnya rilis di bioskop, muncul beberapa gambar yang memperlihatkan lokasi syuting Birds of Prey.

Dalam gambar tersebut, tampak Joker yang diperankan oleh Jared Leto muncul. Pada awalnya, Joker versi Leto dimaksudkan untuk muncul dalam film Birds of Prey. Dalam sebuah adegan yang dihapus, tadinya Joker akan melemparkan barang-barang Harley Quinn keluar dari jendela lantai dua, dan Harley mencoba menangkapnya. Tetapi tidak diketahui secara pasti apa yang membuat adegan tersebut dihapus. Film Birds of Prey sama sekali tidak menampilkan Joker, sehingga fokus utama filmnya lebih tertuju kepada Harley.

5 Kisah Slipknot

Harus diakui bahwa film Suicide Squad yang rilis tahun 2016 dan disutradarai oleh David Ayer adalah film gagal. Film tersebut tampil sangat buruk dari segi cerita. Tetapi beberapa waktu lalu, David Ayer menyebut kegagalan film Suicide Squad tak lepas dari campur tangan yang dilakukan Warner Bros terhadap filmnya, yang membuat Ayer tidak leluasa untuk menyelesaikan filmnya.

Dalam film ini, kita akan diperkenalkan anggota tim Suicide Squad satu persatu. Satu per satu karakter menunjukkan alasan mengapa mereka dikurung dan menjelaskan kemampuan khusus mereka. Tetapi hal tersebut tidak terjadi kepada karakter Slipknot. Meskipun dia tadinya dimaksudkan untuk menjadi bagian yang lebih besar dalam film Suicide Squad, tetapi kemudian film Suicide Squad menghentikan perkenalan Slipknot, karena film tersebut akan terbuang terlalu banyak waktu jika harus mengenalkan Slipknot.

Karakter Slipknot memang masih muncul, tetapi tak lama setelah kemunculannya, karakter Slipknot diceritakan tewas. Padahal kabarnya, Slipknot memiliki latar belakang yang menarik untuk disimak, meski pada akhirnya kita tak bisa mengetahuinya sekarang.

4 Pertempuran yang Lebih Masif

Man of Steel menjadi film pembuka DCEU. Filmnya memang sukses di box office, tetapi kesuksesan itu masih tidak seperti yang Warner Bros harapkan. Dalam film ini, kita disuguhkan dengan petualangan Superman di Bumi saat melawan general Zod. Film Man of Steel memperlihatkan adegan pembuka yang menggambarkan seperti apa pertempuran besar di Krypton, dikirimnya Kal-El ke Bumi, dan ledakan Krypton.

Meskipun menarik, tetapi sekuensnya dikirik karena dianggap terlalu panjang, memakan durasi sekitar 20 menit dari film Man of Steel tersebut. Meskipun cukup lama, tetapi pertarungan di Krypton yang diperlihatkan dalam Man of Steel sebenarnya dimaksudkan untuk lebih lama lagi. Di versi awal, filmnya memang memasukan sekuens peperangan itu yang lebih panjang.

Tadinya kita akan melihat adegan robot House of El, Kelex, yang juga memiliki peran yang lebh besar. Namun pada akhirnya demi memangkas durasi, adegan penting itu dihapus. Oiya Geeks, adalagi adegan lainnya di yang dihapus, yaitu saat keluarga Kent membawa bayi Clark ke dokter anak, setelah Clark mulai bertingkah aneh karena kekuatannya mulai keluar. Dokter kemudian mengeluarkan suara untuk menguji pendengaran Clark, dan karena Clark memiliki pendengaran yang luar biasa, Clark pun menangis sangat keras hingga memecahkan kaca rumah sakit.

3 Mother Box Muncul di Wonder Woman

Adegan DCEU lainnya yang dihapus terjadi dalam film Wonder Woman. Pada tahun 2017, Warner Bros merilis dua film DCEU. Film pertama adalah Wonder Woman yang rilis pada akhir Mei, dilanjutkan dengan film Justice League yang rilis pada November. Kedua film tersebut bernasib sangat berbeda. Wonder Woman mendapatkan ulasan yang positif, berbanding terbalik dengan Justice League yang mendapat ulasan negatif dan menjadi bahan cacian penggemar. Seharusnya di kedua film itu, ada benang merah yang akan saling terkait. Tetapi Warner Bros memiliki rencana lain untuk film tersebut.

Dalam film Wonder Woman, ada sebuah epilog yang dipotong, yang membuat film tersebut semakin terhubung dengan film Justice League yang rilis di tahun yang sama. Adegan yang dihapus tersebut menampilkan Etta Candy yang diperankan oleh Lucy Davis mendekati Wonder Men untuk memberinya misi baru yang akan membuat karakter tersebut menemukan artefak kuni di Belgia dan mengirimkannya ke pemerintah Amerika Serikat.

Saat Etta membagikan sebuah peta dan memeriksa file misinya bersama teman-temanya, salah satu halaman memperlihatkan tampilan salah satu Mother Box yang akan coba didapatkan Steppenwolf di Justice League. Adegan itu kemudian dipotong demi kebaikan, karena film Wonder Woman dianggap memiliki cerita yang bisa berdiri sendiri tanpa terhubung dengan film Justice League. Beruntung karena koneksi film ini dengan Justice League dihapus, karena film Justice League yang rilis setelahnya sangatlah buruk.

2 Tangisan Penduduk Metropolis

Batman v Superman: Dawn of Justice mengambil latar waktu setelah peristiwa Man of Steel (2013) yang menunjukkan kerusakan besar akibat pertempuran antara Superman dan General Zod di Metropolis. Batman, yang melihat kehancuran ini, merasa perlu untuk menghadapi dan membatasi kekuatan Superman yang dianggapnya sebagai ancaman. Film ini menampilkan perseteruan antara Batman dan Superman, sebelum akhirnya bersatu menghadapi ancaman yang lebih besar. Menariknya, ternyata ada adegan yang dihapus dari film ini.

Snyder mengungkapkan bahwa dia memotong adegan kelam di film Batman v Superman: Dawn of Justice. Menurut sutradara, adegan tersebut tadinya akan memperlihatkan Superman yang diperankan Henry Cavill tengah menggunakan pendengaran supernya untuk mencoba mencari tahu di mana ibunya berada setelah mengetahui bahwa Lex Luthor telah menculiknya. Saat melakukan itu, Superman akan mendengar semua orang berteriak meminta tolong di Metropolis.

Adegan itu mungkin emosional, namun sangat masuk akal jika Snyder memotong adegan itu karena itu terlalu gelap bahkan untuk sang sutradara. Menurut Snyder, “Itu adalah adegan yang agak gelap, yang kami hentikan karena itu mewakili sisi gelapnya.” Sayangnya tidak disebutkan apa yang dilakukan Superman setelah mendengar teriakan orang-orang di Metropolis, apakah Superman membantu mereka atau tidak.

1 Adegan Aquaman di Peacemaker

Adegan DCEU lainnya yang dihapus terjadi dalam series Peacemaker Ketika series Peacemaker rilis di awal tahun 2022, series ini mendapat respon yang positif. Wajar saja karena series ini digarap oleh James Gunn yang sebelumnya sukses menggarap film trilogi Guardians of the Galaxy hingga The Suicide Squad. Series Peacemaker memang memiliki plot menarik, yang menceritakan saat Peacemaker akan melakukan segala macam cara untuk melindungi Bumi, termasuk membunuh orang-orang disekitarnya.

Setelah Peacemaker yang diperankan oleh John Cena menghentikan ancaman yang muncul di Bumi, secara mengejutkan Justice League tiba-tiba muncul dalam episode final series Peacemaker. Tetapi yang harus dicatat bahwa hanya dua aktor Justice League saja yang muncul, yaitu Jason Momoa sebagai Aquaman dan Ezra Miller sebagai The Flash. Dalam sebuah adegan, Flash membuat lelucon tentang Aquaman yang melakukan hubungan dengan sebuah ikan.

Ternyata adegan Aquaman yang diolok-olok tersebut aslinya memiliki durasi yang sangat panjang. Tetapi ketika adegan itu sudah dimasukkan ke dalam seriesnya, beberapa orang tidak menyukai ketika Aquaman terlalu banyak diolok-olok. Sehingga pada akhirnya James Gunn membuat keputusan untuk mempersingkat adegan itu. James Gunn sendiri kemudian mengatakan kepada GamesRadar bahwa Ezra Miller melakukan improvisasi adegan mengolok-olok Aquaman itu selama 16 menit, di mana sepanjang durasi itulah Flash memberikan lelucon tentang Aquaman dan ikan

Itulah dia Geeks beberapa adegan yang dihapus dari film atau series DCEU. Setelah melakukan berbagai pertimbangan, mungkin sang sutradara merasa bahwa adegan-adegan tersebut tidak cocok dengan proyeknya sehingga pada akhirnya diputuskan untuk menghapus adegan-adegan itu.

Exit mobile version