Home MOVIE MOVIE FEATURES 7 Film yang Ciptakan Trik Sulap Sendiri!

7 Film yang Ciptakan Trik Sulap Sendiri!

Beberapa judul film menghadirkan sebuah adegan singkat yang memperlihatkan sebuah trik sulap yang mereka ciptakan sendiri untuk film tersebut. Sulap dan kecepatan tangan merupakan sebuah hal yang tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Butuh latihan yang lama dan berulang-ulang agar gerakannya bisa sempurna. Namun, yang unik adalah ada beberapa film yang berhasil ciptakan trik sulap sendiri. Apa saja?

7 Ant-Man And The Wasp

Geeks tentunya sudah tidak asing dengan kekonyolan dari Scott Lang di MCU, terutama dalam series Ant-Man. Scott Lang merupakan mantan pencuri yang mencoba kehidupan baru sebagai warga biasa, sebelum kemudian dia terpilih untuk menjadi sosok Ant-Man yang baru. Setelah terlibat dalam peristiwa di film Captain America: Civil War, Scott lang akhirnya harus menjadi tahanan rumah.

Di film Ant-Man and the Wasp diperlihatkan bagaimana Scott mempelajari teknik sulap selama dia menjadi tahanan rumah. Salah satu trik yang dia perlihatkan adalah ketika Scott mengeluarkan setumpuk kartu dari mulutnya. Hal itu membuat Jimmy Woo dan bahkan Cassie serta karakter lainnya terkesima dengan aksi sulap dari Scott. Aksi ini ternyata sengaja diciptakan untuk film tersebut.

Beberapa ahli sulap bahkan memuji teknik sulap yang Scott Lang hadirkan di film ini. Pada dasarnya, apa yang Scott Lang lakukan tidak ada bedanya dengan kemampuan kecepatan tangan yang biasa para pesulap lakukan. Tetapi, Paul Rudd memberikan sesuatu yang lain bagi trik tersebut di mana levelnya meningkat dari sekedar kecepatan tangan. Dan Paul Rudd benar-benar sangat ahli dan cair saat menggunakan triknya.

6 My Cousin Vinny

Salah satu film klasik yang juga menghadirkan trik sulap sederhana yang kemudian dihadirkan dalam performa yang luar biasa. Dalam film tersebut Joe Pesci yang melakukan trik sulapnya. Joe Pesci berperan sebagai Vinny, di mana dalam salah satu adegan dia kemudian menceritakan sebuah cerita.

Saat dia bercerita, Vinny menukar sebuah kartu dari tangannya yaitu kartu as sekop dengan Joker. Seorang ahli sulap, Ben Seidman, memuji apa yang Joe Pesci lakukan di mana dia menyebutkan bahwa apa yang Joe lakukan benar-benar sangat luar biasa. Ini merupakan sebuah adegan trik sulap dengan kualitas tinggi yang membuat para penonton penasaran jika ada trik kamera yang digunakan.

Ben Seidman juga bahkan memuji latihan yang Pesci lakukan untuk bisa menghadirkan trik sulap tersebut. Meskipun adegan tersebut tidak mewah dan juga tidak menghadirkan setting yang membutuhkan properti yang banyak, namun trik sulap yang dilakukan oleh Joe Pesci ini benar-benar sangat mengesankan dan berhasil mencuri perhatian dari para penontonnya hingga membuat penasaran.

5 Focus

Film yang ciptakan trik sulap sendiri yang selanjutnya adalah Focus. Film ini rilis pada 2016 dan bercerita tentang seorang tahanan bernama Nicky yang diperankan oleh Will Smith. Kita juga melihat hubungan antara karakter yang diperankan oleh Will Smith tersebut dengan mantan muridnya, Jess, yang diperankan Margot Robbie. Namun, kembali bertemunya mereka bertahun-tahun kemudian justru menghadirkan pertikaian besar.

Jess mengetahui apa rencana besar dari Nicky dan dia berusaha untuk menghentikan apa yang Nicky lakukan. Meskipun elemen sulap tidak jadi fokus utama dalam plot di film Focus, namun ada sebuah adegan yang menarik yang menghadirkan hal tersebut. Dalam salah satu adegan nampak Jess dan para anak buahnya mencuri dari sekelompok orang yang berada di sebuah cafe.

Menurut infomasinya, tim produksi dari Focus banyak melakukan konsultasi dengan banyak pihak agar adegan tersebut bisa terasa nyata dan menarik. Yang menarik adalah filmnya menggabungkan beberapa elemen dari trik yang memang dilakukan oleh para penjahat di dunia nyata dan juga para pencopet. Meskipun filmnya juga menghadirkan beberapa trik yang mereka ciptakan sendiri.

4 The Illutionist

The Illutionist merupakan film yang dibintangi oleh Edward Norton dan memang di sepanjang filmnya terdapat beberapa trik sulap yang menarik dan luar biasa. Namun, berbagai trik sulap tersebut memang cukup sulit dan hampir mustahil untuk dilakukan dalam kehidupan nyata. Salah satu trik sulap yang filmnya hadirkan adalah ketika Eisenheim menumbuhkan benih bunga.

Dalam adegannya, Eisenheim menumbuhkan sebuah benih di pot bunga dan dalam waktu yang sangat singkat benih tumbuhan tersebut berkembang menjadi sebuah tumbuhan yang besar. Pohon tersebut kemudian berubah menjadi sebuah pohon jeruk yang indah dan penuh dengan jeruk. Pesulap dunia, David Cooperfield, bahkan memuji adegan trik sulap di film The Illutionist tersebut.

David Copperfiled juga sempat menjelaskan inspirasi untuk trik tersebut serta berbagai detil lainnya ketika digunakan di dunia nyata. Dalam praktiknya, memang butuh upaya yang tidak sedikit dan mudah untuk menghadirkan trik sulap tersebut serta bantuan dari CGI. Meskipun begitu, The Illutionist benar-benar menghadirkan trik klasik sulap yang sangat luar biasa.

3 Now You See Me 2

Now You See Me 2 merupakan sekuel dari film yang bertemakan sulap dan juga tipuan yaitu Now You See Mee. Filmnya sendiri bercerita tentang sebuah tim yang berisi para ahli ilusi atau ilusionis yang menjadi incaran pihak interpol dan juga kepolisian. Pasalnya, di tengah-tengah pertunjukan yang mereka lakukan tim tersebut juga melakukan kejahatan yaitu merampok bank.

Kesuksesan film tersebut membuat Lionsgate akhirnya memberikan lampu hijau bagi sekuelnya. Film Now You See Me 2 juga menghadirkan cerita yang menarik di mana kali ini para ilusionis tersebut melakukan aksi kejahatan atas perintah dari seseorang. Salah satu momen sulap yang banyak mendapatkan perhatian di film ini adalah ketika mereka memindahkan satu buah kartu di sekitar badan mereka dan juga di seluruh ruangan tanpa terdeteksi.

David Copperfield dan beberapa ahli sulap lainnya sempat mengatakan bahwa apa yang muncul di adegan tersebut mustahil untuk dilakukan. Adegan itu sengaja diciptakan untuk filmnya. Meskipun nampak tidak alami dan mustahil dilakukan, mereka menyebutkan jika trik tersebut memang diadaptasi dari trik kartu yang biasa dilakukan dalam pertunjukan. Film ini memang memberikan perubahan agar bisa menarik secara visual.

2 Now You See Me

Film yang cukup banyak menarik perhatian dengan berbagai aksi memukau dan juga luar biasa dari berbagai trik sulap yang mereka suguhkan. Dalam salah satu adegan sulap yang paling epik dan ambisius di film Now You See Me, nampak bagaimana keempat pesulap memindahkan seseorang dari sebuah teater di Las Vegas menuju sebuah tempat yang ada di dalam bank di kota Paris.

David Copperfiled pernah memberikan catatan khusus mengenai penampilan dari trik sulap luar biasa ini. Pasalnya, dia juga pernah melakukan aksi yang hampir sama di mana dia memindahkan dirinya menuju pertunjukannya di Hawaii. Copperfield mengatakan bahwa ada banyak sekali langkah yang harus dilakukan agar bisa menciptakan adegan sulap yang sangat memuaki tersebut.

Dalam konteks film Now You See Me, Copperfield melihat jika tim kreatif dari produksi filmnya mengikuti metode tersebut dan ada beberapa hal yang dirubah untuk kepentingan filmnya. Mereka berhasil membuat trik tersebut terlihat sangat nyata dan memukau, meskipun dalam adegannya ada beberapa hal yang tidak benar-benar nyata atau tidak benar-benar dilakukan karena semata-mata untuk kebutuhan visual.

1 The Prestige

Film yang berhasil ciptakan trik sulap sendiri yang terakhir adalah The Prestige. Film ini juga mendapat pujian setinggi langit dari David Copperfield serta ahli sulap lain seperti Ben Seidman. Hal ini karena film tersebut berhasil menghadirkan berbagai trik kecepatan tangan yang memang pada dasarnya dilakukan juga dalam kehidupan nyata. Namun, tentunya untuk versi film ada perubahan dari unsur triknya agar menghadirkan hasil yang lebih dramatis.

Salah satu adegan yang cukup banyak menyita perhatian adalah ketika Christian Bale dalam keadaan diborgol dalam sebuah penjara. Dia menggunakan trik kecepatan tangan dan mengalihkan perhatian penjaga dengan berbagai trik lain untuk memindahkan borgol di tangannya ke tangan sang penjaga. Ben Seidman mengatakan bahwa dia melakukan analisis untuk trik yang diciptakan untuk adegan tersebut apakah memang pernah atau benar-benar dilakukan di dunia nyata.

Di sisi lain, Copperfield memuji Christopher Nolan dan Jonathan yang sengaja menciptakan sebuah adegan di mana sebuah sangkar burung menghilang dan kembali muncul yang dipraktikan oleh Michael Caine. Sang ahli sulap memuji bagaimana tim kreatif di balik filmnya menghadirkan kreativitas yang luar biasa untuk menciptakan trik-trik sulap di filmnya. Dan Copperfield sendiri mengatakan bahwa apa yang muncul di film tersebut mirip dengan apa yang dia lakukan untuk menciptakan pertunjukan sulapnya sendiri.

Dalam sebuah proses produksi film memang terkadang tim produksi dan tim kreatif sering menghadirkan sesuatu yang baru yang memang dimunculkan khusus untuk filmnya. Dalam konteks ini, beberapa judul film di atas sengaja ciptakan sebuah trik sulap khusus yang mereka kembangkan dari berbagai trik kecepatan tangan dan trik sulap yang sudah ada. Mereka juga banyak berkonsultasi dengan ahli sulap untuk menciptakan hal tersebut.

Exit mobile version