Home MOVIE MOVIE FEATURES 5 Film X-Men yang Batal Dibuat!

5 Film X-Men yang Batal Dibuat!

Berbicara tentang X-Men memang tidak ada habisnya, terutama ketika membahas berbagai film X-Men yang sudah ada sejak tahun 2000-an. Ada banyak film X-Men yang sudah dibuat, baik yang menjadi sekuel, prekuel, atau bahkan spinoff. Bertahun-tahun lalu, hak atas X-Men memang dimiliki oleh studio Fox. Tetapi setelah Fox diakuisisi oleh Disney, semua properti X-Men resmi menjadi milik Disney.  Sebenarnya nih Geeks, ada beberapa film X-Men yang pernah dibatalkan. Ada banyak alasan dibalik dibatalkannya film-film ini, tetapi mayoritasnya terjadi akibat akuisisi yang dilakukan Fox oleh Disney kala itu, yang membuat pembuatan filmnya terganggu. Lantas apa saja film X-Men yang batal rilis.

5 Gambit

Diumumkan pertama kali pada tahun 2014 silam, film Gambit tadinya akan diproduseri oleh Reid Carolin dan Channing Tatum, di mana Tatum sendiri yang akan berperan sebagai Remy LeBeau alias Gambit. Film ini pun direncanakan untuk rilis pada tanggal 7 Oktober 2016, yang berarti rilis di tahun yang sama dengan Deadpool dan X-Men: Apocalypse. Namun jadwal rilis filmnya diundur beberapa kali dan filmnya pun sempat berganti sutradara sebanyak tiga kali seperti Rupert Wyatt, Doug Liman, dan Gore Verbenski.

Channing Tatum sempat menyatakan minatnya untuk menyutradarai film ini, tetapi pihak studio tidak yakin karena jika terpilih sebagai sutradara, itu bakal menjadi debut sutradara dari Taum. Tadinya, film Gambit akan menjadi film komedi romance dengan label R-Rated. Selain menampilkan Gambit, filmnya juga akan menghadirkan karakter Bella Donna Boudreaux, dengan aktris Lea Seydoux dan Lizzy Caplan dipertimbangkan dalam peran tersebut. Gambit juga tadinya akan menghadapi villain Mr. Sinister.

Sayangnya, selama bertahun-tahun proyek film tersebut tidak berkembang, dan akhirnya dibatalkan setelah Disney mengambil alih semua hak atas karakter X-Men dan Fantastic Four pada tahun 2019. Meski filmnya dibatalkan, tetapi Tatum mengkonfirmasi bahwa dia masih sangat ingin film tersebut dibuat suatu saat nanti. Dan beberapa waktu lalu, Gambit sempat dikabarkan akan muncul dalam film Deadpool 3. Tetapi hal tersebut masih belum dikonfirmasi oleh Marvel Studios atau pihak lainnya.

4 X-23

Setelah film Logan sukses besar di tahun 2017, Fox resmi melakukan pengembangan film X-23. Film Logan memang menandai berakhirnya (sementara) peran Hugh Jackman sebagai Wolverine, tetapi film tersebut memperkenalkan salah satu karakter X-Men terkuat yaitu Laura alias X-23 yang diperankan oleh Dafne Keene. Dan karena X-23 dianggap potensial, maka sangat wajar jika ada rencana untuk membuat film solonya. James Mangold pun kembali turut terlibat dalam pembuatan film X-23. Dia didapuk sebagai penulis naskahnya.

Pencipta asli karakter X-23, Craig Kyle, juga turut dilibatkan untuk membantu pengembangan naskahnya. Tetapi tidak ada kabar mengenai proyek tersebut sejak tahun 2018. Pengembangan film tersebut terjadi disela-sela proses akuisisi Fox oleh Disney yang sudah mulai dilakukan sejak Desember 2017, sehingga itu menjadi kendala terbesar yang dihadapi. Dan setelah Fox dibeli oleh Disney, sangat wajar jika proyek tersebut dibatalkan, dan itu sudah dikonfirmasi oleh James Mangold sendiri.

Pada pertengahan tahun 2023 kemarin, James Mangold mengungkap sedikit detail tentang film X-23 yang dibatalkan. Menurut Mangold, naskah X-23 sama sekali tidak pernah rampung. Mangold mengakui bahwa dia mulai mengerjakan ceritanya, tetapi dia tidak memikirkan itu sebagai bagian dari alam semensta, “Aku tidak pernah memiliki naskah. Aku mulai mengerjakan cerita, tetapi aku tidak memikirkan itu sebagai semacam alam semesta”

3 X-Force

Film X-Men berikutnya yang dibatalkan adalah X-Force. Film ini pertama kali diumumkan pada tahun 2013, dengan sutradara Kick-Ass 2, Jeff Wadlow menandatangani kontrak untuk menyutradarai film tersebut. Rencananya, film X-Force akan rilis pada tahun 2017, dan sudah banyak concept art yang memperlihatkan seperti apa penampian Cable, Domino, Thunderbird, Cannonball, dan Feral. Pada tahun 2017, Wadlow meninggalkan proyek tersebut dan Ryan Reynolds ditetapkan untuk ikut menulis naskah cerita bersama dengan bantuan dari Joe Carnahan.

Kemudian tak lama setelah Ryan Reynolds dan Joe Carnahan dilibatkan, nama Drew Goddard pun kemudian ditunjuk untuk menjadi sutradara film X-Force. Sebelumnya, Drew Goddard juga dipilih untuk mengarahkan spinoff Sinister Six. Namun, film ini bernasib sama seperti film X-23, di mana film ini menjadi “korban” dari akuisisi yang dilakukan Disney terhadap Fox. X-Force pada akhirnya dibatalkan pada tahun 2019, beberapa bulan sebelum film X-Me: Dark Phoenix yang menjadi film terakhir dari franchise X-Men dari Fox.

Buat Geeks yang belum tahu, X-Force adalah tim superhero yang terdiri dari mutan. Tim ini sering kali berfokus misi-misi yang lebih berbahaya dan rahasia dibandingkan dengan tim mutan lainnya, seperti X-Men. X-Force memiliki pendekatan yang lebih agresif dan taktis dalam menangani ancaman mutan dan non-mutan. Mereka tidak ragu-ragu untuk menggunakan kekuatan mematikan mereka dalam pertempuran.

2 X-Men Origins: Magneto

Setelah X-Men: The Last Stand rilis di bioskop, Fox awalnya berencana melanjutkan franchise X-Men dengan film spinoff yang menceritakan asal-usul dari beberapa karakter paling populer. Yang pertama, mereka membuat X-Men Origins: Wolverine. Film tersebut berhasil dibuat dan rilis pada tahun 2009. Dan setelah film itu, Fox juga berencana membuat film X-Men Origins: Magneto.

Film ini akan menceritakan kehidupan awal Erik Lencher dan perjalanannya menjadi Magneto. Pada tahun 2007, penulis film Blade, David S. Goyer, didapuk untuk mengarahkan film tersebut. Aktor kawakan Ian McKellen pun diharapkan untuk mengulangi perannya sebagai Magneto. Tetapi filmnya juga akan melakukan casting, untuk mencari aktor muda yang bisa memerankan versi muda dari Magneto.

Namun karena adanya mogok kerja penulis yang terjadi di tahun 2007 dan 2008, dan reaksi buruk terhadap X-Men Origins: Wolverine, Fox pada akhirnya membatalkan seluruh rencana untuk membuat film X-Men origins. Dan sebagai gantinya, naskah Magneto dimasuukkan ke dalam naskah untuk film X-Men: First Class. Padahal karakter Magneto memiliki cerita yang cukup panjang, sehingga rasanya film solo menjadi satu-satunya cara untuk menggali lebih dalam kisah hidupnya.

1 X-Men: Fear the Beast

Beast bernama asli Hank McCoy, adalah salah satu anggota inti X-Men. Sayangnya, versi live action Beast baru muncul dalam film X-Men: The Last Stand. Karakternya diperankan oleh aktor Nicholas Hoult dan tampil di empat film prekuel X-Men. Karena karakternya dianggap potensial, Byron Burton mengajak John Ottman untuk bekerja sama menggarap film berjudul X-Men: Fear the Beasts. Film tersebut tadinya akan memiliki anggaran $90 juta. Premis filmnya cukup sederhana yaitu menceritakan saat Hank yang berjuang untuk menjaga bentuk Beastsnya.

Hank pun sudah bekerja sama dengan seorang ilmuwan lain yaitu Dr. Paul Cartier, yang kemudian terungkap sebagai Wendigo yang jahat. Film ini berakhir dengan kerja sama antara Beasts dan Wolverine, saat keduanya melawan Wendigo. Ending filmnya pun tadinya akan menyiapkan panggung bagi villain Mr. Sinsiter yang rencananya menjadi villain di beberapa film X-Men. Karena Beasts dan Wolverine menjadi karakter utama dalam film X-Men, naskahnya harus disetujui oleh sutradara X-Men: Dark Phoenix, Simon Kinberg, yang merupakan arsitek utama dunia X-Men versi Fox.

Kinberg kemudian menolak membaca naskahnya karena dia tidak ingin rencananya mempengaruhi dan membawa Wolverine ke dalam film yang akan mengacaukan segalanya. Ottman sendiri menyatakan minatnya untuk mengarahkan film tersebut dan meskipun rencananya akan dikerjakan ulang, tetapi proyek tersebut resmi dibatalkan.

Itulah dia Geeks beberapa film X-Men yang dibatalkan. Meski memiliki cerita yang dianggap potensial, tetapi film-film tersebut tidak pernah dibuat karena berbagai alasan. Dan mudah-mudahan dengan X-Men yang melebur ke MCU, ada harapan bagi film-film X-Men muncul di sana. Kita tunggu aja ya Geeks!

Exit mobile version