Home OTAKU OTAKU FEATURES One Piece: Heavenly Tribute Bukti Keserakahan Naga Langit!

One Piece: Heavenly Tribute Bukti Keserakahan Naga Langit!

Heavenly Tribute merupakan salah satu kejahatan besar yang naga langit lakukan dan juga jadi bukti keserakahan mereka dalam cerita One Piece. Kaum naga langit merupakan pihak yang sangat dibenci oleh semua orang di dunia One Piece. Mereka sering melakukan penindasan terhadap orang-orang yang berada di bawah mereka, dalam hal ini mereka sering menindas para penduduk biasa. Salah satunya adalah dengan menghadirkan Heavenly Tribute.

3 Apa Itu Heavenly Tribute

Secara simpelnya, Heavenly Tribute merupakan pajak atau upeti yang harus dibayarkan para kerajaan atau wilayah yang ada di dunia One Piece kepada pihak World Government atau naga langit. Yang harus membayar Heavenly Tribute kepada pihak World Government adalah wilayah yang memang terafiliasi dengan mereka. Dan sebagai gantinya, pihak World Government akan memberikan perlindungan kepada wilayah-wilayah tersebut.

Mereka akan melindungi wilayah-wilayah itu dari serangan bajak laut atau bandit dan sebagainya, dengan cara mengirimkan pasukan angkatan laut. Jumlah besarnya Heavenly Tribute yang harus mereka bayarkan kepada pihak World Government tidak memiliki patokan yang jelas. Namun, mereka akan menghitung jumlahnya dari seberapa besar wilayah tersebut dan juga jumlah populasinya.

Jadi, semakin besar wilayah tersebut dan juga semakin banyak jumlah penduduk yang tinggal di wilayah itu maka artinya mereka harus membayar Heavenly Tribute dalam jumlah yang sangat besar juga. Untuk itu, sebuah wilayah biasanya sangat bergantung pada penduduk mereka untuk melakukan berbagai pekerjaan agar bisa membayar jumlah Heavenly Tribute yang sangat besar.

Dari apa yang muncul dalam ceritanya, ketika sebuah wilayah menolak atau tidak sanggup untuk membayar Heavenly Tribute kepada World Government maka ada banyak hal yang akan terjadi. Pertama, mereka tidak akan mendapatkan perlindungan atau dukungan angkatan laut ketika ada serangan dari pihak luar atau justru serangan dari dalam wilayah itu sendiri. Kedua, kerajaan mereka tidak akan dilibatkan lagi dalam acara Levely.

Para penduduk dari wilayah tersebut akan diperlakukan sama seperti orang-orang lainnya, di mana mereka akan dipandang sangat rendah. Bahkan, bukan tidak mungkin mereka juga akan menjadi salah satu budak bagi naga langit, salah satu kejahatan mengerikan lainnya yang mereka lakukan. Dan satu hal yang paling mengerikan dari efek tidak membayar Heavenly Tribute adalah wilayah mereka akan dihancurkan oleh God’s Knight.

Penyebab Kekacauan Dunia – Ke Halaman 2

2 Penyebab Kekacauan Dunia

Heavenly Tribute merupakan salah satu alasan mengapa dunia One Piece sangat kacau. Tidak sedikit negara atau kerajaan yang pada akhirnya menyerah untuk mengumpulkan uang demi membayar Heavenly Tribute. Hal ini karena kondisi ekonomi kerajaan tersebut tiap waktu terus menurun. Efeknya, keadaan wilayah tersebut menjadi kacau balau dan penduduk mereka banyak yang jatuh miskin.

Dalam beberapa kasus, mereka bahkan rela melakukan apapun demi membayar Heavenly Tribute. Dalam kilas balik singkat Kaido di arc Wano, kerajaan Vodka rela berperang dengan kerajaan lainnya dan mencuri semua harta karun kerajaan tersebut agar mereka bisa membayar pajak kepada World Government. Bahkan, raja Vodka rela untuk menyerahkan Kaido kepada mereka dengan imbalan posisi kerajaan Vodka di Levely.

Contoh yang paling baru tentunya adalah insiden mengerikan yang terjadi pada kerajaan Sorbet puluhan tahun lalu. Dalam kilas balik Kuma kita melihat bagaimana Raja Bekori, pemimpin kerajaan Sorbet, rela untuk membagi dua wilayah kekuasaannya yaitu wilayah utara dan selatan. Wilayah utara menjadi wilayah yang masuk perlindungan pihak World Government dan jadi wilayah yang diakui kerajaan Sorbet.

Sedangkan, wilayah selatan dianggap bukan bagian dari kerajaan Sorbet yang mana semua hukum tidak berlaku di wilayah tersebut. Semua orang bebas melakukan apapun terhadap wilayah selatan dan orang-orangnya. Tidak sedikit Kuma berusaha untuk menghentikan berbagai upaya untuk menghancurkan atau merubah wilayah selatan Kerajaan Sorbet menjadi wilayah yang mengerikan.

Kuma dan Ginny pernah dipenjara karena berusaha melawan pasukan kerajaan yang hendak menculik dan membawa penduduk wilayah selatan kerajaan Sorbet untuk jadi budak naga langit. Namun, untungnya, Emporio Ivankov dan Monkey D Dragon muncul untuk membantu mereka berdua menyelamatkan kerajaan Sorbet. Sayangnya, 16 tahun kemudian raja Bekori kembali berulah dan jauh lebih kejam dari sebelumnya.

Bukti Keserakahan Naga Langit – Ke Halaman 3

1 Bukti Keserakahan Naga Langit

Dengan menghadirkan Heavenly Tribute dan memaksa berbagai wilayah untuk membayar dalam jumlah yang besar kepada mereka bukan hanya jadi bukti kejahatan naga langit, juga jadi bukti keserakahan mereka. Berbagai wilayah ini dipaksa membayar uang dengan jumlah yang sangat besar dan hal ini dilakukan secara terus-menerus tanpa henti. Bahkan, praktik ini mungkin sudah berjalan selama ratusan tahun.

Meskipun World Government menjanjikan keamanan dan stabilitas kepada berbagai wilayah tersebut, namun Heavenly Tribute yang mereka bayarkan nyatanya tidak pernah memberikan kesejahteraan atau membawa perubahan positif bagi wilayah tersebut. Yang malah terjadi justru mereka berubah jadi wilayah atau kerajaan yang miskin dan bukan tidak mungkin mereka jadi target bagi kerajaan lainnya.

Dengan jumlah uang yang sangat melimpah, para naga langit bisa melakukan apapun yang membuat mereka senang. Misalnya membeli buah iblis yang langka untuk kemudian diberikan kepada budak mereka, membeli budak dalam jumlah yang besar, atau apapun yang mereka inginkan. Dan itu juga jadi salah satu akar masalah besar yang muncul di dunia One Piece di mana perbudakan jadi sesuatu hal yang lumrah.

Lingkaran setan ini memang sangat sulit untuk dihindari, apalagi bagi negara yang memang tidak memiliki sumber daya yang besar. Beberapa wilayah memang memutuskan untuk tidak menjalin afiliasi dengan World Government, seperti halnya Wano. Dan dalam beberapa momen, nampak bagaimana mereka juga selalu berusaha untuk “merebut” negara atau wilayah yang tidak terafiliasi untuk masuk di lingkaran setan ini. Apakah Luffy dan kru Topi Jerami dan aliansinya bisa menghentikan dan menghancurkan praktik ini? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Exit mobile version