Home MOVIE MOVIE FEATURES Bagaimana Marvel Studios Hadirkan Doctor Doom?

Bagaimana Marvel Studios Hadirkan Doctor Doom?

Marvel Studios berencana untuk mengganti villain utama di MCU dari Kang menjadi Doctor Doom, namun bagaimana mereka bisa hadirkan sang villain dalam ceritanya? Di Phase 4 kemarin, Marvel Studios memperkenalkan sosok villain utama baru pengganti Thanos yaitu Kang the Conqueror. Karakter ini diperankan oleh Jonathan Majors, yang mana sekarang sedang tersandung masalah hukum. Akibatnya, masa depan Majors dan Kang di MCU terancam. Kabar terbaru menyebutkan Marvel Studios berencana mengganti Kang dengan Doctor Doom, lalu bagaimana pihak studio hadirkan villain Fantastic Four tersebut?

3 Doctor Doom di MCU

Doctor Doom merupakan salah satu karakter villain yang sangat para fans nantikan kemunculannya di MCU, sama seperti halnya Kang the Conqeror. Bahkan, seperti halnya Kang, para fans sempat menghadirkan prediksi jika Doctor Doom akan jadi villain selanjutnya pasca Thanos. Hal ini pun didukung oleh berbagai kabar dan rumor yang muncul di berbagai media.

Contohnya, terdapat kabar yang menyebutkan jika Kevin Feige senang dengan konsep cerita Doctor Doom yang ditulis oleh salah satu penulis skrip. Dan hal itu memunculkan peluang kemunculan Doctor Doom di MCU. Namun, peluang kemunculan Doctor Doom di MCU yang paling dekat adalah dalam film Black Panther: Wakanda Forever. Film garapan Ryan Coogler ini mengadaptasi cerita komik Fear Itself.

Dalam ceritanya, selain menghadirkan konflik antara Namor dan juga para penduduk Wakanda para fans juga disuguhkan oleh kemunculan sosok Doctor Doom yang jadi salah satu karakter penting dalam ceritanya. Inilah yang kemudian memunculkan spekulasi di kalangan fans jika ada kemungkinan Doctor Doom muncul di film Wakanda Forever pada saat itu, yang sayangnya tidak terbukti.

Dengan Marvel Studios yang kabarnya hendak menggantikan sosok Kang the Conqueror dengan Doctor Doom, tentunya hal ini memunculkan pertanyaan besar di kalangan fans. Bagaimana kemudian Marvel Studios menghadirkan sosok villain dari tim Fantastic Four tersebut ketika kemudian baik tim Fantastic Four dan para mutan lainnya tidak muncul dan belum diperkenalkan di universe utamanya?

Cara Hadirkan Doctor Doom – Ke Halaman 2

2 Cara Marvel Studios Hadirkan Doctor Doom

Jika kemudian rencana Marvel Studios untuk hadirkan Doctor Doom ini memang terbukti, maka ada dua cara yang bisa mereka lakukan. Cara pertama adalah memperkenalkan Doctor Doom yang berasal dari Earth-838. Seperti yang Geeks ketahui, Earth-838 merupakan sebuah universe alternatif yang pertama kali muncul di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

Pada saat itu, Doctor Strange tidak sengaja terlempar ke universe tersebut akibat kekuatan dari America Chavez. Dalam universe alternatif itu kita diperkenalkan dengan anggota Illuminati yang berbeda yaitu Baron Mordo, Reed Richards, Captain Marvel versi Maria Rambeau, Charles Xavier, dan Black Bolt. Kemunculan Reed Richards dan Charles Xavier bisa diasumsikan jika di Earth-838 para mutan memang jadi salah satu bangsa yang eksis.

Artinya, kemungkinan besar Doctor Doom juga eksis di universe tersebut. Ini bisa jadi salah satu cara Marvel Studios untuk menghadirkan Doctor Doom sebagai villain utama di Multiverse Saga. Bagamana dengan cara lainnya? Cara kedua adalah pihak studio bisa memperkenalkan sosok Doctor Storm versi universe paralel yang baru saja mereka perkenalkan melalui film The Marvels.

Dalam film tersebut diperlihatkan bagaimana Monica Rambeau terjebak di sebuah universe paralel setelah menutup lubang lompatan yang Dar-Benn ciptakan. Yang kemudian menjadi kejutan adalah ternyata universe paralel tersebut menjadi rumah bagi para anggota X-Men. Hal ini terbukti bagaimana di adegan post-credit nampak sosok Beast yang merawat Monica sekaligus juga muncul sosok Binary.

Seperti halnya di Earth-838, keberadaan sosok Beast dan juga Binary serta tim X-Men di universe paralel yang masih misterius tersebut, maka bisa kita simpulkan jika tim Fantastic Four dan Victor von Doom alias Doctor Doom ada juga di universe itu. Jadi, Marvel Studios memiliki dua cara dan kemungkinan untuk kemudian menghadirkan sosok Doctor Doom di Multiverse Saga yang berjalan sekarang.

Jadi Dalang Secret Wars – Ke Halaman 3

1 Jadi Dalang Secret Wars

Keputusan untuk menghadirkan Doctor Doom sebagai pengganti Kang the Conqueror mungkin adalah keputusan yang tepat. Pasalnya, Marvel Studios berencana menghadirkan cerita Avengers: Secret Wars di tahun 2027 mendatang. Masih belum diketahui seperti apa rencana mereka untuk menghadirkan alur cerita fenomenal tersebut dalam versi film, namun mereka kemungkinan akan melibatkan sosok Kang pada awalnya.

Dalam series Loki, He Who Remains sempat menyebutkan jika Multiversal War akan kembali terjadi jika dia tewas. Multiversal War atau Perang Antar Multiverse kemungkinan adalah pertempuran Secret Wars yang terjadi di Battleworld. Namun, dengan mengganti Kang dengan Doctor Doom maka ceritanya akan lebih masuk akal dan sesuai dengan cerita dalam komiknya versi tahun 2015.

Dalam komik tersebut, Doctor Doom diceritakan berhasil mencuri kekuatan The Beyonder berkat Molecule Man. Dan akibat dari hal tersebut Doctor Doom menganggap dirinya dewa atau tuhan dan menyebut namanya sebagai God Emperor Doom. Namun, Reed Richards kemudian berhasil mengalahkan Doctor Doom dan mengembalikan semua universe seperti semula meskipun ada sebagian karakter yang memutuskan untuk tidak ingin kembali ke universenya.

Lalu, bagaimana kemudian Doctor Doom bisa memicu perang besar yang jadi cikal bakal Secret Wars di MCU? Jawabannya adalah Monica Rambeau. Dalam adegan post-credit The Marvels, Beast sempat mengatakan jika apa yang terjadi kepada Monica merupakan sesuatu yang mustahil terjadi. Charles Xavier sendiri bahkan ingin mengetahui secara lengkap apa yang sebenarnya terjadi.

Keberdaan Monica Rambeau kemungkinan pada akhirnya akan diketahui oleh Doctor Doom di universe tersebut. Dan dia tentunya akan tertarik dengan Monica dan juga fakta jika ada universe atau multiverse lainnya selain tempat dia berada. Seperti halnya dalam cerita komik, Doctor Doom akan melakukan segala cara untuk bisa menguasai seluruh universe tersebut yang mana ini jadi awal mula terciptanya Secret Wars versi MCU. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Exit mobile version