Home MOVIE MOVIE FEATURES Jadi God of Stories, Loki Karakter Terkuat MCU!

Jadi God of Stories, Loki Karakter Terkuat MCU!

Sosok Loki kini memiliki peranan dan julukan baru yaitu God of Stories dan dengan peran baru ini dia sudah jadi karakter terkuat di MCU. Sosok Loki saat ini dianggap sebagai karakter yang mengalami perkembangan sangat luar biasa. Loki awalnya diperkenalkan sesuai dengan komiknya yaitu God of Mischief di mana dia menjadi villain dan saingan bagi Thor. Dia juga menjadi ancaman bagi seluruh alam raya Marvel. Namun, sekarang, sebagai God of Stories Loki sudah jadi karakter terkuat di MCU.

4 Loki Sebagai God Of Stories

Perkembangan arc karakter Loki banyak diakui sebagai perkembangan arc terbaik yang pernah muncul di MCU seperti halnya Tony Stark atau Steve Rogers. Hampir semua fans dan semua pihak mengakui hal ini. Bagaimana kemudian Loki bisa mengalami perkembangan arc karakter yang dianggap sempurna? Apa yang terjadi? Mengapa kemudian Loki melakukan hal tersebut?

Momen ini terjadi di Loki season 2 di mana dalam season terbaru itu kita melihat Loki berusaha untuk mencegah efek domino yang muncul pasca kematian He Who Remains. Dia rela melakukan apapun yang bahkan membahayakan nyawanya sendiri untuk menyelamatkan TVA dari kehancuran. Loki rela menyelamatkan Victor Timely demi bisa memperbaiki Temporal Loom yang tidak stabil, meskipun Sylvie pada awalnya tidak setuju dengan keputusan Loki.

Puncak dari perubahan sikap ini bisa kita lihat di episode 5 kemarin, di mana Loki rela pergi ke berbagai timeline dan meminta bantuan dari teman-temannya yaitu Mobius, Casey, X-15, Ouroboros, dan Sylvie. Dan yang menarik adalah Loki kini menyadari bahwa semua yang terjadi adalah tentang ‘siapa’ yaitu siapa yang bisa mengendalikan semuanya. Loki pun memutuskan untuk menjadi sosok tersebut.

Hal ini sesuai dengan apa yang terjadi dalam cerita komiknya, di mana Loki berubah menjadi God of Stories setelah dia memutuskan untuk berubah. Reinkarnasi baru Loki tidak mau mengalami atau menjalankan hal yang sama seperti Loki sebelumnya. Inilah yang kemudian membuat Loki kemudian bisa menentukan alur ceritanya sendiri. Dan akibat dari hal tersebut Loki kemudian memiliki pernanan baru yaitu God of Stories.

Dalam episode 6 series Loki season 2, Loki memutuskan untuk mengorbankan dirinya demi “menggantikan” sosok He Who Remains. Dia memutuskan untuk menjadi sosok penjaga timeline yang baru dan menciptakan kesempatan untuk menulis dan mengatur ceritanya sendiri. Seperti yang Sylvie katakan, Loki memberikan kesempatan bagi mereka untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Inilah yang kemudian membuat Loki menjadi God of Stories versi MCU.

Kekuatan Loki Sebagai God Of Stories – Ke Halaman 2

3 Kekuatan Loki Sebagai God Of Stories

Lalu, sebagai God of Stories seperti apa kekuatan Loki? Sebelum Loki benar-benar berubah menjadi sosok dewa baru, yaitu God of Stories, dia mampu untuk mengendalikan time-slipping yang terjadi kepada tubuhnya. Dia bisa pergi ke titik waktu manapun yang dia mau dengan memanfaatkan pengendalian time-slipping. Tujuan pengendalian hal ini tidak lain berkaitan dengan kekuatan yang kedua dan kekuatan paling dahsyat, yaitu menulis ulang atau mengubah seluruh peristiwa yang terjadi sebelumnya.

Contoh nyata dari hal ini muncul di episode 5 ketika dia mencegah Victor Timely tewas. Bahkan, yang epik kemudian adalah Loki kembali ke momen di mana dia pertama kali memperkenalkan Victor Timely kepada O.B. dan menciptakan solusi untuk Temporal Loom. Loki bahkan menghabiskan waktu berabad-abad untuk mempelajari berbagai teknologi Temporal Loom dan sebagainya.

Namun, upayanya tersebut gagal karena hasilnya tetap sama yaitu Temporal Loom hancur. Di episode 6, Loki bahkan kembali ke momen sebelum Sylvie menghabisi nyawa dari He Who Remains dan berusaha mencari cara menghentikan kehancuran Temporal Loom. Sayangnya, solusi untuk hal tersebut tidak terwujud karena He Who Remains mengatakan semua upaya yang Loki lakukan gagal.

Loki pun memutuskan untuk menghancurkan Temporal Loom dengan kekuatannya. Dan ketika kemudian dia memutuskan untuk jadi sosok penjaga timeline baru, Loki sang God of Stories, kita bisa melihat kekuatan dahsyat yang dia miliki yaitu menjaga seluruh timeline agar semuanya berada dalam kendalinya. Dia mengorbankan diri untuk diam di dalam Yggdrasil atau Multiverse Tree dan membiarkan cerita yang ada berjalan sesuai alurnya.

Loki Karakter Terkuat MCU – Ke Halaman 3

2 Loki Karakter Terkuat MCU

Dengan kekuatan dahsyat Loki saat ini sebagai God of Stories, apakah kemudian dia merupakan karakter terkuat di MCU sekarang? Jawabannya adalah ya, Loki sebagai God of Stories menjadikannya karakter terkuat di MCU. Dalam cerita komiknya, Loki mampu memanipulasi dan menulis cerita yang ada sesuai dengan keinginannya. Dia bisa merubah atau menghilangkan sesuatu dalam sebuah cerita.

Bahkan, dalam komik Loki: Agent of Asgard dia mampu mengancam makhluk kuat seperti Those Who Sits Above in Shadow yang sempat mengancam Loki untuk menyerahkan jiwa dari para dewa kepadanya. Loki bertanya kepada sosok tersebut tentang siapa yang sudah menciptakannya dan juga para dewa tersebut. Dan ancaman tersebut berhasil membuat takut Those Who Sits Above in Shadow.

Satu hal yang membuat Loki jadi karakter terkuat di MCU, sebagai God of Stories dia bisa menciptakan ceritanya sendiri. Selain itu, dia juga bisa melakukan perubahan, interupsi, serta melakukan memanipulasi cerita yang ada meskipun hal tersebut belum kita lihat hingga sekarang. Tetapi, bagaimana dia membiarkan Sylvie, Mobius, B-15, dan semua hal yang terjadi pasca hancurnya Temporal Loom bisa jadi bukti awal kedahsyatan Loki sebagai God of Stories.

Kemudian, poster di TVA juga kini memiliki gambar Yggdrasil atau Multiverse Tree daripada poster sebelumnya yang berkaitan dengan Temporal Loom. Selain bisa memanipulasi cerita sesuka hatinya, bukti Loki adalah karakter terkuat di MCU saat ini adalah dia adalah satu-satunya orang yang memegang seluruh cabang timeline. Berbagai universe Marvel kini berada di dalam genggamannya.

Dengan kekuatan dan statusnya saat ini, Loki sudah bukan lagi sosok biasa. Dia sudah menjadi sebuah entitas yang melebihi Multiverse itu sendiri mirip seperti sosok The Beyonder dalam cerita Marvel Comics. Dalam cerita komiknya, The Beyonder adalah entitas kosmik yang mampu memanipulasi multiverse Marvel dan jadi peranan besar dalam peristiwa Secret Wars.

Jadi, kesimpulannya, ada dua alasan utama mengapa Loki sang God of Stories saat ini menjadi karakter terkuat di MCU. Pertama, dengan statusnya tersebut dia bisa mengatur atau memanipulasi berbagai cerita sesuai dengan keinginannya. Kedua, semua universe dan Multiverse Marvel berada dalam genggaman Loki yang mana membuatnya menjadi sebuah entitas yang penting.

Loki Jadi The Beyonder Versi MCU – Ke Halaman 4

1 Loki Jadi The Beyonder Versi MCU

Berdasarkan petunjuk di atas, di mana Loki kini sudah jadi sebuah entitas yang melampaui Multiverse itu sendiri dan menjadikannya mirip seperti The Beyonder, memunculkan spekulasi jika Loki mungkin memiliki peranan besar dalam cerita Avengers: Secret Wars yang akan datang. Dalam hal ini, mungkin Loki yang akan jadi “penyebab” terjadinya cerita Secret Wars di MCU.

Dalam cerita komiknya, peristiwa Secret Wars terjadi karena ulah dari The Beyonder yang sengaja menculik para karakter Marvel dan memaksa mereka saling bertarung di Battleworld. Namun, untuk versi MCU, mungkin akan ada perubahan cerita dan detail terkait hal tersebut. Dalam hal ini, peristiwa Secret Wars bukan terjadi akibat ulah The Beyonder melainkan Loki.

Loki sudah melakukan perngorbanan untuk hidup sendirian dan menjaga timeline serta universe MCU demi teman-temannya agar bisa hidup dengan bebas. Namun, mungkin akan ada efek akibat dari hal tersebut seperti halnya efek domino yang terjadi setelah Sylvie menghabisi nyawa He Who Remains. Dan hal tersebut yang kemudian jadi pemicu Loki sang God of Stories untuk kemudian menghadirkan cerita Secret Wars versi MCU. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan karakter Loki di MCU dan bagaimana peranannya pada masa yang akan datang.

Exit mobile version