Home MOVIE MOVIE FEATURES 7 Sutradara yang Sering Buat Film Kontroversial!

7 Sutradara yang Sering Buat Film Kontroversial!

Peranan seorang sutradara dalam membuat film memang sangat penting. Karena sukses atau tidaknya sebuah film akan sangat bergantung dengan ketelitian dan kreativitas sang sutradara. Ada banyak sekali sutradara beken di dunia saat ini, sebut saja Christopher Nolan yang selalu sukses dengan film-film mind blowingnya. Selain itu adalagi sutradara seperti James Cameron yang selalu menawarkan visual yang luar biasa di setiap filmnya. Tetapi nih Geeks, ada beberapa sutradara yang justru terkenal karena film-film kontroversialnya. Sutradara dalam daftar ini memang sudah terkenal sering membuat film kontroversial. Siapa saja mereka?

7 Ruggero Deodato

Mendiang sutradara asal Italia, Ruggero Deodato, memang terkenal karena film-filmnya yang sangat kontroversial. Ada banyak filmnya yang kontroversial, tetapi tentu saja yang paling kontroversial adalah film Cannibal Holocaust. Memang di tahun 80-an di Italia, film tentang kanibal memang tengah trend, dan banyak sutradara berlomba-lomba membuat film seperti itu. Dan salah satunya adalah Deadato. Filmnya sendiri mengambil pendekatan mockumentary, yang berlatar di hutan Amazon. Filmnya menceritakan tentang sebuah kelompok yang mempelajari suku kanibal di wilayah tersebut.

Ketika rilis, Deadateo mendapatkan reaksi keras karena dianggap menampilkan kekejaman. Darah yang dihadirkan pun terlihat nyata, sehingga Deodato sempat ditangkap karena diduga melakukan pembunuhan. Sebelum membuat Cannibal Holocaust, Deodate juga pernah membuat film kanibal lainnya berjudul Last Cannibal World.

6 Bernado Bertolucci

Bernado Bertolucci terkenal sebagai sutradara yang sering memasukan elemen kekerasan dalam beberapa filmnya. Contoh paling nyata terjadi dalam film Last Tango in Paris. Film tersebut terkenal karena menampilkan kekerasan yang eksplisit. Faktanya sang bintang dalam film tersebut, Maria Schneider, mengaku terlecehkan ketika melakukan syuting film tersebut dan mengatakan bahwa Bertolucci sangat mengeskploitasinya karena tidak memberitahunya tentang adegan apa yang akan diambil.

Pada tahun 2013, Bertolucci pun baru mengakui bahwa dia merasa bersalah karena memperlakukan Schneider seperti itu. Bertolucci juga memiliki beberapa film kontroversial lainnya seperti Before the Revolution dan The Grim Reaper. Karena itulah dia sering dianggap sebagai sutradara yang sering membuat film kontroversial.

5 Larry Clark

Larry Clark dianggap sebagai sutradara yang “senang” dengan anak di bawah umur. Pasalnya dalam hampir setiap filmnya, selalu ada saja adegan yang memperlihatkan “hubungan” antara anak-anak. Film debutnya di tahun 1995 berjudul Kids bahkan juga memperlihatkan hal serupa, seperti rudapaksa, aktivitas hubungan yang dilakukan di bawah umur, penyalahgunaan obat-obatan terlarang, dan masih banyak lagi.

Ada yang menyebut bahwa Clark sebenarnya mengidap Misogini, yaitu kebencian atau tidak suka terhadap wanita atau anak perempuan. Setelah film pertamanya dianggap kontroversial, Clark sepertinya menikmati setiap kontroversi yang ada, sehingga dia membuat lebih banyak film lainnya yang lebih eksplisit lagi.

4 Ken Russell

Ken Russell menjadi sutradara yang yang sangat aktif di tahun 70-an. Dia pun berhasil membuat film yang memenangkan Oscar yaitu Women in Love di tahun 1969. Selain itu adalagi filmnya berjudul Altered States yang masuk nominasi Oscar. Namun hampir setiap film yang dibuat buat, selalu menyelipkan ujaran kebencian terhadap agama tertentu. Yap, Ken Russell memang memiliki kebencian terhadap agama, yang membuatnya beberapa kali mengalami masalah.

Ada banyak filmnya yang kontroversial, tetapi tentu saja yang dianggap paling kontroversial di antara karyanya yang lain adalah The Devils yang rilis tahun 1971. Film tersebut menceritakan tentang seorang pendeta yang melakukan ritual keagamaan terlarang. Bahkan saat rilis, film tersebut harus dipotong besar-besaran, dan rilis dengan rating X di Inggris.

3 Gaspar Noe

Sutradara berikutnya yang sering membuat film kontroversial adalah Gaspar Noe. Buat kalian pencinta film Eropa, rasanya sudah tidak asing dengan nama Gaspar Noe. Dia merupakan sutradara kebangsaan Argentina dan merupakan anak penulis dan pelukis terkenal yaitu Luis Feliper Noe. Nah film-film buatan Gaspar Noe memang terkenal karena tingkat kontroversialnya yang tinggi. Filmnya selalu memiliki keunikan yaitu menggunakan neon lighting, yang membuat penonton merasakan visual seperti dalam diskotek.

Di antara film-film Gaspar Noe yang kontroversial, tentu saja Irreversible. Dalam film tersebut ada adegan seorang wanita yang dirudapaksa dan dipukuli secara brutal oleh orang asing. Adegannya diperlihatkan secara eksplisit, yang tentu saja membuat banyak orang mengkritiknya. Bahkan ketika rilis di festival film, para penonton berbondong-bondong pergi saat menontonnya. Selain itu, ada banyak filmnya yang lain yang juga kontroversial.

2 Takashi Miike

Takashi Miike adalah seorang sutradara, produser, penulis skenario, dan aktor asal Jepang yang terkenal karena karyanya dalam industri film Jepang. Miike juga dikenal sebagai salah satu sutradara paling produktif di dunia. Dia telah menyutradarai lebih dari 100 film sejak awal 1990-an. Filmnya Miike memang sangat banyak, tetapi mayoritasnya dianggap kontroversial. Di antara banyaknya film Miike yang kontroversial, yang paling berkenang di ingatan kita adalah Ichi the Killer yang rilis tahun 2001.

Ketika akan diputar di festival film Toronto, bahkan panitia membagikan beberapa kantong plastik, untuk penonton yang tak kuat menyaksikan film ini. Filmnya memang menampilkan banyak hal seperti serial killer, pencandu, dan Yakuza. Lebih buruknya lagi, filmnya menampilkan penyiksaan yang ekstrim yang dilakukan terhadap perempuan.

1 Lars von Trier

Nama Lars von Trier memang kurang begitu dikenal, tetapi dia juga spesialis film-film kontroversial. Sutradara asal Denmark ini ternyata salah satu pendiri Gerakan Dogme 95, sebuah gerakan sinematik yang menekankan penggunaan teknik dasar dalam pembuatan film. Film-film Dogme harus mematuhi sejumlah aturan, seperti penggunaan kamera handheld dan lokasi pengambilan gambar yang nyata.

Filmnya yang dianggap paling kontroversial adalah Nymphomaniac yang rilis tahun 2013 lalu. Filmnya menceritakan tentang kehidupan seorang pecandu, yang sudah dialami dari kanak-kanak hingga dewasa. Adegan di filmnya pun memang dilakukan secara nyata oleh sang pemeran. Selain Nymphomaniac, beberapa film kontroversial lainnya adalah Epicademic dan The Element of Crime.

Itulah dia Geeks beberapa sutradara yang sering membuat film kontroversial. Meski film-filmnya mendapat kritik dari banyak pihak, tetapi justru itulah yang membuat filmnya semakin terkenal dan ditunggu. Di antara film-film mereka, mana yang pernah kalian simak?

Exit mobile version