Home OTAKU OTAKU FEATURES 6 Film Adaptasi Anime yang Tengah Digarap!

6 Film Adaptasi Anime yang Tengah Digarap!

Membuat sebuah film live action adaptasi anime memang tidak mudah. Ada banyak sekali film-film adaptasi anime yang berujung kegagalan, seperti yang dialami oleh film Death Note yang rilis di Netflix. Film tersebut dianggap sangat buruk, sehingga banyak penggemar yang kecewa dengan filmnya. Selain itu, adalagi film Dragon Ball Evolution yang sangat menyimpang jauh dari sumber.  Meski banyak film live action adaptasi anime yang gagal total, tetapi masih ada studio yang tertarik membuat film live action adaptasi anime. Dan sekarang, ada beberapa film live action adaptasi anime yang tengah dibuat. Apa saja filmnya? Simak berikut ini Geeks!

6 Alita: Battle Angel 2

Pada September lalu, Jon Landau (produser Alita: Battle Angel) mengkonfirmasi bahwa film sekuel Alita tengah digarap. Landau menekankan bahwa filmnya nanti bakal menggunakan teknologi sama yang digunakan dalam film Avatar: The Way of Water. Pengembangan film ini memang terhambat. Pasalnya, James Cameron, yang menulis naskah filmnya disibukkan dengan beberapa film Avatar, sehingga sekuel Alita harus mengalah dengan Avatar. Sekarang James Cameron dikabarkan telah menguraikan alur cerita untuk Alita: Battle Angel 2 dan 3.

Ketika film pertama rilis di tahun 2019, sebenarnya Alita: Battle Angel tidak terlalu sukses untuk sebuah film yang diproduseri dan ditulis oleh James Cameron. Film tersebut hanya mampu meraih pendapatan $405 juta di box office, dengan anggaran pembuatan yang lebih dari $200 juta. Akan tetapi, Disney sepertinya masih yakin jika sekuelnya akan lebih sukses daripada film pertamanya, sehingga memberikan kesempatan bagi Cameron dan kawan-kawan untuk membuat sekuelnya. Oiya Geeks, ketika film pertamanya rilis, film tersebut berada di bawah naungan Fox. Tetapi karena sekarang Fox telah diakuisisi Disney, maka Disney menjadi pemilik sah dari franchise itu.

Buat kalian yang belum tahu, Alita: Battle Angel diadaptasi dari manga dan anime berjudul sama, yang menceritakan tentang Alita, seorang manusia setengah robot yang harus kehilangan ingatannya. Namun seiring waktu, dia mulai mengingat kembali keterampilan pertarungannya yang luar biasa. Ketika Alita bertemu dengan Hugo, seorang pemuda dari Iron City, dia terlibat dalam petualangan untuk menemukan identitasnya dan memahami dunia yang penuh dengan konspirasi dan pertempuran sengit.

5 Detective Pikachu 2

Detective Pikachu adalah salah satu film besar yang rilis tahun 2019. Film tersebut mengikuti kisah seorang anak bernama Tim Goodman yang menemukan bahwa ayahnya, Harry Goodman, seorang detektif swasta, telah meninggal dalam kecelakaan mobil misterius. Tim kemudian bertemu dengan Pikachu untuk memecahkan misteri kematian Harry Goodman dan mengungkap konspirasi yang melibatkan Pokémon dan perusahaan raksasa. Mereka berdua menghadapi berbagai tantangan dan bertemu dengan berbagai Pokémon yang ikonik dalam perjalanan mereka.

Film ini disutradarai oleh Rob Letterman dan ditulis oleh Nicole Perlman dan Letterman bersama dengan Dan Hernandez dan Benji Samit. Selain membintangi Ryan Reynolds sebagai Pikachu, filmnya juga menghadirkan beberapa nama lain seperti Justice Smith dan Kathryn Newton. Setelah film pertama yang cukup sukses, Legendary Entertainment tak ragu untuk membuat sekuelnya, yang diumumkan pada Maret kemarin. Namun, filmnya tak lagi disutradarai oleh Rob Letterman, melainkan oleh Jonathan Krisel.

Sejauh ini belum diketahui secara pasti cerita apa yang dihadirkan dalam film kedua. Apalagi dalam ending film pertama, Pikachu sudah berpisah dengan ayah Tim. Sementara itu Chris Galletta nantinya akan didapuk sebagai penulis naskah Detective Pikachu 2. Mengingat pengalaman Jonathan Krisel yang sudah tidak asing dengan tayangan bergenre komedi, sepertinya dia juga akan membuat Detective Pikachu 2 lebih ke arah komedi.

4 Naruto

Naruto menjadi salah satu manga dan anime terpopuler selain One Piece dan Dragon Ball. Seperti judulnya, seri ini berfokus pada seorang anak bernama Uzumaki Naruto yang bermimpi untuk menjadi Hokage. Perjuangan keras harus dia lalui sebelum kemudian dia berhasil mewujudkan mimpinya menjadi seorang pemimpin di desanya. Selain itu, dia juga harus menghentikan ancaman yang datang ke desanya, dan ingin mengembalikan rekannya, Sasuke, yang bertransformasi menjadi sosok jahat. Nah karena sukses besar dengan cerita tersebut, ada upaya untuk membuat live action Naruto.

Sebenarnya live action Naruto sudah direncanakan untuk dibuat oleh Lionsgate pada pertengahan tahun 2015. Ketika itu, Avi Arad ditunjuk untuk memproduseri filmnya melalui perusaahan yang dia miliki. Sementara itu Eric Feig dan John Hoeber ditunjuk untuk menulis ceritanya. Sementara Michael Gracey ditunjuk sebagai sutradaranya. Tetapi pengembangan film ini terkatung-katung sejak lama. Pada tahun 2018, Gracey mengkonfirmasi bahwa pengembangan film ini masih berlanjut. Tetapi dia tidak ingin filmnya dibuat tanpa melibatkan sang kreator, Masashi Kishimoto.

Nah pada Agustus 2023, muncul kabar yang menyebutkan bahwa naskah filmnya telah selesai. Dengan adanya kabar tersebut, diharapkan film pembuatan live action Naruto kembali dimulai. Mungkin saja pembuatan film ini akan menjadi prioritas setelah melihat kesuksesan live action One Piece, yang baru-baru ini berhasil memecahkan banyak rekor. Namun yang harus dicatat bahwa pihak Liosngate belum memberikan banyak informasi terkait live action ini, dan mudah-mudahan mereka akan mengumumkannya dalam waktu dekat.

3 Akira

Pada tahun 2019, Warner Bros mengkonfirmasi bahwa Taika Waititi resmi didapuk sebagai sutradara dari film live action Akira. Nama Leonardo DiCaprio pun disebut, di mana dia menjadi produser. Namun sayangnya, pembuatan film ini terkatung-katung. Apalagi saat itu, Taika Waititi disibukkan dengan berbagai filmnya seperti Thor: Love and Thunder, Reservation Dogs, Our Flag Means Death, dan masih banyak lagi. Dan baru di tahun 2023 inilah kabar tentang film live action Akira kembali muncul.

Pada bulan April lalu, reporter senior Deadline, Justin Kroll, mengkonfirmasi bahwa Taika Waititi kembali menggarap film ini. Disebutkan bahwa Waititi tidak hadir dalam acara Star Wars Celebration. Padahal dia akan menyutradarai dan mungkin membintangi film Star Warsnya sendiri. Kabarnya ketidakhadiran Akira disebabkan karena dia sedang mengerjakan live action Akira. Jika masih sesuai rencana awal, live action Akira akan memiliki dua film. Namun tentu saja perubahan bisa saja terjadi.

Akira menceritakan seorang remaja bernama Kaneda dan temannya, Tetsuo, terlibat dalam kecelakaan motor dengan seorang anak misterius yang memiliki kekuatan telekinetik. Tetsuo, yang terluka dalam kecelakaan itu, mulai mengembangkan kekuatan psikis yang luar biasa. Ketika pemerintah dan kelompok militan mulai mengejar Tetsuo untuk eksperimen rahasia, ia merespon dengan memulai perjalanan pribadinya ke dalam kekuatan psikis yang gelap dan mematikan. Akira dianggap sebagai salah satu pionir cyberpunk di dunia anime dan manga, sehingga wajar saja banyak orang yang menyukainya.

2 My Hero Academia

My Hero Academia menjadi proyek live action berikutnya yang akan dikerjakan oleh Netflix. Sebenarnya, live action ini sudah diumumkan sejak tahun 2018, dengan sutradara Alice in Borderland, Shinsuke Sato yang didapuk untuk mengarahkan filmnya, dengan Joby Harold yang menulis naskahnya. Joby sendiri memiliki pengalaman dalam membuat naskah beberapa film besar seperti Transformers: Rise of the Beasts, dan Awake. Selain itu, dia juga membuat naskah dari series Obi-Wan Kenobi. Dengan tangan dingin Joby, tentunya diharapkan film My Hero Academia berakhir dengan sangat baik.

Saat ini, popularitas My Hero Academia alias Boku no Hero Academia tengah naik daun. Dengan total penjualan manganya yang mencapai lebih dari 65 juta di seluruh dunia, dan animenya yang sudah berjalan selama 6 musim, mulai dari tahun 2016, wajar jika Netflix berencana membuat live action My Hero Academia. Apalagi dengan kesuksesan live action One Piece, di bulan Agustus lalu. My Hero Academia sendiri menceritakan tentang dunia di mana hampir semua orang memiliki kekuatan super yang disebut “Quirk.” Izuku Midoriya, seorang remaja tanpa kekuatan, bermimpi menjadi pahlawan super seperti idolanya, All Might. Meskipun awalnya dianggap tidak berpotensi, Izuku mendapatkan Quirk setelah bertemu dengan All Might, yang memilihnya sebagai penerusnya.

Izuku memulai pelatihan di U.A. High School, sebuah sekolah untuk calon pahlawan super. Di sana, ia bertemu dengan berbagai karakter, termasuk teman-teman sekelasnya seperti Katsuki Bakugo dan Ochaco Uraraka, serta berbagai pahlawan super terkenal dan penjahat. Seri ini mengikuti perjalanan Izuku dan teman-temannya dalam mengasah kekuatan mereka, menghadapi ancaman dari penjahat super, dan belajar menjadi pahlawan sejati.

1 Your Name

Your Name adalah film anime Jepang yang dirilis pada tahun 2016, dan disutradarai oleh Makoto Shinkai. Shinkai dikenal sebagai sutradara yang menciptakan karya-karya yang indah dan penuh emosi. Animenya mengisahkan tentang dua remaja, Taki Tachibana dan Mitsuha Miyamizu, yang secara misterius mulai bertukar tubuh dan kehidupan satu sama lain tanpa alasan yang jelas. Taki, seorang siswa laki-laki di Tokyo, terbangun di tubuh Mitsuha, seorang siswi perempuan di desa pedesaan.

Ketika mereka berdua mencoba beradaptasi dengan kehidupan satu sama lain, mereka menemukan bahwa pertukaran tubuh ini terhubung dengan peristiwa besar yang akan mengubah nasib mereka. Melalui catatan yang ditinggalkan di telepon genggam, mereka berkomunikasi dan berusaha mengatasi hambatan ruang dan waktu untuk bertemu. Karena sukses besar, ada upaya untuk membawa anime tersebut ke dalam bentuk live action. Filmnya bakal digarap oleh Carlos Lopez Estrada, yang sbeelumnya sukses besar dengan Raya and the Last Dragon.

Sebelum digarap oleh Carlos Lopez Estrada, tadinya film ini akan digarap oleh Marc Webb. Tetapi dia memilih hengkang dari proyek ini, sehingga posisinya digantikan oleh Estrada. Film Your Name nantinya akan dikerjakan oleh Bad Robot, rumah produksi yang dimiliki J.J Abrams, dengan Paramont yang menggarap distribusi filmnya. Tetapi Bad Robot tidak akan sendiri karena mereka juga akan dibantu oleh studio Toho Jepang. Sejauh ini, belum ada kabar tentang jadwal rilis live action Your Name ini.

Itulah dia Geeks beberapa film live action adaptasi anime yang tengah digarap. Meskipun belum ada tanggal rilis yang sudah diumumkan, tetapi berita tentang dibuatnya film live action adaptasi anime sudah cukup membuat para penggemar senang. Tinggal menunggu waktu sebelum akhirnya film-film tersebut rilis dalam waktu dekat.

Exit mobile version