Home MOVIE MOVIE FEATURES 6 Film Korea yang Diadaptasi Hollywood!

6 Film Korea yang Diadaptasi Hollywood!

Film korea saat ini tengah menjadi primadona, terutama bagi para penonton dari Indonesia. Selain memiliki cerita yang bagus, film korea juga menampilkan aktor-aktor tampan yang biasanya digemari oleh wanita. Ada banyak sekali film-film Korea yang saat ini bertebaran, dan menjadi sangat beken. Nah menariknya nih Geeks, ada beberapa film Korea yang ternyata dibuat ulang ke dalam versi Hollywood. Tentu saja versi Hollywoodnya dibuat sedemikian rupa agar lebih menarik. Nah berikut adalah beberapa film Korea yang dibuatkan versi Hollywoodnya. Apa saja? Simak berikut ini!

6 Oldboy  (2013)

Pada tahun 2003, sebuah film berjudul Oldboy dirilis. Film digarap oleh sutradara Park Chan-wook, dan menceritakan tentang Oh Dae-su, seorang pria yang diculik dan ditahan selama 15 tahun tanpa alasan yang jelas. Saat dia secara tiba-tiba dibebaskan, Dae-su memulai misi memburu dan membalas dendam terhadap orang-orang yang bertanggung jawab atas penculikannya.

Dia ditemani oleh seorang wanita bernama Mi-do (diperankan oleh Kang Hye-jung), yang membantunya dalam pencariannya. Film ini sukses besar, sehingga diadaptasi di Hollywood. Pada tahun 2013, Spike Lee pun mendapatkan kesempatan untuk membuat versi Amerika dari Oldboy. Namun versi Hollywoodnya itu tidak mendapat ulasan yang baik dari penggemar dan kritikus. Di film ini, sang karakter utama pun berganti nama menjadi Jou Doucett yang diperankan oleh Josh Brolin.

5 A Tale of Two Sisters (2002)

Ketika pertama kali rilis di tahun 2002, A Tale of Two Sisters sukses besar di Korea Selatan. Ini adalah film horor psikologis yang disutradarai oleh Kim Jee-woon, dan menceritakan tentang dua bersaudara, Su-mi dan Su-yeon, yang pulang kerumah setelan menjalani perawatan di rumah sakit jiwa. Namun ketika kembali ke rumah, banyak kejadian aneh yang muncul, dan ternyata ada rahasia kelam yang menghantui keluarga.

Kesuksesan film ini kemudian memancing Hollywood untuk membuat versi baratnya. Pada tahun 2009, sebuah film berjudul The Univited pun dirilis, di mana film tersebut menjadi versi remake dan mengambil cerita dari A Tale of Two Sisters. Tetapi yang harus dicatat bahwa sang sutradar, Charles dan Thomas Guard menyelipkan beberapa sedikit perbedaan dan pengembangan karakter.

4 My Sassy Girl (2001)

Rasanya semua orang tahu dengan film romance satu ini. Meski berasal dari Korea, tetapi film ini sudah mendunia. Karena itulah pada tahun 2008, Hollywood membuat versi remakenya yang berjudul sama. Film originalnya disutradarai oleh Kwak Jae-jong dan menceritakan tentang seorang pria yang bertemu dengan wanita eksentrik dan impusif di sebuah kereta api. Kepribadian mereka sangat bertolak belakang, tetapi sang pria sangat menyukai wanita tersebut dan berusaha keras untuk memahami dan mendekatinya.

Ini bukan sekedar film romance biasa karena diselipkan tawa dan air mata. Sementara itu film My Sassy Girl versi Hollywood secara garis besar menceritakan cerita yang sama. Meskipun film ini mengikuti alur cerita yang mirip dengan versi asli, lokasi film ini berada di Amerika Serikat, terutama di New York City, yang memberikan sentuhan budaya Amerika pada cerita tersebut.

3 Addicted (2002)

Film ini menceritakan tentang seorang pria muda bernama Dae-Jin yang mengalami kecanduan. Meski kehidupannya tampak biasa saja, tetapi dia menyimpan obsesi yang besar terhadap wanita. Dia pun terlibat hubungan dengan seorang wanita bernama Soo-jin, yang juga memiliki masalah psikologisnya sendiri. Addicted (2002) memang mengangkat tema-tema yang sensitif, termasuk obsesi dan sisi emosional manusia yang kompleks.

Kesuksesan film ini juga tak lepas dari akting ciamik Lee Byung-hun, salah satu aktor terkenal Korea. Dalam film ini, dia mampu mengeluarkan kemampuan aktingnya yang mengesankan. Oiya Geeks, sebenarnya Addicted juga memiliki judul lain yaitu The Poisoning. Pada tahun 2009, sebuah film remake pun dibuat dengan judul The Possession.

2 Into the Mirror (2003)

Into the Mirror adalah film horor Korea Selatan yang disutradarai oleh Kim Sung-ho, dengan naskah buatan Kim Sung-ho dan Son Kwang-soo. Ceritanya mengikuti seorang mantan detektif polisi bernama Woo Yeong-min yang ditempatkan sebagai pengawas keamanan di sebuah pusat perbelanjaan yang besar. Namun, serangkaian kejadian aneh yang terjadi di pusat perbelanjaan tersebut mulai menghantuinya.

Suatu hari, sebuah kebakaran misterius terjadi di pusat perbelanjaan, dan investigasi mengarah pada cermin besar di dalam gedung. Detektif Yeong-min mulai menyelidiki hubungan antara serangkaian kematian yang mengerikan dan cermin tersebut. Film ini diremake dalam versi Hollywood dengan judul Mirrors pada tahun 2008, yang disutradarai oleh Alexandre Aja dan dibintangi oleh Kiefer Sutherland.

1 Il Mare

Film ini mendapat sambutan positif di luar Korea Selatan dan mendapatkan pengakuan internasional. Kesuksesannya bahkan menginspirasi dibuatnya film versi Hollywood yang berjudul The Lake House (2006) yang dibintangi oleh Keanu Reeves dan Sandra Bullock. Il Mare adalah film romance fantasi asal Korea Selatan yang disutradarai oleh Lee Hyun-seung. Ceritanya mengikuti dua orang, Eun-joo dan Sung-hyun, yang tinggal di rumah yang sama, tetapi terpisah oleh waktu selama dua tahun.

Mereka menemukan bahwa mereka dapat berkomunikasi melalui sebuah kotak surat di rumah mereka, meskipun mereka hidup di waktu yang berbeda. Saat Eun-joo pindah dari rumah itu, dia meninggalkan pesan untuk penghuni berikutnya dalam kotak surat. Namun, Sung-hyun menemukan surat-surat tersebut dua tahun kemudian. Memang cerita di film ini sedikit agak rumit, sehingga kalian perlu memerhatikan detail-detail tentang filmnya agar dapat mengerti.

Itulah dia Geeks beberapa film Korea yang pada akhirnya dibuat ulang ke dalam versi Hollywood atau barat. Film-film tersebut memang menawarkan cerita yang menarik untuk di simak, dan sangat layak untuk kalian tonton. Di antara film tersebut, mana yang jadi favorit kalian Geeks?

Exit mobile version