Home SERIES SERIES FEATURES Jadi God of Stories, Loki Adalah Penerus He Who Remains!

Jadi God of Stories, Loki Adalah Penerus He Who Remains!

Berdasarkan dari apa yang muncul di episode 5 Loki season 2 bisa kita tarik kesimpulan jika Loki adalah penerus dari He Who Remains. Loki masih terus berupaya untuk bisa menyelamatkan TVA dan menyelamatkan seluruh cabang timeline yang hancur akibat Temporal Loom yang tidak stabil. Namun, yang kemudian menarik adalah dari apa yang muncul di episode baru ini memberikan petunjuk jika Loki adalah penerus dari He Who Remains.

3 Apa Yang Terjadi Kepada Loki

Dalam episode 5 Loki season 2, kita melihat bagaimana Loki kembali mengalami time-slipping. Dan di episode ini juga, kita melihat bagaimana seluruh teman-teman Loki di TVA – Ouroboros, Mobius, B-15, dan Casey – berada di sebuah timeline. Namun, masih belum ada konfirmasi apakh itu adalah timeline asal mereka atau justru merupakan timeline yang merupakan keinginan atau hasrat mereka layaknya Sylvie.

Dalam ceritanya, kita melihat jika B-15 berasal dari timeline di tahun 2012 dan dia adalah seorang dokter. Ouroboros berada di tahun 1994, di mana dia adalah seorang penulis buku fiksi ilmiah yang kurang populer. Sedangkan, Casey berasal dari tahun 1964 dan merupakan salah satu tahanan di Alcatraz yang kabur. Dan terakhir adalah Mobius yang berasal dari tahun 2022 dan merupakan penjual jet ski dan peralatan olahraga lainnya.

Loki sendiri bertemu kembali dengan Sylvie, namun dia kemudian terkejut jika Sylvie tidak terpengaruh oleh apa yang terjadi sebelumnya. Jika teman-temannya yang lain lupa siapa Loki dan nama mereka, Sylvie justru ingat dia siapa dan siapa Loki. Sylvie sendiri pada awalnya menolak untuk membantu Loki memperbaiki semuanya dan apa yang terjadi di TVA sampai kejadian buruk menimpanya.

Momen “Spaghettification” akhirnya terjadi kepada timeline tempat Sylvie berada dan menyadari jika timeline saat ini dalam kondisi yang berbahaya. Dia pun kemudian membuat Loki kembali percaya diri jika mereka bisa mengembalikan semuanya seperti semula. Dan yang paling penting adalah Sylvie membuat Loki yakin bahwa dia bisa mengulang dan menulis kembali sejarah yang ada.

Di akhir ceritanya, kita melihat bagaimana Loki akhirnya mampu mengendalikan time-slipping yang terjadi kepadanya. Bahkan, yang luar biasa adalah Loki mampu kembali ke momen yang dia inginkan yaitu ketika Victor Timely hendak memasangkan Temporal Auroa Extraction sebelum kemudian Victor menghilang dan mengalami momen “Spaghettification.” Apa yang terjadi di episode 5 memunculkan sebuah teori menarik.

Loki Adalah Penerus He Who Remains – Ke Halaman 2

2 Loki Adalah Penerus He Who Remains

Berdasarkan dari apa yang terjadi dalam episode 5 ini muncul sebuah teori menarik yaitu Loki adalah penerus dari He Who Remains dan bukan Victor Timely. Petunjuk terbesarnya adalah bagaimana Loki bisa mengendalikan time-slipping yang dia alami. Dengan demikian dia mampu mengulang kembali berbagai momen yang tidak dia inginkan. Ini seolah menjadi superpower atau kekuatan super baru bagi Loki.

Pasalnya, dengan kekuatan tersebut Loki bisa mengulang sejarah, merubah sejarah, dan berbagai hal lainnya. Serta, dia tidak membutuhkan TimePad untuk bisa kembali ke momen yang dia inginkan. Petunjuk selanjutnya adalah bagaimana Loki mengumpulkan semua teman-temannya. Hal ini seolah menjadi sebuah paradoks dari apa yang Loki ungkapkan di akhir season 1 dan juga di episode awal season 2.

Di akhir season 1, Loki coba untuk menyadarkan teman-temannya tersebut jika mereka kemungkinan memiliki kehidupan di timeline yang lain. Dan pasca pertemuannya dengan He Who Remains, Loki pun menyadari jika He Who Remains sengaja menculik orang-orang tersebut atau para variants untuk kemudian bekerja dan jadi bagian dari TVA. Di season 2, Loki sempat menyadarkan sebagian anggota TVA terkait hal ini.

B-15 bahkan berhasil memengaruhi para hakim di TVA dengan kata-katanya, yang mana menurutnya mereka adalah variants yang sengaja diculik dari timeline mereka dan bekerja untuk TVA oleh He Who Remains. Di episode 5, kita melihat apa yang sebelumnya Loki ungkapkan dan membuat orang-orang di TVA tersadar justru dia lakukan terhadap teman-temannya yaitu “menculik” mereka dan meminta bantuan mereka.

Namun, memang, di akhir episodenya Loki akhirnya mampu untuk kembali ke momen sebelum Victor Timely keluar dari ruangan Temporal Loom. Bagaimana kemudian nasib dari para variants yang Loki culik sebelumnya masih belum diketahui. Yang jelas Loki sekarang menyadari jika bukan tentang apa, di mana, dan mengapa melainkan siapa yang kemudian bisa mengendalikan semuanya.

Ini juga yang kemudian Loki lakukan. Dengan kemampuannya untuk mengendalikan time-slipping dan kembali kapanpun ke masa atau momen yang dia inginkan, serta bagaimana dia bisa Loki bisa menulis sejarah dan realita sesuai dengan apa yang dia inginkan, secara tidak langsung dia hampir tidak ada bedanya dengan He Who Remains. Seperti yang He Who Remains ungkapkan kepada Loki dan Sylvie, jika dialah yang kemudian membentuk atau menyediakan jalan atas sebuah peristiwa yang terjadi. Dan ini juga yang sedang Loki lakukan dengan kemampuan time-slippingnya.

Jadi God Of Stories – Ke Halaman 2

1 Jadi God Of Stories

Dengan kekuatan untuk bisa mengendalikan time-slipping yang dia alami, Loki dianggap sudah menghancurkan aturan perjalanan waktu yang Marvel bangun melalui film Avengers. Namun, melihat apa yang terjadi di episode 5 ini rasnasya memang tidak ada masalah jika Loki melanggar atau menghancurkan aturan tersebut. Ini karena Loki pada akhirnya memiliki tujuan dalam hidupnya.

Dengan adanya kemampuan mengendalikan time-slipping, Loki bisa merubah apa pun yang dia anggap terasa kurang nyaman. Dan yang menarik adalah dengan Loki yang mampu menulis kembali sejarah dan realita yang ada, hal ini seolah Mavel Studios mengadaptasi cerita komik Loki: Agent of Asgard di mana dia bukan lagi menjadi God of Mischief melainkan God of Stories yang bisa menulis cerita atau realita sesuai keinginannya.

Namun, berbeda dengan cerita di komiknya, Loki kemungkinan akan menjadi God of Stories dengan bantuan TVA. Caranya adalah dengan berusaha untuk kembali sebelum Victor Timely keluar dari ruang Temporal Loom dan mencari cara untuk memperbaikinya. Loki mungkin kali ini yang akan turun tangan langsung memasang Temporal Aura Extraction dan bukan Victor Timely yang mana hal ini tentu akan merubah semuanya. Kita nantikan saja ya Geeks seperti apa kelanjutan cerita Loki di season 2 ini pada episode 6 yang akan tayang pada 9 November 2023.

Exit mobile version