Home OTAKU OTAKU FEATURES 8 Profesi Khusus Shinobi di Dunia Naruto!

8 Profesi Khusus Shinobi di Dunia Naruto!

Dalam dunia Naruto, menjadi shinobi sering kali digambarkan hanya tentang bertarung padahal ada profesi khusus lain yang bisa shinobi jalani. Shinobi dalam dunia Naruto adalah sebuah profesi atau pekerjaan yang memang dihormati. Bahkan, para shinobi inilah yang menjadi garda terdepan dari sebuah negara. Sering kali para shinobi lebih banyak dihadirkan sebagai instrumen peperangan. Padahal, ada juga prfoesi khusus lainnya yang ada di dunia Naruto yang dijalani oleh para shinobi. Apa saja?

9 Pengajar/Mentor

Profesi khusus shinobi di dunia Naruto yang pertama adalah mentor atau pengajar atau guru. Bisa dibilang, ini merupakan sebuah profesi yang sangat underrated jika membandingkannya dengan profesi lain atau bahkan ketika membandingkannya dengan profesi shinobi di medan pertempuran. Padahal, bisa dibilang, jasa mereka yang berjuang sebagai pengajar atau mentor sangat besar.

Seperti yang Geeks ketahui, sebelum seorang anak di sebuah desa ninja resmi menjadi shinobi di desa tersebut mereka biasanya harus belajar terlebih dahulu di akademi ninja. Di sana, mereka akan mempelajari berbagai hal-hal dasar untuk menjadi shinobi, misalnya mempelajari tentang jenis Jutsu, chakra, taktik pertarungan, dan sebagainya. Saat berada di akademi ini juga para para murid tersebut akan menghadapi kenaikan tingkat.

Ketika mereka hendak naik tingkat, maka mereka perlu berlatih agar bisa lulus dalam ujian yang diselenggarakan. Pengajar atau mentor ini sering kali tidak terlalu dianggap, padahal merekalah yang menjaga para shinobi baru tersebut. Mereka juga yang kemudian mengajari para shinobi baru ini berbagai macam hal. Beberapa shinobi yang masuk profesi ini misalnya Kakashi, Guy, Aburame Shino, Ebisu, dan yang paling ikonik tentunya adalah Iruka Umino.

8 Interogasi

Geeks mungkin sudah mengenal siapa sosok Ibiki Morino. Dialah shinobi yang menjalankan profesi khusus lainnya yaitu bagian interogasi. Mengulik informasi penting dari musuh atau dari pihak-pihak tertentu tentunya bukan hal yang mudah dan Ibiki sudah terlatih dan terbiasa untuk melakukan hal tersebut. Metode yang biasanya dia lakukan adalah menyiksa lawannya hingga mau memberikan informasi yang mereka butuhkan.

Ibiki sendiri merupakan salah satu shinobi Konoha yang paling berpengalaman. Buat Geeks yang mengikuti cerita Naruto, pasti mengenal sosok Ibiki, yang juga merupakan pengawas dari ujian Chunin. Dia juga merupakan sosok shinobi yang ada di garis depan ketika Konoha berada dalam situasi genting seperti saat Pain datang untuk menyerang Konoha. Dalam ceritanya, Kishimoto memang jarang menghadirkan Ibiki.

Hal ini karena Kishimoto Sensei sangat jarang menghadirkan momen interogasi dalam ceritanya. Seperti halnya menjadi pengajar atau mentor, karena jarang muncul dalam cerita utamanya dan jarang juga terlibat dalam sebuah peristiwa besar tidak heran jika profesi khusus lain dari shinobi di dunia Naruto ini juga termasuk salah satu yang underrated padahal memiliki peranan yang penting.

7 Intelijen

Ada profesi khusus lain shinobi di dunia Naruto yang juga bersingungan dengan interogasi yaitu bagian intelijen. Seperti halnya di dunia nyata, bagian intelijen merupakan bagian khusus yang memang bertujuan untuk mengumpulkan berbagai informasi atau data-data penting. Banyak cara yang bisa dilakukan oleh para shinobi yang memiliki profesi khusus ini, seperti membaca pikiran orang lain.

Itulah yang jadi keahlian dari Inoichi Yamanaka. Klan Yamanaka sudah sejak lama dipercaya menjadi klan khusus yang biasa menangani masalah intelijen Konoha dan wilayah lain. Hal ini berkat kemampuan membaca pikiran dan telepati yang klan ini miliki. Setelah Inoichi tewas dalam perang shinobi keempat, anakanya, Ino Yamanaka, yang kemudian jadi penerusnya.

Saat ini, Ino jadi garda terdepan untuk melindungi Konoha dengan kemampuan yang jauh lebih modern dari era sang ayah. Yang menarik adalah bagian intelijen ini sering kali juga melakukan kolaborasi dengan profesi khusus lainnya yaitu bagian investigasi. Anko Mitarashi merupakan salah satu shinobi yang pernah menjadi bagian dari profesi investigasi di mana dia melakukan penyelidikan terhadap Kabuto dan Orochimaru.

6 Polisi Militer

Sebenarnya, profesi khusus ini sempat ada di era Konoha lama tepatnya saat era Hashirama Senju masih jadi Hokage pertama. Klan Uchiha sengaja ditunjuk menjadi satu-satunya klan yang bisa mengisi posisi sebagai polisi militer di Konoha. Tugas utamanya sendiri tidak lain adalah menjaga ketertiban dan juga kedamaian di wilayah Konoha. Ada beberapa alasan mengapa hanya klan Uchiha yang bisa menjadi polisi militer.

Alasan pertama adalah klan Uchiha terkenal karena klan yang memiliki kekuatan dahsyat. Sehingga, Hashirama mengaanggap jika mereka sangat cocok untuk menjaga Konoha dan warganya dari dalam. Alasan kedua adalah ini merupakan bentuk penghormatan Hashirama terhadap Madara yang sudah ikut membangun Konoha. Sayangnya, keberadaan polisi militer ini tidak lama.

Banyak penduduk Konoha yang tidak setuju klan Uchiha mengisi seluruh posisi polisi militer. Mereka menganggap jika hal tersebut bisa membahayakan Konoha dan nyawa penduduk lainnya. Inilah yang kemudian membuat profesi polisi militer sempat menghilang di Konoha. Namun, akhirnya, profesi ini kembali lagi di era Boruto tepatnya ketika Naruto menjadi Hokage. Penampilan mereka pun nampak lebih menarik dan rapih dengan seragam yang khas.

5 Memasak

Cooking Ninja atau Ninja Chef merupakan shinobi yang memiliki keahlian khusus dalam hal memasak. Yang unik adalah profesi khusus ini tidak ada di desa Konoha, melainkan di Negara Petir atau Kaminari no Kuni. Para shinobi khusus ini biasanya akan berjalan mengitari sekitar hutan-hutan di negara tersebut atau melalui jalur khusus yang ada di luar desa ninja mereka.

Para shinobi tersebut akan menungu shinobi-shinobi lainnya yang lewat dan dalam keadaan lapar. Ketika para Cooking Ninja ini bertemu dengan tim shinobi yang kelaparan mereka akan memasak berbagai macam makanan bagi para shinobi tersebut. Hakkaku adalah satu-satunya karakter yang diketahui menjalani profesi khusus sebagai Cooking ninja tersebut. Masakannya benar-benar terkenal lezat.

Bahkan, saking lezatnya masakan dari para Cooking Ninja ini berkat kemampuan memasak yang luar biasa tidak jarang para shinobi yang kelaparan tersebut tidak akan berhenti makan. Mereka pun justru akan berubah menjadi gemuk dan hal ini tentunya akan menjadi sesuatu yang sangat berbahaya dalam misi besar yang sedang merereka jalankan. Bisa jadi juga hal itu menjadi akibat kegagalan misi mereka.

4 Medis

Rasanya, untuk profesi khusus ini Geeks semua sudah sangat paham di mana fungsi dan tugas dari ninja medis adalah merawat shinobi yang terluka, menyembuhkan berbagai penyakit atau luka dari penduduk Konoha, dan sebagainya. Tugas dan fungsi mereka sangat mirip seperti petugas medis di dunia nyata. Haruno Sakura adalah shinobi yang terkenal sebagai salah satu shinobi yang menjalankan profesi khusus ini.

Bahkan, Sakura adalah pemimpin dari para dari tim medis atau shinobi medis tersebut. Dengan menjalankan profesi sebagai seorang ninja medis, tentunya mereka membutuhkan kecerdasan yang tinggi dan pengendalian chakra yang sangat luar biasa. Biasanya, para ninja medis ini dilatih untuk bisa terkena serangan atau terluka. Karena, ketika mereka terluka maka tidak ada orang lain yang bisa merawatnya.

Inilah alasan mengapa kemudian ninja medis lebih serang berada di belakang medan pertempuran dan jarang ikut terlibat bertarung. Yang juga menarik biasanya pun dalam satu tim ninja yang sedang menajalan misi mereka akan memiliki satu ninja medis atau shinobi yang memiliki kemampuan medis. Hal tersebut sengaja dilakukan untuk meningkatkan angka keberhasilan misinya.

3 Anbu

Anbu mungkin adalah profesi yang mirip dengan para shinobi umumnya, yaitu pergi bertempur. Namun, ada hal lain yang membuat mereka berbeda dengan shinobi pada umumnya. Simpelnya, Anbu merupakan pasukan khusus atau shinobi yang dilatih untuk menjalankan perintah khusus, baik itu misi pembunuhan, penculikan, pengawasan, sabotase, intelijen, dan sebagainya.

Mereka biasanya bergerak langsung di bawah perintah Hokage atau pemimpin Anbu, yang saat itu masih dipegang oleh Danzo Himura. Identitas mereka sering kali dirahasiakan, karena itulah para Anbu jarang berkomunikasi dan kebanyakan dari mereka mengenakan topeng. Menjadi seorang Anbu tentunya tidak bisa sembarangan, karena tugas dan perannya yang vital membuat hanya orang-orang terkuat di sebuah desa saja yang bisa menjadi seorang Anbu.

Anbu merupakan salah satu profesi yang cukup sering muncul dalam cerita Naruto. Karena, cukup banyak karakter besaar dalam ceritanya yang berasal dari kalangan Anbu. Contohnya tidak lain adalah Danzo Shimura yang merupakan pemimpin para Anbu. Kemudian, kita juga mengenal Sai, Itachi Uchiha, Yamato, dan bahkan Kakashi. Mereka semua adalah para shinobi yang memiliki kekuatan dahsyat.

2 Teknologi/Ilmuwan

Profesi lain shinobi di dunia Naruto ini sebenarnya sudah sejak lama, namun tidak sepopuler dan sebanyak di era Boruto. Orochimaru adalah satu-satunya sosok ilmuwan atau shinobi yang memang banyak melakukan eksperimen mengerikan demi bisa mewujudkan mimpi besarnya, yaitu hidup abadi dan menguasai seluruh jenis Jutsu. Kabuto mungkin adalah sosok lainnya yang mirip dengan Orochimaru.

Meskipun Orochimaru bisa dibilang adalah ilmuwan, namun pada era Boruto semuanya masih sangat sederhana. Tidak ada peralatan canggih, komputer, atau hal-hal lainnya yang jauh lebih modern dibandingkan di era Boruto. Dalam alur cerita Boruto, kita melihat cukup banyak ilmuwan yang juga adalah shinobi. Selain Orochimaru, kita bisa melihat Katasuke yang berhasil menciptakan lengan buatan. Sumire pun saat ini menjadi asisten dari Katasuke.

Kemudian, ada juga Victor yang sempat membuat pohon suci buatan dan tentunya sosok ilmuwan yang paling cerdas saat ini tidak lain adalah Amado. Dialah yang menciptakan cyborg dan juga menggabungkan kombinasi antara cyborg dan DNA dari dewa Otsutsuki sehingga menghasilkan sosok yang kita kenal sebagai Daemon dan juga Eida. Di era modern ini para ilmuwan tersebut menjadi salah satu sosok penting dalam cerita, seperti yang sedang berjalan saat ini.

1 Profesi Lainnya

Selain beberapa profesi yang sudah disebutkan, ada juga profesi shinobi lainnya yang muncul di dunia Naruto. Misalnya, ninja kurir yang memiliki tugas dan fungsi yang sama seperti tukang pos yaitu mengirimkan pesan. Menurut Courir Ninja 596-03, ninja kurir merupakan para profesional yang rela mengorbankan nyawa mereka demi mengantarkan pesan atau barang-barang lainnya hingga ke tangan konsumen atau ke tujuan.

Ada juga profesi lainnya yaitu Hunter Ninja Corps atau Corpse Processing Team, yang merupakan sebuah tim khusus yang ada di bagian Anbu desa Kirigakure. Mereka berisi para shinobi dengan keahlian khusus yang memiliki misi mencari para shinobi yang berkhianat atau kabur dari desa mereka. Para shinobi ini memiliki bekal kemampuan membunuh yang dahsyat dan juga kemampuan medis.

Shinobi sudah sering dilatih untuk bekerja secara tim, bahkan sejak mereka masih berada di akademi. Dan menjadi garda terdepan bagi desa mereka sudah mereka latih sejak lama. Namun, para shinobi tersebut juga bisa menjalani profesi lainnya selain ikut turun ke medan pertempuran. Meskipun begitu, dalam situasi genting memang pada akhirnya mereka pun akan ikut bertempur,

Exit mobile version