Home MOVIE MOVIE FEATURES 7 Film Mirip James Bond yang Memacu Adrenalin!

7 Film Mirip James Bond yang Memacu Adrenalin!

Selain film-film James Bond, ada juga beberapa judul film bertema mata-mata lainnya yang memiliki rating tinggi dan memacu adrenalin. Franchise James Bond memang sudah sejak lama terkenal sebagai franchise film bertema mata-mata yang sering memengaruhi berbagai film lainnya. Namun, selain franchise James Bond, sebenarnya ada film-film mirip James Bond yang tidak kalah memacu adrenalin. Apa saja? Berikut adalah daftarnya.

7 Tinker Taylor Soldier Spy

Film yang mirip James Bond pertama adalah Tinker Taylor Soldier Spy. Film garapan Thomas Alfredson ini berkisah tentang seorang mantan ahli spionase bernama George Smiley, yang karakternya diperankan oleh aktor senior Gary Oldman. Bersetting di era awal 1970an, Smiley memutuskan untuk pensiun sebagai ahli spionase setelah dia dan rekan-rekannya, harus gagal dalam sebuah misi di Budapest.

Kegagalan tersebut memaksa Smiley untuk keluar dan pensiun sebagai mata-mata. Namun, setelah cukup lama pensiun dia kembali dipanggil oleh pihak pemerintah Inggris untuk dimintai pertolongan. Pihak pemerintah Inggris menduga jika ada pengkhianat yang merupakan mata-mata bagi Uni Soviet di organisasi milik mereka, British Secret Service. Smiley pun kemudian setuju untuk mencari siapa pelakunya.

Para penonton akan melihat cerita yang intens juga atmosfer yang menegangkan yang terbungkus dengan baik. Penonton juga akan diajak untuk melihat cara mencari informasi yang seolah filmnya “mengajarkan” untuk menjadi seorang mata-mata. Banyak nama-nama besar yang ikut membintangi film ini yang membuat Tinker Taylor Soldier Spy bisa jadi salah satu alternatif film mata-mata selain James Bond.

6 Sicario

Jika membandingkan film Sicario dengan franchise film James Bond, memang bisa dikatakan film garapan Denis Villenueve ini jauh lebih ekstrim dan mengerikan serta lebih mengundang adrenalin. Sicario merupakan film yang thriller krriminal yang penuh dengan adegan eksplisit. Ceritanya sendiri berfokus pada peristiwa perdangan narkoba di perbatasan Amerika dan Meksiko.

Kate Macer merupakan seorang agen FBI yang terpilih untuk bergabung dalam sebuah operasi gabungan. Matt Graver, seorang agen CIA, adalah pemimpin dari operasi gabungan tersebut. Ada juga sosok lainnya yanag bergabung dalam operasi tersebut yaitu Alejandro. Kate sendiri awalnya bingung dengan semua operasi gabungan, hingga kemudian dia mulai menyadari berbagai hal yang terjadi.

Ternyata, ada agenda tersembunyi yang muncul di balik semua operasi gabungan tersebut yang tidak Kate ketahui. Sicario merupakan film yang penuh dengan bintang seperti Josh Brolin, Benecio Del Toro, dan Emily Blunt. Film ini banyak mendapatkan pujian dari berbagai pihak, terutama mengenai adegan yang dianggap “nyata” apalagi tentang bagaimana situasi yang terjadi di perbatasan Amerika dan Meksiko.

5 Argo

Film mirip James Bond yang tidak kalah memacu adrenalin lain yang tidak kalah underrated. Disutradarai dan dibintangi oleh Ben Affleck, Argo merupakan film yang diadaptasi dari situasi di dunia nyata pada tahun 1979. Saat itu, terdapat situasi krisis di wilayah Iran di mana terdapat peristiwa penyanderaan. Ben Affleck sendiri berperan sebagai Tony Mendez, seorang agen CIA.

Tony Mendez dan timnya mendapatkan tugas untuk pergi ke Iran dan menjalankan misi menyelamatkan enam orang diplomat Amerika yang ada di Teheran. Karena mereka menjalankan misi rahasia, Tony dan timnya kemudian menyamar menjadi kru film dari Kanada untuk pergi ke Iran. Mereka direncanakan akan membuat sebuah film fiksi ilmiah palsu bernama ‘Argo.’

Selain Ben Affleck, Argo juga dibintangi oleh sederet nama besar Hollywood lain seperti Bryan Cranston dan Alan Arkin. Argo sendiri berhasil mendapatkan penghargaan Best Picture dalam ajang penghargaan Oscar, yang mana hal ini cukup memancing kontroversi saat itu. Di situs rating IMDb sendiri Argo mendapatkan nilai 7.8/10. Argo bisa jadi pilihan Geeks untuk menyaksikan film mata-mata dengan atmosfer yang berbeda.

4 Knives Out

Rilis perdana tahun 2019, Knives Out merupakan film mata-mata bergenre komedi misteri yang disutradarai oleh Rian Johnson. Knives Out dibintangi oleh aktor pemeran James Bond, Daniel Craig, yang berperan sebagai sang detektif kepolisian. Filmnya sendiri berfokus pada seorang detektif kepolisian bernama Benoit Blanc dalam memecahkan kasus pembunuhan misterius.

Suatu hari, seorang penulis novel kriminal populer, yaitu Harlan Thrombey, ditemukan tewas di rumah mewahnya pasca pesta ulang tahunnya yang ke 85. Sang detektif Benoit Blanc kemudian mendapatkan tugas untuk menyelediki kematian dari Harlan Thrombey. Semua orang yang sebelumnya ikut dan diundang ke pesta ulang tahun Harlan pun diperiksa satu persatu.

Yang menarik dari film Knives Out sendiri adalah bagaimana Rian Johnson berhasil menghadirkan suasana atau atmosfer yang menarik di sepanjang filmnya. Belum lagi berbagai plot twist dan hal-hal yang lain yang membuat para penonton diajak untuk menebak siapa yang kemudian jadi pelaku pembunuhan tersebut. Film ini sukses mendapatkan ulasan positif dan bahkan mendapatkan sekuel.

3 The Bourne Identity

Film pertama dari trilogi Jason Bourne, The Bourne Identity. Salah satu film sukses yang berhasil membuat nama Matt Damon melambung tinggi di industri perfilman Hollywood. Film ini mengisahkan seorang pria bernama Jason Bourne. Dalam ceritanya, Bourne merupakan seorang agen FBI yang mengalami amnesia dan justru menjadi target pembunuhan oleh orang-orang yang tidak dikenal.

Pasca gagalnya misi yang harus dia jalani, serta bagaimana dia perlahan mulai mendapatkan kembali ingatan lamanya, Jason Bourne pun mulai mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi kepada dirinya. Dia juga berusaha untuk mencari tahu siapa pihak yang berusaha untuk mengincar nyawanya tersebut. Film The Bourne Identity memang tidak menghadirkan berbagai peralatan canggih layaknya James Bond.

Namun, di film ini, para penonton diajak untuk melihat kemampuan mengumpulkan intelijen dari Jason Bourne, kemampuan bertarungnya, serta alasan mengapa kemudian Jason Bourne begitu diburu. Disutradarai oleh Doug Liman, para penonton akan diajak untuk terus berpacu dengan adrenalin mereka di sepanjang ceritanya. Hampir tidak ada jeda untuk tensi ceritanya turun. Tidak mengherankan jika situs rating IMDb memberikan nilai 8.0/10.

2 The Ipcress File

The Ipcress File merupakan salah satu film mata-mata klasik terbaik. Filmnya diadaptasi dari novel karya Len Deighton dengan nama yang sama. Yang menarik adalah The Ipcress File rilis di tahun 1965, di mana pada masa tersebut franchise James Bond sedang dalam masa kejayaanya. Meskipun secara popularitas film ini kalah dari James Bond, namun bukan berarti secara cerita pun filmnya tidak menarik.

The Ipcress File berceritaa tentang seorang mata-mata asal Inggris bernama Harry Palmer yang diperankan oleh Michael Caine. Berbeda dengan James Bond, sosok Harry Palmer justru harus mengalami banyak kesulitan terutama yang berkaitan dengan masalah birokrasi. Gaya hidup dari Harry Palmer juga jauh dari kata mewah seperti yang biasa film James Bond perlihatkan.

Harry Palmer justru harus menjalani kehidupan pasca perang di eropa. Film ini menghadirkan perbedaan yang kontras antara James Bond dan juga agen mata-mata dari Inggris lainnya. Michael Caine sendiri sempat beberapa kali memerankan sosok Harry Palmer dan meskipun kalah pamor dari film James Bond, The Ipcress File tetap dianggap sebagai salah satu film mata-mata terbaik di Inggris.

1 North By Northwest

Film mirip James Bond yang memacu adrenalin terakhir adalah North by Northwest. Film garapan Alfred Hitchcock ini rilis pada tahun 1959 dan dianggap sebagai film terbaik untuk genre mata-mata. Film klasik ini menghadirkan cerita tentang seorang pemimpin bagian iklan bernama Roger Thornhill yang diperankan oleh aktor legendaris Cary Grant. Banyak pihak yang salah duga jika Roger adalah agen pemerintah.

Akibat dari hal tersebut kehidupan dari Roger pun berubah drastis. Dia justru diburu oleh banyak pihak dari seluruh negeri. Roger juga diincar oleh sebuah organisasi misterius yang menginginkannya mati. Salah satu hal yang membuat film North By Northwest luar biasa adalah bagaimana Alfred Hitchcock sukses membangun suasana atau mood dari filmnya dengan menghadirkan ketegangan di ceritanya, sesuatu yang memang sudah jadi keahliannya.

Kualitas akting dari Grant sebagai Thornhill juga dianggap sebagai salah satu faktor film ini sukses dan populer. Yang juga membuat film North By Northwest populer adalah munculnya adegan ikonik yang cukup banyak ditirukan oleh berbagai judul film. Meskipun sudah berusia puluhan tahun, film North By Northwest tetap dianggap sebagai salah satu salah satu film karya Hitchcock terbaik dan film mata-mata terbaik yang jadi inspirasi bagi film lain.

Franchise James Bond memang harus diakui merupakan franchise film bertema mata-mata paling besar di Hollywood. Hal ini bahkan sudah bertahan sejak puluhan tahun silam. Meskipun begitu, bukan berarti tidak ada film mata-mata lainnya yang mirip franchise James Bond yang bisa memacu adrenalin. Contohnya adalah berbagai judul di atas.

Exit mobile version