Home COMIC COMIC FEATURES 5 Versi Joker Paling Heroik!

5 Versi Joker Paling Heroik!

Joker adalah musuh bebuyutan Batman. Dia dikenal dengan senyum lebar dan rambut hijau, sering kali menggunakan riasan wajah putih dan bibir merah yang mencolok. Dia adalah penjahat yang sangat cerdas, kejam, dan tak terduga, sering menggunakan trik keji dan senjata aneh dalam upayanya mengalahkan Batman. Nah menariknya nih Geeks, meski sering digambarkan sebagai villain, ternyata ada juga versi Joker yang dikenal heroik. Joker dalam daftar ini sudah terbukti pernah membantu banyak orang, bahkan membantu Batman atau yang lainnya dalam mengalahkan musuh jahat. Siapa saja versi Joker paling heroik? Simak berikut ini!

5 Batman: White Night

Dalam komik Batman: White Night, kita dikenalkan dengan salah satu Joker yang dikenal sangat baik dan heroik. Komik ini mengambil latar di realitas alternatif, di mana Joker memiliki identitas lain yaitu Jack Napier. Buat Geeks yang belum tahu, nama Jack Napier juga sempat digunakan Joker dalam film Batman besutan Tim Burton. Di sini, kita disuguhkan dengan Joker yang sebenarnya masih waras. Dia sembuh dari kegilaannya dan justru sangat berguna bagi Gotham. Dia memilih menjadi salah seorang anggota dewan di Gotham.

Joker menjadi anggota dewan karena dia ingin menghentikan korupsi yang marak terjadi di Gotham. Jika kalian ingat, niat itu juga pernah dimiliki oleh Harvey Dent, sebelum akhirnya bertransformasi menjadi Two-Face. Joker memang tidak menggunakan kekuatannya untuk menghentikan tingkat kejatahan, tetapi dia menggunakan kepintarannya untuk melakukan itu. Dengan cara itu, tingkat kejahatan di Gotham terbukti menurun drastis, berbeda dengan cara yang digunakan Batman pada umumnya. Oiya Geeks, komik ini sebenarnya menghadirkan cerita “kebalikan” di mana Joker menjadi sosok yang heroik, sementara Batman justru berakhir menjadi villain.

Dalam menyelamatkan Gotham, Joker tak beraksi seorang diri, karena dia juga ditemani oleh Harley Quinn. Buat kalian yang tertarik, kalian bisa membaca Batman: White Night yang rilis dari tahun 2018 hingga 2019. Komik tersebut menerima pujian kritis dan menjadi salah satu komik Batman paling populer dalam beberapa tahun terakhir. Kesuksesan besar komik ini membuat penggemar membandingkannya dengan beberapa komik Batman lain seperti The Dark Knight Returns, Batman: The Long Halloween, dan Batman: Earth One.

4 Batman: Going Sane

Batman: Going Sane menceritakan Joker yang juga berubah 180 derajat. Di sini, Joker tiba-tiba kembali mendapatkan kewarasannya setelah musuh terbesarnya, Batman, menghilang selamanya. Joker tidak lagi ingin melanjutkan kehidupan kriminalnya yang dulu sangat kejam dan tak kenal ampun. Terungkap bahwa selama ini, Batman lah yang menjadi alasan Joker menjadi jahat. Dan karena sudah tidak adalagi musuh bebuyutannya, Joker menjalani hidup normal untuk pertama kalinya.

Batman sendiri terbunuh oleh Joker, setelah gedung yang didatangi Batman meledak karena sebuah bom. Dan jasad dari Batman pun dibuang ke dalam sungai. Ketika menjadi waras, Joker kemudian mengubah namanya menjadi Joseph Kerr, dan setelah bertransformasi menjadi sosok berbeda, Joker bahagia dengan kehidupannya tersebut. Beberapa kali Joker pun terlihat membantu orang-orang di sekitarnya, meskipun hanya membantu dalam urusan yang sederhana. Meskipun Joker berusaha menjalani kehidupan normal, ia kerap dihantui mimpi buruk. Dia mengalami mimpi buruk yang memperlihatkan dirinya sendiri dan Batman.

Sayangnya, transformasi Joker menjadi baik tidak terlalu lama karena pada akhirnya Joker kembali bertransformasi menjadi sosok jahat setelah bertemu kembali dengan Batman. Tetapi sebelum menjadi jahat lagi, Joker ternyata memiliki hubungan dengan tetangganya bernama Rebecca. Hubungan Joseph dengan Rebecca tidak seperti kisah cintanya yang toxic dengan Harley Quinn.

3 Dark Nights: Metal

Dalam komik Dark Nights: Metal, kita diperkenalkan dengan penjahat baru bernama Batman Who Laughs. Buat kalian yang belum tahu, Batman Who Laughs adalah villain campuran dari Batman dan Joker. Dia menjadi sosok yang sempurna, karena selain kuat, Batman Who Laughs juga sangat cerdas. Batman Who Laughs berasal dari Earth-22, yang berada di Dark Multiverse, dan menjadi salah satu dari tujuh versi jahat Batman yang eksis.

Dan ketika Batman menyadari bahwa dia tidak akan bisa mengalahkan Batman Who Laughs dan Barbatos yang jahat sendirian, Batman pun menemui Joker dan meminta dia untuk membantunya dalam pertempuran. Mungkin kolaborasi Batman dan Joker terdengar aneh, tetapi keduanya terbukti bersedia untuk bekerja sama, dan melupakan konflik atara keduanya. Menariknya, Batman Who Laughs tadinya merupakan hero yang kehilangan kewarasannya akibat bertarung dengan Joker di universenya.

Dan kerja sama yang tak terduga antara Batman dan Joker ini mampu menghentikan rencana jahat Barbatos, dan membantu mengakhiri ancaman tersebut selamanya. Batman Who Laughs memang adalah sosok yang tidak memiliki moralitas, dan mengetahui setiap gerakan Batman, tetapi ketika Joker tiba, Joker mampu mengubah keadaan karena dia menjadi sosok yang tidak bisa diprediksi Batman Who Laughs.

2 Countdown

Joker dalam versi Countdown berasal dari Earth-3. Dia pun sangat berbeda dari yang kita kenal sekarang, karena Joker di sini bertukar peran dengan Batman. Joker di sini diceritakan sosok yang baik dan heroik sementara Batman selalu menjadi villainnya. Tetapi yang harus dicatat bahwa di versi Countdown, Joker bernama Jokerter sementara Batman bernama Owlman. Dan menariknya lagi, para karakter itu juga memiliki asal-usul yang berbeda.

Joker diceritakan seorang anak laki-laki yang diintimidasi dan tumbuh menjadi sosok heroik di kota Gotham. Dalam kisahnya, ia tumbuh menjadi seorang komedian bernama Jackie yang mampu mengatasi rasa sakitnya dengan melontarkan lelucon. Setelah Jackie mulai mengolok-olok Owlman, Owlman mengiris mulut Jackie, yang menyebabkan Jackie menyeringai permanen. Jackie kemudian menjadi Jokester dan berniat untuk melawan Owlman. Jokerter sendiri memiliki pikiran yang analitis dan terstruktur.

Meskipun tidak memiliki kemampuan super, dia mampu bertahan dalam pertempuran dengan supervillain, karena kepintarannya yang di atas rata-rata. Jokerter bersumpah bahwa dia akan membalaskan dendam atas kejahatan, dan menjadi pahlawan di Earth-3.

1 Detective Joker

Dalam komik Catwoman Annual #3, Joker mengambil alih peran yang biasa dimainkan oleh Batman. Di sini, ada kejutan menarik di mana ternyata Batman dan Catwoman menikah dan mereka diceritakan sebagai villain yang selalu bekerja sama. Sementara Joker tentu saja berada di sisi sebaliknya yaitu pahlawan. Menariknya, Joker diceritakan sebagai seorang detektif sekaligus polisi bernama Jack Bozer. Wajahnya terlihat penuh bekas luka, karena Jack Bozer alias Joker pernah masuk ke sebuah tong yang berisi bahan kimia.

Dalam komik tersebut juga, Catwoman dan Batman berniat untuk melakukan kejahatan terbesar yang pernah mereka lakukan. Namun Joker alias Jack Bozer tidak akan berhenti untuk menghentikan Catwoman dan Batman, karena Jack Bozer juga akan bekerja sama dengan Riddler. Kita pun dikenalkan dengan anak dari Catwoman dan Batman yaitu Dick Wayne yang juga menjadi Nightwing, namun dia berada di pihak jahat.

Dan setelah apa yang terjadi, Jack Bozer resmi menjadi komisaris polisi di Gotham. Ketika menjadi detektif, Jack Bozer mencapai kesuksesan besar, karena dia sudah beberapa kali memecahkan kasus-kasus besar. Selain itu, dia juga berhasil mengalahkan beberapa villain dengan tangannya sendiri.

Itulah dia Geeks beberapa versi Joker yang paling heroik. Mereka berbeda dengan Joker versi lainnya yang biasa kita lihat di DC Comics. Tentunya, kehadiran mereka memberikan warna baru dari sosok yang sering jadi musuh bebuyutan Batman ini.

Exit mobile version