Home COMIC COMIC FEATURES 8 Superhero DC yang Membenci Superman!

8 Superhero DC yang Membenci Superman!

Di universe DC Comics, sosok Superman adalah karakter superhero yang sangat populer namun sebagian superhero justru membenci karakter tersebut. Selama puluhan tahun, rasanya hampir tidak ada karakter superhero yang sebesar dan sepopuler Superman. Hampir semua orang di dunia dan semua kalangan tahu siapa sosok superhero dari planet Krypton tersebut. Di cerita komiknya, Superman memiliki beberapa villain ikonik seperti Lex Luthor, Doomsday, dan sebagainya. Namun, ternyata ada beberapa superhero yang justru membenci dan jadi musuh Superman.

8 Orion

Orion merupakan salah satu New Gods dalam cerita DC Comics. New Gods sendiri merupakan sebuah konsep yang unik dan aneh dari universe DC. Banyak Geeks yang mungkin sudah mengetahui jika Orion merupakan putra dari sang pemimpin planet Apokolips dan salah satu villain terkuat yang ada di DC Universe, yaitu Darkseid. Meskipun Orion adalah putra dari Darkseid, dia sangat berbeda dengan sang ayah.

Orion memutuskan untuk menjadi sosok yang beda dengan sang ayah, di mana dia lebih menggunakan kekuatan super yang dia miliki untuk kebaikan dan bukan digunakan untuk kejahatan seperti Darkseid. Meskipun begitu, Orion masih mewarisi sifat ayahnya yang memang sangat serampangan dan berani. Hal ini pun membuat Orion tidak jarang harus baku hantam dengan Superman.

Salah satu contoh nyata dari hal ini tterjadi dalam cerita komik New 52. Pada saat itu, Justice Leage datang ke Apokolips dan Orion pun diceritakan kalah. Semenjak saat itu, Orion memiliki dendam dan jadi salah satu superhero yang membenci Superman. Meskipun keduanya adalah Superhero, perbedaan moral dan sikap menjadi alasan mengapa Orion sangat membenci Superman.

7 Lobo

Sebenarnya, sangat sulit untuk menentukan apakah Lobo merupakan superhero atau anti-hero atau bahkan villain. Namun, dalam pembahasan kali ini Lobo masuk kategori sebagai superhero. Dalam cerita komik DC, Lobo adalah bounty hunter yang bekerja antar galaksi. Yang menarik adalah mungkin tidak banyak Geeks yang tahu jika Lobo nyatanya pernah beberapa kali bertarung dengan Superman.

Sebagai seorang bounty hunter – dan anti-hero serta villain – layaknya Orion, sikap dari Lobo tentunya sangat berbeda dengan Superman atau para anggota justice League lainnya. Dia tidak memiliki nilai moral yang jelas layaknya para superhero lain. Bagi Lobo, selama itu menghasilkan uang dan keuntungan maka akan dia kerjakan. Prinsip ini tentunya berbeda dengan Superman.

Perbedaan sikap inilah yang membuat Lobo kemudian membenci Superman dan jadi momen di mana mereka sering kali bertarung satu sama lain. Selain Superman, sebenarnya tidak banyak superhero yang bisa dan mau bekerja sama dengan Lobo mengingat sikap dan karakternya tersebut. Inilah yang membuat Lobi jadi salah satu karakter lone wolf atau yang lebih senang beraksi sendiri.

6 Deathstroke

Sama halnya seperti Lobo, sulit untuk mendefinisikan Deathstroke sebagai seorang superhero. Pasalnya, dia juga merupakan bounty hunter, mercenary, anti-hero, dan bahkan villain. Ini juga yang membuat Deathstroke memiliki sikap dan perilaku yang sama seperti Lobo yaitu berani, tidak kenal ampun, dan memiliki prinsip sendiri. Sikap inilah yang membuat Deathstroke sering berselisih dengan para superhero, termasuk Superman.

Dalam cerita komiknya sendiri, Deathstroke memang lebih sering berurusan dengan Batman dan Teen Titans. Tetapi, bagaimana Deathstroke tidak ragu menghabisi nyawa orang lain membuat Superman membenci sosok Deathstroke begitu juga sebaliknya. Salah satu pertarungan Deathstroke menghadapi Superman terjadi dalam komik Deathstroke #9 di mana Deathstroke hampir menghabisi Superman.

Dalam ceritanya, Deathstroke dan Wonder Woman bekerja sama untuk menghadapi sosok Titan dari planet lain yaitu Lapetus. Superman sendiri salah menduga jika Deathstroke penyebab kekacauan tersebut. Deathstroke sendiri memiliki sebuah pedang kuno Godkiller yang hampir menghabisi nyawa Superman, karena efek sihir di dalamnya. Untungnya, Wonder Woman menengahi salah paham tersebut.

5 Guy Gardner

Karakter superhero lain yang membenci Superman akibat perbedaan sikap yang mereka tunjukan. Guy Gardner mungkin tidak sepopuler Hal Jordan. Namun, dia adalah salah satu pemegang titel yang tidak kalah ikonik dari Green Lantern. Sebagai salah satu anggota Green Lantern Corps dan juga bagian dari Justice League, Guy Gardner harus berhadapan dengan banyak superhero termasuk Superman.

Namun, Guy Gardner adalah sosok superhero yang memiliki sifat kekanak-kanakan serta sering berbuat onar dan brutal. Dia pun terkadang merasa lemah dan tidak dibutuhkan jika membandingkan dirinya dengan para superhero DC lain. Namun, perannya sebagai Green Lantern Corps, yang notabene adalah penjaga alam semesta, membuat Guy Gardner terkadang merasa lebih superior daripada yang lain.

Meskipun Guy Gardner selalu berusaha menunjukan dirinya di mata orang lain, namun pada akhirnya semua orang mengalihkan pandangannya kepada sosok Superman. Hal inilah yang membuat Guy Gardner membenci Superman, di mana dia tidak senang dengan semua perhatian dan fokus terhadap sang superhero. Cukup banyak cerita Guy Gardned berusaha menghajar Superman, namun ada satu cerita yaitu Death Metal: Multiverse’s End #1 di mana dia mengalahkan Superman versi Earth-X yaitu Overman.

4 Booster Gold

Superhero yang memiliki kekuatan yang dahsyat, meskipun tidak sebesar dan sedahsyat kekuatan milik Superman. Dia juga merupakan sosok superhero dan pribadi yang haus akan perhatian dan sorotan dari orang lain, tetapi lagi-lagi dia tidak bisa jauh lebih lebih populer dan jauh lebih mendapatkan sorotan media daripada sosok Superman. Dengan sikap tersbeut rasanya tidak mengherankan jika Booster Gold jadi salah satu superhero yang membenci Superman.

Kebencian yang sama juga Superman rasakan terhadap Booster Gold. Jauh di lubuh hati Superman dia tahu jika Booster Gold sebenarnya adalah sosok yang baik. Namun, sikap yang sering dia tunjukan sering kali pada akhirnya membuat Superman membenci sosok Booster Gold. Sikap ini juga yang kemudian membuat Superman dan Booster Gold sangat jarang muncul bersama atau saling bekerja sama.

Dalam sejarah kemunculan Booster Gold di DC Comics, beberapa kali Superman dan Booster Gold saling bertarung satu sama lain. Meskipun dalam beberapa cerita Booster Gold mampu melumpuhkan Superman, namun hasil akhir dari pertarungan tersebut sering kali dimenangkan oleh Superman. Seperti yang disebutkan di awal jika Booster Gold memang kuat, tapi tidak sekuat Superman.

3 Aquaman

Mungkin, Geeks penasaran dan heran mengapa Arthur Curry alias Aquaman bisa jadi salah satu superhero DC yang membenci Superman. Dalam banyak cerita, baik di komik atau di filmnya, Aquaman merupakan salah satut rekan dari Superman. Mereka bahkan berada di tim Justice League yang sama. Tetapi, meskipun mereka sering bekerja sama ternyata Aquaman dan Superman memiliki perbedaan.

Perbedaan antara Superman dan Aquaman ini berkaitan dengan kekuatan mereka masing-masing dan sudah terjadi sejak bertahun-tahun. Salah satu contohnya adalah ketika Aquaman berusaha untuk menangkap Lex Luthor atas kejahatan yang dia lakukan yang berdampak pada penduduk Atlantis. Namun, Superman kemudian mencegah Aquaman untuk melakukan hal tersebut.

Hal itu juga bersinggungan dengan momen lain di mana terkadang Superman dan Aquaman berselisih mengenai para penduduk laut – yaitu Atlantis – dan penduduk daratan  – yaitu Amerika – yang diwakili oleh Superman. Perbedaan prinsip dan moral serta kekuatan bahkan sudut pandang membuat keduanya tidak jarang saling membenci satu sama lainnya.

2 John Constantine

Sedari awal, sosok John Constantine memang tidak pernah akur atau bekerja sama dengan baik bersama para superhero dari DC Universe lainnya. Seperti halnya Lobo dan Deathstroke yang menangani berbagai hal sendiri, John juga sering dan lebih senang menangani kasus yang berbau supranatural dan sihir sendirian. Dan sihir merupakan salah satu kelemahan terbesar dari Superman.

Inilah yang membuat John Constantine jarang bekerja sama dengan Superman. Namun, di sisi lain, John Constantine enggan bekerja sama dengan Superman dan membencinya karena dia kalah dalam hal kekuatan serta menganggap Superman sebagai sosok yang tidak bisa dipercaya. Superman sendiri berpikir jika John Constantine tidak layak dianggap sebagai pahlawan, karena dianggap terlalu banyak menggunakan sihir hitam.

Meskipun begitu, Constantine sendiri meyakini jika dia melakukan semua hal yang dia lakukan selama ini sebagai sebuah tindakan “heroik.” Dia rela melakukan apapun demi menghentikan ancaman yang ada, sesuatu yang tidak akan pernah Superman berani untuk lakukan dengan kekuatan yang dia miliki. John justru menganggap Superman sebagai sosok pahlawan yang “setengah hati” karena tidak mengerahkan semua kekuatannya.

1 Batman

Superhero DC yang membenci Superman yang terakhir dan paling populer tidak lain adalah Batman. Tidak ada dua superhero yang memiliki hubungan sekompleks antara Batman dan Superman. Dalam banyak sekali cerita, Batman merupakan rekan yang sangat dipercaya oleh Superman. Bahkan, Batman tidak jarang mengandalkan sosok Superman dan jadi “senjata rahasia” miliknya.

Namun, di sisi lain, Batman sering kali bertarung dengan Superman. Ada banyak cerita yang memperlihatkan Superman dan Batman saling baku hantam. Misalnya dalam cerita The Dark Knight Return, Bruce Wayne yang sudah tua bahkan tidak peduli dengan nyawanya sendiri dan menantang Superman untuk bertarung dengan bantuan dari Oliver Queen. Memang, pada akhirnya, Batman harus mengakui kekalahannya karena jantungnya melemah.

Seperti yang Geeks ketahui, Batman adalah sosok yang paranoid, selalu mempersiapkan segala skenario terburuk, dan yang paling penting dia tidak percaya kepada siapapun. Bahkan, dia tidak percaya dengan rekan timnya sendiri di Justice League termasuk Superman. Batman menganggap Superman sebagai ancaman paling besar bagi bumi apalagi dengan kekuatan super yang dia miliki. Inilah yang membuat Batman selalu membawa Kryptonite ke mana pun dia berada.

Superman memang adalah superhero yang paling populer dan kuat di DC Universe. Dialah harapan bagi umat manusia dan bumi, selain juga para superhero lainnya. Namun, ternyata, tidak semua superhero sepakat dan sejalan dengan Superman. Sebagian superhero DC justru membenci sosok Superman.

Exit mobile version