Home MOVIE MOVIE FEATURES 5 Film Samurai dari Hollywood!

5 Film Samurai dari Hollywood!

Dalam arti khusus, samurai adalah golongan kesatria atau elite militer pada zaman feodalisme di Jepang. Tetapi sekarang samurai telah mengalami pergeseran makna menjadi lebih sederhana. Sekarang, pengguna pedang atau katana akan dianggap sebagai seorang samurai. Mereka menggunakan pedang sebagai alat pertarungan, demi melawan musuh. Nah jika mengacu pada makna di atas yang lebih sederhana, sebenarnya ada beberapa film dari Hollywood yang menampilkan para samurai. Dan berikut adalah beberapa film Hollywood yang tampilkan samurai. Apa saja? Simak berikut ini Geeks!

5 The Last Samurai

The Last Samurai dirilis pada tahun 2003 dan disutradarai oleh Edward Zwick. Cerita filmnya berlatar belakang era Meiji di Jepang, pada tahun 1876, dan mengikuti kisah Nathan Algren yang diperankan Tom Cruise. Algren seorang veteran perang Amerika yang terlibat dalam pelatihan tentara Jepang untuk melawan kaum samurai yang memberontak melawan modernisasi Jepang.

Algren awalnya bekerja sebagai konsultan militer bagi pemerintah Jepang, yang berusaha menggantikan kekuatan tradisional samurai dengan pasukan militer modern. Namun, setelah ditangkap oleh samurai, Algren mulai memahami nilai-nilai budaya samurai dan mulai meragukan moralitas perang yang ia perjuangkan. The Last Samurai mendapatkan respon yang positif, dan masuk 4 nominasi Oscar.

4 47 Ronin

47 Ronin disutradarai oleh Carl Rinsch dan terinspirasi dari kisah nyata tentang 47 samurai Jepang yang membalas dendam atas kematian daimyo (penguasa feodal) mereka, Lord Asano Naganori, yang dipaksa untuk melakukan seppuku setelah terlibat dalam sebuah insiden di Istana Edo. Dalam versi film ini, Keanu Reeves memerankan karakter utama bernama Kai, seorang campuran manusia dan roh, yang ditemukan oleh Lord Asano dan dibesarkan bersama-sama dengan putri Asano, Mika.

Setelah kematian Lord Asano, samurai-samurai tersebut menjadi ronin, dan mereka bersama-sama merencanakan balas dendam terhadap Kira, pembunuh Lord Asano dan musuh bebuyutan mereka. Sayangnya, film ini mendapat kritik karena menambahkan elemen-elemen supernatural yang tidak ada dalam versi sejarah asli cerita 47 Ronin.

3 Kill Bill

Kill Bill memadukan unsur-unsur dari berbagai genre film, termasuk seni bela diri, revenge thriller, dan neo-noir. Kill Bill awalnya direncanakan sebagai satu film utuh, tetapi pada akhirnya dibagi menjadi dua bagian: Kill Bill: Volume 1 dan Kill Bill: Volume 2. Filmnya menceritakan Beatrix Kiddo (Uma Thurman), yang dikenal dengan nama samurai “The Bride,” dibunuh oleh pasangannya, Bill (David Carradine).

Namun, The Bridge selamat dari pembantaian tersebut. Setelah menghabiskan empat tahun dalam keadaan koma, dia bangun dengan niat balas dendam yang kuat terhadap Bill dan kelompoknya. Quentin Tarantino memang sengaja membuat film ini sebagai penghormatan pada film samurai yang dulu sering tayang di TV.

2 Blade of the 47 Ronin

Blade of the 47 Ronin adalah film yang digarap oleh Universal Studio, dan sempat tayang di Netflix. Sebenarnya, film ini dimaksudkan sebagai sekuel 47 Ronin. Tetapi filmnya berakhir gagal. Secara garis besar, filmnya menceritakan tentang pertarungan pendekar yang mengambil latar di masa mondern. Yap filmnya memang berlatar 300 tahun setelah film 47 Ronin.

Di sini kita akan diceritakan bagaimana terbunuhnya Lord Arai, yang diyakini sebagai keturunan terakhir dari 47 prajurit Ronin oleh klan penyihir. Meskipun awalnya para penyihir percaya bahwa mereka telah mengakhirir pemerintahan samurai, tetapi sebenarnya masih ada satu lagi keturunan Ronin yang masih hidup. Menariknya, keturunan tersebut adalah seorang pencopet asal New York bernama Luna.

1 Snake Eyes

Snake Eyes mengikuti kisah awal dari salah satu karakter paling ikonik dalam waralaba G.I. Joe, yakni Snake Eyes, yang diperankan oleh Henry Golding. Setelah bertahun-tahun merasa bersalah karena kecelakaan tragis yang menewaskan saudara perempuannya, Snake Eyes bergabung dengan klan Arashikage. Di sana, ia dilatih dalam seni bela diri dan menjadi anggota keluarga angkat dalam klan tersebut. Namun, ketika rahasia masa lalu Snake Eyes terungkap, ia harus memilih antara keberlanjutan hidupnya dalam kehormatan klan Arashikage atau mengambil jalur gelap untuk membalaskan dendam.

Dalam film ini, kita bisa melihat berbagai pertarungan yang melibatkan para pengguna pedang. Tetapi selain pedang, kita juga diperlihatkan dengan berbagai senjata api. Meski ini bukan film yang murni tentang samurai, tetapi banyaknya pengguna pedang dalam film ini, membuat kita memasukkannya dalam daftar.

Itulah dia Geeks beberapa film samurai yang berasal dari Hollywood. Film-film itu menampilkan para karakter yang menggunakan pedang sebagai senjata utamanya, meski dalam beberapa kasus, mereka juga menggunakan senjata lain selain pedang.

Exit mobile version