Home MOVIE MOVIE FEATURES 4 Kematian Godzilla Paling Tragis!

4 Kematian Godzilla Paling Tragis!

Siapa yang tidak mengetahui Godzilla? Dalam beberapa iterasi, dia sering digambarkan sebagai sosok pelindung Bumi. Tetapi adajuga iterasi yang menggambarkan bahwa Godzilla adalah monster jahat yang harus dihentikan penduduk Bumi. Untuk mengalahkan Godzilla, bukan perkara mudah. Berbagai monster hebat pernah mencoba mengalahkannya, tetapi sedikit yang berhasil. Manusia pun kesulitan jika harus menghentikan Godzilla karena tubuhnya sangat kuat dan sulit ditembus senjata apapun. Tetapi menariknya, ada momen di saat Godzilla diceritakan tewas secara tragis. Kapan saja momen kematian Godzilla? Simak berikut ini!

4 Godzilla, Mothra, and King Ghidorah: Giant Monsters All Out Attack

Franchise Godzilla kembali dihidupkan kembali di tahun 2001, lewat film berjudul Godzilla, Mothra, and King Ghidorah: Giant Monsters All Out Attack. Meski berada di era Millenium, tetapi film tersebut tidak terhubung dengan film Godzilla 2000: Millenium, dan justru terhubung dengan film Godzilla yang rilis tahun 1954. Dalam Giant Monsters All Out Attack, Godzilla diceritakan tewas akibat Oxygen Destroyer. Namun selama bertahun-tahun setelah kematiannya, Godzilla bisa hidup kembali karena arwah orang Jepang yang terbunuh dalam Perang Dunia II memasuki tubuh Godzilla dan memberikannya kehidupan baru. Jika dalam film lainnya Godzilla digambarkan sebagai pahlawan Bumi, kali ini dia berbeda.

Godzilla menjadi mesin pembunuh dan jahat. Dihidupkannya kembali justru memicu para monster suci yaitu Mothra, King Ghidorah, dan Baragon, muncul untuk melindungi Jepang dari kehancuran yang disebabkan oleh Godzilla. Tetapi Godzilla mampu membunuh mereka semua satu per satu. Tetapi ketiga monster itu berhasil kembali di akhir film dan saling bekerja sama mengalahkan Godzilla yang mengamuk. Beruntung karena upaya Mothra, King Ghidorah, Baragon, dan umat manusia membuahkan hasil, di mana manusia berhasil menembakkan rudal ke dalam mulut Godzilla dan meledakannya dari dalam. Tubuh Godzilla memang hancur, dan jantungnya pun terhempas ke dasar laut. Tetapi menariknya jantung itu masih berdetak, dan itu sepertinya bukan kematian permanen bagi Godzilla.

3 Godzilla (1998)

Film ini dirilis pada tahun 1998 dan disutradarai oleh Roland Emmerich. Menariknya, ini adalah film Godzilla pertama yang diproduksi oleh Hollywood. Dalam film ini, Godzilla memiliki desain yang berbeda dari versi klasik Jepang. Desainnya lebih mirip dengan iguana raksasa dengan postur yang lebih ramping. Selain itu, Godzilla dalam film ini lebih besar daripada versi Jepang tradisional, mencapai tinggi sekitar 60 meter. Sayangnya, Godzilla diceritakan mati dalam film ini, dan kematian Godzilla seolah mengkonfirmasi bahwa dia di sini jauh lebih lemah ketimbang versi lainnya.

Menjelang akhir film, Godzilla yang mengamuk di New York mulai menuju jembatan Brooklyn. Namun tempat tersebut justru menjadi kuburan terakhirnya. Ketika berada di jembatan tersebut, Godzilla tersangkut di kabel-kabel jembatannya. Melihat adanya peluang, pihak militer pun secara membabi-buta mulai melancarkan serangan ke tubuh Godzilla. Rentetan tembakan itulah yang akhirnya mampu merubuhkan Godzilla. Mungkin cara itu terlalu mudah bagi Godzilla untuk dikalahkan. Padahal kita tahu sebelumnya bahwa rentetan tembakan rudal dan ledakan pun tidak mampu menghabisi Godzilla.

2 Godzilla (1954)

Godzilla (1954) menjadi film Godzilla pertama yang pernah dibuat. Sutradara beruntung yang berkesempatan membuat film ini adalah Ishiro Honda. Meski anggarannya terbatas, film ini sangat sukses secara kritis dan komersial, sehingga memicu lahirnya sebuah franchise yang masih hidup hingga sekarang. Di film ini, kita disuguhkan cerita asal-usul Godzilla, yang kemunculannya menimbulkan kehancuran dan memakan nuklir sebagai sumber energinya. Meskipun ini film pertamanya, tetapi Godzilla tidak hidup lama. Ketika militer Jepang mengetahui bahwa persenjataan mereka terbatas, mereka membuat sebuah senjata yang bisa menghentikan Godzilla yaitu Oxygen Destroyer.

Di sini, Dr. Serizawa melakukan pengorbanan heroik dengan menerbangkan kapalnya menuju lokasi Godzilla dan mengerahkan Oxygen Destroyer kepada Godzilla. Ketika diaktifkan di dalam air, senjata tersebut mampu menghilangkan oksigen yang ada disekitar Godzilla, dan mampu membunuhnya dalam hitungan detik. Tetapi itu hanyalah kematian Godzilla yang sementara, karena kurang dari setahun kemudian, Godzilla kembali dalam film Godzilla Raids Again yang rilis tahun 1965. Namun yang harus dicatat bahwa di film Godzilla Radis Again, Godzilla kedua secara diam-diam diciptakan melalui uji coba nuklir, sehingga melahirkan kaiju baru itu, yang berarti Godzilla tahun 1954 masih mati.

1 Godzilla vs Destoroyah

Godzilla vs Destoroyah dirilis pada tahun 1995 dan bagian dari era Heisei. Film ini dianggap penting dalam cerita Godzilla karena menampilkan pertempuran epik antara Godzilla dan musuhnya yang kuat, Destoroyah. Selain itu, film ini menunjukkan pertumbuhan Godzilla Junior, anak Godzilla, dan mengarah pada peristiwa dramatis yang mengubah nasib Godzilla. Di sini, Toho memang berencana mengakhiri franchise Godzilla era Heisei, dan mereka akhirnya memutuskan cara terbaik untuk menyelesaikan semuanya, yaitu dengan membunuh Godzilla. Dengan cara ini, ceritanya bisa memiliki ending yang tepat, sesuatu yang tidak pernah ditampilkan dalam era Showa.

Dalam film ini, Godzilla diceritakan sekarat karena krisis nuklir yang terjadi. Semua rakyat Jepang kemudian bersatu padu untuk membantu Godzilla. Namun keadaan berubah ketika konflik dengan Destoroyah dimulai. Menjelang akhir film, Godzilla junior harus tewas saat melawan Destoroyah. Setelah itu, Godzilla menghembuskan esensi kehidupannya ke dalam tubuh anaknya tersebut, sehingga membuat Godzilla junior hidup kembali. Godzilla kemudian memenangkan pertarungannya dengan Destoroyah. Tetapi setelah pertempuran yang dahsyat itu, Godzilla melebur hingga tidak ada yang tersisa darinya. Dia tewas, tetapi mampu memastikan bahwa penerusnya, Godzilla junior akan menjadi pelindung Bumi selanjutnya.

Itulah dia Geeks kematian Godzilla paling tragis yang pernah diceritakan dalam film. Meski pada akhirnya Godzilla kembali hidup hingga sekarang, tetapi kematian tersebut cukup berkenang di ingatan para penggemarnya. Di antara kematian tersebut, mana yang sudah kalian ketahui?

Exit mobile version