Home MOVIE MOVIE FEATURES 5 Perbedaan Mencolok Iron Man Komik & MCU!

5 Perbedaan Mencolok Iron Man Komik & MCU!

Siapa yang tak mengenal Iron Man? Dia adalah salah satu karakter favorit di MCU, berkat akting ciamik dari Robert Downey saat memerankan karakter tersebut. Setelah kematian Iron Man di Avengers: Endgame, MCU memang terasa berbeda. Tidak adalagi sosok yang sering membuat tawa penonton pecah. Nah menariknya nih Geeks, ternyata Iron Man yang muncul di MCU memiliki banyak perbedaan dari komiknya. Padahal, Iron Man memang diadaptasi dari komik Marvel. Lantas apa saja perbedaan mencolok Iron Man di komik dan MCU? Simak berikut ini Geeks!

5 Hubungan Percintaan

Dalam MCU, Iron Man alias Tony Stark memang masih digambarkan sebagai seorang playboy, sama seperti di komik. Tetapi “drama” percintaannya berakhir bersama dengan Pepper Potts. Keduanya memutuskan menikah dan memiliki anak, Morgan Stark. Sementara di komik, Pepper Potts sama sekali tidak menikah dengan Tony melainkan dengan Happy Hogan yang merupakan teman dekat Tony.

Dalam komik, tepatnya di Earth-616, Tony Stark memang tidak pernah menemukan cinta abadi, tetapi dia sering bergonta-ganti pasangan, terutama dengan pahlawan super wanita lainnya dari Avengers, Guardians of the Galaxy, bahkan X-Men sekalipun. Dia memang hanya ingin berfokus sebagai pahlawan super, sehingga tidak pernah menunjukkan bahwa dia ingin membangun keluarga.

4 Tidak Humoris

Selama ini, kita selalu disuguhkan dengan lelucon sarkastik, dan sindiran yang dilontarkan dari mulut Tony Stark di MCU. Maka dari itulah, di hampir setiap kemunculannya, Tony Stark selalu mengundang gelak tawa penonton. Karena dialah yang membawa sisi humoris dari Avengers. Tetapi tahukah kalian bahwa di komik, Tony sebenarnya berbeda drastis karena dia tidak selucu versi MCU. Malahan di komiknya, Tony Stark digambarkan sebagai sosok yang lebih serius, terutama ketika menyangkut keamanan Bumi.

Tony Stark di komik menjadi lebih serius mungkin karena banyaknya ancaman dan pertarungan yang telah dia alami. Dan semua kejadian itulah yang menempanya menjadi pria yang serius dan tidak periang. Tetapi justru inilah menariknya, karena penggemar bisa memilih versi mana yang menjadi favorit, apakah komiknya atau justru filmnya.

3 Asal-usul Berbeda

Dalam komik, Tony Stark sebenarnya adalah anak yang diadopsi. Dia diadopsi oleh keluarga Starks yang kaya raya. Nah, ayah aslinya (bernama Jude) adalah seorang double agent yang bekerja untuk SHIELD dan HYDRA. Nah ketika ibu Tony (Amanda) mengetahui siapa sebenarnya Jude, Amanda akhirnya membunuh Jude, dan pergi ke Nick Fury untuk meminta bantuan. Setelah Tony lahir, dia ditinggalkan di panti asuhan Bulgaria, dan ketika Howard Stark mengetahui semua ceritanya, dia mengadopsi Tony yang masih bayi.

Tentu saja ini berbanding terbalik dengan di MCU, di mana Tony Stark adalah anak kandung dari Howard Stark dan Maria Stark. Namun dalam film Civil War, terungkap bahwa kedua orang tuanya dihabisi oleh Winter Soldier, yang ketika itu menjadi jahat akibat cuci otak yang dilakukan HYDRA. Kematian itujugalah yang secara tak langsung turut memecah Avengers menjadi dua kubu.

2 Merahasiakan Identitas

Di akhir film Iron Man pertama, Tony Stark mengungkap bahwa di adalah Iron Man, dan identitas rahasianya itu akhirnya terbongkar ke publik. Menarik memang, karena sejak awal kariernya sebagai Iron Man, Tony sudah membongkar identitasnya. Ketika Iron Man beraksi menghadapi villain, maka orang-orang mengetahui bahwa sosok dibalik armor tersebut adalah Tony Stark. Hal tersebut memang berbeda dari komik.

Tony Stark masih terus merahasiakan identitas Iron Man selama bertahun-tahun, dan mengatakan kepada publik bahwa Iron Man adalah pengawal pribadinya alias bodyguard. Awalnya, Tony Stark juga tidak memberi tahu Avengers bahwa dia adalah Iron Man. Tetapi di tahun-tahun berikutnya, Tony akhirnya mengungkapkan identitasnya tersebut. Tetapi untuk waktu yang sangat lama, tidak ada yang tahu bahwa Tony Stark adalah Iron Man.

1 Bukan Pencipta Ultron

Dalam Avengers: Age of Ultron, Tony Stark dan Bruce Banner-lah yang menciptakan Ultron. Ultron diciptakan dengan harapan bahwa dia bisa menjadi garis pertahanan pertama di Bumi dari setiap ancaman yang muncul. Tetapi setelah dihidupkan, Ultron mempelajari banyak hal, hingga akhirnya dia menganggap bahwa manusialah yang menjadi ancaman bagi Bumi dan karena itulah dia berencana memusnahkan manusia yang tersisa.

Core dari cerita komiknya memang serupa, tetapi yang harus dicatat bahwa bukan Iron Man dan Bruce Banner yang menciptakan Ultron melainkan Hank Pym. Di komiknya, Pym juga anggota pendiri Avengers, dan dia adalah Ant-Man. Pym juga menciptakan Ultron untuk melindungi Bumi, namun dia berakhir menyerang Bumi dan memusnahkan umat manusia.

Itulah dia Geeks beberapa perbedaan mencolok dari Iron Man komik dan MCU. Perbedaan itu cukup besar, tetapi tidak membuat karakter Iron Man di MCU menjadi aneh dan tidak disukai. Justru orang-orang lebih menyukai Iron Man yang tampil di MCU.

Exit mobile version