Home COMIC COMIC FEATURES 8 X-Men yang Gabung Avengers!

8 X-Men yang Gabung Avengers!

X-Men adalah salah satu tim superhero paling terkenal dan ikonik dalam sejarah buku komik. Anggota X-Men terdiri dari para mutan, manusia yang memiliki kemampuan super alami yang muncul sebagai hasil dari mutasi genetik. Mereka dipimpin oleh Profesor Charles Xavier, seorang dengan kemampuan telepati dahsyat yang mendirikan sekolah khusus untuk mendidik para mutan, di mana mutan muda dapat belajar mengendalikan kekuatan mereka dan menggunakan mereka untuk membantu manusia. Nah menariknya nih Geeks, di komik Marvel, ternyata ada beberapa anggota X-Men yang justru bergabung dengan Avengers. Siapa saja mereka?

8 Wolverine

Rasanya semua orang tahu bahwa Wolverine juga seorang anggota Avengers. Sudah banyak komik yang menceritakan petualangan Wolverine bersama Avengers. Tetapi komik New Avengers #6 sepertinya menjadi yang ikonik, di mana komik tersebut menceritakan bergabungnya Wolverine ke Avengers, meski dia juga seorang anggota X-Men. Dalam komik ini, Avengers baru diperkenalkan. Walhasil, timnya menyertakan beberapa anggota baru seperti Spider-Man dan juga Wolverine.

Wolverine sendiri bergabung ke dalam tim tersebut karena Iron Man menyewanya dengan membayar mahal demi sebuah misi penting. Tetapi pada akhirnya Wolverine menetap dalam waktu yang cukup panjang, meski akhirnya dia menyadari bahwa “rumah” yang sebenarnya adalah bersama para mutan. Tetapi dia tetap membawa ID card Avengers bersamanya.

7 Beast

Sebagai pendiri X-Men, Beast mungkin menjadi mutan terakhir yang dibayangkan menjadi Avengers. Namun sosok yang tidak kita duga-duga ini kemudian resmi menjadi anggota Avengers dalam komik Avengers #15, yang rilis tahun 1976. Dalam Avengers, Beasts menjadi sosok yang mampu menghubungkan antara manusia dan mutan, dan dia berhasil mewujudkan impian yang sebelumnya diimpikan oleh Charles Xavier.

Dia pun mampu menjalin hubungan yang baik dengan rekan sesama Avengers seperti Wonder Man, di mana keduanya bersahabat akrab. Popularitas Beasts di Avengers pun meningkat drastis, tak seperti saat dirinya berada di X-Men. Beast dikenang sebagai X-Men yang kemudian memenuhi panggilan Avengers dan bergabung bersama mereka.

6 Storm

Ketika Avengers membutuhkan bantuan untuk menghadapi kekuatan Norman Osborn dan HAMMER, panggilan pun dibuat, untuk mengajak para pahlawan hebat bergabung. Dan X-Men berikutnya yang bergabung tak lain adalah Storm yang juga menjadi Ratu Wakanda. Beruntung karena Avengers akhirnya kedatangan mutan dengan kekuatan cuaca yang luar biasa dahsyat ini. Bersama dengan Wolverine, Storm selalu menjadi anggota inti dari X-Men, dan waktunya dengan Avengers menjadi bukti bahwa dia rela melakukan apapun untuk menyelamatkan dunia, termasuk bergabung dengan Avengers.

Storm bergabung dengan Avengers atas rekomendasi suaminya saat itu, Black Panther, dan dengan cepat menjadi salah satu anggota terkuat dalam tim tersebut. Dia dipisahkan dari barisan Avengers selama peristiwa Avengers vs. X-Men, tetapi selama waktunya dengan tim, Storm bertugas dengan sangat baik.

5 Quicksilver

Dalam Avengers #16, Stan Lee dan Jack Kirby melakukan sesuatu yang belum pernah terdengar sebelumnya. Mereka menggantikan susunan tim Avengers dengan anggota yang hampir sepenuhnya baru, di mana sebagian besar terdiri dari mantan penjahat. Salah satu karakter yang bergabung dengan Captain America dalam tim ini Quicksilver. Sebelum bergabung dengan Avengers, Quicksilver adalah anggota Brotherhood of Evil Mutants pimpinan Magneto.

Sebenarnya Quicksilver tidak pernah menjadi anggota X-Men, tetapi dia pernah menjadi sub tim X-Men bernama X-Factor, yang dibentuk oleh Angel. Di Avengers, Quicksilver memang sering memberontak dan dianggap sombong. Tetapi dia selalu membuktikan dirinya bahwa dia layak mendapatkan gelar Avengers, meskipun masa lalunya yang penuh kekerasan.

4 Firestar

Firestar alias Angelica Jones baru-baru ini bergabung dengan X-Men. Tetapi sebenarnya dia sudah lama menjadi anggota Avengers, semenjak komik-komik besutan Kurt Busiek dan George Perez beken pada akhir tahun 90-an. Mutan yang memiliki kekuatan api ini telah berpartisipasi dalam banyak cerita klasik, termasuk cerita Ultron karya Busiek dan Perez yang banyak dibaca oleh orang.

Dia awalnya merupakan anggota Hellions dan New Warriors, sebelum akhirnya Firestar bergabung dengan Avengers bersama pacarnya, Justice, dan dia mampu membuktikan kemampuan heroiknya sebagai salah satu anggota Avengers yang kuat. Dia kemudian membawa semua pengalamannya dari Avengers ke dalam tim X-Men.

3 Havok

Salah satu pemimpin X-Men, Cyclops, mungkin tidak pernah bergabung dengan Avengers, tetapi adiknya yang masih muda, Havok, melakukannya dalam komik Uncanny Avengers. Havok dipilih langsung oleh Captain America untuk memimpin tim pahlawan ini dan dengan cepat menjadi pemimpin Avengers yang hebat, membimbing timnya melalui konflik-konflik besar melawan Apocalypse dan Kang.

Seperti kebanyakan karakter X-Men dan Avengers, kontinuitas karakter Havok dengan cepat menjadi rumit dan dia terjebak dalam konsep waktu. Dalam alam semesta alternatif, Havok menikahi dan memiliki seorang putri dengan Wasp, dan kemudian harus memperbaiki alur waktu untuk menyelamatkan realitas, mengorbankan putrinya dalam prosesnya. Jadi untuk urusan pengalaman, Havok sudah tidak diragukan lagi.

2 Sunspot

Sunspot bergabung dengan Avengers pada saat yang sama dengan sahabatnya, Cannonball. Sunspot berbanding terbalik dengan Canonball, di mana dia memiliki karisma, yang membuatnya seolah-olah pantas menjadi Avengers. Dia juga sombong, merasa penting, dan berusaha tampil seheroik mungkin. Seperti Cannonball, Sunspot pernah menjadi anggota New Mutant, anggota X-Force, dan anggota X-Men sebelum bergabung dengan para pahlawan elit dunia. Prestasinya dalam Avengers sangat diingat.

Selama menjadi Avenger, Sunspot berhasil mengalahkan organisasi jahat yang juga menjadi incaran terbesar Avengers, yaitu AIM, yang berisikan para ilmuwan gila. Bagaimana Sunspot mengalahkan AIM? Apakah dia berhasil menghabisi seluruh anggota dan menghancurkan markas AIM menggunakan kekuatannya? Ternyata tidak, Sunspot membeli AIM, lengkap dengan berbagai teknologi di dalamnya. Itu membuktikan bahwa Tony Stark bukan satu-satunya Avenger yang memiliki keberanian untuk menghabiskan miliaran demi menyelamatkan dunia.

1 8. X-23

Ketika Wolverine bergabung dengan Avengers, memang banyak penggemar yang kecewa dengan hal tersebut. Tetapi ketika klonnya, X-23, bergabung dengan Avengers Academy, banyak penggemar yang bersemangat. X-23 adalah seorang pahlawan muda ketika dia masuk ke Avengers Academy dan harus menahan sifat liar dalam dirinya.

Saat menjadi murid di Avengers Academy, dia berstatus baik di sekolahnya dan kehadirannya memberikan nuansa yang berbeda dalam Avengers Academy selama beberapa tahun. Dia juga pernah ikut membantu Avengers dalam mengalahkan beberapa musuh. Tetapi meski begitu, X-23 sebenarnya tidak pernah masuk dalam tim inti Avengers. Dia justru hanya masuk sebagai tim X-Men. Meski begitu, X-23 pernah bergabung dengan Avengers Academy.

Itulah dia Geeks beberapa X-Men yang pernah menjadi anggota Avengers. Menariknya ada beberapa di antara mereka yang disaat yang bersamaan menjadi anggota di kedua kubu tim pahlawan pelindung Bumi tersebut. Di antara mereka, mana yang menjadi favorit kalian Geeks?

Exit mobile version