Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Film Horor Indonesia Paling Mengerikan!

10 Film Horor Indonesia Paling Mengerikan!

Selain film bergenre drama, film-film Indonesia juga terkenal akan genre horor yang mana hal tersebut melahirkan beberapa film horor legendaris. Meskipun genre film lain banyak digandrungi oleh para pecinta film, namun film dengan genre horor masih tetap memiliki daya tarik tersendiri termasuk di perfilman Indonesia. Hal ini terbukti dari banyaknya film horor yang dirilis setiap tahunnya.

Para sineas Indonesia selalu berusaha untuk menggali berbagai cerita baru dan menarik untuk kemudian diangkat dalam berbagai film horor terbaru. Meskipun ada banyak film horor yang dirilis setiap tahunnya, namun memang tidak banyak film yang kemudian banyak disanjung para penonton dan bahkan menjadi film legendaris. Berikut adalah film horor Indonesia legendaris.

10 Danur 2: Maddah

Penulis novel Risa Saraswati berhasil menceritakan berbagai kisah horor dan menyeramkan ketika masa kecilnya dalam rangkaian tulisan novel. Salah satunya judul novel yang dia tulis adalah Danur. Kesuksesan novelnya tersebut kemudian diadaptasi ke layar lebar. Ada dua film Danur yang sudah diadaptasi yaitu Danur: I Can See Ghost dan Danur 2: Maddah. Namun, Danur 2: Maddah dianggap lebih seram dari film pertama.

Masih melanjutkan cerita pertama, filmnya menceritakan Risa yang tinggal bersama adiknya, Riri, dan tiga teman hantunya yang harus mengalami peristiwa mengerikan. Risa diceritakan pergi ke rumah tantenya, karena kedua orang tuanya harus pergi untuk dinas ke luar negeri. Namun, tanpa diduga di rumah sang tante tersebut Risa banyak mengalami peristiwa yang mengerikan.

9 Asih

Asih merupakan film horor Indonesia legendaris selanjutnya yang merupakan spinoff dari film Danur. Film ini juga merupakan salah satu karya novel dari Risa Saraswati. Ceritanya sendiri bersetting pada 37 tahun sebelum cerita utama Danur dimulai. Sosok wanita bernama Ita diceritakan baru saja melahirkan bayi perempuannya. Namun, kelahiran bayinya tersebut lebih awal dari perkiraan lahir.

Meskipun Ita senang akan kelahiran sang putri, namun bidan yang membantu persalinan Ita kemudian memberikan peringatan keras. Menurutnya, Ita perlu waspada terhadap sosok makhluk gaib yang akan muncul dan menganggu Ita selama 40 hari kedepan. Pasalnya, ada sosok arwah gaib bernama Asing yang bergentayangan dan mengincari bayi yang baru lahir untuk menggantikan anaknya.

8 Sebelum Iblis Menjemput

Selain film dengan genre aksi, sutradara dan penulis film Timo Tjajanto juga terkenal akan berbagai karya-karya filmnya yang bertema horor. Salah satunya adalah Sebelum Iblis Menjemput. Rilis pada 2018, film ini selain menghadirkan unsur jumpscare yang memacu adrenalin, juga menghadirkan unsur gore atau adegan penuh darah. Sehingga film ini menjadi sebuah kombinasi apik buat Geeks pecinta horor.

Ceritanya sendiri berfokus pada sosok Alfie, seorang gadis yang memiliki masa lalu yang sangat kelam. Alfie kemudian mengunjungi ayahnya yang sedang sakit keras akibat penyakit misterius. Namun, selain mengunjungi sang ayah ternyata Alfie menemukan sebuah fakta yang sangat mengejutkan dan mengerikan. Sang ayah ternyata membuat perjanjian dengan iblis untuk mendapatkan kesuksesan dengan menumbalkan sang istri.

7 Mata Batin

Dirilis pada 2017, film horor Indonesia legendaris Mata Batin jadi salah satu film horor yang paling sukses di Indonesia. Hal ini karena filmnya berhasil meraup jumlah penonton yang mencapai 1 juta penonton di bioskop. Mata Batin berkisah tentang Alia yang dibintangi oleh Jessica Mila. Alia memutuskan untuk membuka mata batinnya. Namun, justru hal tersebut membawa petaka bagi Alia.

Karena mata batinnya terbuka, Alia pun akhirnya mampu melihat berbagai makhluk tak kasat mata yang sangat menyeramkan. Bahkan, ada salah satu makhluk gaib tersebut yang kemudian meminta pertolongan kepada Alia. Film ini mendapatkan tanggapan positif dari banyak pihak karena pengemasan cerita yang dianggap apik. Hal ini karena cerita filmnya diadaptasi dari kisah nyata.

6 KKN di Desa Penari

Rasanya Geeks pernah mendengar kisah menyeramkan tentang KKN di desa penari. Kisahnya sendiri sempat viral di Twitter dan banyak menjadi bahan perbincangan orang-orang. Pasalnya, kisah tersebut memang berasal dari kisah nyata seseorang. Cerita tersebut kemudian diadaptasi dalam cerita layar lebar. Enam orang mahasiswa diceritakan melakukan KKN di sebuah desa terpencil.

Mereka adalah Bima, Anton, Wahyu, Bima, Widya, dan Nur. Sedari awal mereka tiba di desa tersebut sebenarnya sudah banyak hal-hal aneh yang mereka alami. Dan ternyata memang desa tersebut bukanlah desa sembarangan. Satu persatu keenam mahasiswa tersebut harus merasakan sebuah pengalama gaib yang pada akhirnya merenggut nyawa mereka. Sejauh ini, film KKN di Desa Penari menjadi film horor Indonesia legendaris paling banyak ditonton dengan jumlah penonton mencapai 6 juta orang.

5 Leak

Ini adalah salah satu film horor legendaris di mana film Leak sendiri rilis pada 2018. Filmnya mengadaptasi sebuah novel yang berjudul Leak Ngakak. Ceritanya berfokus pda seorang wanita asal Amerika Serikat yang meneliti tentang ilmu hitam. Saking antusiasnya terhadap dunia ilmu hitam, wanita tersebut pun belajar tentang sosok Leak yang merupakan sosok gaib mengerikan di Bali.

Karena mempelajari tentang Leak, wanita tersebut pun akhirnya mampu berubah wujud menjadi berbagai jenis binatang. Terdapat sebuah fakta menarik mengenai film Leak, di mana setelah proses produksinya selesai film ini sempat dilarang untuk tayang di bioskop. Tidak diketahui apa yang kemudian jadi alasan pencekalan film ini.

4 Pengabdi Setan

Pengabdi Setan merupakan salah satu film horor Indonesia legendaris yang rilis di era 1980an. Kesuksesan film ini membuat sutradara film Joko Anwar kemudian melakukan versi remake dengan sentuhan yang lebih moden. Alur cerita filmnya berfokus pada sebuah keluarga miskin yang tinggal di sebuah rumah tua. Nasib keluarga tersebut semakin malang ketika sang ibu meninggal dunia.

Sang ibu akhirnya meninggal dunia setelah terbaring lemah akibat penyakit misterius selama tiga tahun. Namun, keanehan mulai terjadi setelah meninggalnya sang ibu di mana justru arwah ibu justru terus datang dan meneror keluarga tersebut. Ternyata, sang ibu merupakan salah satu pengikut sekte sesat yang memuja setan. Di era modern sekarang, film ini dinaggap sebagai salah satu film horor terbaik.

3 Jelangkung

Film horor Indonesia legendaris yang diadaptasi dari salah satu legenda urban yang sangat populer yaitu Jelangkung. Yang menarik adalah pada awalnya film garapan Rizal Mantovani ini sengaja dibuat untuk tayang di sebuah TV nasional. Namun, karena kualitas filmnya yang luar biasa akhirnya Jelangkung tayang dalam versi layar lebar. Bahkan, film ini juga jadi salah satu film horor yang sukses.

Ceritanya sendiri berfokus pada empat orang yang selalu melakukan pergi ke berbagai tempat angker. Tujuan mereka adalah mencari pengalaman mistis yang membuat adrenalin mereka terpacu. Suatu hari, mereka tiba di sebuah desa bernama Angkerbatu yang ada di Jawa Barat. Mereka pun kemudian melakukan sebuah ritual untuk memanggil arwah gaib yaitu Jelangkung yang mana justru hal itu membawa petaka besar bagi mereka.

2 Malam Jumat Kliwon

Suzzana adalah aktris populer Indonesia yang memang terkenal akan perannya di berbagai film-film horor. Bahkan, di Indonesia sendiri Suzzana mendapatkan titel sebagai ‘Ratu Horor’ berkat berbagai perannya tersebut. Salah satu yang populer adalah Malam Jumat Kliwon. Cerita film ini dimulai ketika Ayu berusaha untuk mencari ide demi menyelesaikan novel terbarunya.

Ayu merupakan seorang penulis novel cerita misteri. Untuk bisa menyelesaikan cerita tersebut, akhirnya Ayu pergi ke luar kota. Dia pun menginap di sebuat rumah besar. Namun, di rumah tersebut Ayu justru mengalami berbagai hal menakutkan dan hal tidak wajar lainnya. Ternyata Ayu memiliki koneksi dengan sosok gaib yang muncul dalam cerita. Dan hal ini juga ada kaitannya dengan kelahiran Ayu yang terjadi pada malam jumat klwon.

1 Malam Satu Suro

Film horor Indonesia legendaris yang tentunya banyak diingat dan diketahui oleh orang-orang adalah Malam Satu Suro. Film ini juga dibintangi oleh aktris Suzzana yang terkenal sebagai ratu horor Indonesia. Ceritanya berfokus pada seorang wanita bernama Suketi yang tewas karena bunuh diri setelah mengalami ruda paksa. Namun, arwahnya tidak tenang yang membuatnya bergentayangan.

Tetapi, seorang dukun sakti bernama Ki Rengga berhasil menancapkan paku sakti ke kepala Suketi yang membuatnya kembali menjadi seorang gadis. Suatu ketika, dia jatuh cinta dengan seorang pria yang mana kemudian mereka menikah. Namun, kehidupan mereka terganggu setelah rekan bisnis suami dari Suketi tahu siapa dia sebenarnya. Suketi pun kembali menjadi arwah gentayangan dan coba untuk membalas dendam para penjahat yang menganggu rumah tangganya.

Film horor akan selalu jadi daya tarik yang menarik terutama bagi para penonton di Indonesia. Dengan nuansa budaya yang masih kental serta kayanya cerita legenda urban di berbagai daerah, membuat ide-ide untuk film horor layar lebar tidak akan pernah habis. Meskipun begitu, tentunya perlu ada dukungan kualitas sinematografi, cerita yang apik, dan kualitas aktif yang luar biasa dari para bintangnya untuk menjadi sebuah film yang menarik.

Exit mobile version