Home OTAKU OTAKU FEATURES One Piece: 5 Zoan yang Sudah Awakening!

One Piece: 5 Zoan yang Sudah Awakening!

Pengguna buah iblis Zoan termasuk salah satu pengguna buah iblis yang jarang muncul dalam cerita One Piece, namun beberapa dari mereka ada yang sudah berhasil awakening. Buah iblis Zoan menjadi salah satu jenis buah iblis yang sangat kuat, berkat kekuatan binatang atau hewan yang membuat penggunanya bisa mengalami peningkatan kekuatan yang dahsyat. Sejauh ini, One Piece sudah menghadirkan beberapa pengguna buah iblis Zoan yang sudah awakening atau berhasil membangkitkan seluruh kekuatan buah iblisnya. Siapa saja?

5 Jailer Beast

Penjara Impel Down merupakan penjara yang paling sulit untuk bisa ditembus. Ini adalah penjara sekaligus salah satu fasilitas milik World Government. Impel Down merupakan tempat untuk mengurung para bajak laut atau kriminal dan orang-orang yang memang dianggap musuh atau ancaman oleh World Government dan angkatan laut. Contoh nyatanya adalah Ace dan Jinbe, yang pernah dikurung di level 6 Impel Down.

Salah satu hal yang membuat Impel Down sulit tertembus adalah adanya sosok penjaga yang mengerikan seperti Jailer Beast. Mereka merupakan penjaga di salah satu level di penjara Impel Down. Merekalah yang melakukan patroli atau yang akan menghabisi para tahanan yang mencopa untuk kabur. Jailer Beast sendiri berjumlah kurang lebih empat orang di mana mereka semua adalah pengguna buah iblis.

Meskipun begitu, keempat Jailer Beast ini sudah berhasil membangkitkan kekuatan buah iblis mereka alias awakening. Namun, awakening dari Jailer Beast ini berbeda dari yang lain. Efek dari awakening buah iblis Zoan mereka adalah keempat orang tersebut berubah sepenuhnya menjadi sosok binatang tersebut. Mereka adalah Minotaurus, Minozebra, Minokoala, dan Minorhinoceros. Keempat karakter ini dikendalikan oleh pemimpin mereka yaitu Sadi. Namun, tidak diketahui apakah mereka yang memutuskan untuk secara permanen berubah dalam form Zoannya juga apakah mereka bisa kembali ke form semulanya. Di sisi lain, Jailer Beast ini adalah pengguna Zoan yang berhasil awakening untuk pertama kali.

4 Monkey D Luffy

Secara kronologis atau secara timeline, karakter pengguna Zoan yang sudah awakening tidak lain adalah Monkey D Luffy. Pada awal cerita One Piece, Luffy diperkenalkan sebagai karakter pengguna buah iblis Gomu Gomu yang berjenis Paramecia. Kekuatan buah iblisnya memberikan Luffy kemampuan elastisitas terhadap tubuhnya. Kejutan besar kemudian muncul di arc Wano, di mana ternyata nama dari buah iblis Luffy tersebut bukanlah nama aslinya.

Nama asli dari buah iblis Luffy yaitu Gomu Gomu no Mi ternyata adalah Hito Hito no Mi, Model: Nika dan buah iblis tersebut bukan berjenis Paramecia melainkan berjenis Mythical Zoan. Saat Luffy berhasil membangkitkan kekuatan penuh buah iblisnya, kekuatan karet Luffy benar-benar sangat luar biasa seperti bisa kita lihat dalam chapter 1045 dan 1046 kemarin.

Hito Hito no Mi, Model: Nika ternyata bukan buah iblis biasa karena buah iblis tersebut ternyata sangat penting, khususnya bagi World Government. Buah iblis ini belum pernah dibangkitkan dalam 800 tahun terakhir. Meskipun hal ini menjadi bentuk awakening Luffy, namun dia sendiri menyebut awakening ini sebagai Gear 5. Sejauh ini, Luffy sudah menggunakan beberap teknik baru dari awakening buah iblis ini.

3 Rob Lucci

Rob Lucci kemudian jadi karakter selanjutnya yang jadi pengguna Zoan yang berhasil awakening. Kekuatan buah iblis Rob Lucci, Neko Neko no Mi, Model: Leopard, pertama kali muncul dalam pertarungan melawan Luffy di arc Enies Lobby. Dalam pertarungan ini, Rob Lucci sempat unggul dari Luffy sebelum kemudian sang protagonis utama menggunakan Gear 2nd atau Gear 2 dan Gear 3 untuk mengalahkan Lucci.

Kejutan kemudian terjadi di arc Egghead, di mana Lucci yang menjadi bagian dari CP0 ditugaskan untuk menghabisi Vegapunk dan kemudian bertemu dengan Luffy. Pertarungan pun tidak terelakan dan dalam momen ini kita melihat bagaimana Lucci juga sudah berhasil membangkikan kekuatan buah iblisnya. Secara penampilan, Lucci tidak terlalu banyak mengalami perubahan.

Meskipun begitu, Lucci nampak lebih mengerikan dan juga dia memiliki api hitam atau aura api hitam di belakang tubuhnya yang jadi penanda jika dia sudah membangkitkan kekuatan buah iblis tersebut. Secara level kekuatan nampak awakening ini berhasil meningkatkan kekuatan dari Rob Lucci, namun jika dibandingkan dengan Luffy perbedaanya sangat terasa di mana Lucci berhasil dikalahkan dengan mudah.

2 Kaku

Selain Lucci, Kaku juga sudah berhasil membangkitkan kekuatan buah iblis Zoan miliknya yaitu Ushi Ushi no Mi, Model: Giraffe. Buah iblis Zoan ini membuat Kaku bisa merubah menjadi seekor jerapah. Meskipun begitu, transformasi tersebut tidak membuat Kaku menjadi tidak bisa bergerak dengan bebas. Dia justru bisa dengan mudah mengendalikan lehernya sesuka hati.

Bahkan, terdapat beberapa serangan mengerikan yang melihat kan lehernya. Hidup dari Zoan Kaku juga dahsyat, di mana kekuatannya cukup membuat Zoro kerepotan. Dalam arc Egghead, Kaku nampak berhasil membangkitkan kekuatan buah iblisnya dan kembali bertarung dengan Zoro. Seperti halnya Lucci, form Zoan dari Kaku pun tidak terlalu banyak perubahan kecuali api hitam di tubuhnya.

Yang paling terlihat dari awakening ini adalah serangan dari Kaku semakin meningkat, kecepatannya juga meningkat, dan Kaku juga menggunakan serangan lama dengan level kekuatan yang dahsyat. Apakah kemudian para pengguna buah iblis Zoan lainnya dari Cipher Pol sepertu Jabra juga sudah berhasil membangkitkan kekuatan buah iblis yang dia miliki masih belum diketahui.

1 Saint Jay Garcia Saturn

Pengguna buah iblis Zoan yang sudah awakening yang terakhir dan paling baru adalah salah satu Gorosei dalam cerita One Piece, Saint Jay Garcia Saturn. Buah iblis dari Gorosei Saturn ini pertama kali diperlihatkan di chapter 1094, di mana bentuk dari Zoannya sangat mengerikan yaitu separuh tubuhnya laba-laba dan separuhnya lagi adalah manusia dengan tanduk di kepalanya.

Berbicara mengenai kekuatannya, Gorosei Saturn bisa muncul dari lingkaran sebuah ritual berbentuk bintang atau pentagram. Dia mampu menghancurkan musuh hanya dengan serangan di matanya yang mirip dengan kekuatan Conqueror Haki, hanya saja levelnya lebih tinggi dan efeknya lebih mengerikan. Buktinya, dengan kekuatan tersebut kepala seorang angkatan laut hancur dan Sanji terhempas jauh serta Bonney tidak sadarkan diri.

Sejauh ini, belum ada informasi mengenai apa nama buah iblis Gorosei Saturn tersebut dan apa jenisnya. Yang jelas dari transformasi tersebut bisa kita lihat jika itu adalah buah iblis Zoan yang masuk sub kategori Mythical Zoan. Berbagai tanda di tubuh Gorosei Saturn memberikan sinyal jika dia sudah membangkitkan kekuatan buah iblisnya. Ini juga seolah memberikan petunjuk jika Gorosei lain kemungkinan memiliki kekuatan Mythical Zoan dan sudah awakening.

Buah iblis berjenis Zoan adalah salah satu buah iblis yang mulai sering muncul sejak arc Wano hingga arc Egghead. Dan yang menarik adalah ada beberapa karakter yang kemudian sudah berhasil membangkitkan kekuatan buah iblis Zoan mereka. Meskipun baru sedikit, dari apa yang muncul awakening Zoan memang sangat mengerikan.

Exit mobile version