Home OTAKU OTAKU FEATURES 10 Series Anime Dari Luar Jepang!

10 Series Anime Dari Luar Jepang!

Meskipun industri anime erat kaitannya dengan Jepang, namun ada juga berbagai series anime yang berasal dari luar Jepang. Industri anime memang sangat erat dengan Jepang, karena negara ini menjadi salah satu yang pertama di dunia yang mempopulerkan konsep tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu industri anime juga menyebar ke seluruh dunia yang mana membuat berbagai studio anime mulai menghadirkan berbagai karya mereka. Berikut adalah series anime yang berasal dari luar Jepang.

10 Castlevania

Series anime yang berasal dari luar Jepang yang pertama adalah Castlevania. Ini merupakan series anime yang dibuat oleh kolaborasi dua studio animasi, yaitu Powerhouse Animation Studio dari Amerika dan Mua Film & Tiger Animation dari Korea Selatan. Castlevania sendiri tayang di platform Netflix pada 2017 dan seriesnya sendiri berhasil mendapatkan rating yang cukup tinggi di situs IMDb yaitu 8.3/10.

Castlevania sendiri merupakan salah satu series orisinal dari Netflix yang diadaptasai dari game populer dan klasik dengan judul yang sama. Meskipun seriesnya menghadirkan jalur cerita yang berbeda, namun berbagai elemen yang ada di ceritanya tersebut tetap mengacu pada sumber aslinya. Salah satu hal yang membuat Castlevania mendapatkan nilai yang baik adalah kualitas animasinya, di mana kualitasnya tidak kalah dari versi studio animasi di Jepang. Apalagi, dalam beberapa adegan para penonton bisa melihat visual yang menawan.

9 Dota: Dragon’s Blood

Series anime ini cukup baru di mana Dota: Dragon’s Blood rilis di tahun 2021. Ini juga merupakan series yang menghadirkan konsep orisinal namun, diadaptasi dari game online populer di dunia yaitu Dota 2. Sayangnya, series anime buatan Studio Mir dari Korea Selatan ini banyak dikiritik oleh berbagai pihak karena penggunaan 3D Animation yang merupakan sesuatu yang “tabu” di industri animasi.

Ceritanya sendiri berkisah tentang hubungan kerja sama antara seorang manusia dan seekor naga. Mereka bersatu untuk menghancurkan para iblis yang menginvasi dunia. Namun, perbedaan pendapat dan pola pikir membuat kolaborasi tersebut terkadang tidak berjalan dengan sempurna. Dota: Dragon’s Blood ini total sudah menghadirkan tiga musim dengan jumlah episode sebanyak 24 episode.

8 Lookism

Studio Mir dari Korea Selatan juga menghadirkan series anime lainnya yaitu Lookism. Ini merupakan series anime yang diadaptasi dari salah satu judul populer dari Manhwa alias manga di Korea Selatan. Meskipun kualitas animasinya baik, namun elemen lainnya dari anime tersebut yang kemudian menghadirkan potensi luar biasa yang pada akhirnya memunculkan banyak fans untuk seriesnya.

Lookism menghadirkan twist yang unik terhadap cerita klasik di mana Daniel Park, sempat diacuhkan oleh orang-orang dan teman sekelasnya karena penampilannya yang gemuk. Namun, suatu hari, dia kemudian menghuni tubuh yang lain di mana tubuh tersebut sangat kurus dan tampan. Ternyata itu adalah “kekuatan” dari Daniel. Namun, kekuatan tersebut bukan tanpa tantangan Lookism coba untuk menghadirkan kritik terhadap standar keindahan di masyarakat.

7 Trese

Kawasan Asia Tenggara juga memiliki potensi yang sangat luar biasa dalam menghadirkan series anime yang menarik, contohnya adalah Trese. Ini merupakan series anime yang dibuat oleh BASE Entertainment yang berasal dari Filipina. Trese sendiri mengadaptasi cerita dari series komik populer di negara tersebut dengan menyugugkan kualitas animasi yang berbeda dan alur cerita yang unik.

Trese berkisah tentang seorang detektif wanita khusus kegiatan supranatural bernama Alexandra Trese yang penuh determinasi. Dia berpetualang ke seluruh negeri di mana dalam petualangannya, dia harus berhadapan dengan berbagai makhluk halus yang jahat dan juga makhluk mengerikan lainnya. Dengan keahliannya terhadap berbagai makhluk supranatural tersebut membuat sang detektif menjadi sosok penting bagi keberlangsungan dunia ini. Yang unik adalah Trese banyak menghadirkan mitologi populer di Filipina.

6 The King’s Avatar

The King’s Avatar adalah series anime yang diadaptasi dari sebuah novel dari China. Dengan animasi yang sangat luar biasa dan plot yang membuat betah para penonton, The King’s Avatar menjadi salah satu bukti bagaimana China juga mampu untuk bersaing di industri anime yang berfokus pada sosok protagonis penuh kekuatan super. Anime ini berkisah tentang sosok Ye Xiu.

Dia adalah mantan atket esports yang sangat luar biasa untuk game bernama ‘Glory.’ Namun, dia memutuskan untuk mundur dari hal tersebut dan memulai pekerjaannya sebagai penjaga warnet. Namun, dia kemudian tidak tahan dengan godaan gamenya dan memutuskan untuk kembali bermain di server yang baru serta berusaha untuk mendapatkan kembali titelnya sebagai pemain yang tidak terkalahkan.

5 The Daily Life Of Immortal King

Diadaptasi dari web novel china dengan judul yang sama, series anime The Daily Life Of Immortal King menghadirkan perpaduan antara 3D dan 2D animasi yang unik. Sayangnya, series besutan dari Haoliners Animation League dan Pb Animation Co. Ltd. ini kurang mendapatkan perhatian dari para fans alias underrated. Ceritanya sendiri berfokus pada sosok remaja pria bernama Wang Ling.

Wang Ling memiliki sebuah kekuatan yang sangat dahsyat di mana dia bisa saja menghancurkan dunia dalam sekejap. Namun, dengan kekuatannya terebut Wang Ling harus melindungi teman-temannya dari bahaya yang ada sambil tetap mempertahankan kehidupan normalnya. Meskipun begitu, hal tersebut pada kenyataanya tidaklah mudah apalagi dia juga harus melindungi dirinya sendiri dari berbagai ancaman.

4 Blood Of Zeus

Blood of Zeus merupakan salah satu series anime kolaborasi yang tidak kalah apik. Seriesnya dikerjakan Powerhouse Animation Studio dari Amerika dan Mua Film & Hanho Heung-Up Co., Ltd dari Korea Selatan. Seriesnya mengadaptasi berbagai cerita mitologi dewa-dewa Yunani kuno dengan berbagai twist fantasi. Diproduksi di Amerika, Blood of Zeus mampu untuk menghadirkan sebuah cerita yang inovatif dan kualitas animasi yang luar biasa.

Blood of Zeus berfokus pada Heron, demigod yang merupakan keturunan dari Zeus. Heron berusaha untuk mengungkap fakta sebenarnya dari garis keturunannya. Dia juga memiliki misi untuk membalas dendam dan menghentikan Seraphim dan para pasukan iblisnya yang sudah menghadirkan kekacauan diantara manusia dan juga para dewa. Heron pun kemudian dilatih oleh dewi Athena untuk memanfaatkan dan memaksimalkan kekuatannya.

3 Hitori No Shita: The Outcast

Hitori No Shita: The Outcast merupakan series anime yang diadaptasi dari Manhua dengan judul “Yi Ren Zhi Xia.” Salah satu hal yang banyak dipuji dari series anime ini adalah kualitas luar biasa dari animasi pertarungan jarak dekat. Yang luar biasa adalah ada peranan dari beberapa nama besar yang sempat menangani series Naruto dalam pengerjaan Hitori No Shita: The Outcast.

Meskipun adegan pertarungannya luar biasa, namun banyak dari adegan di seriesnya juga yang kurang diapresiasi karena kualitas animasinya yang memang kurang maksimal, yang mana hal tersebut bisa membuat banyak penonton kurang nyaman. Beberapa juga menganggap alur ceritanya kurang menarik. Ceritanya sendiri berfokus pada Soran, seorang mahasaiswa yang kembali ke desanya setelah sang kakek meninggal. DIa kemudian mengalami berbagai peristiwa supranatural. Ternyata, Soran memiliki kekuatan yang berkaitan dengan para makhluk supranatural tersebut.

2 Link Click

Link Click adalah series animasi yang diproduksi oleh LAN Studios dari China. Seriesnya sendiri merupakan Dongua atau anime China yang sangat populer yang berhasil meraih namanya sendiri di industri anime. Link Click bercerita tentang dua orang remaja bernama Lu Guang dan Cheng Xiahoshi yang menjalani kehidupannya dengan memeriksa gambar yang dikirim oleh kliennya untuk kemudian diulas.

Mereka berdua pergi ke masa lalu untuk mengunjungi momen dalam gambar tersebut dan kemudian melakukan perubahan. Namun, ada resiko yang sangat besar jika mereka melakukan kesalahan sekecil apa pun yang mana hal tersebut bisa merusak kehidupan dari sang klien dan juga kehidupan mereka berdua. Alur cerita yang menarik ini dipadukan dengan kualitas animasi yang luar biasa menjadikan Link Click sangat populer.

1 Arcane

Series anime yang berasal dari luar Jepang yang terakhir adalah Arcane. Banyak yang menganggap jika Arnace adalah puncak kualitas animasi yang bisa diraih oleh studio animasi non Jepang di era modern sekarang. Butuh waktu sekitar enam tahun bagi series ini bisa selesai dan sempurna. Kualitas 3D animasi di series ini benar-benar sangat luar biasa yang mana menghasilkan kualitas visual menarik.

Arcane juga menghadirkan alur cerita orisinal yang diadaptasi dari game online populer League of Legends. Seriesnya berfokus pada dua orang saudari kembar, Vi dan Jinx, di mana mereka dibesarkan di sebuah dunia bernama Piltover. Banyak petualangan, drama, cerita persahabatan, dan hal lainnya yang dihadirkan dalam series anime ini. Arcane sendiri rilis di tahun 2021 dan merupakan hasil kerja sama dari Fortiche dari Perancis dan Riot Games dari Amerika.

Industri anime di era modern ini tidak melulu merujuk kepada Jepang. Meskipun harus diakui Jepang masih jadi patokan, namun berbagai studio animasi di luar Jepang juga nyatanya memiliki kualitas yang luar biasa. Dan hal ini terbukti dari berbagai series anime dari luar Jepang di atas yang memiliki kualitaas tidak kalah apik dari anime buatan Jepang.

Exit mobile version